Contoh Soft Skill dan Hard Skill yang Dibutuhkan di Dunia Kerja

soft skill yang dibutuhkan dalam dunia kerja

Kira-kira, apa saja ya soft skill dan hard skill yang dibutuhkan di dunia kerja? Mari simak pembahasannya berikut ini!

Selama kamu sekolah atau kuliah, mungkin kamu sudah sering mendengar tentang istilah soft skill dan hard skill. Tidak hanya di dunia pendidikan, soft skill dan hard skill ternyata juga sangat penting dan dibutuhkan dalam dunia kerja. Jika kamu tidak memiliki skill yang memadai, kamu akan kesulitan untuk beradaptasi dengan dunia kerja yang pergerakannya terbilang sangat cepat.

Sebelumnya, kamu perlu ketahui dulu apa itu soft skill maupun hard skill dan apa perbedaannya. Skill sendiri merupakan kemampuan, keterampilan, dan pengetahuan yang dimiliki oleh seseorang. Skill terbagi menjadi dua, yaitu soft skill dan hard skill

 

Apa Itu Soft Skill dan Hard Skill?

Soft skill adalah atribut pribadi atau bisa juga disebut sebagai kemampuan interpersonal yang dibutuhkan dalam pekerjaan. Sedangkan hard skill adalah keterampilan atau pengetahuan khusus yang dibutuhkan untuk sebuah pekerjaan.

Bedanya, soft skill lebih general sehingga applicable untuk berbagai jenis profesi. Contoh soft skill yaitu kemampuan komunikasi, manajemen waktu, motivasi, kecerdasan emosional, dan sebagainya. Sedangkan hard skill sifatnya lebih spesifik untuk setiap profesi. Contohnya, jika kamu bekerja sebagai Web Developer, maka kamu harus memiliki kemampuan HTML, CSS, Javascript, PHP, Testing and Debugging, SEO, dan lain sebagainya.

Ada banyak sekali jenis skill yang bisa kamu pelajari agar kamu lebih siap menghadapi dunia kerja. Namun, dari sekian banyaknya skill yang dibutuhkan, berikut rangkuman beberapa soft skill maupun hard skill yang paling kamu butuhkan dalam dunia kerja.

 

Soft Skill yang Dibutuhkan di Dunia Kerja

Beberapa contoh soft skill yang paling dibutuhkan di dunia kerja saat ini antara lain:

1. Komunikasi

Kemampuan pertama yang perlu kamu kuasai adalah kemampuan komunikasi. Soft skill yang satu ini merupakan kemampuan dasar yang sangat dibutuhkan di dunia kerja, apapun profesi yang akan kamu tekuni nantinya.

Sekalipun kamu bekerja secara remote dan tidak bertatap muka dengan rekan kerjamu, namun kamu tetap butuh kemampuan komunikasi agar kamu bisa berbicara dengan rekan kerja, klien, bos, dan pihak lainnya secara baik, lancar, jelas, dan tanpa terbata-bata. Kemampuan komunikasi ini juga meliputi kemampuan untuk berbicara di depan umum dan melakukan presentasi.

2. Manajemen Waktu

Skill berikutnya yang tidak kalah penting yaitu manajemen waktu. Di dunia kerja yang serba cepat ini, kamu harus bisa memanajemen waktu dengan baik agar tidak kesulitan untuk beradaptasi. Jika kamu tidak memiliki kemampuan manajemen waktu yang baik, kamu akan rentan mengalami stress akibat pekerjaan yang menumpuk atau akibat waktu istirahat yang kurang.

Oleh karena itu, berlatihlah untuk memanajemen waktumu sejak sekarang. Tentukan kapan dan berapa lama kamu harus fokus untuk produktif, baru setelah itu kamu bisa beristirahat atau melakukan aktivitas hiburan. Pastikan jam kerjamu berada di batas normal, sehingga kamu bisa istirahat dengan cukup dan berkualitas.

Kamu bisa melihat berbagai tips manajemen waktu melalui artikel 7 Tips Manajemen Waktu yang Efektif dan Manfaatnya!

3. Emotional Intelligence

Next, ada kemampuan emotional intelligence. Emotional intelligence adalah kemampuan seseorang dalam menggunakan dan memahami emosi, baik emosi orang lain, maupun emosi diri sendiri, dengan tujuan untuk meningkatkan kesehatan fisik dan mental.

Seseorang dengan emotional intelligence yang baik mampu mengontrol emosi saat marah atau stress, peka terhadap perasaan orang lain, dan sebagainya yang berkaitan dengan emosi.

Dengan kemampuan emotional intelligence yang baik, rekan-rekan kerja kamu terutama yang satu tim akan merasa enjoy bekerja dengan kamu. Hal ini akan membantu menciptakan lingkungan kerja yang nyaman dan tidak toxic.

