Syarat Mengikuti Seleksi Administrasi PPG Prajabatan

Syarat Mengikuti Seleksi Administrasi PPG Prajabatan - Skill Academy

Kamu mau ikut Program Pendidikan Profesi Guru Prajabatan? Langkah awalnya adalah mengikuti Seleksi Administrasi. Yuk, simak syarat untuk mengikuti seleksi administrasi PPG Prajabatan!

__

Setelah mengenal apa itu Program Pendidikan Profesi Guru, jenis, tujuan, hingga manfaatnya serta mengetahui apa itu Program PPG Prajabatan, kamu pasti tertarik, kan, untuk mengikuti proses seleksinya?

Nah, kalau kamu tertarik untuk ikut seleksi Program PPG Prajabatan, ada tiga tahap seleksi yang harus kamu ikuti, nih. Ketiga tahap seleksi itu adalah seleksi administrasi, tes substantif, dan tes wawancara. Kali ini, akan dijelaskan mengenai seleksi administrasi Program PPG Prajabatan. Simak sampai selesai, ya!

 

Seleksi Administrasi Program PPG Prajabatan

Pada dasarnya, Program PPG Prajabatan diselenggarakan bagi lulusan sarjana atau sarjana terapan ataupun Diploma IV, baik dari jurusan pendidikan maupun nonkependidikan dan bagi calon guru untuk mendapatkan sertifikat pendidik (serdik).

Syarat yang harus dipenuhi oleh calon peserta PPG Prajabatan untuk mengikuti seleksi administrasi adalah sebagai berikut:

 

1. Warga Negara Indonesia

ilustrasi warga negara Indonesia

 

Sayangnya, warga negara asing yang tinggal di Indonesia belum bisa mengikuti program ini. Nah, kamu yang ingin mengikuti program ini, pastikan bahwa kamu merupakan warga negara indonesia, ya!

 

2. Tidak terdaftar sebagai Guru/Kepala Sekolah pada Data Pokok Pendidik (Dapodik)

ilustrasi guru PNS

 

Buat kamu yang sudah menjadi guru atau kepala sekolah yang terdaftar di Data Pokok Pendidik atau Dapodik, kamu enggak bisa ikut Program PPG Prajabatan, nih! Jadi, pastikan kamu belum pernah terdaftar sebagai guru atau kepala sekolah di Dapodik sebelum kamu mendaftar, ya!

 

3. Memiliki ijazah dengan kualifikasi akademik sarjana (S-1) atau diploma empat (D-IV) yang terdaftar pada Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PD-Dikti) atau terdata pada basis unit data unit Penyetaraan Ijazah Luar Negeri bagi lulusan perguruan tinggi di luar negeri

ilustrasi sudah lulus kuliah dan mendapat ijazah

 

Untuk mengikuti Program PPG, kamu harus minimal memiliki gelar strata 1 (S-1) atau diploma IV (D-IV). Meskipun PPG merupakan program untuk menjadi guru, kamu tidak perlu memiliki gelar kependidikan untuk mengikuti program ini karena lulusan nonkependidikan pun bisa mengikuti program ini.

 

4. Indeks prestasi kumulatif (IPK) minimal 3,00

ilustrasi IPK yang baik

 

Untuk mendaftarkan diri mengikuti Program PPG Prajabatan, kamu harus lulus dari perguruan tinggi dengan IPK minimal 3,00. Di bawah 3,00 belum bisa ikut program ini, ya.

 

5. Surat keterangan sehat jasmani dan rohani

ilustrasi sehat

 

Surat keterangan sehat jasmani dan rohani bisa kamu dapatkan dengan prosedur sebagai berikut:

  1. datang ke puskesmas atau rumah sakit terdekat dengan membawa kartu tanda penduduk (KTP) atau kartu identitas lainnya;
  2. tanyakan mengenai prosedur dan nomor antrean untuk mengurus surat keterangan sehat;
  3. ikuti prosedur yang ada; dan
  4. surat keterangan sehat pun dapat diambil.

