Networking untuk Karier: Pengertian, Manfaat, dan Tips Memulainya

Networking untuk Karier: Pengertian, Manfaat, dan Tips Memulainya - Skill Academy

 Apa sih pentingnya networking untuk karier?  Yuk, simak penjelasan lengkapnya mulai dari pengertian, manfaat, hingga tips memulainya berikut ini.

Tahu nggak sih apa pentingnya networking untuk karier? Banyak banget! Di dunia kerja saat ini, networking menjadi salah satu kunci penting untuk meraih kesuksesan karier. Jaringan relasi yang luas bisa membuka peluang-peluang baru hingga memperluas wawasan kamu dalam dunia bisnis. Networking yang baik juga akan membantu kamu lebih efektif menyelesaikan pekerjaan. Pasalnya, seseorang nggak mungkin bekerja sendiri, ‘kan?

“Hmm, tapi gimana ya cara mulai networking?”

Di artikel ini, kita akan membahas mengenai apa itu networking, hingga manfaat dan tips memulainya dalam dunia kerja.

 

Pengertian Networking

Jika diartikan ke dalam bahasa Indonesia, networking berarti ‘jaringan, relasi, atau memperluas jaringan’. Dalam KBBI, relasi adalah ‘hubungan; perhubungan; atau pertalian’. Istilah networking ini umumnya lebih banyak digunakan saat seseorang menjalin hubungan atau relasi sosial di dunia kerja atau bisnis.

Jadi, apa itu networking? Networking adalah suatu proses membangun dan memelihara hubungan dengan orang lain, baik itu secara langsung maupun tidak langsung, dengan tujuan memperluas pengetahuan, pengalaman, atau peluang dalam karier atau bisnis.

Relasi  berpotensi untuk menunjang bisnis atau karier seseorang di masa mendatang. Kamu juga bisa membaca informasi mengenai relasi yang lebih lengkap di artikel Mengenal Networking Skill dan Cara Meningkatkannya.

Dalam konteks profesional, networking berfungsi sebagai sarana untuk saling bertukar informasi, mendapatkan rekomendasi atau referensi, membangun kredibilitas, memperluas jangkauan pasar, dan memperoleh kesempatan baru dalam karier. Networking dapat dilakukan melalui berbagai cara, seperti acara atau seminar, media sosial, forum diskusi, atau pertemuan informal.

Ikuti Kelas: Memperluas Networking Untuk Profesional

 

Manfaat Networking untuk Karier

Apa sih pentingnya networking? Ada banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan dari networking untuk karier dan bisnis, berikut di antaranya.

1. Membuka peluang kerja baru

Networking yang luas akan membantu kamu menemukan peluang kerja baru yang bisa saja nggak tersebar di situs lowongan kerja atau pengumuman resmi perusahaan. Informasi lowongan kerja yang belum terbuka untuk umum ini seringkali hanya bisa kamu dapat dari networking atau relasi kamu.

 

2. Mendapatkan referral

Referral adalah rujukan atau rekomendasi yang diberikan oleh seseorang dengan kapasitas atau jabatan tertentu kepada seseorang yang ia kenal atau ketahui kinerjanya. Referral bisa diberikan secara lisan ataupun tulisan resmi dari suatu pihak ke pihak tujuan. Saat kamu mendapatkan referral dari seseorang, pastinya kamu akan mendapat prioritas lebih untuk dilirik oleh perusahaan saat melamar pekerjaan atau naik jabatan.

 

3. Mengasah kemampuan komunikasi

Dengan ber-networking, kamu mendapat kesempatan untuk bertemu dengan orang lain dari berbagai latar belakang yang berbeda. Tiap orang ini juga tentunya memiliki pemikiran dan cara pandang yang berbeda juga. Hal ini akan membuat pola pikir kamu menjadi lebih terbuka dan melatih kemampuan diskusi serta public speaking.

 

4. Mendapatkan ide baru

Dari networking, kamu jadi punya kesempatan belajar dengan bertukar ide dengan orang lain. Dari obrolan, bisa muncul ide segar yang mungkin belum pernah terpikirkan olehmu. Selain itu, pertukaran pengalaman, tips, dan informasi karier juga bisa membantumu meraih karier impian kedepannya.

