Roadmap AI Engineer: Langkah Menuju Karier yang Menjanjikan di Masa Depan

Roadmap AI Engineer


Kamu tertarik untuk dengan dunia AI? Ingin menjadi seorang AI Engineer? Perlu diketahui, roadmap AI Engineer yang perlu kamu lewati agar menjadi seorang AI Engineer yang andal. Yuk, simak!

Dunia teknologi mengalami perkembangan yang sangat pesat dengan kehadiran Artificial Intelligence. Berbagai sektor industri telah mengadopsi teknologi AI guna meningkatkan efisiensi dan produktivitas. Di Indonesia sendiri, teknologi Artificial Intelligence sudah diterapkan di berbagai industri, mulai dari keuangan, transportasi, hingga kesehatan. Untuk itu, permintaan akan AI Engineer di Indonesia pun semakin meningkat.

Dilansir dari LinkedIn (2023), jumlah job opening untuk posisi AI Engineer di Indonesia mencapai lebih dari 1.000. Angka tersebut telah meningkat 5 kali lipat jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Selain itu, berdasarkan data dari Glassdoor (2024), rata-rata gaji per bulan seorang AI Machine Learning Engineer di Jakarta untuk level junior bisa mencapai 2 digit. Hal ini menunjukkan bahwa AI Engineer bisa menjadi opsi karier yang menarik dengan prospek karir yang menjanjikan di masa depan.

Memulai karier menjadi seorang AI Engineer tentunya memiliki peluang dan tantangan tersendiri. Diperlukan kombinasi yang solid antara pengetahuan, keterampilan teknis, serta pengalaman praktis. Berikut ini merupakan roadmap yang dapat kamu ikuti untuk mempersiapkan karir sebagai AI Engineer.

Baca juga: Data Analyst dan Data Scientist: Mana Karier di Bidang Data yang Cocok Buat Kamu?

 

Tahap 1: Kuasai pengetahuan fundamental

Langkah pertama, kamu perlu mempelajari pengetahuan dasar mengenai AI, yaitu bahasa pemrograman dan matematika. Salah satu bahasa pemrograman yang perlu kamu kuasai adalah Python karena banyak digunakan dalam AI. Sementara untuk Matematika, kamu perlu memiliki pemahaman mengenai aljabar, kalkulus, probabilitas, dan statistik. Kamu juga perlu menguasai struktur data, algoritma machine learning, deep learning, serta framework AI, seperti Keras, PyTorch, dan TensorFlow.

 

Tahap 2: Buat portofolio karier

Langkah kedua, mulai kerjakan project AI yang dapat dijadikan portofolio untuk berkarier di bidang AI. Melalui portofolio, kamu bisa menunjukkan kemampuan dan keahlian dalam mengembangkan solusi AI. Hal ini dapat membuat kamu lebih unggul jika dibandingkan dengan kandidat lain serta dapat meningkatkan peluang untuk mendapatkan pekerjaan di bidang AI.

 

Tahap 3: Gabung komunitas dan mulai terkoneksi dengan profesional AI

Langkah ketiga, ikuti berbagai komunitas AI untuk memperluas networking kamu. Umumnya, komunitas menjadi platform untuk saling berbagi informasi dan pengalaman, sehingga kamu bisa mendapatkan insight dari para profesional. Dengan bersikap proaktif di komunitas, kamu bisa membangun relasi dengan para profesional AI dan menemukan peluang untuk meningkatkan kariermu. 

 

Tahap 4: Pilih bidang spesialisasi AI

Langkah keempat, perdalam lagi keahlian AI kamu dengan memilih salah satu bidang spesialisasi. Kamu bisa memilih spesialisasi berdasarkan minat, kebutuhan industri, ataupun peluang karier. Berikut ini beberapa spesialisasi di bidang AI yang dapat kamu pilih:

  • Computer Vision: berfokus pada pengembangan sistem AI yang dapat mengenali dan menginterpretasikan data dalam bentuk visual, seperti gambar dan video.
  • Natural Language Processing: berfokus pada pengembangan sistem AI yang dapat memahami dan menginterpretasikan bahasa manusia. Salah satu contoh penerapannya, yaitu chatbot.
  • Ethical AI: berfokus pada penggunaan AI yang etis dan bertanggung jawab. Salah satu contohnya yaitu data privacy.

Baca juga: Memahami Pengertian UI/UX Design dan Perbedaan Keduanya

 

Tahap 5: Tingkatkan pengalaman industri

Terakhir, tingkatkan kemampuanmu dengan mendapatkan pengalaman kerja di industri. Penting bagi seorang calon AI Engineer untuk memiliki pengalaman agar dapat lebih memahami kebutuhan dan tren di industri AI . Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah mengikuti program magang di perusahaan teknologi atau startup.

 

Tips

Selain tahapan di atas, kamu juga bisa mengikuti tips berikut agar bisa lebih siap memulai karier sebagai AI Engineer:

  1. terus belajar dan kembangkan keterampilan dengan mengikuti kursus online, bootcamp, dan program pelatihan lainnya.
  2. tetap up-to-date dengan perkembangan terbaru seputar Artificial Intelligence melalui berita, kegiatan konferensi, ataupun jurnal penelitian; dan
  3. tingkatkan soft skill, terutama kemampuan komunikasi dan presentasi.

AI Engineer dapat menjadi pilihan karir yang tepat dengan prospek yang menjanjikan di masa depan. Kamu bisa mulai mempersiapkan diri dengan mengikuti roadmap yang dijelaskan sebelumnya. Yang paling penting, kamu harus memiliki keinginan yang kuat untuk terus belajar dan berkembang. Semoga roadmap ini bermanfaat!

Setelah kamu mengetahui Roadmap AI Engineer dan sangat berminat untuk menjadi AI Engineer, yuk, belajar skill yang dibutuhkan, terutama skill yang berkaitan dengan pengolahan data dan Artificial Inteligence di Skill Academy! Kepoin kelasnya dengan klik banner di bawah ini, yuk!

Queensy Visia Suwandi