Contoh Surat Pengunduran Diri Kerja Buat Kamu yang Ingin Resign

Kusariani Adinda Nov 16, 2021 • 14 min read


contoh surat pengunduran diri kerja

Mengajukan resign ke HRD sampai atasan kamu di perusahaan alangkah baiknya melampirkan surat pengunduran diri kerja. Artikel ini membahas lengkap contoh surat pengunduran diri kerja saat kamu ingin mengajukan resign.

--

Mencari pekerjaan itu ibarat kamu lagi nyari jodoh impian, ya. Ngeliat kualifikasinya sih kayaknya cocok, dan akhirnya kamu coba melamar ke perusahaan tersebut. Syukurlah, akhirnya ada tim HRD yang ngajak kamu PDKT lewat interview. Bahkan, user atau atasan di divisi yang kamu tertarik banget juga ngajak kamu nge-date lebih lanjut lewat interview

Tanpa harus nunggu 2 minggu lagi, kamu dapat jawaban kalau kamu diterima bekerja di perusahaan tersebut. Pastinya kamu senang banget, dan kamu masuk ke perusahaan tersebut dengan baik dengan melewati berbagai tahap seperti probation sampai akhirnya lolos menjadi karyawan tetap.

Setahun, dua tahun, tiga tahun potensi karirmu jauh berkembang pesat. Kemudian, kamu kepikiran untuk resign kerja ke perusahaan baru dengan kesempatan dan jenjang karir yang lebih luas. Eits, tentunya buat ‘pindah’ ke perusahaan baru perlu cara yang baik, sebagaimana kamu awal masuk perusahaan tersebut dengan cara yang baik pula. 

 

Alasan umum karyawan mengajukan resign

Selain ingin mengembangkan kesempatan dan jenjang karir yang lebih luas dengan pengalaman yang lebih menantang, Glassdoor mengungkapkan bahwa alasan umum saat karyawan mengajukan resign di perusahaan tempat mereka bekerja adalah sebagai berikut:

  1. Tujuan dari performa kerja yang nggak realistis, jauh dari kata terencana.
  2. Manajemen perusahaan yang mengalami rekonstruksi, namun nggak dikomunikasikan kepada karyawan dengan baik.
  3. Karyawan merasa di perusahaan tersebut perkembangan karirnya kurang jelas dengan tidak adanya promosi.
  4. Branding pada perusahaan yang lemah, jadi karyawan minim motivasi saat bekerja. Contoh nyata yang bikin para karyawan jadi semakin semangat bekerja adalah berkat employer branding perusahaan startup di SCBD yang menawarkan berbagai fasilitas kerja dan hiburan.
  5. Model kerja perusahaan yang nggak work life balance, kemudian mempengaruhi kesehatan mental karyawan.
  6. Sulitnya berkomunikasi tentang kompensasi yang nggak adil.
  7. Karyawan saat bekerja sangat minim apresiasi, seperti diberi feedback yang positif oleh manajer dan tim.
  8. Terdapat kepentingan lain yang harus dipertanggungjawabkan, seperti melanjutkan studi, pemulihan kesehatan, melanjutkan bisnis keluarga, sampai berwirausaha.

Kalau kamu merasa sudah mengalami beberapa poin di atas, mengajukan resign bisa kamu pertimbangkan dengan matang. Akan tetapi, dalam waktu yang sama, kamu juga harus siap untuk mencari dan melamar pekerjaan ke perusahaan baru. Jadi, saat kamu sudah mengajukan resign kerja, kamu sudah dalam posisi ‘aman’ karena telah mendapat kantor pengganti. Oke?

 

Bagaimana cara mengajukan resign kerja yang baik dan sopan?

Ingat nih, kalau kamu masuk ke perusahaan ini dalam keadaan baik. Berarti, saat mengajukan resign kerja juga harus menggunakan pendekatan komunikasi yang baik tanpa menyinggung atasan kamu maupun perusahaan. 

Dikutip dari artikel Indeed, ini lho cara mengajukan resign kerja yang baik, sopan, dan profesional!

 

1. Buat perjanjian untuk meeting 1-on-1.

Saat kamu ingin mengajukan resign kerja, nggak semua orang kantor wajib tahu. Mengajukan pengunduran diri kerja secara profesional sebaiknya dibicarakan dan didiskusikan secara privat antara kamu sebagai karyawan dan juga atasan kamu. Atau nggak, dengan HRD kamu lebih dulu. 

