8 Cara Mempromosikan Produk agar Jualan Laris Manis!

Devi Lianovanda Agu 10, 2022 • 9 min read


cara mempromosikan produk

Masih bingung bagaimana cara mempromosikan produk agar jualan meningkat? Berikut 8 tips yang bisa kamu coba!

Sebagai pelaku bisnis atau usaha, tentu kamu ingin produk yang kamu tawarkan laku dan diminati di pasaran. Untuk itu, kamu perlu melakukan promosi produk. Promosi produk merupakan proses memasarkan sebuah produk baik berupa barang atau jasa kepada konsumen. Mempromosikan produk merupakan hal yang sangat penting dalam bisnis untuk meningkatkan penjualan dan pendapatan.

Promosi produk membuat konsumen jadi lebih tertarik untuk mengetahui dan mencoba produk yang kamu tawarkan dibanding milik kompetitor atau pesaing. Bagi kamu yang masih bingung bagaimana cara mempromosikan produk, yuk simak 8 cara atau tips berikut ini!

Cara mempromosikan produk

Berikut merupakan 8 tips atau cara mempromosikan produk yang bisa kamu coba!

1. Berikan diskon yang menarik

Diskon merupakan salah satu cara menarik pelanggan yang banyak digunakan berbagai bisnis dan usaha. Dalam membeli sebuah produk, harga juga menjadi salah satu hal yang dipertimbangkan oleh konsumen. Oleh karena itu, memberikan diskon dapat membuat konsumen lebih tertarik untuk melakukan pembelian. 

Diskon bisa kamu terapkan baik di toko online maupun toko offline. Di toko online misalnya, kamu bisa menerapkan flash sale. Flash sale merupakan penawaran produk dengan harga lebih rendah dalam jangka waktu yang sudah ditentukan. Diskon ini bisa memberi rasa urgensi kepada konsumen untuk membeli produk sebelum penawaran berakhir.

Beberapa diskon lainnya yang bisa kamu terapkan antara lain:

  • Beli satu gratis satu. Jadi, setiap pembelian satu produk, konsumen akan mendapatkan satu produk lagi secara gratis. Diskon ini bisa kamu terapkan untuk menghabiskan stok dengan lebih cepat.
  • Gratis ongkir. Kamu juga bisa menawarkan gratis ongkir apabila produk perlu dikirim menggunakan ekspedisi atau jasa kirim agar konsumen lebih tertarik untuk membeli.
  • Pengurangan harga. Kamu bisa memberikan pengurangan harga untuk pembelian tertentu. Misalnya, dengan pembelian Rp 300.000, konsumen akan mendapat potongan harga Rp 50.000.
  • Bundling, menjual beberapa produk dalam satu paket atau bundle dengan harga yang lebih terjangkau. Diskon ini membuat konsumen lebih tertarik karena mereka akan mendapatkan produk lebih banyak dengan harga yang lebih terjangkau.
  • Diskon menggunakan persentase. Ini merupakan jenis diskon yang sering kita lihat di mana-mana. Misalnya, diskon 50%, 70%, atau diskon 40%+20%, dan lainnya.

diskon adalah

Kamu juga bisa menerapkan diskon di hari-hari tertentu. Misalnya, promo payday yang mana kebanyakan orang sudah gajian dan ingin membeli beberapa barang. Saat tanggal kembar seperti 8.8, anniversary toko, natal, idulfitri, dan diskon musiman lainnya.

 

2. Gunakan email marketing

Kamu mungkin pernah menerima email marketing dari salah satu produk yang pernah kamu beli. Biasanya, di dalam email tersebut terdapat informasi diskon atau penawaran menarik. Misalnya, menawarkan voucher diskon produk, promo bebas ongkir, atau menawarkan informasi lainnya.

Email marketing juga bisa mengundang konsumen untuk mengunjungi web produk untuk mencari informasi lebih lanjut. Selain itu, email juga terasa lebih personal bagi konsumen, ini bisa menjaga hubungan baik antara konsumen dan brand, serta dapat meningkatkan loyalitas konsumen.

