4 Contoh Surat Pengunduran Diri Kerja dan Cara Mengajukan Resign yang Baik

Kusariani Adinda Apr 8, 2022 • 10 min read


contoh-surat-pengunduran-diri-kerja

Berencana resign dari pekerjaan sekarang? Eits, siapin dulu surat pengunduran diri kerja atau surat resign-nya. Berikut ada beberapa contoh surat pengunduran diri  kerja yang bisa kamu contek!

--

Ketika sudah sekian lama bekerja, mungkin beberapa dari kamu ada yang berencana untuk resign. Biasanya kamu memiliki alasan tersendiri, seperti bosan, tidak cocok dengan tempat kerja, hingga ingin meningkatkan skill ke level selanjutnya. Namun, yang jadi masalah adalah bagaimana jika ini merupakan kali pertama mu ingin mengajukan pengunduran diri. Nah, sebagai solusi agar kamu dapat resign dengan tenang, yuk simak artikel berikut untuk mengetahui cara mengajukan resign dan contoh surat pengunduran diri kerja. 

Cara mengundurkan diri dari pekerjaan yang baik

Jika kamu masuk ke perusahaan dalam keadaan baik, maka saat mengajukan pengunduran diri kerja juga harus dengan cara yang baik. Dikutip dari Indeed, berikut adalah tips mengajukan resign kerja secara profesional.  

1. Buat perjanjian untuk meeting 1-on-1

Saat kamu ingin mengajukan resign kerja, nggak semua orang kantor wajib tahu. Mengajukan pengunduran diri kerja secara profesional sebaiknya dibicarakan dan didiskusikan secara privat antara kamu sebagai karyawan dan juga atasan kamu. Atau nggak, dengan HRD kamu lebih dulu. 

Oleh karena itu, penting untuk membuat perjanjian meeting 1-on-1 sebagai bentuk komunikasi dan diskusi dalam mengajukan resign kerja yang baik. Pastinya, atasan atau HRD kamu akan merelakan waktu mereka untuk bisa saling ngobrol di pertemuan ini.

Baca juga: Perhatikan Hal-Hal Ini Sebelum Kamu Menandatangani Kontrak Kerja!

2. Ceritakan alasan yang jelas mengenai pengunduran diri kerja

Ketika sudah membuat janji dengan atasan atau HRD, artinya kamu juga harus siap untuk menceritakan alasan yang jelas mengenai pengunduran dirimu. Biasanya ada beberapa alasan seseorang mengajukan pengunduran diri dari pekerjaannya seperti:

  • Minim apresiasi dan penghargaan
  • Tidak merasakan perkembangan karier selama bekerja
  • Mendapatkan tawaran kerja yang lebih baik
  • Budaya kerja yang tidak memperhatikan kesehatan mental karyawan
  • Tujuan dari performa kerja yang tidak realistis

Perlu diingat juga nih gaes, saat mengemukakan alasanmu usahakan untuk tidak menyinggung atasan, HRD, atau perusahaan kamu sekarang bekerja. Intinya, disamping alasan yang jelas dan spesifik, menyampaikan alasan untuk resign kerja haruslah bijaksana.

Selain menyampaikan alasan resign, jangan ragu juga untuk meminta feedback dan sara dari atasanmu. Tentunya dengan menerima feedback tersebut, kamu dapat meningkatkan dan memperbaiki kekuranganmu saat bekerja di perusahaan baru. 

Baca juga: 12 Alasan Kerja yang Tepat dan Profesional, Bisa Kamu Gunakan!

3. Memberi informasi pengunduran diri (one month notice)

Sering dengar istilah one month notice?

Nah, one month notice adalah waktu minimal yang ditentukan oleh perusahaan saat kamu mengajukan pengunduran diri kerja atau resign. Biasanya, ketentuan one month notice ini tertulis di kontrak kerja. Tujuan dari one month notice ini adalah agar kamu masih bisa menyelesaikan berbagai tanggung jawabmu di tempat kerja. Selain itu, perusahaan juga memiliki waktu untuk mencari pengganti kamu.

Namun, perlu diingat, bahwa setiap perusahaan memiliki kebijakan tersendiri untuk karyawan ketika memberi informasi pengunduran diri kerja. Bisa dua minggu, satu bulan, hingga dua bulan sebelum melakukan resign.

cara-mengajukan-pengunduran-diri

4. Membuat surat pengunduran diri kerja

Salah satu cara pengunduran diri kerja yang baik dan profesional adalah dengan melampirkan surat pengunduran diri kerja saat kamu melakukan pertemuan dengan atasan atau HRD. Kemudian serahkan surat surat resign terlebih dulu. Nantinya, kamu bisa menceritakan dengan jelas alasan yang rasional mengapa kamu ingin mengundurkan diri. 

