Cara Menemukan Mentor yang Tepat untuk Pengembangan Karier dan Bisnis

mentor bisnis

 Gimana ya caranya menemukan mentor yang tepat untuk karier dan bisnis? Yuk, simak beberapa tipsnya beserta manfaatnya berikut ini.


Kamu pasti nggak mau, ‘kan, karier atau bisnis kamu stuck di situ-situ aja? Nah, salah satu solusinya adalah dengan menemukan mentor. Seorang mentor yang berkualitas bisa membimbing kamu dengan pengalaman dan pengetahuannya di bidang yang sama serta membantu kamu membangun koneksi yang lebih luas.

Namun, menemukan mentor yang tepat pastinya nggak mudah. Yuk, simak cara menemukan mentor yang tepat untuk karier dan bisnis, serta manfaat memilikinya di sini.

 

Apa Itu Mentor?

Menurut KBBI, mentor berarti ‘pembimbing atau pengasuh’. Dalam karier atau bisnis, mentor adalah seseorang yang memberikan bimbingan, pengarahan, dan dukungan kepada orang lain (mentee) untuk mencapai tujuan tertentu.

Seorang mentor biasanya memiliki pengalaman dan pengetahuan yang lebih luas di bidang yang sama dengan mentee. Mentor bisa membantu mempercepat proses belajar dan menghindarkan mentee dari kesalahan-kesalahan yang mungkin terjadi.

Mentor bisa berasal dari lingkungan kerja, bisnis, atau bahkan dari lingkungan sosial atau keluarga. Mentorship ini bisa bersifat jangka panjang, lho. Nggak hanya memberikan bimbingan dan pengarahan, mentor juga bisa membantu membuka jaringan atau koneksi dalam industri tertentu, serta memberikan inspirasi dan motivasi kepada mentee.

 

Manfaat Memiliki Mentor

Memiliki mentor akan membantu kamu dalam berbagai aspek karier dan bisnis. Berikut adalah beberapa di antaranya.

1. Memotivasi dan menginspirasi

Mentor biasanya merupakan seorang profesional yang memiliki pengetahuan luas dan bersedia untuk membagikan apa saja yang telah mereka pelajari. Kebanyakan mentor juga sudah sukses di bidangnya. Maka dari itu, mentor bisa menjadi panutan yang menginspirasi kamu untuk mendorong diri sendiri mencapai tujuan.

 

2. Mendapatkan masukan yang membangun

Berdasarkan pengalamannya, seorang mentor biasanya bisa menilai kemampuan kamu dan memberikan masukan dan kritik yang membangun. Mereka bisa membantu kamu lebih fokus untuk meningkatkan potensi yang memang masih terus diasah.

 

3. Menemukan solusi atas masalah

Nggak hanya satu atau dua tahun, mentor pastinya sudah berkecimpung di suatu bidang dalam waktu yang lama. Mereka sudah mengalami jatuh bangun dalam karier dan bisnis, serta belajar cara mengatasi berbagai kendala. Saat kamu menghadapi tantangan, mentor bisa memberikan wawasan tentang solusi apa yang harus dilakukan.

Baca Juga: Pentingnya Career Mentoring untuk Memilih Pekerjaan Pertama

 

4. Menambah koneksi

Kamu juga bisa, lho, memperluas koneksi dan networking dengan ikut bertemu rekan-rekan dari mentor kamu. Mentor yang sudah berpengalaman biasanya memiliki jaringan yang luas dan bisa memperkenalkan kamu pada orang-orang yang bisa membantu mencapai tujuan karier atau bisnis.

 

5. Memberi wawasan tentang jalur karier dan bisnis

Seorang mentor juga bisa membantu kamu melihat jalur karier atau bisnis kamu saat ini dari perspektif yang berbeda. Mereka bisa memberikan wawasan tentang pilihan lain yang belum kamu sadari dan panduan terbaik untuk menavigasi bisnis dan karier kamu selanjutnya.

