3 Tips Menjawab Soal Esai di Seleksi Program PPG Prajabatan

3 Tips Menjawab Soal Esai di Seleksi Program PPG Prajabatan - Skill Academy

Seleksi esai merupakan salah satu seleksi yang harus dilewati untuk mengikuti Program Pendidikan Guru Prajabatan (PPG Prajabatan). Kamu masih bingung untuk menulis esai di seleksi ini? Yuk, simak artikel ini untuk mendapat 3 tips cara menjawab soal esai di PPG Prajabatan!

Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) Prajabatan merupakan suatu program yang ditujukan untuk calon guru yang sudah bekerja di sekolah-sekolah dan membutuhkan sertifikasi pendidik. Untuk mengikuti program ini, calon peserta harus mengikuti beberapa tahapan seleksi. Tahapan seleksi tersebut di antaranya adalah seleksi administrasi dan esai, substantif, serta seleksi wawancara.

Setelah memahami seleksi administrasi dengan membaca artikel ini, kamu harus memahami pembuatan esai di seleksi Program PPG Prajabatan ini. Perlu diingat bahwa seleksi esai ini merupakan satu kesatuan dengan seleksi administrasi dalam rangkaian seleksi di Program Pendidikan Profesi Guru Prajabatan (PPG Prajabatan).

Sebagai bagian dari proses seleksi, calon peserta PPG Prajabatan diminta untuk menulis esai sesuai dengan pertanyaan yang sudah ditentukan oleh panitia. Biasanya pertanyaan ini sesuai dengan bidang pendidikan atau tugas-tugas yang akan mereka hadapi sebagai guru.

Pertanyaan yang diberikan untuk dijadikan esai dapat bervariasi, tergantung pada kebijakan dan fokus dari program PPG Prajabatan tersebut. Calon peserta mungkin diminta untuk mengemukakan pendapat mereka tentang isu-isu pendidikan terkini, strategi mengajar, peran guru dalam pembentukan karakter siswa, atau hal lainnya yang relevan dengan bidang pendidikan.

Seleksi esai bertujuan untuk mengevaluasi pemahaman, pemikiran kritis, kemampuan analisis, dan keterampilan menulis calon peserta. Dengan demikian, penting bagi calon peserta untuk menyusun esai dengan baik, menyajikan argumen yang jelas, dan menunjukkan pemahaman yang mendalam tentang isu-isu pendidikan yang diangkat. Seleksi esai ini menjadi salah satu cara bagi panitia seleksi untuk menilai kemampuan intelektual dan komunikasi tertulis calon peserta PPG Prajabatan.

Untuk dapat menjawab soal esai di seleksi PPG Prajabatan, Skill Academy sudah menyiapkan 3 tips yang bisa kamu gunakan. Simak ketiga tips di bawah ini sampai selesai, ya!

Baca juga: Mengenal Pendidikan Profesi Guru atau PPG, Jenis, Tujuan, dan Manfaatnya

 

1. Pahami Materi Esai dengan Baik

Kamu harus memahami secara mendalam materi yang akan diuji. Perhatikan secara khusus topik-topik yang sering muncul dalam kurikulum atau materi yang relevan dengan bidang studi yang kamu ampu. Pelajari petunjuk soal dengan seksama dan pastikan Anda dapat memberikan jawaban yang relevan.

Pastikan kamu menjawab dan menulis sendiri esai kamu, ya! Hindari penggunaan AI, seperti ChatGPT dan Bing, atau memplagiat karya orang lain di internet. Jika kamu menulis sendiri esaimu, artinya kamu menguasai materi yang kamu tuliskan di dalem esai kamu. Dengan demikian, kamu pun tidak akan kesulitan jika nantinya panitia menanyakan kembali perihal esai kamu di seleksi wawancara.

 

2. Gunakan Bahasa yang Jelas dan Terstruktur

Menyusun jawaban esai dengan bahasa yang jelas dan terstruktur sangatlah penting. Hindari penggunaan kalimat yang rumit dan ambigu. Sertakan pengantar, isi, dan kesimpulan yang baik. Gunakan paragraf terpisah untuk setiap ide utama agar jawaban Anda mudah dipahami oleh pembaca. Jangan lupa untuk menyusun jawaban dengan poin-poin utama yang logis.

Biasakan untuk menggunakan kalimat yang efektif, padat, dan memiliki ide pokok yang jelas. Ketidakjelasan ide pokok dalam kalimat akan membuat pembaca kesulitan memahami tulisan kamu. Jika tulisan kamu sulit dipahami, peluang untuk lolos dari seleksi ini pun tentu akan makin menipis.

 

3. Berlatih Menulis Esai

Melalui latihan menulis esai, kamu dapat meningkatkan keterampilan menulis dan mengasah kemampuan merangkai argumen. Cobalah untuk menulis esai tentang topik-topik yang relevan dengan PPG Prajabatan. Setelah menulis, periksa dan evaluasi kembali tulisan kamu. Perhatikan apakah ada kelemahan dalam struktur kalimat, kelengkapan argumen, atau pemilihan kata. Dengan berlatih, kamu dapat meningkatkan kemampuan menulis esai secara signifikan.

Jika kamu kesulitan berlatih menulis sendiri, kamu bisa berlatih bersama, baik secara online maupun tatap muka. Bimbel PPG by Skill Academy menyediakan berbagai pilihan kelas untuk persiapan seleksi PPG Prajabatan. Di kelas ini, tentunya kamu akan dibimbing oleh instruktur yang kompeten dan berpengalaman banget.

Selain itu, Bimbel PPG by Skill Academy juga menyediakan template esai gratis! Tentunya template ini akan sangat berguna, lho, buat kamu yang ingin berlatih menulis esai untuk seleksi PPG Prajabatan. Untuk mendapatkan template tersebut, kamu klik saja di sini, dan isi formulirnya!

Seleksi PPG Prajabatan tidak hanya sampai di seleksi esai. Masih ada seleksi substantif dan wawancara. Kedua seleksi ini akan kamu hadapi setelah kamu lolos di seleksi administrasi dan esai. Untuk persiapan menyeluruh seleksi PPG Prajabatan, kamu bisa mendaftarkan diri di Bimbel PPG by Skill Academy yang menyediakan berbagai pilihan kelas untuk kamu. Klik banner di bawah ini untuk melihat kelasnya!

Atqo