5 Penyebab Insentif Prakerja Tidak Kunjung Cair Dan Cara Mengatasinya

Gulman Azkiya Mar 11, 2022 • 5 min read


Insentif-kartu-prakerja-tidak-cair

Artikel ini membahas mengenai penyebab insentif prakerja tidak cair!

--

Umumnya dana insentif tersebut terdiri dari 2 (dua) jenis yaitu, insentif biaya pasca-pelatihan sebesar Rp600.000 selama 4 (empat) bulan dan insentif pengisian survei, sebesar Rp50.000 per survei. Berdasarkan ketentuan dari manajemen Kartu Prakerja, dana insentif hanya dapat diberikan kepada peserta yang telah menyelesaikan pelatihan pertama. Namun, beberapa dari kamu mungkin masih bertanya-tanya, "kenapa insentif Prakerja belum cair?". Padahal telah menyelesaikan pelatihan pertama. Adapun belum cairnya dana insentif Prakerja tersebut umumnya memiliki beberapa penyebab. Oleh karena itu, pada artikel ini kita akan membahas apa saja yang membuat dana insentif Prakerja tidak cair.

1. Belum mengisi rating dan ulasan kelas pelatihan

Coba cek kembali rating dan ulasan pada kelas yang telah kamu selesaikan. Jika belum mengisinya, mungkin saja hal ini yang menyebabkan kamu tidak mendapatkan dana insentif. Rating dan ulasan ini bertujuan untuk memberikan penilaianmu terhadap kelas pelatihan yang telah diikuti. Selain itu, jika kamu masih bingung, khususnya dalam mengecek status kelas pelatihan dan sertifikat, kamu dapat menonton video di bawah ini.

 

2. Nomor rekening atau akun e-wallet yang kamu daftarkan pada Kartu Prakerja tidak aktif

Pastikan rekening atau e-wallet yang kamu gunakan sudah tersambung dan aktif. Jika belum aktif, maka kamu perlu mengaktifkan dan menyambungkannya kembali ke akun Prakerja. Tak jarang beberapa peserta lupa untuk menyambungkan e-walletnya pada saat mengikuti seleksi gelombang terbaru. 

Baca juga: Masih Bingung? Begini Cara Mengganti Rekening Prakerja

3. Akun e-wallet kamu belum di-upgrade atau berstatus KYC 

Hal ini biasanya terjadi karena akun e-wallet yang kamu sambungkan ke akun Prakerja belum di-upgrade atau belum diverifikasi. Adapun cara upgrade KYC Prakerja yaitu dengan foto KTP dan swafoto (mengambil selfie) sambil memegang KTP.

Sedangkan penjelasan mengenai KYC (Know Your Customer) adalah proses verifikasi dari pihak e-wallet berdasarkan foto KTP dan swafoto yang kamu masukkan. Selain itu, jika kamu menggunakan rekening bank, maka kamu tidak perlu meng-upgrade-nya. Karena biasanya bank telah melakukan KYC pada saat kamu membuat rekening. 

4. Data KTP dan swafoto yang didaftarkan pada e-wallet berbeda dengan yang ada di akun Kartu Prakerja

Pastikan bahwa data KTP dan swafoto kamu pada akun e-wallet sama dengan yang ada di akun Prakerja. Kesalahan seperti nama yang berbeda pada kedua akun, bisa membuat dana insentif kamu tidak cair. Hal ini juga berlaku pada penggunaan rekening bank. Jika nama pemilik rekening berbeda dengan nama akun Prakerja, maka dana insentif kamu juga tidak akan cair.

5. Saldo di e-wallet kamu telah penuh

Penyebab selanjutnya adalah saldo e-wallet yang kamu gunakan telah mencapai batas penyimpanan maksimal. Umumnya, setiap e-wallet memiliki batas atau limit untuk jumlah saldo disimpan. Jadi pastikan e-wallet yang terhubung pada akun Prakerja kamu masih dalam keadaan kosong. 

Cara mengatasi insentif tidak kunjung cair

Langkah pertama yang dapat kamu lakukan untuk mengatasi insentif Prakerja yang tidak kunjung cair yaitu dengan memeriksa akun e-wallet yang kamu gunakan. Terkadang adanya kendala dapat membuat proses cairnya insentif menjadi terganggu. Adapun cara mengatasi kendala e-wallet Prakerja adalah dengan melakukan langkah-langkah berikut,

  1. Pastikan akun Prakerja-mu menggunakan e-wallet yang sesuai seperti, OVO, LinkAja, Gopay dan DANA.
  2. Pastikan aplikasi e-wallet-mu juga telah di-update dengan versi terbaru.

Namun, jika rekening atau e-wallet kamu masih bermasalah, kamu dapat menghubungi beberapa kontak berikut, 

  • BNI: 1500046
  • Gopay: customerservice@gojek.com
  • LinkAja: 150911
  • OVO: 1500696
  • DANA: 1500445
  • Kartu Prakerja: 0800 150 3001

Bagaimana guys, apakah rasa penasaran kamu telah terjawab? Itu lah 5 penyebab dana insentif yang tidak kunjung cair. Bagi kamu yang telah mendapatkan dana insentif, kamu dapat membeli kelas pelatihan lainnya di Skill Academy. Selain memiliki kelas-kelas yang menarik, di Skill Academy kamu juga akan dipandu oleh instruktur yang berpengalaman dan profesional. 

beli kelas prakerjamu di skill academy

Profile

Gulman Azkiya

Content Writer at Ruangguru | Masih dalam tahapan mempelajari SEO dan Digital Marketing

Beri Komentar