Berapa Lama sih, Masa Berlaku Kartu Prakerja?

Masa-berlaku-kartu-prakerja

Artikel ini membahas mengenai batas waktu dan masa berlaku kartu prakerja!

Selamat! bagi kamu yang telah berhasil mendaftar sebagai peserta kartu prakerja. Peserta Prakerja nantinya akan mendapatkan dana insentif yang dapat digunakan untuk membeli kelas pelatihan. Namun, berapa lama sih masa berlaku kartu prakerja? Bagi kamu yang memiliki pertanyaan yang sama, mari kita cari tahu jawabannya. 

Masa berlaku setelah mendapatkan dana insentif

Penting untuk kamu ketahui, bahwa kartu prakerja memiliki masa berlaku. Sehingga setelah terdaftar dan resmi menjadi peserta Kartu Prakerja, kamu harus rutin mengecek apakah saldo Prakerja sudah masuk ke rekening mu. 

Adapun masa berlaku Kartu Prakerja adalah 30 hari setelah mendapatkan dana insentif.

Setelah kamu mendapatkan dana insentif, maka segerakanlah membeli kelas pelatihan yang ada pada platform digital Prakerja. Berdasarkan penjelasan dari Manajemen Pelaksana Kartu Prakerja, bahwa peserta yang terpilih harus segera membeli kelas pelatihan sebelum 30 hari. Karena jika tidak ditukarkan pada platform digital, maka akan hangus atau tidak bisa digunakan selamanya

Misalnya, kamu resmi mendaptakan dana insentif pada tanggal 1 Maret 2021, maka kamu harus membeli kelas pelatihan sebelum tanggal 30 Maret 2021.

Ikuti kelas: Menjadi Kasir dan Bekerja di Bidang Pelayanan

Masa berlaku setelah membeli kelas pelatihan

Sedangkan waktu 30 hari tersebut tidak berlaku jika kamu sudah membeli kelas atau pelatihan prakerja sebelum waktu yang ditentukan. Tetapi, setelah membeli kelas pelatiahan, kamu dapat menggunakan dana prakerja selama 1 tahun anggaran berjalan. Biasanya masa anggaran berjalan berlangsung sampai akhir tahun. 

Jika kamu tidak menggunakan dana didapatkan, maka dana tersebut akan dikembalikan ke rekening kas negara. Oleh karena itu, jangan membuang waktu dan gunakanlah dana tersebut dengan bijak. 

Untuk kelas pelatihan, kamu dapat membelinya di Skill Academy. Karena kini di Skill Academy tersedia Kelas Siap Kerja yang bisa dibeli dengan dana dari Kartu Prakerja.  Kelas Siap Kerja ini memiliki fokus untuk mengembangkan kemampuan kamu sehingga siap untuk memasuki dunia kerja. Kelas-kelasnya pun lebih khusus dan spesifik. Selain itu, kamu nantinya juga akan di pandu oleh instruktur yang profesional dan tentu saja berpengalaman.

Baca juga: Cara Memberi Rating dan Ulasan Kelas Pelatihan di Dashboard Prakerja

Bagaimana guys? Sekarang kamu tahu kan  kenapa penting untuk mengetahui masa berlaku kartu prakerja. Oleh karena itu, selama menjadi peserta prakerja, perlu diusahakan agar kamu selalu update terkait informasi kartu prakerja sehingga kamu tidak ketinggalan kabar terbaru. Itu lah paparan dan penjelasan mengenai masa berlaku kartu prakerja. Semoga kamu dapat menggunakannya dengan baik sesuai dengan waktu yang telah ditentukan. 

Prakerja Skill Academy

Referensi:

Cnbcindonesia.com. (2020). Ingat, Voucher Kartu Pra Kerja Berlaku 1 Bulan Atau Hangus!. https://www.cnbcindonesia.com/tech/20200416153850-37-152423/ingat-voucher-kartu-pra-kerja-berlaku-1-bulan-atau-hangus

Gulman Azkiya