Cara Memberi Rating dan Ulasan Kelas Pelatihan di Dashboard Prakerja

cara memberi rating dan ulasan prakerja

Artikel ini membahas mengenai cara memberi rating dan ulasan pelatihan di dashboard Prakerja!

Halo teman-teman Prakerja! Apakah kamu sudah menyelesaikan pelatihan dan ingin memberi rating & ulasan tapi bingung gimana caranya? Mulai 18 Maret 2021, setiap peserta Prakerja wajib memberikan rating dan ulasan pelatihan Prakerja langsung di dashboard Prakerja, bukan melalui digital platform lagi, ya. Nah, berikut adalah cara memberi rating dan ulasan di dashboard Prakerja!

 

1. Cek Email Notifikasi

Setelah menyelesaikan kelas, kamu akan mendapatkan email dari PMO Prakerja untuk memberi rating dan ulasan kelas pelatihan di dashboard Prakerja. Pastikan kamu memeriksa notifikasi Prakerja pada emailmu. Jika kamu tidak menemukannya, coba cek di kotak spam yang ada pada email

2. Login atau Masuk kembali ke akun Prakerja kamu

Masuk atau login ke akun Prakerja kamu menggunakan email dan password yang sudah kamu daftarkan. Jika kamu mengalami lupa email atau password, kamu bisa baca cara menyelesaikannya di sini.

login akun prakerja kamu

 

3. Masuk ke dashboard Prakerja

Setelah login, kamu akan masuk ke dashboard Prakerja.

masuk ke dashboard

 

4. Pilih ‘Pelatihanmu’ dan ‘Ulas’

Di dashboard, scroll ke bawah sampai kamu menemukan Pelatihanmu. Di sini, kamu bisa melihat semua kelas Prakerja yang sudah kamu ikuti. Lalu klik Ulas, pastikan kelas yang kamu ikuti sudah selesai dan tombol Ulas sudah aktif atau berwarna biru, ya!

pilih pelatihanmu

Jika tombol Tulis Ulasan masih berwarna abu-abu, maka kamu harus menyelesaikan kelas tersebut terlebih dahulu. Sedangkan jika kamu sudah pernah memberi ulasan dan rating, maka status kelas akan berubah menjadi ‘Lihat Ulasan’.

 

5. Berikan rating dan ulasan pada kelas pelatihan

Selanjutnya kamu akan diarahkan ke laman untuk memberi rating dan ulasan kelas Prakerja yang sudah diselesaikan. Pertama, kamu bisa memberikan rating terlebih dahulu, bentuknya berupa bintang 1 sampai dengan 5. Satu artinya buruk, dan bintang 5 artinya sangat baik. 

tulis ulasan dan kirim

Setelah memberi rating, kamu dapat memberi ulasan mengenai kelas yang telah kamu selesaikan. Ulasan tersebut dapat berisi komentar atau pendapat kamu mengenai kelas tersebut. Apa pun yang kamu rasakan selama mengikuti kelas pelatihan tersebut dapat dituliskan pada kolom ulasan.

 

Syarat untuk memberi rating dan ulasan di dashboard Prakerja

1. Sudah menyelesaikan pelatihan Prakerja

Hal yang paling penting untuk dapat memberi ulasan pada Prakerja yaitu, kamu harus menyelesaikan kelas pelatihan yang kamu pilih. Selain itu, jangan lupa untuk memastikan status kelas tersebut sudah menunjukkan 100%.

2. Sertifikat sudah muncul pada dashboard Prakerja

Pastikan sertifikat dari kelas yang telah kamu ikuti sudah ada pada dashboard Prakerja kamu. Jika sertifikat sudah muncul, maka kamu tinggal menunggu saja untuk dapat memberi ulasan pada dashboard Prakerja.

 

Alur proses pengisian rating dan ulasan Prakerja

1. Peserta menyelesaikan pelatihan.

2. Lembaga pelatihan mengirim laporan penyelesaian pelatihan kepada digital platform (Tokopedia, Bukalapak, Kariermu, Pintaria, dan Pijar Mahir).

3. Digital platform mengecek dan mengirim laporan penyelesaian pelatiahan ke PMO.

4. PMO mengecek laporan dan mengunggah ke sistem (CMS) PMO.

5. Sertifikat muncul di dashboard akun peserta Prakerja.

6. PMO mengirimkan email ke peserta untuk mengisi rating dan ulasan di dashboard Prakerja.

7. Peserta mengisi rating dan ulasan di dashboard Prakerja.

8. Peserta menerima jadwal pembayaran insentif di dashboard Prakerja.

Nah, jadi begitu guys cara memberi rating dan ulasan kelas Prakerja. Semoga membantu, ya! Oh, iya, bagi kamu yang baru akan mengikuti pelatihan pertama atau kedua, kamu bisa pilih kelas-kelas terbaik dan bersertifikat di Skill Academy. Di Skill Academy kamu akan menemukan banyak kelas Prakerja yang menarik dengan instruktur yang berpengalaman di bidangnya. Yuk, manfaatkan saldo Prakerja untuk upgrade kualitas diri bersama Skill Academy!

Kelas Sukses Kerja - Skill Academy

Gulman Azkiya