Pengertian Self Management, Contoh, dan Tips Meningkatkannya!

self management adalah

Self management merupakan kemampuan mengatur diri sendiri termasuk perilaku, pikiran, dan emosi. Keterampilan ini membantu kamu lebih produktif di tempat kerja, lho. Yuk, ketahui cara meningkatkannya!

Salah satu keterampilan penting yang dapat menunjang produktivitas dan kesuksesan karier kamu adalah self management. Secara sederhana, self management adalah kemampuan untuk mengendalikan diri sendiri. Dengan keterampilan ini, kamu dapat memaksimalkan produktivitas di tempat kerja. Yuk, ketahui lebih lengkap tentang apa itu self management, contoh, dan cara meningkatkannya agar semakin produktif di tempat kerja!

Self management itu apa, sih? 

Self management adalah kemampuan untuk mengatur perilaku, pikiran, dan emosi dengan cara yang produktif. Hal ini berarti kamu dapat menyelesaikan tanggung jawab pribadi dan profesional untuk kepentingan diri sendiri dan juga tim di tempat kerja. Self management membantu kamu mengelola tugas, motivasi, waktu, emosi, dan lainnya.

Tidak hanya itu, seseorang dengan self management yang baik juga dapat membuat keputusan rasional dan bereaksi dengan baik ketika menghadapi berbagai situasi. Kamu dapat mengetahui hal benar apa yang harus dilakukan ketika terjebak dalam sebuah kondisi tertentu sehingga kamu dapat mengambil keputusan dan menyelesaikan masalah dengan baik.

Memiliki self management skill juga membantu seseorang untuk fokus dan tidak mudah terganggu saat bekerja. Jika kamu dapat fokus selama bekerja, maka kamu dapat menyelesaikan semua tugas dengan tepat waktu atau bahkan lebih cepat.

Ikuti kelas: Manajemen Waktu Agar Kerja Lebih Produktif!

 

Kenapa self management penting?

Self management skill penting dalam kehidupan pribadi dan juga lingkungan profesional. Keterampilan ini membuat kamu menjadi rekan kerja yang dapat dipercaya, diandalkan, dan mampu memberi kontribusi pada tim dan perusahaan. Self manajemen membuat seseorang dapat mengendalikan diri secara efektif dalam situasi yang berbeda. Berikut adalah beberapa contoh manfaat self management:

manfaat self management

7 contoh self management skills

Berikut merupakan beberapa contoh skill yang masuk dalam keterampilan self management:

1. Manajemen waktu

Keterampilan mengatur waktu membantu kamu dalam memprioritaskan pekerjaan, menghindari distraksi dan mengelola fokus. Manajemen waktu yang efektif di tempat kerja membantu dalam memenuhi semua tugas sesuai tenggat waktu, fokus mengerjakan satu hal pada satu waktu, dan mendelegasikan tugas atau tanggung jawab dengan tepat. Mengatur waktu dengan baik menjadi bagian penting dari self management. 

Baca juga: 7 Tips Manajemen Waktu yang Efektif dan Manfaatnya!

2. Skill organisasi

Dengan keterampilan organisasi yang baik, kamu dapat merencanakan, memprioritaskan, dan melaksanakan aktivitas penting, membantu kamu mengelola sendiri tanggung jawab penting di tempat kerja dengan baik.

3. Goal setting

Goal setting atau penetapan tujuan adalah kemampuan untuk menentukan apa yang ingin kamu capai dengan cara yang jelas dan terdefinisi dengan baik.

goal setting self management(Sumber: Freepik.com)

Menetapkan tujuan di tempat kerja membantu kamu memutuskan apa yang penting dan apa yang tidak, serta membantu membuat rencana untuk mencapai tujuan tersebut. Keterampilan ini diperlukan untuk menjaga produktivitas di tempat kerja. 

4. Motivasi diri

Motivasi diri adalah kemampuan untuk mengambil inisiatif dan menyelesaikan tugas dengan baik. Kamu memiliki dorongan dari dalam diri sendiri, bukan faktor luar. Hal ini membantu kamu jadi lebih produktif di tempat kerja.

5. Manajemen stress

Stress merupakan hal yang wajar dialami ketika bekerja. Agar stress tidak mengganggu kehidupan pribadi dan lingkungan profesional, maka diperlukan kemampuan untuk mengelola stres dengan baik. Hal ini membuat kamu tetap tenang dan mempertahankan sikap profesional di tempat kerja. Beberapa hal positif yang bisa kamu coba lakukan adalah menjaga pola makan sehat, menulis jurnal, olahraga, meditasi, dan lainnya.

Tips meningkatkan self management skills

Berikut adalah beberapa cara yang bisa kamu coba untuk meningkatkan keterampilan self management:

1. Ketahui kekuatan atau kelebihanmu

Tentukan tugas atau pekerjaan apa yang paling kamu kuasai, lalu fokus pada cara untuk memaksimalkan kemampuan di bidang tersebut. Memahami kekuatan atau kelebihan yang kamu punya dapat membantu kamu mengelola jalur karier yang tepat dengan memaksimalkan keterampilan yang sesuai. Misalnya, skill coding, technical writing, desain grafis, dan keterampilan lainnya.

