Mengenal Pendidikan Profesi Guru atau PPG Prajabatan, Persyaratan, dan Tahap Seleksinya

Mengenal Pendidikan Profesi Guru atau PPG Prajabatan, Persyaratan, dan Tahap Seleksinya - Skill Academy

Program PPG Prajabatan diadakan untuk kamu yang ingin menjadi guru profesional, tetapi belum terdaftar sebagai guru di DAPODIK

__

Setelah kamu mengetahui apa itu Pendidikan Profesi Guru, jenis-jenis, tujuan, dan manfaatnya, di sini akan kita bahas salah satu jenis Program PPG, yakni Pendidikan Profesi Guru Prajabatan atau PPG Prajabatan. Nah, kamu yang berminat banget buat jadi guru profesional, scroll terus artikel ini, ya, karena di sini akan dijelaskan persayaratan dan tahapan seleksi program PPG Prajabatan.

 

Apa Itu Pendidikan Profesi Guru Prajabatan atau PPG Prajabatan?

PPG Prajabatan adalah program pendidikan profesi untuk mencetak generasi baru guru-guru Indonesia yang berkomitmen dan profesional. Program PPG Prajabatan menyasar lulusan S-1 Kependidikan dan S-1 atau D-IV Nonkependidikan yang ingin menjadi seorang guru profesional.

 

Kenapa harus ikut PPG Prajabatan?

PPG Prajabatan adalah program pendidikan profesi untuk mencetak generasi baru guru-guru Indonesia yang berkomitmen dan profesional. Program ini ditujukan khususnya untuk para calon guru profesional yang belum memiliki pengalaman mengajar sebelumnya.

Nah, kamu yang ingin mengikuti program PPG Prajabatan, ini dia beberapa manfaat yang akan kamu dapatkan:

  1. mendapatkan sertifikat guru atau sertifikat pendidik (serdik);
  2. mendapatkan gelar guru profesional (Gr.) di belakang gelar sarjana;
  3. mendapatkan gaji dan tunjangan profesi guru sebesar gaji pokok untuk PNS dan sebesar Rp1.500.000,00/bulan untuk guru swasta;
  4. berpotensi besar menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN);
  5. mempunyai kompetensi lebih jika dibandingkan dengan guru yang belum ikut PPG;
  6. lebih melek dengan dunia luar, bisa cepat beradaptasi dengan perubahan zaman di bidang digital, serta lebih mampu menguasai kelas;
  7. kemampuan seorang guru lulusan PPG untuk menerapkan model-model pembelajaran abad ke-21 pada sistem pendidikan Indonesia, seperti problem based learningproject based learning, pembelajaran kooperatif, STEM, inquiry, dan masih banyak yang lainnya;
  8. memiliki kompetensi kebinekaan global dan menambah banyak wawasan baru seputar pendidikan; dan
  9. mempunyai banyak saudara baru (rekan guru) dari berbagai daerah di Indonesia.

 

Persyaratan Mengikuti Program PPG Prajabatan

Untuk mengikuti program PPG Prajabatan, ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi. Persyaratan tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Warga Negara Indonesia sehingga warga negara asing belum dapat mendaftarkan diri di program PPG Prajabatan;
  2. tidak atau belum pernah terdaftar sebagai guru atau kepala sekolah di DAPODIK dan Simpatika;
  3. memiliki ijazah S-1 atau D-4 yang terdaftar di PD-Dikti (pangkalan data pendidikan tinggi), baik dari jurusan kependidikan maupun nonkependidikan;
  4. memperolah IPK minimal 3,0 saat lulus dari perguruan tinggi;
  5. berusia maksimal 32 tahun pada tanggal 31 Desember pada saat tahun mendaftar;
  6. menandatangani pakta integritas yang disediakan oleh Kemendikbud RI; dan
  7. menunjukkan surat keterangan sehat, surat berkelakuan baik (SKCK), dan surat bebas dari penggunaan narkoba (jika kamu lulus pada seleksi tahap akhir).

 

Seleksi untuk Mengikuti Program PPG Prajabatan

Setelah kamu memenuhi syarat nomor 1 sampai dengan 6, kamu harus mengikuti seleksi untuk mengikuti program PPG Prajabatan ini. Seleksi untuk mengikuti program ini ada 3 jenis. Ketiga jenis seleksi tersebut adalah sebagai berikut:

1. Seleksi Administrasi dan Esai

Seleksi ini merupakan seleksi yang berkaitan dengan pemenuhan dokumen. Seluruh dokumen yang disyaratkan harus kamu serahkan agar kamu bisa lolos pada tahap seleksi ini. Biasanya, dokumen tersebut bisa diserahkan secara onlineataupun offline.

Selain kamu harus menyerahkan dokumen yang disyaratkan, kamu juga harus membuat sebuah esai. Esai tersebut berisi motivasi kamu mengikuti program ini.

2. Seleksi Substantif

Setelah kamu lolos seleksi administrasi dan esai, kamu akan masuk ke tahap seleksi selanjutnya, yakni seleksi substantif. Pada seleksi ini, kamu akan mengerjakan tes yang berbasis komputer (CAT).

3. Seleksi Wawancara

Jika kamu lolos pada seleksi substantif, kamu akan lanjut ke seleksi wawancara. Seperti wawancara pada umumnya, kamu akan berhadapan dengan pewawancara yang akan menanyai kamu pertanyaan yang berkaitan dengan kependidikan.

 

Baca juga: Apprenticeship vs. Internship: Perbedaan Dua Istilah Magang

__

Program Pendidikan Profesi Guru Prajabatan atau PPG Prajabatan merupakan peluang yang sangat baik untuk kamu yang ingin menjadi guru profesional. Jika kamu berminat mengikuti program ini, ayo persiapkan diri kamu sekarang dengan mengikuti bimbel PPG di Skill Academy. Yuk, daftarkan diri kamu sekarang juga di sini! Kamu juga bisa mengikuti kelas skill lainnya di Skill Academy dengan mengeklik banner di bawah ini.

SKill Academy - CTA

Atqo