Untuk mendapatkan surat ini, biasanya akan dikenakan biaya pembuatan yang berbeda, bergantung dari pihak yang mengeluarkan surat tersebut.

 

6. Surat keterangan berkelakuan baik

ilustrasi pria berkelakuan baik

Surat Keterangan Berkelakuan Baik adalah surat resmi yang menjelaskan bahwa pemilik surat tersebut memiliki catatan perilaku atau kelakuan yang baik selama periode tertentu. Nama lain surat ini adalah surat keterangan catatan kriminal (SKCK). Surat ini dikeluarkan oleh pihak kepolisian. Pemohon bisa mendapatkan surat ini dengan mendatangi kantor polisi terdekat dan mengikuti prosedur sebagai berikut:

  1. datang ke kantor kepolisian terdekat (biasanya Polres) dengan membawa kartu tanda penduduk (KTP) atau kartu identitas lainnya;
  2. tanyakan mengenai prosedur dan antrean untuk mengurus surat keterangan berkelakuan baik (SKCK);
  3. ikuti prosedur yang ada; dan
  4. surat keterangan berkelakuan baik dapat diambil.

Untuk membuat surat keterangan ini, kamu harus memiliki catatan perilaku atau kelakuan yang baik selama periode tertentu. Artinya, kamu tidak pernah terkena kasus kriminal sebelumnya. Biaya administrasi untuk membuat surat ini bervariasi, tergantung pada lokasi dan kebijakan lembaga yang menerbitkan surat tersebut.

 

7. Surat keterangan bebas narkotika, psikotropika, dan zat adiktif lainnya (NAPZA)

ilustrasi menolak narkoba

 

Surat Keterangan Bebas Narkotika, Psikotropika, dan Zat Adiktif Lainnya (NAPZA) diperlukan sebagai salah satu syarat administrasi untuk mengikuti PPG Prajabatan. Surat ini dapat diperoleh dengan mengikuti prosedur berikut:

  1. datang ke kantor kepolisian terdekat dengan membawa kartu tanda penduduk (KTP) atau kartu identitas lainnya;
  2. tanyakan mengenai prosedur dan antrean untuk mengurus surat keterangan bebas NAPZA;
  3. ikuti prosedur yang ada; dan
  4. setelah itu surat keterangan bebas NAPZA pun dapat diambil.

Untuk membuat surat keterangan bebas NAPZA, kamu tentu saja harus dalam keadaan bebas dari narkotika, psikotropika, dan zat adiktif lainnya. Jadi, pastikan kamu sedang tidak berada dalam pengaruh narkoba, ya!

 

8. Menandatangani pakta integritas

ilustrasi integritas

 

Syarat terakhir untuk mengikuti seleksi administrasi Program PPG Prajabatan adalah menandatangani pakta integritas. Pakta integritas adalah pernyataan kesanggupan dan komitmen peserta PPG Prajabatan untuk mematuhi peraturan dan ketentuan yang berlaku selama mengikuti program tersebut. Untuk mendapatkan pakta integritas, kamu dapat mengunduhnya saat mendaftarkan diri untuk mengikuti seleksi PPG Prajabatan. Dokumen ini disediakan oleh panitia program PPG Prajabatan.

__

Sudah sejauh mana persiapan kamu untuk mengikuti seleksi PPG Prajabatan? Yuk, persiapkan segala sesuatunya dengan matang syarat-syarat administrasi yang diperlukan untuk mengikuti PPG Prajabatan.

Untuk mempersiapkan diri di dunia kerja yang lainnya, kamu bisa mengikuti kelas di Skill Academy. Di sini, kamu bisa ikut berbagai kelas yang bisa mengasah skill kamu dan siap menghadapi dunia kerja. Tunggu apa lagi? Ayo, pilih kelasnya dengan klik banner di bawah ini!

SKill Academy - CTA

Atqo