3. Promosikan melalui blog

Blog memungkinkan kamu untuk melakukan promosi secara halus (soft selling) tentang produk, sekaligus memberikan informasi berharga dan menambah nilai produk atau brand. Konten yang panjang dan detail tentang produk yang kamu tulis di blog dapat menjadi sumber informasi yang kredibel bagi konsumen atau calon pembeli.

mempromosikan produk melalui blog

Mempromosikan produk melalui blog. (Sumber: Unsplash.com)

Di dalam sebuah blog, kamu bisa menambahkan foto produk, CTA yang mengarah ke website penjualan atau detail produk, embed video, atau memasukkan link produk.

Baca juga: 8 Tips dan Cara Menjadi Blogger bagi Pemula

4. Kumpulkan review dari konsumen

Ulasan dapat membantu konsumen untuk mendapat gambaran tentang kualitas atau rasa produk yang kamu jual. Banyak pelanggan menggunakan review untuk mengevaluasi dan meneliti produk sebelum melakukan pembelian. Ulasan yang positif bisa menjadi sumber terpercaya bagi konsumen lainnya. Review yang positif bisa secara efektif membantu promosi produk dari konsumen ke konsumen. Selain itu, review dari konsumen juga bisa menjadi bahan evaluasi dan pengembangan kualitas layanan dan produk yang kamu punya.

Kamu bisa meminta konsumen yang sudah melakukan pembelian untuk memberikan review produk. Bisa melalui email, chat di e-commerce, atau meminta secara langsung. Kamu juga bisa memberikan voucher potongan harga untuk konsumen yang bersedia memberi review agar lebih menarik.

-- Mau jualan kamu makin laris? Yuk ikuti kelas Pembuatan Bisnis Online Shop berikut ini! Di kelas ini, kamu akan belajar mencari produk yang tepat untuk dijual, mengembangkan serta mempertahankan bisnis. Klik banner berikut untuk kepoin dan beli kelasnya. Selamat belajar~ --

bisnis online shop

5. Bekerja sama dengan influencer

Untuk meningkatkan visibilitas, kamu bisa bekerja sama dengan influencer. Nggak harus yang langsung mega influencer, mulai dari nano atau micro influencer juga bisa. Micro influencer juga punya engagement yang oke kok sama followersnya, selain itu biaya yang harus kamu keluarkan juga lebih terjangkau.

Review positif dari influencer bisa membantu dalam promosi produk, apalagi bila brand kamu belum memiliki banyak pengikut di media sosial atau belum diketahui banyak orang. Bekerja sama dengan influencer bisa memperluas audiens kamu.

cara mempromosikan produk dengan influencer

Mempromosikan produk melalui beauty influencer. (Sumber: Freepik.com)

Ketika memilih influencer, pastikan mereka sesuai atau cocok dengan produk kamu. Misalnya, kamu menjual produk ibu dan bayi, maka kamu bisa memilih Almiranti Fira, Dwihanda, atau influencer lain yang memiliki bayi atau anak kecil. Jika kamu menjual makanan, maka kamu bisa memilih influencer yang sering melakukan review makanan, bisa masak, dan lainnya. Bisa kirim produk buat mereka review.

Baca juga: Influencer Marketing: Pengertian, Strategi, dan Manfaatnya untuk Bisnis

 

6. Berikan sampel gratis

Cara selanjutnya untuk mempromosikan produk adalah dengan memberikan contoh produk secara gratis kepada konsumen. Apalagi bila produk kamu adalah makanan atau minuman, sangat mungkin untuk memberikan sampel atau tester agar konsumen bisa mengetahui rasanya.

Pemberian sampel gratis kepada konsumen bisa kamu lakukan di pameran dagang yang diadakan di pusat perbelanjaan atau acara-acara tertentu.

Jika kamu ingin menerapkan cara yang satu ini, maka kamu harus memutuskan berapa banyak sampel yang akan diberikan kepada konsumen. Jika produk yang diberikan terlalu banyak dengan harga yang mahal, tentu membutuhkan biaya yang besar. Jangan lupa memberikan logo atau kontak yang dapat dihubungi jika konsumen ingin melakukan pemesanan atau pembelian.

 

7. Social media marketing

Tahukah kamu? Menurut data We Are Social, pengguna aktif media sosial di Indonesia pada tahun 2022 ada 191,4 juta. Melihat data tersebut, rasanya sayang jika kamu tidak memanfaatkan media sosial untuk mempromosikan produk yang kamu jual. Beberapa manfaat melakukan promosi di media sosial antara lain adalah, brand jadi lebih cepat dikenali, membangun interaksi dengan pelanggan, menunjukkan ciri khas brand, dan dapat menjangkau lebih banyak orang.