Baca juga: Ketahui Perbedaan Hard Skill dan Soft Skill Lengkap dengan Contohnya!

2. Prioritaskan tanggung jawab

Tentukan dengan jelas tanggung jawab mana yang paling penting untuk diselesaikan dan fokuskan perhatian pada pekerjaan tersebut. Hindari gangguan yang membuat kamu jadi tidak fokus pada hal-hal penting.

3. Kembangkan skill organisasi

Temukan metode efektif yang dapat membantu kamu mengatur waktu, menyederhanakan aktivitas harian, dan menyimpan barang-barang penting di tempat yang mudah ditemukan. Contohnya mencatat aktivitas di buku agenda, menggunakan aplikasi manajemen waktu, tools manajemen tugas seperti Trello, Notion, atau tools lainnya.

4. Buat deadline untuk setiap pekerjaan

Tetapkan deadline atau batas waktu untuk setiap pekerjaan dan pertahankan jadwal harian. Hal ini membantu kamu bertanggung jawab untuk menyelesaikan tugas tepat waktu atau bahkan lebih cepat dari jadwal dengan berkomitmen untuk fokus dan menyelesaikan semuanya sesuai batas waktu yang kamu tentukan sendiri.

5. Fokus pada satu tugas di satu waktu

Fokuskan energi, waktu, dan kemampuan yang kamu punya pada satu tugas di saat tertentu. Selesaikan setiap tugas sepenuhnya sebelum melanjutkan atau memulai tugas yang lain sehingga kamu dapat mengatur waktu dan usaha yang harus dikeluarkan secara efisien. Mengejarkan tugas secara multitasking dapat membuat fokus menjadi pecah dan otak lebih mudah lelah.

6. Belajar sabar

Pertahankan rasa tenang agar kamu dapat berpikir jernih dan objektif. Akan ada hal tidak menyenangkan yang dapat kamu alami, tapi kamu harus belajar sabar dan mengendalikan emosi dengan baik.

self management belajar sabar(Sumber: Freepik.com)

Ketika ingin marah, coba tarik napas panjang lalu hembuskan perlahan sampai kamu merasa lebih tenang.

7. Jaga kesehatan

Pertahankan pola makan yang sehat, olahraga secara teratur, jaga kebersihan dan secara aktif fokus untuk menurunkan tingkat stress. Pastikan untuk beristirahat cukup untuk menenangkan pikiran dan mengistirahatkan badan. Kamu juga bisa melakukan olahraga rutin, misalnya lari atau olahraga lain yang menyehatkan sekaligus menyenangkan badan. Olahraga dapat meningkatkan hormon endorfin yang berfungsi mengurangi persepsi rasa sakit dan memicu perasaan positif.

8. Evaluasi setiap progress yang berhasil kamu lakukan

Nilai secara objektif kemajuan yang telah kamu buat dan lihat kembali apakah kamu sudah dapat mencapai goals yang kamu buat atau belum. Kamu dapat meminta bantuan mentor atau rekan kerja untuk memberikan penilaian. Meskipun ada tujuan yang belum tercapai dengan maksimal, jangan terlalu keras pada diri sendiri dan hargai setiap progress yang telah kamu buat. Kamu bisa mencoba strategi lain untuk mencapai tujuan yang belum tercapai.

Itulah pembahasan mengenai self management, mulai dari arti, contoh, dan tips meningkatkannya. Kamu bisa belajar soft skill dan hard skill apa saja dengan mengikuti kelas dari Skill Academy. Terdapat ratusan pilihan kelas bersertifikat dan diajar oleh praktisi berpengalaman. Video belajarnya bisa diakses selamanya! Klik banner berikut untuk beli kelasnya!

Kelas Sukses Kerja - Skill Academy

Referensi:

Raeburn, Alicia. 2022. ‘What is self management?’ [daring]. Tautan:  https://asana.com/resources/self-management (Diakses 5 Oktober 2022)

Eason, Becky. 2021. ‘Self-management skills for a messy world’ [daring]. Tautan: https://www.betterup.com/blog/self-management-skills-for-a-messy-world (Diakses 6 Oktober 2022)

Harrity, Jennifer. 2019. ‘Self Management Skills: Definition, Examples, and Tips’ [daring]. Tautan: https://www.indeed.com/career-advice/career-development/self-management-skills (Diakses 5 Oktober 2022)

Glassdorr Team. 2021. ‘The Importance of Self Management Skills’ [daring]. Tautan: https://www.glassdoor.com/blog/guide/self-management/ (Diakses 6 Oktober 2022)

Sumber foto: 

Foto orang sedang menarik napas dan tersenyum, by cookie_studio. Tautan: https://www.freepik.com/free-photo/peace-inside-you-calm-relaxed-man-breathing-meditating-with-closed-eyes-peaceful-face-holding-mind-control-standing-against-white-background_21745771.htm#query=be%20patience&position=1&from_view=search&track=sph 

Foto orang menetapkan target, by ijeab. Tautan: https://www.freepik.com/free-photo/business-strategy-success-target-goals_1211528.htm#query=goals&position=2&from_view=search&track=sph

Devi Lianovanda