Tingkatkan Loyalitas Pelanggan untuk Bisnis Jangka Panjang

Devi Lianovanda Jan 13, 2021 • 4 min read


SA_-_Pentingnya_Membangun_Customer_Loyalty-01

Strategi pemasaran memiliki tujuan yang beragam, ada yang dirancang untuk meningkatkan brand awareness, menarik pelanggan baru, dan menjaga loyalitas pelanggan. Menarik pelanggan baru untuk meningkatkan penjualan memang penting, namun jangan sampai bisnismu mengabaikan pelanggan setia. 

Dilansir dari forbes.com, kemungkinan memasarkan produk kepada pelanggan setia 14 kali lebih tinggi daripada kepada pelanggan baru. Selain itu, pelanggan setia 50% lebih mungkin mencoba produk baru dan akan berbelanja 31% lebih banyak dibanding pelanggan baru

Karena pelanggan setia penting untuk bisnis dalam jangka panjang, simak beberapa cara meningkatkan kesetiaan pelanggan berikut ini!

1. Jaga dan tingkatkan kualitas produk

Menjaga kualitas produk dan pelayanan berarti kamu juga menjaga loyalitas dan kepercayaan pelanggan. Jika kualitas produk atau layanan mengalami penurunan, tentu akan mengecewakan pelanggan dan membuat nilai produk dipertanyakan. 

Dilansir dari business.com, bisnis tidak akan berhasil apabila tidak bisa mendapatkan kepercayaan pelanggan. Salah satu cara mendapatkan kepercayaan pelanggan adalah dengan menjaga dan terus meningkatkan kualitas produk dan layanan yang kamu tawarkan. 

(Sumber: freepik.com)

2. Buat program loyalitas pelanggan

Dilansir dari forbes.com, program loyalitas pelanggan merupakan strategi yang ampuh untuk membuat pelanggan melakukan pembelian kembali. Jika bisnismu baru akan memulai program ini, pastikan kamu membuatnya unik dan kreatif karena program ini memberi dampak yang besar kepada pelanggan. 

Berdasarkan Bond Brand Loyalty Report 2018, 77% pelanggan akan setia pada brand yang memiliki program loyalitas pelanggan, 70% pelanggan akan merekomendasikan brand dengan program loyalitas yang baik, dan 63% akan mengubah kebiasaan belanja mereka agar dapat memaksimalkan manfaat dari program loyalitas

(Sumber: giphy.com)

3. Pelayanan yang baik

Selain menarik konsumen baru, pelayanan yang baik juga akan menjaga loyalitas konsumen. Dilansir dari ameritainsight.com, pelayanan yang baik dan memberikan kepuasan kepada pelanggan, akan membuat 60-70% pelanggan melakukan pembelian kembali. Bagian dari perusahaan yang sering berinteraksi dengan pelanggan adalah Customer Service dan tim Sales, untuk itu penting bagi perusahaan memberikan pelatihan agar tim tersebut dapat memberikan pelayanan dan kepuasan kepada pelanggan. 

(Sumber: pexels.com)

4. Tanyakan feedback

Semakin kamu tahu pelangganmu, maka semakin kamu tahu cara melayani mereka dengan baik. Tanyakan feedback dari pelanggan terkait produk untuk mengetahui apa saja yang dapat dipertahankan, dan apa saja yang harus diperbaiki. Apabila memiliki toko fisik, kamu bisa menanyakan feedback dari pelanggan sembari ngobrol santai, namun ada cara lain yang lebih efektif yaitu dengan survei kepuasan, serta menyediakan kontak khusus untuk menerima kritik dan saran

(Sumber: freepik.com)

5. Bangun hubungan lebih dalam dengan pelanggan

Menghubungi pelanggan secara berkala dapat meningkatkan hubungan yang lebih dalam. Kamu dapat menghubungi pelanggan melalui email atau nomor telepon yang dapat dihubungi untuk menawarkan produk terbaru, atau perkembangan bisnis yang mungkin relevan dengan pelanggan. 

Selain itu, kamu juga dapat membentuk komunitas untuk melibatkan pelanggan secara aktif dan berkomunikasi dengan pelanggan. Kamu dapat membangun komunitas dan berbagi tips dan trik memaksimalkan produk tertentu dan aktivitas lainnya yang dapat mendukung brand dan melibatkan pelanggan. 

(Sumber: pexels.com)

Pelanggan setia bisa membantu bisnismu dengan pemasaran dari mulut ke mulut (word of mouth), mereka akan merekomendasikan produk dan layanan bisnismu kepada orang-orang terdekat mereka karena kualitas produk dan layanan yang bisnismu berikan. 

Salah satu yang dapat membangun loyalitas pelanggan adalah pelayanan yang baik oleh Customer Service. Tingkatkan pelayanan dalam bisnis kamu dengan mengikuti kelas pelatihan Customer Service: Menguasai Teknik Pelayanan Terbaik dari Skill Academy.

Untuk informasi lebih lengkap seputar Skill Academy dan kelas pelatihan yang ada, klik CTA di bawah ini ya!

   #MUDAHUPGRADESKILL DI SKILL ACADEMY!

Beri Komentar