Selain mempromosikan produk dengan mengunggah berbagai konten yang menarik, kamu juga bisa melakukan aktivitas lainnya seperti, live atau mengadakan sesi Q&A terkait produk dengan audiens.

Baca juga: 5 Strategi Social Media Marketing Bagi Pemula

 

8. Mengadakan giveaway

Selain diskon, pelanggan juga menyukai hadiah gratis. Maka dari itu, kamu bisa menggunakan giveaway atau bagi-bagi hadiah gratis kepada konsumen untuk mempromosikan produk. Pelanggan tentu akan merasa senang bisa mendapatkan produk baru atau produk yang kamu tawarkan tanpa mengeluarkan uang atau gratis.

Selain mempromosikan produk, dengan mengadakan giveaway kamu juga bisa meningkatkan jumlah followers, membangun engagement di media sosial, dan membuat produk atau brand lebih dikenal dengan cepat dan hemat waktu.

Tips agar promosi produk jadi lebih efektif:

1. Gunakan beberapa teknik

Untuk meningkatkan keberhasilan promosi, seringkali sebuah bisnis menerapkan lebih dari satu strategi atau teknik promosi. Melakukan promosi produk dengan berbagai cara yang berbeda dapat menjangkau kelompok konsumen yang berbeda-beda dan menjangkau lebih banyak audiens.

2. Kenali target audiens

Sebelum kamu menyusun strategi promosi, penting untuk melakukan riset terkait target audiens. Hal ini dapat membantu kamu memutuskan bagaimana cara mempromosikan produk dengan lebih baik, seperti pemilihan media, konten, dan lainnya. Misalnya, jika produk yang kamu jual memiliki target anak muda, maka kamu dapat melakukan promosi melalui media sosial atau menggandeng influencer dibandingkan cara konvensional.

Itulah pembahasan mengenai cara mempromosikan produk, semoga bermanfaat dan membantu, ya! Dengan strategi promosi yang tepat, pelanggan akan lebih mengenal dan tertarik untuk mencoba produk yang kamu tawarkan. Apabila kualitas produk memuaskan, tentu dapat mengubah pembeli menjadi pelanggan setia.

Jika kamu tertarik untuk belajar lebih banyak hal tentang bisnis, Skill Academy punya banyak pilihan kelas bersertifikat yang bisa jadi pilihan tepat. Mulai dari kelas merancang produk, merancang bisnis, menentukan harga jual, hingga riset pasar, semuanya ada! Kamu akan belajar bersama instruktur yang berpengalaman dan ahli di bidangnya. Klik banner di bawah ini untuk kepoin dan beli kelasnya. Selamat belajar~

Tingkatkan kualitas dengan ikut kelas di skill academy!

Referensi:

Indeed Editorial Team. 2021. ‘11 Ideas for Product Promotion’ [daring. Tautan: https://www.indeed.com/career-advice/career-development/products-promotion (Diakses 8 Agustus 2022)

Israr, Shoaib. 2022. ‘How to Promote a Product: 15 Highly Effective Ways & Exper Recommendations’ [daring]. Tautan: https://www.cloudways.com/blog/how-to-promote-a-product/ (Diakses 8 Agustus 2022)

Indeed Editorial Team. 2021. ‘12 Common Types of Discounts’ [daring]. Tautan: https://www.indeed.com/career-advice/career-development/discounts-types (Diakses 9 Agustus 2022)

McCormick, Kristen. 2022. ‘12 Ways to Effectively Promote a New Product or Service’ [daring]. Tautan: https://www.wordstream.com/blog/ws/2020/07/29/how-to-promote-a-product (Diakses 9 Agustus 2022)

Sumber foto:

Foto beauty influencer sedang mereview produk, by Tirachardz. Tautan: https://www.freepik.com/free-photo/beauty-blogger-present-beauty-cosmetics-sitting-front-camera-recording video_3441215.htm#query=influencer&position=49&from_view=search

Foto orang sedang menulis di blog, by Fikret tozak. Tautan: https://unsplash.com/photos/rfNLa1HL7eY 

Profile

Devi Lianovanda

Content Writer at Ruangguru. Terima kasih sudah baca sampai sini!

Beri Komentar