Sertifikat Prakerja Belum Muncul di Dashboard, Kenapa? Ini Penjelasannya!

sertifikat prakerja-1

Sudah menyelesaikan pelatihan Prakerja, tapi sertifikat belum muncul di dashboard Prakerja? Kenapa, ya? Berikut penjelasan lengkapnya!

Halo teman-teman Prakerja! Sudah sampai mana, nih, progress kelasnya? Banyak pengguna Prakerja yang bertanya-tanya, setelah selesai pelatihan, kok sertifikatnya belum muncul ya? Kira-kira berapa lama sertifikat Prakerja muncul di dashboard?

Setelah menyelesaikan pelatihan, sertifikat Prakerja memang tidak langsung muncul di dashboard Prakerja, melainkan memerlukan beberapa waktu. Mengapa demikian? Ini karena ada proses pelaporan dari lembaga pelatihan kepada pihak PMO Prakerja dan proses verifikasi sertifikat yang dilakukan oleh PMO Prakerja.

Bagaimana prosesnya dan berapa lama? Biar kamu gak penasaran dan bertanya-tanya lagi, yuk simak penjelasannya!

Proses pengiriman laporan penyelesaian pelatihan dari Skill Academy ke PMO Prakerja: 

Syarat agar insentif Prakerja bisa cair adalah menyelesaikan pelatihan yang ditandai dengan sertifikat pelatihan, dan telah memberikan ulasan dan penilaian pelatihan. Berikut adalah proses pengiriman laporan penyelesaian pelatihan agar sertifikat kamu segera muncul di dashboard Prakerja!

  1. Kamu menyelesaikan seluruh progress kelas sampai 100%, termasuk mengerjakan exam. Pastikan kamu sudah mendapatkan certificate of excellence (berwarna biru).
  2. Setelah itu, Skill Academy akan melaporkan penyelesaian kelas dalam 1×24 jam (hari kerja) kepada digital platform (Bukalapak, Pintaria, Tokopedia, Pijar Mahir, dan Kariermu) setiap harinya.
  3. Setelah menerima data dari Skill Academy, digital platform (Bukalapak, Pintaria, Tokopedia, Pijar Mahir, dan Kariermu) akan melaporkan ke PMO Prakerja dalam 1×24 jam (hari kerja).
  4. Selanjutnya, data dari digital platform akan melalui proses verifikasi oleh PMO Prakerja. Proses ini bisa berlangsung selama 7 hari kerja sejak data diterima oleh PMO.

alur pelaporan sertifikat prakerja

Untuk memudahkan proses verifikasi sertifikat ke tim PMO Prakerja, pastikan nama yang terdaftar di akun Skill Academy kamu telah sama dengan nama yang terdaftar di akun Kartu Prakerja kamu, ya!

Jadi begitu guys, proses pelaporannya. Sudah nggak bingung lagi, ya?

Untuk memudahkan kamu mengecek progress sertifikat, Skill Academy menyediakan fitur Cek Status Sertifikat yang ada di homepage Skill Academy. Dengan fitur ini, kamu bisa melihat progress sertifikat pelatihan Skill Academy kapan saja dan di mana saja. Bisa diakses melalui website atau aplikasi Skill Academy yang bisa kamu unduh di Google Play Store. 

cek sertifikat skill academy

Segera selesaikan progress kelas kamu sampai 100% dan mendapat centang hijau agar datamu segera dikirimkan ke digital platform. 

Baca juga: 8 Alasan Kenapa Harus Beli Kelas Prakerja di Skill Academy

 

Cara menggunakan fitur cek sertifikat di Skill Academy

Ada banyak progress yang bisa kamu lihat melalui fitur Cek Status Sertifikat ini. Bahkan kamu juga bisa melihat datamu sudah dikirimkan atau belum ke digital platform. Jadi lebih praktis, kan? Untuk menggunakan fitur ini juga gak sulit, kok. Begini caranya:

1. Login akun Skill Academy

Kunjungi www.skillacademy.com atau buka aplikasi Skill Academy, lalu masuk ke akun kamu. Setelah itu, kamu akan diarahkan ke homepage Skill Academy, klik menu ‘Cek Status Sertifikat’.

skill academy login

 

2. Pilih kelas yang ingin kamu cek status sertifikatnya

Setelah klik menu Cek Status Sertifikat, kamu akan diarahkan ke laman progress kelas. Pilih kelas Prakerja yang ingin kamu cek status sertifikatnya.

klik lanjut di kelas prakerja

 

3. Klik Cek Status

Kemudian, klik Cek Status pada kelas yang sudah kamu pilih. 

klik cek status sertifikat

 

4. Lihat progress kelas

Selanjutnya, kamu bisa melihat detail progress pelatihanmu, termasuk progress pelaporan sertifikat. 

lihat detail progress kelas

 

Mudah banget, kan? Kamu juga bisa belajar cara penggunaan fitur cek status sertifikat dengan melihat video berikut ini:

Itu dia alasan kenapa sertifikat prakerja belum muncul di dashboard dan cara menggunakan fitur cek status sertifikat di Skill Academy. Semoga menjawab rasa penasaran dan kebingunganmu, ya.

Skill Academy merupakan lembaga pelatihan online nomor 1 di Indonesia yang menyediakan ratusan kelas berkualitas dan bersertifikat. Skill Academy juga menghadirkan Kelas Sukses Kerja, dengan mengikuti kelas-kelas ini, kamu akan lebih #SiapKerjaDanMulaiUsaha. Yuk, terus upgrade kualitas diri bersama Skill Academy! Untuk kepoin kelas-kelasnya, klik banner di bawah ini, ya. Selamat belajar~

Kelas Sukses Kerja - Skill Academy

Devi Lianovanda