Ukuran Feed Instagram untuk Semua Jenis Konten, Terbaru dan Terlengkap!

Devi Lianovanda Mei 11, 2022 • 8 min read


ukuran feed instagram

Yuk, ketahui macam-macam ukuran feed Instagram untuk semua jenis post agar menghasilkan konten yang berkualitas!

Instagram merupakan media sosial untuk berbagi foto dan video yang terkenal di berbagai kalangan dan usia. Dilansir dari laporan WeAreSocial, pada tahun 2022, pengguna Instagram di Indonesia mencapai 99,15 juta. Banyak banget, kan? Karena ini juga, Instagram nggak hanya digunakan sebagai media sosial biasa aja, tapi juga digunakan banyak brand atau perusahaan untuk mempromosikan bisnis, bahkan berjualan.

Jenis konten yang bisa diunggah di Instagram, nggak hanya foto tapi juga video atau yang sering disebut Reels. Baik foto atau video yang kamu unggah, memiliki ukuran berbeda yang harus diikuti, lho.

“Emang kenapa, sih harus pakai ukuran instagram yang tepat?”

Dengan menggunakan ukuran feed Instagram yang tepat, kamu bisa membuat tampilan feed menjadi lebih rapi dan menarik. Selain itu, dengan ukuran yang tepat, audiens bisa melihat konten (foto atau video) dengan kualitas jelas dan tidak terpotong.

Ternyata menggunakan ukuran yang tepat itu penting ya. Agar lebih paham, yuk simak penjelasan ukuran feed Instagram untuk setiap jenis post dan contohnya!

 

Mengenal rasio dan resolusi

Sebelum masuk ke ukuran masing-masing jenis post, kamu perlu mengetahui aspect ratio dan resolusi terlebih dahulu.

Aspect ratio adalah rasio lebar dan tinggi gambar, biasanya dinyatakan dengan x:y. Angka di depan adalah lebar, dan angka di belakang adalah tinggi. Misalnya, rasio 1:1, berarti ukuran lebar dan tingginya adalah sama.

Resolusi adalah jumlah pixel yang menyusun lebar dan tinggi sebuah gambar. Resolusi memengaruhi kualitas foto atau video yang dilihat oleh audiens. Semakin tinggi resolusi, maka semakin baik pula kualitasnya. Beberapa contoh resolusi yang sering digunakan: 1080 x 1080, 600 x 600, 820 x 200, dan lainnya sesuai kebutuhan dan jenis kontennya.

Baca juga: 7 Cara Membuat Feed Instagram yang Aesthetic dan Menarik

 

Ukuran feed Instagram untuk setiap jenis konten

Setelah mengetahui rasio dan resolusi, berikut adalah panduan ukuran feed Instagram untuk setiap jenis unggahan, simak ya!

1. Square post

Square post merupakan jenis konten yang paling sering diunggah atau sering kamu lihat di Instagram. Konten ini, bentuknya persegi dengan rasio 1:1 yang berarti lebar dan tingginya sama. Kamu bisa menggunakan resolusi 1080 x 1080 pixels untuk mendapatkan kualitas konten yang baik dan jelas.

Berikut adalah ukuran feed Instagram square post beserta contohnya:

ukuran feed instagram square post

Ikuti kelas: Sukses Bisnis Online Shop di Instagram

 

2. Horizontal/landscape post

Horizontal atau landscape post merupakan jenis konten yang melebar ke samping, bentuknya persegi panjang. Ukuran landscape agak jarang digunakan oleh brand, tapi ukuran ini sering digunakan untuk mengunggah foto selfie atau pemandangan.

Rasio yang digunakan adalah 16:9 dan menggunakan resolusi 1080 x 608 pixels untuk kualitas konten yang baik dan jelas.

Berikut adalah ukuran feed Instagram untuk horizontal atau landscape post serta contohnya:

ukuran feed instagram landscape post

 

3. Vertical post

Berbeda dengan horizontal atau landscape post, konten yang diunggah dalam ukuran vertical akan memanjang ke atas dengan rasio 4:5. Jadi, kontennya lebih tinggi dibandingkan melebar. Kalau kamu menggunakan rasio 4:6 atau 4:7, maka konten tersebut akan otomatis terpotong oleh Instagram. 

Untuk mendapatkan konten yang berkualitas jelas, kamu bisa menggunakan resolusi 1080 x 1350. Ukuran ini, biasanya digunakan untuk mengunggah foto orang seperti OOTD atau pemandangan.

