Mengenal Brand Ambassador Beserta Tugas dan Tanggung Jawabnya

Gulman Azkiya Okt 27, 2021 • 7 min read


brand-ambassador-adalah

Artikel ini membahas mengenai apa itu brand ambassador beserta tugas dan tanggung jawabnya.

--

Kamu pasti sudah sering melihat beberapa selebriti sering mengiklankan sebuah produk atau brand di berbagai media. Jika kamu coba perhatikan, tak jarang mereka juga membagikan kesehariannya menggunakan produk tersebut di media sosial. Tahukah kamu? Ternyata hal yang mereka lakukan itu merupakan salah satu tugas dari seorang brand ambassador lho. Brand ambassador? Sepertinya bukan istilah yang asing? Bagi kalian yang penasaran, yuk mari bahas bersama apa itu brand ambassador.

Apa itu brand ambassador?

Brand ambassador adalah orang yang mewakili dan mempromosikan suatu suatu brand/produk dengan mendukungnya dalam bentuk aktivitas yang sesuai dengan identitas perusahaan. Pada dasarnya brand ambassador bertujuan untuk membuat masyarakat semakin mengenali sebuah produk atau brand. Biasanya sebuah perusahaan yang memiliki rencana promosi yang besar akan bekerja sama dengan seseorang atau kelompok tertentu untuk membantu mereka mempromosikan produk, dan orang-orang inilah disebut dengan brand ambassador. 

Umumnya yang diminta untuk menjadi brand ambassador adalah para selebriti, influencer, atau individu yang telah diakui kemampuannya sebagai seorang profesional di suatu bidang. Namun, nyatanya perusahaan pun tidak bisa sembarangan memilih seseorang untuk menjadi brand ambassador. Idealnya orang tersebut harus sesuai dengan identitas dari perusahaan yang akan dipromosikannya. Karena mereka yang nantinya dipilih, harus mewakili brand/perusahaan pada acara-acara tertentu. 

Misalnya, jika ada sebuah brand yang berfokus terhadap produk pendidikan, maka orang yang cocok untuk menjadi brand ambassador-nya mungkin bisa dari kalangan selebriti muda atau publik figur yang terkenal inspiratif, contohnya Najwa Shihab. Sehingga nantinya berbagai aktivitas dan kampanye yang dilakukan oleh brand ambassador tersebut sesuai dengan identitas dari perusahaan tersebut.

Ikuti kelas: Dasar Menjadi Public Speaker Andal

Di samping itu, tidak selamanya brand ambassador berasal dari kalangan selebriti atau publik figur. Dikutip dari everyonesocial.com, karyawan dari bagian marketing, SDM, dan komunikasi pun bisa juga menjadi brand ambassador. Tergantung dengan tujuan bisnis yang ingin dicapai oleh perusahaan tersebut. Misalnya perusahaan dengan bentuk B2B. Karyawan yang memiliki banyak koneksi dengan rekan bisnis/orang-orang di luar perusahaan, bisa menjadi brand ambassador. 

Manfaat menggunakan brand ambassador

Berkembangnya teknologi seperti, meningkatnya penggunaan media sosial membuat brand ambassador memiliki dampak yang besar. Dampak tersebut tidak hanya sekedar mengiklankan produk atau brand, melainkan dapat mempengaruhi pelanggan untuk membeli produk tersebut. Misalnya saja ketika mereka membuat konten ulasan/review mengenai produk dari sebuah brand.  

Berdasarkan survei dari Dimensional Research, 90% pelanggan mengatakan keputusan membeli dipengaruhi oleh ulasan yang mereka lihat secara online. Sehingga seorang brand ambassador tentu saja bisa memiliki pengaruh terhadap penjualan produk. Selain itu, menggunakan brand ambassador juga memiliki berbagai manfaat diantaranya seperti,

  1. Menjaga dan mempertahankan reputasi brand
    Hadirnya brand ambassador dapat membantu brand dari sebuah bisnis untuk tetap dapat dikenal oleh publik. Salah satunya ketika mereka membagikan aktivitas di media sosial atau bertemu dengan publik di saat masa promosi. Namun, hal ini sangat bergantung dengan pemilihan brand ambassador yang tepat dan sesuai.

  2. Mendekatkan diri dengan pelanggan
    Brand ambassador yang baik akan membantu brand mendekatkan diri dengan pelanggan dan juga menggaet para calon pembeli. Salah satunya yaitu berinteraksi  dengan audience di media sosial, seperti membuat konten tanya jawab atau membalas komentar.  Selain itu, brand ambassador juga bisa memperluas target pasar, seperti daerah baru. Misalnya ketika suatu brand besar dari luar negeri ingin masuk ke pasar Indonesia. Dengan menggunakan selebriti atau publik figur yang terkenal sebagai brand ambassador, mereka dapat menarik dan mendapatkan kepercayaan dari masyarakat Indonesia.

  3. Memperkuat proses pemasaran
    Dengan memiliki brand ambassador, secara tidak langsung dapat membantu perusahaan dalam proses marketing. Hal ini bisa berupa memberi ulasan mengenai produk, mempromosikan brand dan juga membantu dalam membuat konten strategi marketing. 

