Mengenal ChatGPT: Fungsi dan Cara Menggunakannya

Mengenal ChatGPT

ChatGPT merupakan chatbot AI yang bisa memudahkan dan membantu pekerjaanmu. Apa itu ChatGPT? Ini pengertian, fungsi, dan cara pakainya!

Pernahkah kamu mendengar rumor kalau manusia bisa tergantikan oleh robot dan kecerdasan buatan (AI)? Kecerdasan buatan (AI) memang cukup populer akhir-akhir ini, salah satunya adalah ChatGPT karena bisa menghasilkan teks dan menjawab berbagai pertanyaan kita dengan bahasa layaknya manusia.

Kamu bisa menanyakan apa saja kepada chatbot AI dan langsung mendapatkan jawaban. Kamu bisa meminta ChatGPT membuat cerita, rencana trip, dan menjelaskan banyak hal dengan bahasa yang cukup natural. Meskipun canggih, jawaban dari chat Ai ini masih perlu diolah lagi agar hasilnya maksimal.

AI seperti ChatGPT bisa memudahkan pekerjaan atau memudahkanmu dalam mencari informasi. Berikut adalah cara menggunakan ChatGPT dengan mudah!

 

Apa itu ChatGPT?

ChatGPT adalah chatbot AI yang dikembangkan oleh OpenAI dan dirilis pada November 2022. Sejak dirilis, chat OpenAI ini berhasil mencuri perhatian dan dibicarakan banyak orang terutama di dunia bisnis. GPT sendiri merupakan singkatan dari Generative Pre-Trained Transformer. ChatGPT sempat viral karena kemampuannya yang dinilai luar biasa. Emang apa? ChatGPT bisa menghasilkan teks, memberikan penjelasan, menjawab berbagai pertanyaan, dan melakukan percakapan berbasis teks. Keunggulan yang paling aku suka adalah ChatGPT gratis, kamu nggak perlu berlangganan untuk menggunakannya. 

Selain kecanggihannya, ChatGPT juga mudah digunakan, kamu hanya perlu menuliskan pertanyaan atau permintaan di kolom yang tersedia. Setelah itu, GPT akan memprosesnya dan menghasilkan respons dalam bentuk teks.

Keunikan ChatGPT adalah, kamu dibuat seperti sedang bertukar pesan dengan manusia lain yang pinter banget dan bisa jawab berbagai pertanyaan. Kamu bahkan bisa minta dibuatkan puisi atau cerita. Kamu bisa memberikan pertanyaan menggunakan bahasa Indonesia juga, lho, GPT akan merespons dengan bahasa sesuai yang kamu gunakan. ChatGPT Bahasa Indonesia memudahkan kita semua menggunakan tools ini. 

Ikuti kelas: Tingkatkan Kesuksesan Bisnis dengan Artificial Intelligence

 

Fungsi dan manfaat ChatGPT

Berikut adalah beberapa manfaat dan fungsi ChatGPT: 

1. Menjawab pertanyaan

ChatGPT bisa menjawab berbagai pertanyaan atau permintaan yang kamu ajukan melalui kolom chat. Namun, GPT memiliki batas informasi, misalnya seperti ini:

Sampai saat ini, ChatGPT versi 3.5 memiliki batas informasi sampai Januari 2022 saja. Jadi ketika kamu mengajukan pertanyaan dengan waktu di atas itu, kemungkinan ChatGPT nggak bisa memberikan informasi karena datanya belum ada. Contohnya seperti pertanyaan di atas. Walaupun nggak bisa memberikan jawaban, GPT tetap memberikan informasi yang relevan seperti “pemilu di Indonesia dilakukan 5 tahun sekali”.

 

2. Penulisan konten

Kamu bisa menggunakan ChatGPT untuk membantu penulisan konten seperti artikel, blog, cerita fiksi, dan konten lainnya. GPT bisa menghasilkan konten teks yang terstruktur dan informatif. Meski demikian, kamu harus mengolah kembali konten yang dihasilkan untuk memastikan bahasanya mudah dipahami orang lain dan nggak ada kesalahan informasi. 

Baca juga: Suka Menulis? Intip 13 Cara Membuat Artikel dengan Baik!

 

3. Pemberi saran

ChatGPT juga bisa berfungsi sebagai pemberi saran, lho. Misalnya, kamu meminta saran kegiatan produktif selama libur panjang, maka GPT akan memberikan daftar kegiatan yang mungkin bisa kamu coba. Kalau kamu butuh rekomendasi film horor, saran outfit, menu masakan, tempat liburan dan saran lainnya juga bisa meminta bantuan ChatGPT. 

 

4. Menerjemahkan bahasa

Selain menggunakan tools penerjemah biasa, kamu juga bisa menerjemahkan teks dari satu bahasa ke bahasa lain menggunakan ChatGPT. Bedanya ChatGPT dengan penerjemah lain adalah, semua teks yang kamu terjemahkan akan tersimpan di chat tersebut sampai kamu menghapusnya.

