Yuk, Intip 5 Skill Utama yang Harus Dimiliki Public Relations!

Devi Lianovanda Feb 5, 2021 • 5 min read


SA_-_Skill_Wajib_Public_Relations-01

Siapa yang tak kenal dengan profesi Public Relations (PR)? Profesi yang satu ini banyak diminati karena dinilai menjanjikan lantaran posisinya yang strategis dan memiliki peran penting bagi perusahaan. 

Jika bekerja sebagai PR, kamu akan sering bertemu klien & orang baru, punya deskripsi pekerjaan yang beragam, dan banyak bekerja di luar kantor. Terdengar menyenangkan, bukan? Menurut Public Relation Society America (PRSA), PR adalah komunikasi strategis untuk membangun hubungan yang saling menguntungkan antara organisasi dan publiknya.

Apakah kamu ingin menjadi seorang PR di masa depan? Coba cek dulu yuk, skill apa saja yang harus kamu punya! 

1. Komunikasi

Tidak dapat dipungkiri, komunikasi menjadi skill penting yang harus dimiliki oleh siapapun dengan profesi apapun termasuk Public Relations (PR). Komunikasi diperlukan untuk menyampaikan ide, gagasan, informasi, dan koordinasi dengan seluruh pihak yang berhubungan dengan perusahaan baik eksternal maupun internal.

Kemampuan komunikasi yang harus dimiliki seorang praktisi PR mencakup banyak hal seperti, komunikasi verbal, non verbal, negosiasi, presentasi, public speaking, dan juga mendengarkan

 

2. Membina relasi

Sebuah perusahaan atau organisasi pasti menjalin kerja sama dengan berbagai pihak. Ada pihak eksternal seperti konsumen, komunitas, investor, klien, media, pemerintah, dan lainnya. Dan tentunya juga pihak internal perusahaan itu sendiri. Menjadi seorang PR, berarti kamu harus bisa menjaga hubungan baik dengan kedua pihak tersebut, karena keduanya memiliki peran yang sama penting.

Jojo Suharjo, Ketua Asosiasi Perusahaan PR Indonesia, menjelaskan bahwa peran media massa sangat penting untuk menyebarkan informasi penting dan membentuk opini publik, karenanya menjalin hubungan dengan media sangat penting, namun juga harus berhati-hati. 

 

(Sumber: freepik.com)

Baca juga: Inilah 3 Kerugian Kalau Kamu Sering Ganti Pekerjaan!

3. Mampu menghadapi situasi krisis

Ketika menghadapi situasi krisis, seorang PR dituntut untuk bisa tangkas dan segera menangani krisis sebelum semakin membesar. Kamu harus bisa berpikir kritis, kreatif, mampu memecahkan masalah, dan menghadapi tekanan.

Saat dalam situasi krisis, biasanya berita akan menyebar dengan cepat dan perusahaan akan didatangi banyak media. Dalam hal ini, PR bertugas untuk menentukan juru bicara atau spokesperson, menyiapkan skenario, dan menyusun berbagai FAQ untuk menghadapi media. Dalam Strategy Insight Public Relations (2020), pihak yang bisa dijadikan sebagai juru bicara adalah CEO, tim PR, dan jajaran manajemen perusahaan

(Sumber: giphy.com)

4. Manajemen waktu

Seorang PR tentu memiliki banyak klien yang harus ditemui dan project yang harus diselesaikan. Karena itu, perlu manajemen waktu yang baik, kamu harus bisa membagi waktu secara adil untuk semua klien dan project, juga waktu untuk dirimu sendiri. Semua klien dan project sama pentingnya bagi perusahaan, jika manajemen waktumu buruk, maka project mungkin dapat terkendala dan terlambat selesai.

Karena jadwal dan orang yang kamu temui banyak, maka pastikan kamu telah menyusun to do list dan urutan prioritas mengenai apa saja yang harus kamu lakukan, dan siapa saja klien yang akan kamu temui. 

 

5. Menulis

Informasi yang disampaikan oleh perusahaan melalui PR, tidak hanya berbentuk lisan tapi juga tulisan. Peran PR adalah memastikan pesan atau informasi tersebut sampai kepada audiens dengan cara yang positif. Kemampuan menulis ini meliputi, siaran pers, artikel blog, konten media sosial, buletin, dan berbagai publikasi lainnya. Penggunaan media yang berbeda tentu memerlukan teknik dan gaya penulisan yang berbeda juga.

Dalam buku Manajemen Kehumasan oleh Rhenald Kasali, 70% kegiatan humas adalah tulis menulis, sedangkan 30% merupakan kegiatan lain. Informasi atau pesan yang kamu tulis dapat mempengaruhi citra perusahaan di mata publik. 

(Sumber: pixabay.com)

Itulah beberapa skill yang wajib dimiliki seorang PR, bagaimana menurutmu? Bukankah pekerjaan seorang PR sangat beragam dan penuh tantangan? Kalau kamu mau jadi PR di masa depan, coba cek kembali skill apa saja yang sudah kamu miliki.

Kabar baiknya, skill-skill yang diperlukan untuk menjadi seorang PR tersebut bisa kamu latih melalui kelas-kelas yang ada di Skill Academy. Mulai dari kelas komunikasi, menulis, presentasi, negosiasi, hingga manajemen waktu, kamu dapat memilih kelas sesuai kebutuhan dan keinginanmu.

 

Untuk informasi lebih lengkap, kamu bisa klik CTA di bawah ini. Selamat belajar!

   #MUDAHUPGRADESKILL DI SKILL ACADEMY!

Beri Komentar