7 Cara Memanfaatkan Media Sosial untuk Meningkatkan Produktivitas, Biar Gak Scroll Terus!

Memanfaatkan Media Sosial

Media sosial memiliki banyak manfaat yang bisa kita gunakan untuk meningkatkan produktivitas dan belajar hal baru. Yuk, simak penjelasan berikut!


Media sosial sudah jadi bagian dari kehidupan sehari-hari kita. Bahkan, saat bangun tidur, kita langsung mengecek notifikasi dari berbagai media sosial. Selain menjadi sumber informasi, media sosial juga menyediakan berbagai konten yang menghibur, membantu kita tetap terkoneksi dengan orang lain secara virtual, dan dapat digunakan keperluan bisnis seperti promosi.

Sayangnya, seringkali kita terlalu asyik bermain media sosial sampai nggak sadar sudah scrolling TikTok berjam-jam atau baca puluhan threads di X yang membuat kita terdistraksi dan jadi kurang fokus. Lalu, bagaimana cara memanfaatkan media sosial untuk meningkatkan produktivitas? Simak tips berikut ini!

 

Cara memanfaatkan media sosial agar semakin produktif

Berikut ini adalah cara memaksimalkan media sosial agar dapat meningkatkan produktivitas dan membantumu belajar atau mengembangkan skill baru.

1. Manfaatkan media sosial untuk belajar

Media sosial tidak hanya untuk hiburan, tetapi juga bisa kamu gunakan untuk belajar hal-hal baru. Kamu bisa mengikuti akun-akun yang memberikan informasi dan pengetahuan bermanfaat, misalnya tutorial, tips, artikel pendidikan, atau informasi lain yang sedang ingin kamu pelajari.

Dari berbagai tutorial di media sosial, kamu bisa belajar masak, membuat gelang, menjahit, berkebun hidroponik, dan keterampilan lainnya. Selain meningkatkan keterampilan baru sesuai yang kamu inginkan, menjadikan media sosial sebagai media belajar juga meningkatkan keterampilan belajar mandiri, menyaring informasi, dan menerapkan pengetahuan baru di kehidupan sehari-hari.

Baca juga: Social Media Specialist: Tugas, Gaji, dan Skill yang Harus Dikuasai

 

2. Membangun networking seluas-luasnya 

Media sosial menghapus jarak dan waktu, artinya kamu bisa terkoneksi dengan siapa pun dari mana pun. Manfaatkan kesempatan ini untuk terhubung dengan orang-orang dari berbagai latar belakang dan bidang. Kamu bisa memanfaatkan keuntungan ini untuk memperluas jaringan sosial, bertukar pengalaman, dan mencari peluang kerja atau kolaborasi.

Misalnya, kamu ingin bekerja di Australia dengan WHV karena salah satu temanmu di media sosial melakukannya. Jangan ragu untuk menghubungi terlebih dahulu dan tanyakan informasi yang kamu perlukan. Membangun networking juga meningkatkan keterampilan komunikasi interpersonal dan membangun hubungan baik.

 

3. Media promosi bisnis

Hampir semua bisnis memanfaatkan media sosial untuk promosi karena dapat menjangkau audiens dalam jumlah besar tapi biayanya cukup terjangkau. Jika kamu pelaku bisnis, media sosial adalah platform yang efektif untuk mempromosikan produk atau layananmu.

Dengan membagikan konten yang menarik, kreatif, dan relevan, kamu bisa menjangkau lebih banyak audiens dan membangun brand awareness. Menggunakan media sosial sebagai media promosi juga membantumu belajar tentang pemasaran online, fitur berbagai media sosial, cara membuat konten yang menarik, dan membuat strategi promosi. 

 

4. Mencari ide dan inspirasi

Media sosial juga bisa menjadi sumber inspirasi bagi kreativitas. Dari konten-konten yang kamu lihat, kamu bisa mendapatkan ide atau inspirasi untuk tugas, promosi, konten, desain, atau tulisan. Mencari ide di media sosial membantumu terbiasa untuk mengembangkan ide kreatif, menggali informasi dan inspirasi, serta mampu mengaplikasikan ide menjadi karya.

Baca juga: 8 Cara Menemukan Ide Bisnis dan Peluang Usaha untuk Pemula

 

5. Membangun personal branding

Dengan aktif berinteraksi dan berbagi konten di media sosial, kamu bisa membangun citra diri yang kuat dan unik. Ini bisa membantu meningkatkan reputasimu di mata orang lain, baik dalam bidang profesional maupun personal. Untuk membangun personal branding, kamu perlu keterampilan menyampaikan pesan dengan baik, memengaruhi opini orang lain, membuat konten menarik, dan berkomunikasi dengan orang lain.

 

6. Berinteraksi dengan pelanggan

Bagi pemilik bisnis, berinteraksi dengan pelanggan di media sosial menjadi cara yang efektif untuk memperkuat hubungan dan memahami kebutuhan mereka. Dari sini, kamu bisa mendapatkan feedback yang berguna untuk meningkatkan kualitas produk atau layanan. Manfaat media sosial yang satu ini sekaligus meningkatkan keterampilan komunikasi, merespons tepat waktu, dan memecahkan masalah dengan baik karena berhadapan dengan keluhan, saran, atau kritik dari pelanggan.

 

7. Mengikuti informasi dan update berita

Media sosial juga dapat menjadi sumber informasi dan berita yang aktual. Dengan mengikuti akun-akun berita terpercaya, kamu bisa tetap up-to-date tentang peristiwa terbaru di sekitar dan di seluruh dunia. Mengikuti update informasi juga membuat kita belajar skill menyaring informasi, memilah berita, dan berpikir kritis terhadap informasi yang diterima. 

 

Media sosial memiliki beragam fungsi dan fitur yang berbeda-beda, mulai dari Instagram yang fokus pada berbagi foto dan video, TikTok yang menonjolkan konten pendek dan kreatif, atau Facebook yang menyediakan berbagai layanan, termasuk jejaring sosial, berita, dan grup komunitas. Meskipun setiap platform memiliki keunikan sendiri, secara umum, media sosial memiliki manfaat yang luas yang bisa kita manfaatkan. Dengan memanfaatkan fitur-fitur dan konten yang tersedia di media sosial, kita memiliki akses yang lebih luas untuk terus belajar dan mengembangkan diri.

Ikuti kelas: Storytelling di Media Sosial ala Raditya Dika


Itulah pembahasan mengenai cara memanfaatkan media sosial untuk meningkatkan produktivitas. Jika kamu ingin belajar lebih dalam tentang media sosial agar bisa memanfaatkannya secara maksimal, terutama untuk bisnis, yuk ikutan kelas dari Skill Academy. Ada banyak banget kelas seputar media sosial, mulai dari storytelling sampai sosial media marketing. Klik tautan di atas untuk melihat kelas-kelasnya, ya!

Devi Lianovanda