 

5. Membantu proses belajar

ChatGPT bisa membantu kamu belajar sesuatu. Misalnya, kamu pengin belajar masak, maka ChatGPT akan memberikan step by step yang harus dilakukan dan juga resep masakannya. Jika kamu seorang guru, GPT juga bisa membantumu menjawab pertanyaan siswa dengan cepat sehingga mendukung proses belajar.

 

6. Meringkas konten teks

Jika kamu memiliki bahan bacaan yang sangat panjang dan ingin membuatnya lebih ringkas, ChatGPT bisa membantumu. Cukup copy dan paste teks yang akan diringkas di kolom chat lalu berikan perintah untuk meringkas teks tersebut, GPT akan memberikan teks yang lebih ringkas sesuai kebutuhanmu. 

Ternyata manfaat ChatGPT oke juga, ya? ChatGPT juga bisa memberikan respon instan jadi kamu nggak perlu menunggu lama untuk mendapatkan jawabannya, dan bisa diakses kapan saja.

 

Alternatif sejenis ChatGPT

Jika ChatGPT OpenAI mengalami gangguan atau kamu butuh referensi dari chatbot AI lainnya, berikut alternatif yang bisa kamu coba:

1. Google Bard

Google Bard adalah chatbot AI milik Google yang bisa membantu kamu menulis teks, mencari informasi, menerjemahkan bahasa, dan permintaan lainnya. Cara kerjanya sangat mirip dengan ChatGPT, kamu cukup menulis pertanyaan atau permintaan di kolom chat. Hebatnya, Bard bisa menampilkan hasil berupa foto, lho. 

 

2. Copilot

Copilot adalah chatbot AI milik Microsoft yang merupakan gabungan dari GPT-4 dan Bing. Chatbot ini bisa membantu kamu membuat gambar, merangkum, membandingkan konten, menjawab pertanyaan, memberi penjelasan, dan fungsi lainnya.

 

Cara menggunakan ChatGPT

Cara menggunakan ChatGPT sangat mudah, kamu bisa menggunakannya melalui website atau aplikasi di handphone. Berikut panduannya:

Cara menggunakan ChatGPT di website dengan mudah

1. Kunjungi situs https://chat.openai.com/

2. Klik Login untuk masuk

Jika kamu belum memiliki akun, klik Sign Up lalu ikuti langkah-langkahnya seperti mengisi alamat email dan membuat password. Setelah berhasil, login menggunakan email yang sudah kamu daftarkan.

3. Chat dengan ChatGPT

Setelah berhasil login, kamu akan melihat tampilan seperti di bawah ini. Tuliskan pertanyaan atau permintaan di kolom yang ada, jika sudah klik kirim. Kamu juga bisa membuat chat baru dengan klik ikon New Chat yang ada di pojok kiri atas.

Tunggu beberapa saat sampai ChatGPT selesai memproses jawaban untukmu.

4. Dapatkan jawaban dari ChatGPT

Setelah Chat PT selesai memproses pertanyaan atau permintaanmu, jawaban akan muncul dalam bentuk teks seperti percakapan berikut ini.

Kamu bisa melanjutkan percakapan untuk mendapatkan jawaban lebih detail atau menanyakan hal lain yang relevan. Gampang banget, kan? 

5. History chat

Kamu bisa mengakses history chat sebelumnya yang ada di kolom sebelah kiri.

 

Cara menggunakan ChatGPT di aplikasi

1. Download aplikasi ChatGPT

Pertama, unduh aplikasi ChatGPT melalui AppStore atau Playstore. 

2. Klik login untuk masuk ke aplikasi

Buka aplikasi dan login menggunakan Google, Apple ID, atau email. Jika belum memiliki akun, klik Sign Up dan ikuti langkah-langkah pembuatan akun hingga selesai. 

3. Memulai percakapan dengan ChatGPT

Pilih menu New Chat dan ketik pertanyaan atau permintaan lalu klik kirim. Tunggu beberapa saat sampai proses selesai. 

4. Jawaban dari ChatGPT

Setelah proses selesai, jawaban dari ChatGPT akan tampil seperti berikut ini. 

5. Akses history chat

Kamu bisa mengakses chat atau pertanyaan sebelumnya dengan klik nama chat yang ada di kolom sebelah kiri.

ChatGPT bisa membantu dan memudahkan pekerjaanmu karena responnya yang instan dan bisa menjawab berbagai pertanyaan (selama ada datanya). Semoga pembahasan di atas menjawab rasa ingin tahumu tentang ChatGPT. 

Biar nggak kalah jago sama ChatGPT Indonesia, kamu harus terus upgrade skill biar tetap relevan sama persaingan kerja dan bisnis sekarang. Belajar apa aja bisa di Skill Academy!

SKill Academy - CTA

Devi Lianovanda