“Gimana nih kalau posisinya sedang WFH?”

Tenang guys, kamu bisa melampirkan surat pengunduran diri kerja melalui email. Biasanya, atasan akan menghubungi kamu via telepon. Kamu bisa berdiskusi dan membicarakan alasan secara spesifik untuk melanjutkan apa yang tidak disampaikan melalui surat tersebut.

5. Ucapkan terima kasih

Hal penting yang tidak boleh kamu lupakan pada saat ingin resign adalah mengucapkan rasa terima kasih kepada atasan, HRD, dan rekan kerjamu. Jangan lupa untuk tetap tetap berhubungan dengan mereka, meskipun kamu sudah resmi mengundurkan diri dan pindah ke perusahaan baru.

Ucapan terima kasih ini bisa kamu rayakan dengan makan bersama di restoran, memberi hadiah kecil, atau memberi aneka makanan khas karyawan resign, seperti donat, pisang goreng madu, atau tahu krispi.

Cara membuat surat pengunduran diri kerja yang baik

Surat pengunduran diri kerja atau surat resign adalah komponen penting saat kamu ingin mengajukan resign secara tertulis. Cara membuatnya gampang kok, berikut adalah format dan hal yang harus ada di dalam surat pengunduran diri kerja (surat resign):

  1. Tempat dan tanggal lengkap surat diserahkan.
  2. Pihak yang dituju, bisa atasan kamu atau HRD.
  3. Salam pembuka.
  4. Nama lengkap beserta alamat lengkap perusahaan.
  5. Identitas diri seperti nama lengkap, NIK, jabatan, dan departemen.
  6. Alasan pengunduran diri kerja dan tanggal pengajuan pengunduran diri.
  7. Ucapan terima kasih kepada atasan, HRD, sampai rekan kerja. Nggak lupa juga dengan ucapan maaf jika ada kesalahan yang kamu lakukan selama bekerja di perusahaan.
  8. Penutup.
  9. Nama lengkap disertai tanda tangan.

Berikut merupakan contoh surat pengunduran diri kerja (surat resign) beserta bagian penting yang harus ada di dalamnya:

contoh-surat-pengunduran-diri

Oh iya, format surat pengunduran diri kerja seperti ini juga berlaku melalui email, akan tetapi tanda tangan tidak diperlukan. Kamu juga bisa menggunakannya dengan berbagai latar pekerjaan mulai dari karyawan parbik, pegawai swasta, dan lainnya. 

Contoh surat pengunduran diri kerja (surat resign) yang baik

Setelah mengetahui bagian-bagian penting yang ada di dalam surat pengunduran diri, selanjutnya kamu juga bisa melihat beberapa contoh surat pengunduran diri kerja dengan berbagai bentuk dan tujuan.  Yuk, simak berbagai contoh suratnya di bawah ini!

1. Contoh surat pengunduran (surat resign) diri kerja formal

Bandung, 4 Januari 2021 

Yang terhormat,
General Manager PT. Karya Karsa Abadi
Jalan Dr. Djundjunan, Bandung.

 

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama : Muhammad Idris
NIK : 2018050312679
Jabatan : Business Development Analyst
Departemen : Sales

Melalui surat ini, saya mengajukan permohonan untuk mengundurkan diri sebagai Business Development Analyst di PT.  Karya Karsa Abadi terhitung mulai 4 Januari 2021. 

Saya ucapkan terima kasih karena PT. Karya Karsa Abadi sudah memberikan saya kesempatan untuk bekerja, belajar, dan berkembang selama 4 tahun. Selain itu, saya juga ingin ucapkan banyak terima kasih pada rekan-rekan kerja karena telah banyak kerjasama untuk mencapai target perusahaan. 

Saya mohon maaf yang sebesar-besarnya karena memutuskan untuk tidak lagi menjadi bagian dari PT. Karya Karsa Abadi. Tidak lupa saya ucapkan mohon maaf atas segala kesalahan yang mungkin sempat saya lakukan dan meninggalkan kesan buruk selama bekerja di PT. Karya Karsa Abadi. 