Tugas dan tanggung jawab brand ambassador?

1. Mempromosikan brand melalui akun media sosial pribadi

Hal ini merupakan tugas dari brand ambassador yang paling sering kamu temui. Kamu mungkin bisa melihat mereka membagikan bermacam konten di media sosial, mulai dari foto promosi, ulasan produk, bahkan video khusus mengenai brand yang mereka iklankan. Lalu jika melakukan promosi di media sosial, apakah brand ambassador sama dengan influencer? Dari segi aktivitas mungkin terlihat sama, namun poin utama yang membedakan dua profesi ini yaitu, pada jenis kontrak dan durasinya. Biasanya influencer hanya dikontrak untuk satu masa kampanye produk, sedangkan brand ambassador bisa dikontrak dalam waktu yang cukup lama dengan berbagai bentuk kampanye dan promosi.

Baca juga: Influencer Marketing: Pengertian, Strategi, dan Manfaatnya untuk Bisnis

2. Menyelaraskan visi, misi, dan tujuan pemasaran sesuai dengan identitas brand

Sebelum melakukan berbagai aktivitas promosi, seorang brand ambassador harus dapat menyesuaikan citra dirinya dengan visi-misi dari perusahaan atau brand. Ketika kontrak kerja sama sudah disetujui, seorang brand ambassador harus mengetahui aktivitas apa saja yang boleh dan tidak boleh dilakukan. Sehingga, dapat mencegah risiko buruk yang berdampak kepada brand tersebut. Misalnya, seorang brand ambassador dari produk kesehatan, dirinya harus bisa menampilkan gaya hidup sehat setiap hari. Walaupun secara pribadi dia memiliki kebiasaan yang kurang sehat seperti merokok. Maka brand ambassador tersebut tidak boleh dilihat publik saat merokok atau melakukan kegiatan yang tidak sehat lainnya.

tugas-brand-ambassador

3. Bekerja sama dengan tim marketing untuk membuat konsep kampanye atau strategi pemasaran.

Hadirnya brand ambassador dalam sebuah brand memiliki berbagai manfaat. Namun, tugas seorang brand ambassador bukan hanya sekedar melakukan promosi. Umumnya mereka juga terlibat dalam berbagai aktivitas marketing seperti membuat konsep kampanye dan strategi pemasaran. Walaupun tidak bekerja secara langsung, tapi nantinya ada akan ada diskusi dengan tim marketing mengenai konten dan citra seperti apa yang akan ditunjukkan oleh brand ambassador kepada publik. Misalnya, menghadirkan konten berupa cerita inspiratif dari sang brand ambassador.

4. Memberikan tanggapan dan wawasan tentang produk/layanan baru dari brand

Seorang brand ambassador harus dapat berinteraksi dengan pelanggan baik secara langsung ataupun di media sosial. Interaksi ini tentu sangat berpengaruh terhadap reputasi dari brand itu sendiri. Sehingga membuatnya harus memiliki pemahaman yang baik mengenai brand yang dia promosikan. Misalnya, pada saat pelanggan atau publik bertanya mengenai produk terbaru dari brand tersebut. Dengan memiliki pemahaman yang baik, sang brand ambassador akan mudah menjelaskan tentang produk tersebut.

5. Mempertahankan citra positif dari brand

Hal ini biasanya merupakan tanggung jawab utama dari seorang brand ambassador. Mereka harus dapat menunjukan citra yang baik pada setiap aktivitasnya. Dengan melakukan hal tersebut, kepercayaan masyarakat akan meningkat terhadap dirinya dan akan berdampak baik kepada citra dari brand yang bekerja sama dengannya. 

 

Gimana guys? Ternyata pekerjaan seoarang brand abassador tidak semudah yang dibayangkan kan? Itulah penjelasan mengenai apa itu brand ambassador. Bagi kamu yang ingin meningkatkan kemampuan khususnya dalam dunia kerja, langsung saja ke Skill Academy. Karena di Skill Academy tersedia berbagai kelas pelatihan dengan materi yang tentunya mendalam. Jadi tunggu apa lagi, ayo upgrade skill-mu. 

Tingkatkan kualitas dengan ikut kelas di skill academy!

Referensi

Brain, Cameron. (2020). The Brand Ambassador: Who Are They And Why Do They Matter?. https://everyonesocial.com/blog/brand-ambassador/ [Daring] (Diakses 25 Oktober 2021) 

Jelena. (2021). Brand Ambassadors: Who Are They and What Do They Do?. https://www.firstbird.com/en/hr-glossary/brand-ambassador/#uael-faq-2 [Daring] (Diakses 25 Oktober 2021)

Keyhole. (2019). What is a Brand Ambassador? & How to Launch a Successful Ambassador Program. https://keyhole.co/blog/what-is-a-brand-ambassador/#why  [Daring] (Diakses 26 Oktober 2021)

Profile

Gulman Azkiya

Content Writer at Ruangguru | Kepengen punya EP Shoegaze/Ambient sendiri

Beri Komentar