Oleh karena itu, penting untuk membuat perjanjian meeting 1-on-1 sebagai bentuk komunikasi dan diskusi dalam mengajukan resign kerja yang baik. Pastinya, atasan atau HRD kamu akan merelakan waktu mereka untuk bisa saling ngobrol di pertemuan ini.

 

Baca juga: Perhatikan Hal-Hal Ini Sebelum Kamu Menandatangani Kontrak Kerja!

 

2. Ceritakan alasan yang jelas mengenai pengunduran diri kerja.

Sudah buat janji dengan atasan atau HRD kamu untuk saling ngobrol dan diskusi secara tatap muka, artinya kamu juga harus siap untuk menceritakan alasan yang jelas mengenai pengunduran diri kerja seperti yang Skill Academy sudah rangkum di poin sebelumnya. 

Perlu diingat juga nih untuk nggak menyinggung atasan, HRD, atau perusahaan kamu sekarang bekerja. Intinya, disamping alasan yang jelas dan spesifik, menyampaikan alasan untuk resign kerja haruslah bijaksana.

 

3. Membuat surat pengunduran diri kerja.

Salah satu cara mengajukan resign atau pengunduran diri kerja yang baik, sopan, dan profesional adalah dengan melampirkan surat keterangan berupa pengunduran diri kerja saat kamu melakukan pertemuan dengan atasan atau HRD kamu. 

Tahapannya sih, saat kamu berhadapan dengan atasan atau HRD, kamu menyerahkan surat pengunduran diri kerja terlebih dulu. Nantinya, kamu bisa menceritakan dengan jelas alasan yang rasional mengapa kamu ingin mengundurkan diri. Bisa jadi karena lokasi kantor baru lebih dekat jaraknya dari rumah, ingin pengalaman yang lebih matang lagi, atau kesempatan jenjang karir yang lebih tinggi.

Gimana nih kalau posisinya kamu sedang WFH?

Tenang, kamu bisa melampirkan surat pengunduran diri kerja melalui email. Biasanya, atasan akan menghubungi kamu via telepon. Kamu bisa berdiskusi dan membicarakan alasan yang spesifik tadi, melanjutkan apa yang nggak disampaikan melalui surat tersebut.

 

contoh surat pengunduran diri kerja - cara mengajukan resign

4. Memberi informasi pengunduran diri two weeks notice atau one month notice.

Suka dengar istilah one month notice?

Nah, one month notice adalah waktu minimal yang ditentukan oleh perusahaan saat kamu mengajukan pengunduran diri kerja atau resign. Biasanya, ketentuan one month notice ini tertulis di kontrak kerja

Setiap perusahaan memiliki kebijakan tersendiri untuk karyawan memberi informasi pengunduran diri kerja. Bisa two weeks notice paling cepat, one month notice, bahkan ada yang two months notice. 

Tujuan dari one month notice ini adalah agar kamu sebagai karyawan yang ingin mengundurkan diri kerja masih bisa menyelesaikan berbagai tugas dan tanggung jawab di perusahaan. Selain itu, perusahaan masih punya waktu untuk mencari karyawan pengganti.

 

5. Tawarkan bantuan untuk mengarahkan karyawan pengganti sampai kesepakatan hari terakhir bekerja

Setelah one month notice disepakati oleh atasan kamu, kamu masih punya sisa satu bulan untuk merapikan pekerjaan, dan perusahaan sekiranya masih punya waktu sampai maksimal dua sampai tiga minggu sampai benar-benar mendapat karyawan pengganti.

Selama proses one month notice, kamu tawarkan bantuan kepada perusahaan untuk mengarahkan karyawan pengganti mengenai apa saja yang harus dan tidak boleh dilakukan dalam bekerja. 

Kamu juga bisa briefing karyawan pengganti mengenai tugas dan tanggung jawab dalam bekerja, kemudian file dokumen apa saja yang harus diakses selama bekerja.

 

6. Ucapkan rasa terima kasih.

Kamu yang cukup berkembang secara performa dalam bekerja tentunya nggak lepas dari perusahaan tempat kamu bernaung. Kamu bisa ada di posisi seperti sekarang karena ilmu dan pengalaman berkesan yang ada di perusahaan yang ingin kamu tinggalkan.