Berikut adalah ukuran feed Instagram vertical post dan contohnya:

ukuran feed instagram vertical post

 

4. Instagram Stories

Selain mengunggah konten di feed, kamu juga bisa mengunggah konten Instagram Stories. Di Instagram Story, kamu bisa menambahkan gif, stiker, teks, atau link yang bisa ditap oleh followers dan mengarah ke halaman tertentu. Konten ini akan otomatis terhapus dalam waktu 24 jam, tapi kamu masih bisa melihatnya di stories archive.

Kamu bisa membuat konten Instagram Story dengan rasio 9:16 dan resolusi 1080 x 1920 pixels. Kamu juga bisa tetap menampilkan stories kamu di highlight agar ketika ada yang mengunjungi profil kamu, mereka bisa melihat kembali stories tersebut.

Berikut contoh ukuran Instagram Stories dan contoh kontennya:

ukuran instagram stories

 

5. Instagram Reels

Instagram Reels adalah fitur yang memungkinkan pengguna membuat konten video pendek. Kamu bisa menambahkan filter dan musik di dalamnya. Instagram Reels bisa muncul di feed dan juga tab Reels. Jadi, untuk covernya juga perlu kamu perhatikan agar feed tetap terlihat rapi dan menarik.

Untuk membuat Reels, kamu bisa menggunakan aspect ratio 9:16 dan resolusi 1080 x 1920 pixels agar kualitasnya bagus dan tidak terpotong. Instagram Reels dibuat agar pengguna bisa melihat video pendek di HP, full screen, dan mobile. Kamu bisa mengambil video menggunakan HP agar ukurannya pas dan konsisten.

Berikut ukuran Instagram Reels dan contohnya:

ukuran instagram reels

Ikuti kelas: Memaksimalkan Fitur Sosial Media dalam Membuat Konten Video Pendek untuk Spesialis Periklanan

6. Carousel post

Carousel memungkinkan kamu untuk mengunggah lebih dari satu foto ke Instagram dalam satu unggahan. Kamu bisa menambahkan sampai 10 foto. Ukuran carousel post menyesuaikan foto pertama yang kamu pilih. Jika foto pertama horizontal/landscape, maka foto selanjutnya juga akan mengikuti ukuran landscape. Begitu juga dengan ukuran lainnya.

7. Konten video

Instagram memang menyediakan fitur Reels, tapi kamu juga bisa mengunggah video dengan ukuran lain seperti landscape, square atau vertical. Berikut adalah aspect ratio dan resolusinya:

  • Video Horizontal/landscape: rasio 16:9 dan resolusi 1080 x 608 pixels.
  • Video Square: rasio 1:1 dengan resolusi 1080 x 1080 pixels.
  • Video Vertical: rasio 4:5 dan resolusi 1080 x 1350 pixels.

Untuk catatan atau cheat sheet, berikut adalah rangkuman ukuran feed Instagram mulai dari foto, video, stories, sampai live video.

semua ukuran feed instagram

Melihat banyaknya pengguna Instagram, ini merupakan media yang tepat bagi kamu membagikan konten pemasaran atau promosi terkait brand atau produk yang kamu tawarkan. Selain ukuran, jangan lupa memperhatikan kualitas konten juga ya.

Kamu bisa belajar lebih banyak lagi tentang konten pemasaran dan Instagram dengan mengikuti kelas-kelas terbaik dari Skill Academy. Video belajarnya dibuat menarik dan mudah dipahami. Kamu juga akan belajar bersama instruktur yang kompeten dan berpengalaman di bidangnya. 

Tingkatkan kemampuan terbaikmu bersama Skill Academy. Bisa belajar apa saja di mana saja, cukup dari HP! Klik banner ini untuk kepoin kelas-kelas terbaik dan promo menariknya, ya! Selamat belajar~

Kelas Sukses Kerja Skill Academy

Referensi:

Upasna. 2022. ‘The Most Updated Instagram Video Size Guide for 2022 (Including Reels)’ [daring]. Tautan: https://invideo.io/blog/instagram-video-size/

Warren, Jillian. 2021. ‘Instagram Image Size & Dimensions for 2022’ [daring]. Tautan: https://later.com/blog/instagram-image-size/

Karin Olafson, Tony Tran. 2022. ‘Social Media Image Sizes 2022: Cheat Sheet for Every Network’ [daring]. Tautan: https://blog.hootsuite.com/social-media-image-sizes-guide/

Kemp, Simon. 20222. ‘Digital 2022: Indonesia’ [daring]. Tautan: https://datareportal.com/reports/digital-2022-indonesia 

Read, Ash. ‘What’s the Best Instagram Image Size? A Guide for 2021’ [daring]. Tautan: https://buffer.com/library/instagram-image-size

(Diakses pada: 9 & 10 Mei 2022)

Profile

Devi Lianovanda

Content Writer at Ruangguru. Terima kasih sudah baca sampai sini!

Beri Komentar