 

5. Memperluas jaringan pelanggan

Dalam bisnis, networking yang luas bisa membantu memperluas jangkauan pasar dan menarik pelanggan baru. Dengan menghadiri acara networking atau bergabung dalam forum diskusi, kamu bisa memperkenalkan produk atau jasa yang kamu punya ke orang-orang yang mungkin tertarik atau bahkan mendapatkan referensi dari orang-orang yang sudah pernah menggunakan produk atau jasa kamu tersebut.

 

6. Mendapat masukan dan mentor untuk masalah karier

Lagi galau dengan karier atau kehidupan perkantoran kamu? Dari networking ini, kamu bisa mendapatkan masukan dan bantuan dari orang yang paham dengan permasalahan yang kamu hadapi. Jika kamu beruntung, kamu juga bisa menemukan orang yang tepat untuk menjadi mentor yang bisa membantu kamu mengembangkan karier.

 

7. Meningkatkan percaya diri

Semakin sering kamu bertemu dengan orang lain dalam lingkup yang luas, akan semakin besar pula dukungan dan pengakuan atas prestasi yang kamu dapat. Dengan begitu, rasa percaya diri kamu pun akan semakin tumbuh. Networking juga bisa membantu seseorang untuk bangkit dari depresi saat mengalami kegagalan di dunia kerja, lho.

Baca Juga: 8 Cara Efektif Membangun Relasi (Networking) untuk Dunia Kerja

 

Tips Memulai Networking dalam Dunia Kerja

Sebelum memulai, berikut adalah beberapa cara memulai networking di dunia kerja yang baik dan efektif.

1. Buat kesan awal yang baik

First impression sangat penting. Buatlah kesan awal yang baik dengan berpenampilan rapi, bersikap sopan, murah senyum, dan berperilaku sesuai dengan tempat dan kondisi.

 

2. Temukan network yang tepat

Cari orang yang tepat yang mampu mendukung pertumbuhan karier, menjadi teman untuk melakukan hobi, ataupun hanya sekadar untuk berbagi pengalaman dan keluhan. Untuk itu, kamu bisa mulai menjakau rekan-rekan seprofesi, atasan, atau profesional lain di bidang yang kamu minati.

 

3. Buat personal branding yang baik dan menarik

Bentuk personal branding atau kualitas diri kamu sebaik mungkin. Hal inilah yang akan mempengaruhi cara pandang orang lain terhadap kamu. Tunjukkan sisi positif dari diri kamu seperti keunikan, sifat jujur, bijaksana, humoris, dan berwawasan luas supaya semakin banyak orang yang tertarik membangun relasi dengan kamu.

 

4. Lebih proaktif

Untuk kamu yang introvert, mungkin akan kesulitan untuk melakukan hal ini. Tapi, nggak ada salahnya untuk dicoba kan? Teruslah menjaga komunikasi dengan networking kamu. Tidak hanya soal pekerjaan, kamu juga bisa membicarakan hal lain seperti menanyakan kabar atau mengajak hangout untuk sekadar ngobrol santai.

 

5. Saling membantu satu sama lain

Dalam networking, kedua belah pihak harus selalu memberikan timbal balik agar relasi yang dibangun bisa terus berjalan. So, cobalah untuk peka pada kesulitan kolega kamu. Bantu kesulitan mereka dengan memberikan dukungan psikologis atau menemukan solusi atas permasalahannya.

Ternyata, banyak banget ya manfaat networking untuk karier? Yuk, mulai bangun dan perluas lagi networking supaya karier dan bisnis kamu bisa lebih berkembang. Mau dapat tips dan trik seputar networking atau masalah profesional lainnya? Langsung aja daftarkan diri kamu di Skill Academy.

SKill Academy - CTA

Referensi:

Networking adalah hal penting di dunia kerja [daring]. Tautan: https://www.sampoernauniversity.ac.id/id/networking-adalah-hal-penting-di-dunia-kerja-mari-mengenalnya (Diakses: 23 Februari 2023)

Manfaat networking dalam karir [daring]. Tautan: https://www.ocbcnisp.com/id/article/2021/12/16/networking-adalah (Diakses: 23 Februari 2023)

 

Shabrina Alfari

Content Writer and Content Performance at Ruangguru. Hope my writing finds you well and help you learn a thing or two! :D