Contoh dan Cara Membuat Surat Izin Sakit untuk Siswa, Mahasiswa, dan Karyawan

Contoh dan Cara Membuat Surat Izin Sakit

Bagaimana cara membuat surat izin sakit untuk siswa sekolah, mahasiswa, maupun karyawan? Simak berbagai contoh surat izin sakit berikut ini!


Dalam menjalani kehidupan sehari-hari, ada kalanya kita merasa badan kurang fit dan kesehatan menurun. Alhasil, rutinitas yang biasanya dapat dilalui dengan mudah menjadi lebih sulit karena kondisi tubuh yang tidak prima.

Jika kondisi kesehatan menurun, sebaiknya kita fokus untuk beristirahat sejenak dan untuk sementara waktu, tidak melakukan pekerjaan kita sehari-hari, baik itu sekolah, kuliah, maupun bekerja. Hal ini perlu dilakukan karena jika kita memaksa diri untuk tetap beraktivitas saat sedang sakit, itu justru akan memperparah kondisi kesehatan tubuh kita.

Selain itu, kita pun memiliki kecenderungan untuk menularkan penyakit kita kepada orang lain apabila sakit yang kita derita merupakan penyakit menular. Bahkan, kita juga dapat tertular penyakit dari orang karena sistem imun kita yang sedang terganggu. Oleh karena itu, sebaiknya kita mengurangi intensitas bertemu dengan orang lain di luar keluarga inti yang serumah untuk mencegah penularan.

 

Apa Itu Surat Izin Sakit?

Surat izin sakit adalah dokumen yang berfungsi untuk menjelaskan bahwa seseorang perlu waktu untuk beristirahat dari aktivitas rutin mereka karena tubuh yang sakit atau kurang fit.

Ketika membuat surat izin sakit, kita juga bisa melampirkan surat dokter apabila kita sudah memeriksakan diri ke dokter dan mendapat surat dokter. Namun, jika belum memeriksakan diri ke dokter atau penyakit yang dialami bergejala ringan sehingga tidak perlu periksa ke dokter, kamu tidak perlu melampirkan surat dokter pada surat izin sakit yang ditulis. Akan tetapi, kebijakan ini akan berbeda pada setiap perusahaan. Ada yang mewajibkan surat dokter ada pula yang tidak.

Nah, selama beristirahat di rumah, kita bisa mengirimkan surat izin sakit kepada instansi atau perusahaan tempat kita beraktivitas, entah itu sekolah, universitas, atau kantor untuk memberitahukan bahwa kita sedang sakit dan memohon izin untuk tidak masuk selama sakit.

Surat izin sakit bisa ditulis secara manual menggunakan metode tulis tangan, lalu dikirim ke alamat instansi tujuan. Surat sakit bisa juga ditik secara digital dan dikirim melalui email kepada pihak-pihak yang bersangkutan. Hal ini tergantung dari aturan pada masing-masing instansi.

Bagi kamu yang bingung bagaimana cara membuat surat izin sakit, bisa melihat contoh berikut ini, ya!

Baca juga: Penting! Cara Mengajukan Cuti Kerja Beserta Contoh Suratnya

 

Struktur Surat Izin Sakit Secara Umum

Pada umumnya, struktur surat izin sakit adalah sebagai berikut:

  1. tanggal surat dan tempat ditulisnya surat;
  2. tujuan ke mana surat akan diberikan;
  3. salam pembuka;
  4. isi surat berdasarkan keterangan yang sesuai;
  5. salam penutup; dan
  6. nama yang bersangkutan serta tanda tangan.

Berikut adalah visualisasi surat izin sakit berdasarkan struktur yang sudah disebutkan di atas.

Contoh Surat Izin Sakit - Skill Academy

Contoh surat izin sakit untuk karyawan 

 

Struktur di atas merupakan struktur umum yang biasa digunakan ketika menulis surat izin sakit, baik untuk siswa sekolah, mahasiswa, maupun karyawan. Untuk lebih jelasnya, kamu bisa memperhatikan beberapa contoh surat izin sakit berikut.