Demikian surat ini saya buat dan serahkan dengan sebenar-benarnya, semoga dapat diterima oleh Bapak/Ibu. 

 

Hormat saya,

[Tanda tangan]

Muhammad Idris

 

2. Contoh surat resign non formal via email

Sebelum mengirimkan email pengunduran diri, pastikan kamu telah menulis subject email yang benar. 

 

To: [alamat email atasanmu]

Subject: Pengajuan Pengunduran Diri - [Nama kamu]

 

Yang terhormat,
Creative Director PT. Kreasi Nusantara
di tempat.

Dengan hormat, 

Melalui pesan ini, saya Veronica Kurniawan mengajukan permohonan untuk mengundurkan diri sebagai Senior Copywriter di PT. Kreasi Kreatif Nusantara terhitung mulai 4 Januari 2021.

Saya mengucapkan terima kasih karena PT. Kreasi Nusantara sudah memberikan saya kesempatan untuk bekerja, belajar, dan berkembang dengan ilmu dan pengalaman selama 5 tahun. Selain itu, saya juga ingin ucapkan banyak terima kasih pada rekan-rekan kerja karena telah banyak kerjasama untuk mencapai target perusahaan sebagaimana mestinya.

Saya mohon maaf jika terdapat banyak kesalahan selama saya bekerja di PT. Kreasi Nusantara. 

Demikian pesan ini saya buat, semoga dapat diterima oleh Bapak/Ibu. 

 

Hormat saya

Veronica Kurniawan

 

3. Contoh surat resign untuk pindah ke perusahaan

Bekasi, 4 Januari 2021 

Yang terhormat,
HRD PT. Kreasi Nusantara
Di Bekasi

Dengan hormat, 

Melalui surat ini, saya Veronica Kurniawan mengajukan permohonan untuk mengundurkan diri sebagai Senior Copywriter di PT. Kreasi Nusantara terhitung mulai 4 Januari 2021.

Saya mengucapkan terima kasih karena PT. Kreasi Nusantara sudah memberikan saya kesempatan untuk bekerja, belajar, dan berkembang dengan ilmu dan pengalaman selama 5 tahun. Selain itu, saya juga ingin ucapkan banyak terima kasih pada rekan-rekan kerja karena telah banyak kerjasama untuk mencapai target perusahaan sebagaimana mestinya.

Saya mohon maaf jika terdapat banyak kesalahan selama saya bekerja di PT. Kreasi Nusantara. 

Demikian surat ini saya buat, semoga dapat diterima oleh Bapak/Ibu. 

 

Hormat saya,

[Tanda tangan]

Veronica Kurniawan

 

4. Contoh surat pengunduran diri kerja (surat resign) dalam bahasa Inggris

January 4th 2021

Sri Mulyani
Head of Finance Infinity Corp.
Bendungan Hilir Street, Jakarta

 

Dear Mrs. Sri Mulyani,

Please accept this as my formal resignation from Infinity Corp. My last day will be on February 4th 2021, one month from today. I’m grateful for all your support during my time here and deeply appreciate all of the valuable experience I have gained. It has been a sincere pleasure working with you and the team. 

Please let me know how I can help during this transition and make it as smooth as possible. I wish you all the best.

Best wishes, and thank you for everything.

 

Sincerely,

Veronica Kurniawan

 

Gimana guys, gak susah kan? Sekarang kamu sudah bisa tenang dan dapat mempersiapkan hal-hal ketika ingin resign. Itulah beberapa cara dan contoh surat pengunduran diri kerja. Jangan lupa untuk selalu ikuti beragam informasi dan tips paling update seputar dunia kerja di Blog Skill Academy. Selain itu, kamu juga bisa meningkatkan kemampuan hard skill dan soft skill kamu, dengan mengikuti kelasnya di Skill Academy atau dengan klik banner di bawah ini.

Tingkatkan kualitas dengan ikut kelas di skill academy!

Sumber: 

Indeed. (2021). How to Tell Your Boss You're Quitting. indeed.com. [daring].

https://www.indeed.com/career-advice/career-development/tell-your-boss-youre-quitting

Glassdoor. (2018). 10 Reasons Employees Resign. glassdoor.com. [daring].

https://www.glassdoor.com/employers/blog/10-reasons-employees-resign/

Profile

Kusariani Adinda

Lorem ipsum dolor sit amet, assalamualaikum warganet! | Freelance Content Writer at Ruangguru | kusarianiadindablog.wordpress.com

Beri Komentar