Ikuti Kelas: Cara Mentoring Regular: Bimbingan Untuk Dapat Kerja

 

Cara Menemukan Mentor untuk Karier dan Bisnis

Kamu bisa mengikuti beberapa cara menemukan mentor yang tepat untuk karier dan bisnis berikut ini.

1. Menentukan tujuan karier dan bisnis

Sebelum mencari mentor, kamu harus menentukan tujuan karier dan bisnis yang ingin dicapai terlebih dahulu. Ini akan membantu kamu untuk menemukan mentor yang sesuai dengan bidang yang kamu tekuni, serta memiliki pengalaman dan pengetahuan yang relevan dengan goals kamu.

 

2. Mencari referensi dari orang terpercaya

Minta saran dari orang-orang terpercaya seperti rekan kerja, teman, atau keluarga yang memiliki pengalaman di bidang yang sama dengan kamu. Mereka bisa memberikan referensi siapa mentor yang tepat untuk membantu kamu mengembangkan karier dan bisnis.

 

3. Mengikuti program mentoring

Beberapa perusahaan atau institusi lainnya biasanya kerap menyediakan program mentoring yang bisa kamu ikuti, baik itu career mentoring atau business mentoring. Program tersebut biasanya dilakukan secara rutin dan dibimbing oleh mentor yang sudah berpengalaman. Nah, kamu bisa menggunakan kesempatan ini untuk mencari mentor yang tepat.

 

4. Bergabung dengan komunitas

Bergabunglah dengan komunitas atau grup yang sesuai dengan bidang yang kamu tekuni. Cara ini bisa membantu kamu bertemu dengan orang-orang yang berpengalaman dan bisa menjadi mentor kamu ke depannya. Komunitas ini bisa kamu temui di media sosial ataupun pertemuan langsung.

 

5. Observasi lingkungan sekitar

Nggak harus yang jauh, mentor juga bisa berasal dari lingkungan terdekat kamu, lho. Kamu bisa menemukan mentor potensial dari kalangan rekan kerja, teman, keluarga, atau komunitas alumni. Tidak harus memilih mentor yang sangat senior, orang yang berada hanya beberapa tingkat di atasmu terkadang memiliki saran yang lebih relevan.

 

6. Manfaatkan platform online

Saat ini juga ada banyak platform online yang bisa kamu gunakan untuk menemukan mentor, seperti LinkedIn atau situs web mentoring yang khusus menyediakan jasa mencari mentor.

 

7. Lebih dari satu mentor

Satu mentor terasa kurang cukup? Nggak ada salahnya juga kamu mempertimbangkan untuk memiliki beberapa mentor sekaligus. Dengan begitu, wawasan dan cara pandang kamu pun bisa lebih berkembang karena bisa mendapatkan banyak referensi berbeda.

 —

Setelah membaca artikel ini, apakah kamu sudah punya calon mentor yang pas? Kalau belum, coba terapkan beberapa cara menemukan mentor di atas ya. Kamu juga bisa menemukan mentor terbaik dari para profesional di kelas Skill Academy, lho! Yuk, daftar sekarang.

SKill Academy - CTA

Referensi:

Bagaimana cara mencari mentor bisnis? [daring]. Tautan: https://accurate.id/bisnis-ukm/cara-menemukan-mentor-bisnis-yang-tepat/ (Diakses: 23 Februari 2023)

Langkah menemukan mentor [daring]. Tautan: https://www.idntimes.com/life/career/agata-melinda-kristi/langkah-menemukan-mentor-yang-tepat-c1c2?page=all (Diakses: 23 Februari 2023)

Pentingnya memiliki mentor [daring]. Tautan: https://www.topkarir.com/article/detail/pentingnya-memiliki-mentor-dalam-berkarir-dan-cara-menemukannya (Diakses: 23 Februari 2023)

Shabrina Alfari

Content Writer and Content Performance at Ruangguru. Hope my writing finds you well and help you learn a thing or two! :D