3 Alasan Pentingnya Pekerjaan Pertama untuk Perjalanan Kariermu

Devi Lianovanda Feb 11, 2021 • 3 min read


SA_-_Peranan_pekerjaan_pertama_untuk_perjalanan_karier-01

Setelah lulus kuliah, pasti kamu ingin bisa masuk perusahaan impian atau bekerja di bidang yang kamu sukai. Tapi, seringnya ekspektasi tak seindah realita :(. Ternyata cari kerja sesusah itu, pas dapat kerja ternyata bidangnya kurang sesuai dengan jurusan, gajinya tidak sesuai harapan, dan bukan perusahaan impian.

Kalau kamu mengalami hal yang demikian, jangan buru-buru kecewa. Meskipun banyak yang kurang sesuai harapan, tapi pasti ada alasan kenapa kamu diterima di pekerjaan tersebut. 

Miliarder ternama, Jack Ma, mengatakan bahwa pekerjaan pertama adalah yang terpenting, karena kamu akan mendapat banyak pembelajaran dari sana.

Kenapa Jack Ma bilang pekerjaan pertama penting? Simak jawabannya di bawah ini, yuk!

1. Kesempatan untuk belajar

Setelah lulus kuliah dan pertama kali terjun ke dunia kerja, kamu pasti perlu waktu untuk beradaptasi dengan budaya, lingkungan, dan pekerjaan. Tapi tenang, di pekerjaan pertamamu, kamu punya banyak kesempatan untuk bertanya, membuat kesalahan, dan belajar dari kesalahan itu. Memang bukan gaji besar yang kamu dapatkan, tapi kamu bisa belajar bersikap baik dan melakukan berbagai pekerjaan dengan benar. 

Sembari bekerja, kamu bisa menyusun rencana berapa lama kamu akan bertahan di perusahaan itu. Amati budaya, pekerjaan, dan orang-orang di dalamnya. Apakah cocok denganmu atau tidak. Apakah kamu ingin membangun karier di perusahaan itu atau menjadikan tempat tersebut sebagai pembelajaran dan persiapan untuk mendapatkan pekerjaan yang lebih baik. Jack Ma juga mengatakan, banyak karyawan muda yang berhenti dalam kondisi prematur dan belum banyak belajar. Manfaatkan kesempatan yang ada untuk belajar sebanyak-banyaknya sampai kamu siap untuk pekerjaan dengan tantangan dan tanggung jawab yang lebih tinggi.

kesempatan-untuk-belajar

(Sumber: giphy.com)

Baca juga: 5 Tips Agar Kamu Cepat Beradaptasi di Lingkungan Kerja Baru

2. Bisa jadi spesialis di bidang tertentu

Pekerjaan pertamamu mungkin kurang sesuai atau bahkan bertolak belakang dengan latar belakang pendidikan dan keinginanmu. Tapi coba ambil sisi positifnya. Dari pekerjaan pertama, kamu bisa belajar mendalami keterampilan di bidang tertentu. Nggak cuma itu, kamu juga bisa belajar mendalami bidang industri tempatmu bekerja saat ini.

Misalnya kamu adalah seorang sarjana teknik yang mendapatkan pekerjaan pertama di bidang marketing. Marketing pasti jadi hal yang sangat asing di kepalamu. Mungkin kamu bahkan tidak tahu hal-hal mendasar di bidang tersebut. Tapi setelah mulai bekerja, siapa tahu kamu jadi tertarik dan berminat mendalami bidang itu. Kalau niat, pelan-pelan pasti bisa kok. 

Setelahnya, kamu akan jadi spesialis di bidang marketing dan ketika resign kamu bisa mendapatkan pekerjaan di bidang marketing dengan jabatan atau posisi yang lebih baik dari yang sekarang. Bertahan dan nikmati saja, pekerjaan pertamamu bisa saja menentukan perjalanan kariermu. 

 

3. Kesempatan membangun koneksi

Karena baru bekerja untuk pertama kali, pasti kamu akan bertemu dengan orang-orang baru di tempatmu bekerja. Gunakan kesempatan ini untuk membangun hubungan yang baik dengan orang-orang di kantormu. Selain bisa meningkatkan kerja sama tim yang baik, kamu juga bisa belajar banyak hal dari orang-orang tersebut. Tak hanya itu, punya banyak kenalan di lingkungan profesional juga bisa membuka peluang karier yang lebih baik untukmu.

LinkedIn Opportunity Index 2020 mengungkapkan bahwa 83% orang Indonesia percaya bahwa memiliki koneksi yang tepat dapat mempermudah kemajuan dalam hidup. Untuk itu, jangan ragu untuk membangun hubungan baik dengan rekan kerja dan menjaganya bahkan setelah kamu tidak lagi bekerja disitu. 

membangun-relasi-1

(Sumber: freepik.com)

Itulah beberapa peranan penting pekerjaan pertama untukmu. Kamu adalah orang yang paling tahu apa yang terbaik untuk perjalanan kariermu. Jangan terburu-buru untuk memutuskan resign jika belum banyak pelajaran yang bisa kamu dapatkan dari tempat itu.  Pelajaran dari pekerjaan pertama bisa mendukungmu untuk mendapatkan pekerjaan dan perjalanan karier yang lebih baik. 

Kalau kamu masih bingung bagaimana cara mendapatkan pekerjaan pertama yang tepat, kamu bisa mengikuti bimbingan karier dari Skill Academy. Selain bimbingan karier, kamu juga bisa dapat bonus panduan membuat CV, menulis surat lamaran kerja, menyusun profil LinkedIn, dan menghadapi interview

 

Tingkatkan kualitas dengan ikut kelas di skill academy!

Beri Komentar