Baca juga: Mengenal Perbedaan Hard Skill dan Soft Skill (Beserta Contoh-contohnya)

4. Leadership

Kemampuan selanjutnya yaitu leadership atau kepemimpinan. Meskipun posisimu saat ini belum terlalu membutuhkan kemampuan leadership, tapi ada baiknya kamu mengembangkan keterampilan ini secara berkala, agar aura kepemimpinan kamu dapat terpancar. Dengan begitu, kamu akan lebih mendapat kesempatan untuk dipercaya sebagai pemegang atau pemimpin suatu project tertentu. Selain itu, kamu juga bisa mendapat kepercayaan untuk memimpin junior ketika nantinya ada junior baru di tim kamu.

5. Berpikir Kritis dan Kreatif

Soft skill terakhir yang dibutuhkan di dunia kerja adalah kemampuan berpikir kritis dan kreatif. Di dunia kerja, kamu akan banyak bertemu dengan masalah-masalah tertentu yang perlu diselesaikan dengan cepat.

Untuk itu, kamu butuh kemampuan berpikir kritis dan kreatif agar kamu dapat dengan mudah menemukan solusi dari masalah yang terjadi di kantor. 

 

Hard Skill yang Dibutuhkan di Dunia Kerja

Beberapa contoh hard skill yang paling dibutuhkan di dunia kerja saat ini antara lain:

1. Kemampuan Bahasa Asing

Hard skill nomor satu yang wajib kamu kuasai adalah kemampuan bahasa asing, terutama kemampuan berbahasa Inggris. Dunia kerja saat ini sudah semakin berkembang dengan adanya globalisasi dan kemajuan teknologi. Oleh karena itu, kemampuan bahasa asing, terutama bahasa Inggris sebagai bahasa internasional sudah menjadi hal wajib yang perlu kamu kuasai untuk bisa bersaing di dunia kerja saat ini. Kamu bisa mengikuti berbagai course bahasa asing untuk memperdalam kemampuan reading, writing, listening, dan speaking kamu.

2. Kemampuan Menggunakan Tools

Berikutnya, ada kemampuan menggunakan berbagai tools sesuai profesi yang ditekuni. Contohnya, jika kamu berprofesi di bidang SEO, kamu harus menguasai berbagai tools SEO, seperti Google Analytics, Google Search Console, Ahrefs, Semrush, Ubersuggest, dan lain sebagainya. Kamu bisa menonton berbagai video tutorial terkait tools yang ingin kamu pelajari sambil mempraktikkannya.

3. Analisis Data

Di dunia kerja saat ini, data merupakan hal penting yang mendasari berbagai aktivitas di suatu instansi. Oleh karena itu, kemampuan analisis data menjadi hard skill selanjutnya yang penting untuk dikuasai. Kemampuan analisis data meliputi kemampuan untuk membaca, mencari, dan menyajikan data, kemudian diikuti dengan kemampuan analisis data untuk membuat report, memprediksi kejadian, serta menentukan langkah yang harus dilakukan ke depan.

Baca juga: Profesi Data Analyst: Pengertian, Tugas, dan Skill yang Wajib Dikuasai

4. Content Creating

Hard skill keempat yaitu kemampuan membuat konten alias content creating. Di dunia digital saat ini, konten bisa menjadi kekuatan utama dari sebuah brand, perorangan, maupun instansi. Oleh karena itu, kemampuan content creating, baik dalam bentuk tulisan, gambar, maupun video menjadi sangat penting untuk dikuasai di dunia kerja saat ini.

5. Digital Marketing

Last but not least, yaitu kemampuan pemasaran atau marketing, utamanya digital marketing. Digital marketing merupakan kegiatan pemasaran yang dilakukan melalui berbagai channel digital, seperti website, digital ads, maupun media sosial. Kemampuan untuk memasarkan produk, layanan, maupun brand secara digital penting untuk dilakukan agar brand awareness dapat meningkat sehingga dapat berpengaruh pada leads dan conversion.

 

Cara Menguasai Soft Skill maupun Hard Skill

Bagaimana cara menguasai berbagai soft skill maupun hard skill yang sudah disebutkan di atas? Caranya adalah dengan belajar. Ya, belajar. Tidak ada jalan lain untuk menguasai sesuatu selain belajar. Kamu bisa belajar dengan berbagai cara, bisa dengan otodidak, belajar kepada rekan yang sudah lebih ahli, atau mengikuti berbagai course dan bootcamp. 

Saat ini, sudah tersedia berbagai course dan bootcamp online yang bisa kamu ikuti kapan saja dan dari mana saja dengan mudah. Salah satunya yaitu course dan bootcamp dari Skill Academy. Di Skill Academy, kamu bisa menemukan kelas pelatihan dengan beragam topik yang bisa kamu pilih sesuai keinginan. 

Demikian penjelasan mengenai soft skill dan hard skill yang dibutuhkan di dunia kerja saat ini. Jika kamu tertarik untuk belajar berbagai soft skill maupun hard skill bersama Skill Academy, kamu bisa langsung klik banner di bawah, ya!

 

SKill Academy - CTA

 

 

Kenya Swawikanti