Bingung Mulai Bisnis Apa? Mengenal Bisnis Es Teh, Modal Murah untung Berlimpah!

Bisnis Es Teh

Mau coba memulai bisnis es teh? Yuk, ketahui peluang bisnis es teh di Indonesia dan beberapa hal yang perlu kamu persiapkan agar makin cuan!


Es teh, minuman yang segar dan pas banget untuk menghilangkan rasa haus, terutama saat cuaca lagi panas. Nggak heran kalau es teh jadi minuman favorit banyak orang di Indonesia. Karena popularitasnya yang tinggi, bisnis es teh punya peluang untuk sukses di pasar yang luas ini. Apakah kamu juga tertarik memulai bisnis es teh? Jika iya, yuk ketahui peluang bisnis es teh dan apa saja yang harus dipersiapkan sebelum memulai bisnis ini!

 

Jenis bisnis F&B

F&B atau Food and Beverage adalah bidang bisnis yang fokus pada makanan dan minuman. Usaha ini populer di Indonesia karena pasarnya yang luas. Di mana pun kita pergi, mudah sekali menemukan berbagai jenis makanan dan minuman, mulai dari yang dijual di kaki lima hingga di restoran mewah.

Bisnis F&B memang menjanjikan dan bisa mendatangkan banyak keuntungan, tetapi karena persaingan yang sangat ketat, kamu perlu lebih kreatif dan jeli dalam melihat peluang agar bisnis F&B yang kamu jalankan bisa berbeda dari yang lain.

Ada banyak jenis usaha dalam industri F&B, seperti warung makan, UMKM di bidang makanan & minuman, produsen makanan dan minuman, kafe, restoran, dan lainnya.

Baca juga: Cara Menerapkan Digital Marketing untuk UMKM

 

Peluang es teh

Es teh merupakan salah satu minuman favorit orang Indonesia. Es teh cocok dinikmati dengan berbagai jenis makanan dan sangat efektif untuk menghilangkan rasa haus karena rasanya yang manis dan menyegarkan.

Es Teh Manisilustrasi es teh (canva.com)

Melihat hal ini, banyak pengusaha atau pelaku UMKM yang memanfaatkan peluang ini untuk berbisnis. Apakah kamu juga tertarik? Bisnis es teh kini sudah sangat umum, dan mudah sekali menemukan pedagang es teh di pinggir jalan. Dulu, es teh biasanya disajikan dalam kemasan plastik yang dikenal sebagai ‘es cekek’, tetapi sekarang kemasannya sudah lebih kekinian.

Kenapa sih bisnis es teh begitu menarik? Yuk simak beberapa alasannya: 

  • Es teh punya banyak penggemar dan rasanya cocok bagi banyak orang.
  • Harganya sangat terjangkau, di gerobak pinggir jalan kamu bisa membelinya dengan harga sekitar Rp3.000 per gelas.
  • Cara pembuatannya sederhana, hanya perlu air panas, daun teh, gula pasir, dan es batu. Tehnya bisa diseduh sebelumnya, jadi cukup dituangkan ke gelas yang sudah berisi es batu.
  • Modal yang dibutuhkan tidak besar, karena peralatan yang diperlukan cukup sederhana dan tidak terlalu banyak.

Baca juga: 12 Cara Memulai Bisnis Makanan untuk Pemula, Wajib Tahu!

 

Hal yang harus diperhatikan untuk membangun bisnis es teh

Berikut adalah beberapa tips memulai bisnis es teh untuk pemula, yuk simak!

1. Buat Resep Es Teh yang Konsisten 

Jika kamu ingin membangun bisnis es teh secara mandiri, temukan resep es teh yang tepat melalui percobaan. Cobalah berbagai kombinasi bahan hingga mendapatkan rasa yang enak, segar, dan seimbang. Menyajikan es teh dengan rasa yang konsisten akan membuat pelanggan tertarik untuk beli lagi.

 

2. Siapkan Modal Usaha

Modal adalah hal dasar yang penting untuk memulai bisnis. Hitung biaya yang diperlukan untuk bahan baku, peralatan, sewa tempat, dan kebutuhan lainnya. Pastikan kamu memiliki dana yang cukup untuk memulai dan menjalankan bisnis hingga stabil. Total modal awal harus mencakup semua biaya dan tambahkan dana cadangan untuk keperluan tak terduga agar bisnis berjalan lancar.

Baca juga: Jangan Diskip! Ini 3 Cara Mudah Menghitung Modal Usaha

 

3. Tentukan Konsep Usaha

Kamu bisa memilih untuk menjalankan usaha secara mandiri atau bergabung dengan franchise. Usaha mandiri memberikan kebebasan lebih, sedangkan franchise menawarkan keuntungan dari brand yang sudah dikenal. Pelajari dan pilih opsi yang paling sesuai dengan tujuan dan situasimu.

 

4. Pilih Lokasi yang Strategis

Lokasi yang ramai, seperti dekat sekolah, kantor, atau pusat perbelanjaan, sangat penting untuk menarik pelanggan. Pilih lokasi yang mudah diakses dan sering dikunjungi oleh calon pelanggan.

 

5. Buat Branding

Branding membantu membuat bisnismu dikenal. Kamu bisa membuat desain logo yang menarik, booth yang unik, kemasan yang estetik, banner promosi yang mencolok, dan nama bisnis yang mudah diingat. Branding yang baik akan menarik perhatian dan membuat bisnismu menonjol di pasar.

Baca juga: Branding: Pengertian, Unsur-unsur dan Manfaatnya bagi Bisnis

 

6. Lakukan Promosi Penjualan

Gunakan promosi untuk menarik pelanggan, seperti promo beli 2 gratis 1 atau diskon khusus. Promosi semacam ini dapat meningkatkan penjualan dan menarik lebih banyak pelanggan baru. Jika rasa es teh sesuai dengan lidah pelanggan, mereka pasti tertarik untuk membeli lagi di lain waktu.

 

7. Tentukan Harga yang Kompetitif

Harga yang terlalu tinggi bisa membuat pelanggan ragu, sementara harga yang terlalu rendah bisa merugikan bisnismu. Hitung total biaya produksi, termasuk bahan baku, tenaga kerja, dan biaya operasional lainnya, kemudian tambahkan margin keuntungan yang diinginkan. 

Misalnya, jika biaya per gelas es teh adalah Rp3.000 dan kamu ingin keuntungan 50%, harga jualnya bisa sekitar Rp4.500. Pastikan harga yang ditetapkan masih kompetitif dibandingkan dengan pesaing.

 

8. Pelajari Pesaing

Amati pesaing untuk mengetahui apa yang mereka tawarkan dan cari celah atau peluang. Misalnya, pesaing hanya memiliki sedikit varian rasa, kamu bisa menawarkan pilihan rasa yang lebih beragam seperti es teh leci, lemon, atau jasmine tea, dan lainnya. Ini bisa menjadi keunggulan yang membuat bisnismu lebih menonjol.


Nah, itulah pembahasan mengenai bisnis es teh. Gimana, semakin tertarik untuk mencoba bisnis ini? Jangan lupa untuk persiapkan semua hal di atas dan perbanyak ilmu dengan belajar mengenai strategi berjualan bareng praktisi ahli di Skill Academy, ya!

Devi Lianovanda