 

Contoh Surat Izin Sakit untuk Siswa atau Anak Sekolah

Surat izin sakit untuk siswa atau anak sekolah biasanya harus ditulis oleh orang tua atau wali murid karena siswa dianggap masih di bawah umur, sehingga belum bisa mewakili diri sendiri secara hukum dan membutuhkan wali.

Wali murid bisa berupa kerabat terdekat siswa tersebut yang mewakili orang tua, contohnya seperti kakak (yang usianya sudah dewasa), kakek, nenek, paman, bibi, bapak atau ibu kost (apabila siswa merantau dan kost di perantauan), dan lain-lain. Berikut contoh surat izin sakit untuk siswa atau anak sekolah:

Contoh 1

Bekasi, 25 April 2023

Yth. Wali Kelas [Kelas Siswa]
[Nama Sekolah]
[Alamat Sekolah]

Dengan hormat,

Yang bertanda tangan di bawah ini:

nama: [Nama Orang Tua/Wali Murid]
hubungan dengan murid: [Orang Tua/Wali Murid]
nama murid: [Nama Siswa]
kelas : [Kelas Siswa]

hendak mengajukan permohonan izin sakit untuk anak saya, [Nama Siswa], yang tidak dapat hadir di sekolah pada hari ini, [Tanggal Hari Ini]. Anak saya mengalami sakit [Jelaskan jenis penyakit yang diderita oleh siswa]. Oleh karena itu, saya memutuskan untuk menjaga anak saya di rumah untuk menjalani perawatan yang diperlukan agar segera pulih kembali.

Saya memohon izin kepada pihak sekolah bagi anak saya untuk absen selama [Jumlah Hari] hari, mulai dari tanggal [Tanggal Awal] sampai dengan tanggal [Tanggal Akhir]. Saya akan memastikan anak saya dapat kembali ke sekolah secepat mungkin setelah sembuh.

Atas perhatian dan izin Bapak/Ibu Guru, saya mengucapkan terima kasih.

Hormat saya,
[Tanda Tangan]
[Nama Orang Tua/Wali Murid]

 

Contoh 2

Surabaya, 31 Agustus 2023

 

Yth. Bapak/Ibu Guru Wali Kelas XII
SMA Negeri 1 Surabaya

Dengan hormat,

Dengan ini, saya selaku orang tua/wali murid dari:

sama: Dara Meiga Maharani
siswa: Kelas XII IPA SMA Negeri 1 Samigaluh
alamat : Jalan Raya Gendoh  No. 03, Surabaya

memberitahukan bahwa anak saya tidak dapat mengikuti proses belajar mengajar pada hari ini, Kamis, 31 Agustus 2021 karena sakit. Oleh karena itu, kami memohon pada Bapak/Ibu Guru Wali Kelas XII IPA 3 agar memberikan izin kepada Dara Meiga Maharani.

Demikian yang dapat kami sampaikan. Atas perhatian Bapak/Ibu kami mengucapkan terima kasih.

Hormat kami,

Orang tua/Wali murid
[Tanda Tangan]
Prof. Fakhri Benindo

Baca juga: 4 Contoh Surat Pengunduran Diri Kerja dan Cara Mengajukan Resign yang Baik

 

Contoh Surat Izin Sakit untuk Mahasiswa

Berbeda dengan surat izin sakit untuk siswa, surat izin sakit untuk mahasiswa bisa ditulis sendiri oleh orang yang bersangkutan karena mahasiswa dianggap sudah berumur legal dan sudah cukup dewasa untuk mewakili diri sendiri secara hukum tanpa adanya wali. Berikut contoh surat izin sakit untuk mahasiswa:

Contoh 1

Jakarta, 1 November 2023

Yth. Bapak Prof. Fakhri Benindo
di Universitas Negeri Jakarta

 

Dengan hormat,

Melalui surat ini, saya yang bertanda tangan di bawah ini:

nama: Fadlan Mumtaz
NIM: 12.247.99865
kelas: 2AA
program studi: Pendidikan Sejarah
fakultas : Ilmu Pendidikan dan Keguruan

Memberitahukan bahwa saya tidak dapat mengikuti mata kuliah Sejarah Nusantara pada hari Rabu, 1 November 2023 karena sakit. Saya mohon agar Bapak dapat memberikan izin kepada saya.

