Mau Jadi Project Manager? Cek Dulu Skill yang Harus Kamu Punya

project-manager

Artikel ini membahas mengenai skill apa saja yang harus kamu miliki jika ingin menjadi seorang Project Manager. 

Project Manager adalah orang yang memimpin suatu proyek penting dan memastikan semuanya berjalan baik dan setiap orang yang terlibat bekerja dengan maksimal.

Seorang Project Manager memiliki peranan yang penting dalam perusahaan, karena apabila proyek yang dijalankan gagal, perusahaan akan mengalami kerugian yang besar dan kredibilitas perusahaan akan diragukan. Dilansir dari Project Manager Institute, sebanyak 87,7 juta Project Manager akan dibutuhkan pada tahun 2027

Apakah kamu mau menjadi salah satu Project Manager di masa depan? Yuk, simak beberapa skill yang harus dimiliki seorang Project Manager di bawah ini!

1. Komunikasi

Seorang Project Manager tentu harus berkomunikasi dengan seluruh pihak yang terlibat dalam proyek seperti klien, vendor, dan tentunya tim. Komunikasi yang buruk akan menyebabkan koordinasi dan kerja sama tim yang buruk juga. Project Manager akan sering berkomunikasi dengan timnya, melaporkan progres serta kendala kepada klien, dan melakukan negosiasi dengan vendor. Sebab inilah kemampuan komunikasi yang mumpuni sangat penting dan harus dimiliki oleh seorang Project Manager. 

2. Manajemen sumber daya manusia

Agar sebuah proyek berjalan dengan efektif, maka diperlukan kemampuan mengelola orang dengan baik. Project Manager harus dapat memilih orang dengan kemampuan yang tepat untuk menyelesaikan suatu pekerjaan. Selain itu, Project Manager harus memantau progres pekerjaan tiap individu, mengevaluasi kinerja, dan mendorong agar kolaborasi dan koordinasi dalam tim bekerja dengan baik. Karena tim merupakan satu kesatuan, sehingga meskipun deskripsi pekerjaan yang diberikan berbeda, tujuan yang ingin dicapai adalah sama. 

manajemen-sumber-daya-manusia(Sumber: giphy.com)

 

3. Manajemen keuangan

Sebuah proyek tentu memerlukan anggaran dana. Tugas Project Manager adalah membuat anggaran dana yang realistis dan mampu memenuhi seluruh kebutuhan finansial proyek. Selain itu, Project Manager juga harus mampu mengatur dan mengawasi penggunaan dana proyek. Pastikan dana teralokasikan dan tercatat secara rinci untuk laporan pertanggungjawaban di akhir proyek. Mengelola keuangan bukan perihal mudah, Project Manager harus memiliki rencana keuangan untuk berbagai kondisi yang mungkin terjadi. 

 

4. Leadership

Memimpin dan memberikan motivasi kerja kepada seluruh tim penting agar proyek berjalan dengan baik. Dalam menjalankan sebuah proyek, tentu seorang Project Manager akan bekerja sama dengan banyak orang yang memiliki karakter, latar belakang, dan gaya komunikasi yang berbeda. Tak jarang juga terjadi konflik kecil dalam tim karena perbedaan pendapat atau kesalahan dalam komunikasi. Karena itulah seorang Project Manager harus dapat berkomunikasi dengan baik kepada seluruh pihak, menyelesaikan konflik, dan menyemangati tim agar proyek berjalan dengan baik dan tidak mengalami keterlambatan

5. Problem solving

Menjalankan sebuah proyek tidak selalu berjalan mulus, tak jarang muncul masalah yang tentu dapat mempengaruhi jalannya proyek. Karena hal ini, seorang Project Manager perlu memprediksi masalah yang mungkin muncul beserta solusinya. Namun, tentu saja tidak semua masalah dapat diprediksi, maka seorang Project Manager harus gesit dalam menemukan solusi dan memiliki rencana alternatif atau cadangan agar masalah dapat segera terselesaikan dan proyek dapat terus berjalan. 

ide-problem-solving

(Sumber: freepik.com)

Itulah beberapa skill yang harus dimiliki oleh seorang Project Manager. Ada berapa skill yang sudah kamu punya? Jika sudah ada tapi belum lengkap, kamu dapat melengkapinya dengan mengikuti kelas dari Skill Academy.

Terdapat berbagai pilihan kelas mulai dari Tingkatkan Kemampuan Komunikasi untuk Menunjang Karier, Cara Memecahkan Masalah ala Konsultan dan masih banyak kelas lainnya yang dapat melengkapi skill-mu untuk menjadi seorang Project Manager di masa depan. 

 

SKill Academy - CTA

Devi Lianovanda