Apakah Saldo Prakerja Bisa Dicairkan? Ini Penjelasan dan Cara Menggunakannya

cara-mencairkan-saldo-prakerja

Artikel ini membahas mengenai pencairan saldo Prakerja dan cara menggunakannya.

Halo teman-teman Prakerja, apakah saldomu sudah masuk? Jika iya, mungkin beberapa dari kamu masih ada yang bingung mengenai bagaimana cara mencairkan atau menggunakan saldo Prakerja. Oleh karena itu, jika kamu ingin mengetahui mengenai hal tersebut, yuk simak artikel berikut untuk penjelasannya.

Apakah saldo Prakerja bisa dicairkan?

Setelah saldo Prakerja masuk ke dalam akunmu, kamu sudah bisa melakukan transaksi untuk pembelian kelas pelatihan. Namun, bagaimana jika nantinya saldo tersebut masih memiliki sisa? Apakah bisa dicairkan menjadi uang?

Adapun jawabannya adalah saldo Prakerja tidak bisa dicairkan menjadi uang tunai. Dikutip dari Kompas.com 30/10/2021, Head of Communications Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja, Louisa Tuhatu menegaskan, bahwa sisa saldo pelatihan tidak bisa diuangkan dan ditukarkan. Tapi tenang guys, walaupun tidak bisa mencairkan saldo, kamu tetap bisa mencairkan dana insentif. Adapun untuk caranya, kamu bisa cek video di bawah ini.

 

Di samping itu, jika nantinya saldomu masih tersisa, kamu masih bisa menggunakannya untuk membeli kelas pelatihan yang lainnya. Seperti yang kamu ketahui, pada saat ini sudah banyak berbagai pilihan kelas pelatihan Prakerja yang bisa kamu beli. Dengan menggunakan Kartu Prakerja kamu bisa mendapatkan potongan harga untuk kelas yang kamu inginkan.

Jika masih bingung untuk mencari kelas pelatihan yang cocok denganmu, kamu bisa langsung menuju ke Skill Academy. Karena di Skill Academy tersedia berbagai kelas pelatihan Prakerja dengan topik yang menarik dan tentunya sangat berguna untuk perkembangan karirmu.

Baca juga: Berapa Lama sih, Masa Berlaku Kartu Prakerja?

Cara menggunakan saldo Prakerja

Jika kamu memiliki saldo dan masih tidak tahu cara menggunakannya, berikut adalah cara menggunakan saldo Prakerja.

1. Masuk ke platform digital pilihan kamu

Langkah pertama adalah login ke platform digital Kartu Prakerja seperti, Tokopedia, Bukalapak, Pintaria, Pijar Mahir, dan Karirmu.

2. Cari kelas pelatihan yang diinginkan

Setelah login, cari kelas Prakerja atau pilihlah menu kelas Prakerja yang ada di masing-masing platform digital.

3. Beli kelas pelatihan

Kemudian setelah menemukan kelas yang cocok. Pilihlah tombol beli.

4. Pilih metode pembayaran dengan Prakerja

Setelah membeli kelas pelatihan yang diinginkan, lanjutkan proses pembayaran dengan menggunakan Kartu Prakerja.

5. Masukkan nomor Kartu Prakerja

Kemudian lanjutkan proses dengan memasukkan nomor akun Kartu Prakerja mu.

6. Masukkan kode verifikasi OTP yang dikirim ke HP-mu

Selanjutnya, lakukan verifikasi pembelian dengan memasukkan kode OTP yang nantinya dikirimkan ke HP mu.

7. Saldomu sudah terpakai untuk pembelian kelas pelatihan

Berikutnya, jika proses pembelian berhasil, kamu sudah bisa mengakses kelas pelatihan Prakerja.

Itulah penjelasan mengenai mencairkan saldo Prakerja dan cara menggunakannya. Untuk informasi mengenai Prakerja kamu bisa mengunjungi artikel lainnya di blog Skill Academy. Sedangkan untuk kelas pelatihan kamu bisa cek di skillacademy.com atau klik banner di bawah ini. Jadi tunggu apa lagi, ayo manfaatkan saldomu untuk beli kelas pelatihan dan upgrade kemampuanmu.

SA x Bukalapak Prakerja 820X200

Bramasta, Dandy. (2021). Ramai Jasa Tukar Saldo Prakerja Jadi Uang di E-wallet, Memangnya Bisa?.  https://www.kompas.com/tren/read/2021/10/31/110000565/ramai-jasa-tukar-saldo-prakerja-jadi-uang-di-e-wallet-memangnya-bisa-?page=all [Daring] (Diakses 7 Maret 2022)

Gulman Azkiya