Oleh karena itu, jangan lupa untuk ucapkan rasa terima kasih kepada atasanmu, HRD, dan rekan-rekan kerja yang bersedia menerima kamu untuk bekerja di perusahaan tersebut. Jangan lupa untuk tetap keep in touch dengan mereka, meskipun kamu sudah resmi mengundurkan diri kerja dan pindah ke perusahaan baru.

Ucapan terima kasih ini kamu bisa rayakan dengan makan bersama di restoran all you can eat, memberi hadiah kecil, atau memberi aneka makanan khas karyawan resign, seperti donat, pisang goreng madu, atau tahu krispi.

 

7. Meminta feedback akan kinerjamu selama bekerja

Satu hal penting yang nggak boleh ketinggalan saat kamu sedang membuat pertemuan 1-on-1 bersama HRD atau atasanmu: Meminta feedback akan kinerja selama kamu bekerja di perusahaan.

Tentunya, feedback positif dan negatif harus kamu terima. Tujuannya agar kamu bisa meningkatkan dan memperbaiki kekurangan diri saat bekerja di perusahaan baru.

Bisa juga kamu meminta feedback kepada atasan, rekan kerja, bahkan klien yang pernah bekerjasama melalui LinkedIn. Ini menjadi nilai tambah kamu di mata recruiter saat mempelajari pengalaman kerjamu di LinkedIn.

 

Cara membuat surat pengunduran diri kerja yang baik

Surat pengunduran diri kerja menjadi komponen penting saat kamu ingin mengajukan resign secara tertulis. Cara membuatnya mudah lho, kamu hanya perlu memperhatikan format berikut untuk membuat surat pengunduran diri kerja.

  1. Tempat dan tanggal lengkap surat diserahkan.
  2. Pihak yang dituju, bisa atasan kamu atau HRD.
  3. Salam pembuka.
  4. Nama lengkap beserta alamat lengkap perusahaan.
  5. Identitas diri seperti nama lengkap, NIK, jabatan, dan departemen.
  6. Alasan pengunduran diri kerja dan tanggal pengajuan pengunduran diri.
  7. Ucapan terima kasih kepada atasan, HRD, sampai rekan kerja. Nggak lupa juga dengan ucapan maaf jika ada kesalahan yang kamu lakukan selama bekerja di perusahaan.
  8. Penutup.
  9. Nama lengkap disertai tanda tangan.

contoh surat pengunduran diri kerja - contoh surat resign

 

Oh ya, format surat pengunduran diri kerja seperti ini juga berlaku melalui email, akan tetapi tanda tangan tidak diperlukan.

 

Contoh surat pengunduran diri kerja yang baik

Skill Academy ingin mengumpulkan berbagai contoh surat pengunduran diri kerja yang baik dalam berbagai format dan tujuan pengunduran diri. Yuk, simak berbagai contohnya di bawah ini!

 

1. Contoh surat pengunduran diri kerja formal

Bandung, 4 Januari 2021 

 

Yang terhormat,

General Manager PT. Karya Karsa Abadi

Jalan Dr. Djundjunan, Bandung.

 

Dengan hormat, 

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

 

Nama : Muhammad Idris

NIK : 2018050312679

Jabatan : Business Development Analyst

Departemen : Sales

 

Melalui surat ini, saya mengajukan permohonan untuk mengundurkan diri sebagai Business Development Analyst di PT.  Karya Karsa Abadi terhitung mulai 4 Januari 2021. 

Saya ucapkan terima kasih karena PT. Karya Karsa Abadi sudah memberikan saya kesempatan untuk bekerja, belajar, dan berkembang selama 4 tahun. Selain itu, saya juga ingin ucapkan banyak terima kasih pada rekan-rekan kerja karena telah banyak kerjasama untuk mencapai target perusahaan. 

Saya mohon maaf yang sebesar-besarnya karena memutuskan untuk tidak lagi menjadi bagian dari PT. Karya Karsa Abadi. Tidak lupa saya ucapkan mohon maaf atas segala kesalahan yang mungkin sempat saya lakukan dan meninggalkan kesan buruk selama bekerja di PT. Karya Karsa Abadi. 

Demikian surat ini saya buat dan serahkan dengan sebenar-benarnya, semoga dapat diterima oleh Bapak/Ibu. 

 

Hormat saya,

 

Muhammad Idris

 

Ikuti kelas: Employer Branding, Lebih dari Akuisisi Talent

 

2. Contoh surat pengunduran diri kerja non formal

Jakarta, 4 Januari 2021 

 

Yang terhormat,

Creative Director dan HRD PT. Kreasi Nusantara

Di tempat.

