Mengenal Pendidikan Profesi Guru atau PPG, Jenis, Tujuan, dan Manfaatnya

Mengenal Pendidikan Profesi Guru atau PPG, Jenis, Tujuan, dan Manfaatnya - Skill Academy

Para sarjana pendidikan atau nonpendidikan yang berminat menjadi seorang guru, yuk simak artikel berikut agar kamu tahu apa itu PPG, jenis, tujuan, dan manfaatnya!

__

 

PPG adalah singkatan dari Pendidikan Profesi Guru. Program PPG diselenggarakan untuk mempersiapkan lulusan S-1 Kependidikan dan S-1/D-IV Nonkependidikan yang memiliki bakat dan minat menjadi guru agar dapat menguasai kompetensi guru secara utuh sesuai dengan Standar Pendidikan Guru.

PPG memberikan pendidikan profesi kepada guru-guru di Indonesia. PPG sendiri terdiri atas dua jenis, sesuai dengan siapa yang hendak mengikuti pendidikan tersebut. Kedua jenis PPG tersebut adalah PPG Prajabatan dan PPG Dalam Jabatan. Berikut ini adalah penjelasan dari kedua jenis PPG tersebut.

 

Jenis-jenis Program Pendidikan Profesi Guru atau PPG

 

1. Program Pendidikan Profesi Guru atau PPG Prajabatan

Program PPG Prajabatan adalah program pendidikan profesi guru yang diselenggarakan setelah program sarjana atau sarjana terapan untuk mendapatkan sertifikat pendidik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar, dan/atau pendidikan menengah.

Program PPG Prajabatan ditujukan bagi lulusan S-1 Kependidikan atau S-1/D-IV Nonkependidikan yang belum memiliki syarat mengajar. Program ini dilaksanakan di Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) yang ditunjuk oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. PPG Prajabatan bertujuan untuk membentuk guru profesional di bidangnya demi mewujudkan tujuan pendidikan nasional.

 

2. Program Pendidikan Profesi Guru atau PPG Dalam Jabatan

Program PPG Dalam Jabatan ditujukan bagi lulusan S-1 Kependidikan atau S-1/D-IV Nonkependidikan yang sudah mengajar pada satuan unit pendidikan tertentu disertai kesepakatan atau perjanjian kerja. Program ini dilaksanakan di Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan yang ditunjuk oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. PPG Dalam Jabatan bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru dalam mengajar dan memfasilitasi guru dalam memperoleh sertifikasi pendidik.

Bisa disimpulkan perbedaan PPG Prajabatan dan PPG Dalam Jabatan terletak pada calon pesertanya dan tujuannya. Peserta PPG Prajabatan merupakan lulusan yang belum memiliki pengalaman atau belum pernah mengajar sebelumnya sehingga mereka akan dibentuk menjadi guru profesional.

Sementara itu, program PPG Dalam Jabatan merupakan program yang akan menyasar peserta yang sudah memiliki pengalaman atau pernah mengajar sebelumnya. Mereka nantinya akan dibimbing untuk meningkatkan kompetensi dan akan difasilitasi untuk memperoleh setifikasi pendidik.

Penjelasan lebih rinci mengenai tujuan diadakannya pendidikan PPG, baik jenis PPG Prajabatan maupun PPG Dalam Jabatan akan dijelaskan sebagai berikut.

 

Tujuan Program Pendidikan Profesi Guru

Berdasarkan jenisnya, Program Pendidikan Profesi Guru Prajabatan diadakan untuk para lulusan S-1 kependidikan atau S-1/D-IV nonkependidikan yang ingin menjadi guru profesional. Program ini diadakan untuk para peserta yang belum pernah menjadi tenaga pendidik atau belum mengajar. Tujuan dari program ini adalah untuk membekali para calon guru profesional agar menjadi guru yang beradab, berilmu, adaptif, kreatif, inovatif, dan kompetitif.

Sementara itu, Program PPG Dalam Jabatan merupakan akan menyasar peserta yang sudah memiliki pengalaman atau pernah mengajar sebelumnya. Mereka nantinya akan dibimbing untuk meningkatkan kompetensi dan akan difasilitasi untuk memperoleh sertifikasi guru atau sertifikasi pendidik. Para lulusan PPG Dalam Jabatan diharapkan dapat menjadi mentor bagi para guru yang belum mengikuti program ini.

