Tips dan Cara Menjadi Freelancer Profesional

Gulman Azkiya Jan 11, 2021 • 3 min read


tips dan cara menjad freelancer

Bekerja menjadi seorang freelancer memang gampang-gampang susah. Tidak terikat kontrak dalam waktu yang lama, membuat jenis pekerjaan ini cukup digemari. Apakah kamu termasuk orang yang berencana menjajal pekerjaan ini juga? Wait, sebelum kamu merencanakannya, kami akan membagikan tips dan cara menjadi freelancer profesional. 

Buatlah personal branding

Inilah hal yang paling penting bagi seorang freelancer yaitu bagaimana kamu dapat menjual diri mu, Buatlah bradingan dari diri kamu bedasarkan karya-karya yang telah kamu lakukan. Jangan pendam karya-karya lama mu, coba efektifkan penggunaan media sosial. Kamu bisa membangun personal brading mu dengan memposting karya-karya mu di media sosial.

Selain media sosial, kamu juga dapat meperluas akses portofoliomu dengan berbagai macam media/tools, seperti LinkedIn,Clippings, Blog, dan lain-lain. Cobalah mendekati atau menjalin koneksi dengan expert di bidang yang sedang kamu tekuni.

Hindari bekerja untuk teman dan keluarga

Hah? Bukannya bekerja untuk teman akan sangat membantu mengembangkan bisnis freelance? Memang benar, jika kamu mengerjakan permintaan dari teman atau keluarga akan membantu kamu. Orang-orang terdekat kamu juga pasti akan sangat bersemangat untuk mendukung kamu dalam bisnis ini. 

Namun, hal tersebut tidak selalu menguntungkan secara efektif. Dikarenakan hubungan yang baik dengan teman atau keluarga mu, toleransi deadline dan tawar-menawar akan semakin sering terjadi yang membuat etos kerja kamu semakin tidak profesional khususnya pada batas waktu pekerjaan. 

Selain itu, teman atau anggota keluarga mungkin tidak memiliki petunjuk apa pun tentang harga pasar untuk proyek freelance.  Mereka mungkin berasumsi bahwa mereka berhak mendapatkan diskon besar karena mengenal mu. Hal yang terburuk adalah ketika kamu mencoba profesional baik dari bayaran ataupun waktu kerja. Ketika mereka tidak memahami hal tersebut, hubungan mu mungkin akan terganggu atau bahkan bisa rusak. 

Jika kamu tetap memilih untuk bekerja dengan seseorang yang kamu kenal, lakukanlah langkah ekstra dengan menjelaskan proses dan gaya bekerja kamu. Karena mungkin mereka tidak sepenuhnya memahami dunia mu sebagai freelancer. 

Perhatikan bayaran dan sikap klienmu

bayaran dan klien

(Sumber: Pexels.com)

Terkadang ketika kamu berusaha mendapatkan klien atau pelanggan, kamu mencoba mematok harga rendah. Namun yang terjadi kamu adalah mendapatkan klien yang sangat menyusahkan.

Memang benar klien adalah raja, tetapi bagaimana jika permintaannya tidak sesuai dengan perencanaan awal dan selalu berubah-ubah. Kamu memiliki profesionalitas yang harus dijaga, klien yang tidak menghargai kamu dan terus menekan tanpa toleransi sangatlah tidak baik bagi kesehatan mentalmu. 

Memang sebagai seorang pemula, menerima bayaran yang lebih rendah daripada seseorang yang telah bekerja bertahun-tahun adalah hal yang umum. Tetapi kenyataannya adalah kamu tidak bisa hidup dengan gaji rendah selamanya, dan itu juga tidak mencerminkan pengalaman dan bakat kamu yang terus berkembang. 

Oleh karena itu, perhatikan bayaran kamu ketika mendapatkan sebuah proyek dan jangan asal ambil klien. Kamu harus dapat menjelaskan persyaratan yang jelas diawal kerja. Percayalah pengalaman kamu akan bertambah sejalan dengan waktu dan jumlah pekerjaan yang kamu dapatkan. Perlu diingat, perkerjaan sebagai freelancer jangan sampai membuatmu terlalu memaksakan diri hingga menjadi stress. 

Kelola dan atur cara kerja mu dengan baik

manage dan atur cara kerja

(Sumber: Pexels.com)

Hal yang tidak boleh dilupakan adalah bagaimana kamu dapat mengelola dirimu sendiri sehingga kamu dapat mengatur cara kerja dengan baik. Buatlah daftar proyek kerja yang akan atau sedang kamu ambil setiap bulannya. Susun perencanaan dan kemungkinan untuk dapat mengambil double proyek kerja. 

Selain itu, kamu juga harus tetapkan deadline dengan pasti pada setiap pekerjaan. Sisihkan sedikit waktu untuk memeriksa proyek kerja yang telah kamu selesaikan. Jangan memaksakan diri dengan mengambil banyak proyek kerja sehingga mengacaukan jadwal pekerjaan yang lain.

 

Gimana guys, apakah kalian tertarik mejadi seorang freelancer? itulah beberapa tips dan cara menjadi freelancer profesional. Tetap semangat dan goodluck guys.

   #MUDAHUPGRADESKILL DI SKILL ACADEMY!

Beri Komentar