Demikian surat izin ini saya sampaikan agar dapat dimaklumi. Atas izin yang diberikan, saya mengucapkan terima kasih.

Hormat Saya,
[Tanda Tangan]
Fadlan Mumtaz

 

Contoh 2

Depok, 1 Novermber 2023

Yth. Ibu Karima Tussahrozat, Ph.D.
di Universitas Indonesia

Dengan hormat,

Yang bertanda tangan di bawah ini,

nama lengkap: Irfan Sulistya Muhammad
NIM: 201904568711
program studi: Ilmu Hukum
fakultas: Hukum

hendak memohon izin tidak dapat mengikuti kegiatan perkuliahan pada mata kuliah Dasar Hukum yang Ibu ampu pada Rabu, November 2023 karena sakit. Sebagai bukti, saya sertakan juga surat keterangan dokter dalam lembar terlampir.

Demikian permohonan izin ini saya buat dengan sebenar-benarnya. Atas kebijaksanaan dan izin yang Ibu berikan, saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,
[Tanda Tangan]
Irfan Sulistya Muhammad

 

Contoh Surat Izin Sakit untuk Karyawan atau Pegawai

Surat izin sakit untuk karyawan atau pegawai umumnya dikirimkan melalui email dan ditujukan kepada HRD, Manajer/Supervisor, serta rekan satu tim atau rekan satu project. Berikut ini adalah contoh surat izin sakit untuk karyawan.

Contoh 1

[Tempat, Tanggal]

Yth. [Nama Atasan atau HRD]
[Perusahaan]
[Alamat Perusahaan]

Dengan hormat,

Yang bertanda tangan di bawah ini,

nama : [Nama Anda]
nomor induk karyawan : [Nomor Induk Karyawan Anda]
jabatan : [Jabatan Anda]

bermaksud mengajukan izin sakit selama [jumlah hari] hari, mulai dari tanggal [tanggal awal] sampai dengan tanggal [tanggal akhir]. Saya memohon maaf atas ketidaknyamanan yang mungkin timbul akibat absensi saya.

Saya mengalami sakit [jelaskan jenis penyakit yang Anda alami] dan harus beristirahat di rumah untuk menjalani perawatan yang diperlukan agar segera pulih kembali. Saya telah berkonsultasi dengan dokter dan diminta untuk beristirahat selama [jumlah hari] hari.

Saat ini saya sedang melakukan upaya untuk memulihkan kesehatan saya secepat mungkin sehingga saya bisa segera kembali ke kantor dan melanjutkan pekerjaan saya seperti biasa.

Demikian surat izin sakit ini saya sampaikan. Atas perhatian Bapak/Ibu, saya mengucapkan terima kasih.

Hormat saya,
[Tanda Tangan]
[Nama Anda]

 

Contoh 2

Banjarnegara, 1 November 2023

Hal. Permohonan Izin Tidak Masuk Kerja

Yth. Bapak/Ibu Manajer HRD PT Nanas Kuning
Jalan Tembelang Lor no 1A
Banjarnegara

Saya yang bertanda tangan di bawah ini,

nama lengkap: Eem Khujaemah
jabatan: Administrator
alamat : Bondolharjo, Jalan Menteng, Banjarnegara

memohon izin untuk tidak masuk kerja pada hari Rabu, 1 November 2023, dengan alasan sakit.

Demikian surat izin yang saya sampaikan dengan sebenar-benarnya. Atas perhatian Bapak/Ibu, saya mengucapkan terima kasih.

Hormat saya,
[Tanda Tangan]
Eem Khujaemah

 


Itu tadi beberapa contoh surat izin sakit, baik untuk siswa, mahasiswa, maupun karyawan. Kamu bisa menggunakan berbagai contoh di atas sebagai pedoman saat menulis surat izin sakit.

Bagi kamu yang ingin memperdalam soft skill ataupun hard skill di bidang profesional, yuk, gabung dengan Skill Academy dan pilih berbagai course yang sesuai dengan kemampuan dan minat kamu!

SKill Academy - CTA

Kenya Swawikanti