Para lulusan, baik sarjana pendidikan maupun lulusan S-1/D-IV nonkependidikan yang mengikuti PPG tentu akan mendapat banyak manfaat selain dari apa yang sudah disebutkan pada bagian tujuan. Manfaat dari mengikuti PPG ini akan dijelaskan lebih rinci sebagai berikut.

 

Manfaat Program Pendidikan Profesi Guru

Program PPG Prajabatan dan Dalam Jabatan memiliki manfaat yang berbeda-beda. Namun, seluruh peserta PPG Dalam Jabatan ataupun Prajabatan pastinya akan mendapat beberapa manfaat. Berikut adalah beberapa manfaat dari mengikuti program PPG Prajabatan dan Dalam Jabatan:

1. PPG Prajabatan

Program ini bertujuan untuk membentuk guru profesional di bidangnya demi mewujudkan tujuan pendidikan nasional. Manfaat dari mengikuti program PPG Prajabatan adalah sebagai berikut:

  1. mendapatkan sertifikat guru atau sertifikat pendidik (serdik);
  2. mendapatkan gelar guru profesional (Gr.) di belakang gelar sarjana;
  3. mendapatkan gaji dan tunjangan profesi guru sebesar gaji pokok untuk PNS dan sebesar Rp1.500.000,00/bulan untuk guru swasta;
  4. berpotensi besar menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN);
  5. mempunyai kompetensi lebih jika dibandingkan dengan guru yang belum ikut PPG;
  6. lebih melek dengan dunia luar, bisa cepat beradaptasi dengan perubahan zaman di bidang digital, serta lebih mampu menguasai kelas;
  7. kemampuan seorang guru lulusan PPG untuk menerapkan model-model pembelajaran abad ke-21 pada sistem pendidikan Indonesia, seperti problem based learning, project based learning, pembelajaran kooperatif, STEM, inquiry, dan masih banyak yang lainnya;
  8. memiliki kompetensi kebinekaan global dan menambah banyak wawasan baru seputar pendidikan; dan
  9. mempunyai banyak saudara baru (rekan guru) dari berbagai daerah di Indonesia.

 

2. PPG Dalam Jabatan

Program ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru dalam mengajar dan memfasilitasi guru dalam memperoleh sertifikasi pendidik. Nantinya diharapkan guru yang mengikuti program ini dapat kompetitif dengan tugas utama mendidik para murid. Manfaat dari mengikuti program PPG Dalam Jabatan adalah sebagai berikut:

  1. mendapatkan sertifikat pendidik (serdik) atau sertifikat guru;
  2. mendapatkan gelar guru profesional (Gr.) di belakang gelar sarjana;
  3. mendapatkan gaji dan tunjangan profesi guru sebesar gaji pokok untuk PNS dan sebesar Rp1.500.000,00/bulan untuk guru swasta;
  4. berpotensi besar menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN);
  5. mempunyai kompetensi lebih jika dibandingkan dengan guru yang belum ikut PPG;
  6. lebih melek dengan dunia luar, bisa cepat beradaptasi dengan perubahan zaman di bidang digital, serta lebih mampu menguasai kelas;
  7. kemampuan seorang guru lulusan PPG untuk menerapkan model-model pembelajaran abad ke-21 pada sistem pendidikan Indonesia, seperti problem based learning, project based learning, pembelajaran kooperatif, STEM, inquiry, dan masih banyak yang lainnya;
  8. memiliki kompetensi kebinekaan global dan menambah banyak wawasan baru seputar pendidikan;
  9. mempunyai banyak saudara baru (rekan guru) dari berbagai daerah di Indonesia;
  10. mempunyai bekal kemampuan pedagogik yang lebih baik sehingga bisa disebarkan ke rekan guru yang lainnya; dan
  11. bisa menjadi instruktur di sekolah demi membantu guru lain yang memiliki masalah dalam kegiatan pembelajaran.

__

Jadi, gimana nih? Kamu udah tahu, kan, apa itu program PPG? Selain pengertiannya, dari artikel di atas kamu sekarang jadi tahu, kan, apa jenis PPG, tujuan, dan manfaatnya buat kamu? Nah, tunggu apa lagi, yuk, segera persiapkan diri kamu dengan ikut pelatihan di Skill Academy. Di Skill Academy, kamu akan dilatih oleh instruktur yang berpengalaman sehingga kamu akan mendapatkan skill baru yang kamu butuhkan untuk mengikuti seleksi PPG. Tunggu apa lagi, yuk, cek kelasnya dengan mengeklik banner di bawah ini!

SKill Academy - CTA

Atqo