 

Dengan hormat, 

Melalui surat ini, saya Veronica Kurniawan mengajukan permohonan untuk mengundurkan diri sebagai Senior Copywriter di PT. Kreasi Nusantara terhitung mulai 4 Januari 2021.

Saya mengucapkan terima kasih karena PT. Kreasi Nusantara sudah memberikan saya kesempatan untuk bekerja, belajar, dan berkembang dengan ilmu dan pengalaman selama 5 tahun. Selain itu, saya juga ingin ucapkan banyak terima kasih pada rekan-rekan kerja karena telah banyak kerjasama untuk mencapai target perusahaan sebagaimana mestinya.

Saya mohon maaf jika terdapat banyak kesalahan selama saya bekerja di PT. Kreasi Nusantara. 

Demikian surat ini saya buat, semoga dapat diterima oleh Bapak/Ibu. 

 

Hormat saya,

 

Veronica Kurniawan

 

3. Contoh surat pengunduran diri kerja untuk pindah ke perusahaan

Bekasi, 4 Januari 2021 

 

Yang terhormat,

HRD PT. Kreasi Nusantara

Di Bekasi

 

Dengan hormat, 

Melalui surat ini, saya Veronica Kurniawan mengajukan permohonan untuk mengundurkan diri sebagai Senior Copywriter di PT. Kreasi Nusantara terhitung mulai 4 Januari 2021.

Saya mengucapkan terima kasih karena PT. Kreasi Nusantara sudah memberikan saya kesempatan untuk bekerja, belajar, dan berkembang dengan ilmu dan pengalaman selama 5 tahun. Selain itu, saya juga ingin ucapkan banyak terima kasih pada rekan-rekan kerja karena telah banyak kerjasama untuk mencapai target perusahaan sebagaimana mestinya.

Saya mohon maaf jika terdapat banyak kesalahan selama saya bekerja di PT. Kreasi Nusantara. 

Demikian surat ini saya buat, semoga dapat diterima oleh Bapak/Ibu. 

 

Hormat saya,

 

Veronica Kurniawan

 

4. Contoh surat pengunduran diri kerja dalam bahasa Inggris

Jakarta, January 4th 2021



Sri Mulyani

Head of Finance Infinity Corp.

Bendungan Hilir Street, Jakarta

 

Dear Mrs. Sri Mulyani,

Please accept this as my formal resignation from Infinity Corp. My last day will be on February 4th 2021, one month from today. I’m grateful for all your support during my time here and deeply appreciate all of the valuable experience I have gained. It has been a sincere pleasure working with you and the team. 

Please let me know how I can help during this transition and make it as smooth as possible. I wish you all the best.

Best wishes, and thank you for everything.

 

Sincerely,



Veronica Kurniawan

 

Jangan lupa siapkan surat pengunduran diri kerja jika kamu ingin mengajukan resign, ya!

Yes, bener banget! Mengajukan resign kerja yang baik, sopan, dan profesional ke atasan dan HRD kamu alangkah baiknya juga melampirkan surat pengunduran diri kerja secara tertulis. Membuatnya cukup mudah kok, kamu bisa contek beberapa contoh yang sudah Skill Academy bocorin di artikel ini.

Contoh surat pengunduran diri kerja di atas bisa berlaku untuk pengajuan resign dengan tujuan apa saja, misalnya melanjutkan studi, pindah domisili, pemulihan kesehatan, pindah ke perusahaan baru karena ingin mencari pengalaman lain, melanjutkan bisnis keluarga, sampai berwirausaha.

Jangan lupa untuk selalu ikuti beragam informasi dan tips paling update seputar dunia kerja di blog Skill Academy. Ikuti juga ribuan kelasnya yang bikin kamu makin sukses di dunia kerja!

Kelas Sukses Kerja Skill Academy

Sumber: 

Indeed. (2021). How to Tell Your Boss You're Quitting. indeed.com. [daring].

https://www.indeed.com/career-advice/career-development/tell-your-boss-youre-quitting

Glassdoor. (2018). 10 Reasons Employees Resign. glassdoor.com. [daring].

https://www.glassdoor.com/employers/blog/10-reasons-employees-resign/

Profile

Kusariani Adinda

Lorem ipsum dolor sit amet, assalamualaikum warganet! | Freelance Content Writer at Ruangguru | kusarianiadindablog.wordpress.com

Beri Komentar