5 Tips Agar Kamu Cepat Beradaptasi di Lingkungan Kerja Baru

Devi Lianovanda Jan 12, 2021 • 4 min read


SA_-_Tips_Mudah_Beradaptasi_di_Lingkungan_Kerja_Baru-01

Kamu berhasil mendapatkan pekerjaan baru atau pekerjaan pertamamu? Pastinya senang, dong! Apakah kamu sudah siap memasuki lingkungan kerja yang baru? Memasuki lingkungan kerja baru berarti akan ada teman baru, atasan baru, deskripsi pekerjaan baru, dan juga tantangan baru. Untuk bisa menghadapi itu semua, kamu harus mampu beradaptasi dengan baik. 

Kemampuan beradaptasi penting dalam kesuksesan karier karena kamu mampu menyesuaikan diri dan bertanggung jawab dengan perubahan-perubahan yang mungkin terjadi dalam perusahaan. 

Nah, dalam artikel ini akan ada beberapa tips agar kamu lebih mudah beradaptasi di lingkungan kerja baru. Simak artikelnya ya!

1. Bersikap ramah dan sopan

Kamu perlu bersikap ramah dan sopan kepada semua orang yang ada di kantor. Bersikap ramah dan sopan akan membuat kamu lebih mudah diterima oleh rekan kerjamu yang lain dan membangun hubungan yang baik. Kamu dapat melakukannya dengan cara sederhana seperti tersenyum dan menyapa rekan kerja.

Menjalin hubungan yang baik sesama rekan kerja akan membuat lingkungan kerjamu menjadi lebih menyenangkan. Kamu juga bisa meminta bantuan atau berdiskusi dengan rekan kerjamu ketika kesulitan mengerjakan sesuatu. 

(Sumber: giphy.com)

2. Berani memulai obrolan

Daripada menunggu rekan kerja lain yang mengajak kamu ngobrol, lebih baik jika kamu yang memulai terlebih dahulu. Kamu bisa mulai dengan rekan kerja yang tempat duduknya paling dekat denganmu. Awali obrolan dengan menanyakan seputar pekerjaan dan perusahaan agar kamu lebih paham, selain itu buat percakapan yang mengalir secara alami, hindari membahas hal-hal sensitif dan bersifat negatif. Lakukan interaksi sewajarnya, tak perlu berlebihan dan jangan sampai mengganggu rekan kerja. 

(Sumber: pexels.com)

3. Observasi lingkungan kerja

Lingkungan kerjamu saat ini mungkin berbeda dengan lingkungan kerja sebelumnya.  Atau bagi kamu yang baru pertama bekerja, lingkungan kerja perusahaan mungkin masih asing bagimu. Kamu perlu mempelajari karakter dan budaya perusahaan seperti, karakter rekan kerja, cara serta gaya berkomunikasi, dan alur kerja. Jika ada yang belum kamu ketahui, jangan sungkan untuk bertanya kepada HR, atasan, atau rekan kerjamu agar kamu tidak kebingungan. 

(Sumber: freepik.com)

4. Kenali tujuan perusahaan

Selain berkenalan dengan rekan kerja baru, kamu juga perlu berkenalan dengan tujuan perusahaan baru tempat kamu bekerja. Dengan mengetahui tujuan perusahaan, kamu juga lebih mengetahui apa yang harus kamu kerjakan dan lakukan agar dapat mendukung tujuan tersebut. Jika kinerjamu baik, rekan kerja dan atasan akan mengenali kamu dan memercayai kamu untuk hal-hal baru kedepannya. Ini juga akan berdampak positif bagi kemajuan kariermu. 

(Sumber: pexels.com)

5. Hindari komplain

Saat memasuki suatu lingkungan baru, kamu akan menemukan sesuatu yang kurang cocok denganmu. Meski demikian, pastikan kamu tidak banyak komplain. Hal ini akan menunjukkan bahwa kamu adalah orang yang tidak profesional dan sulit beradaptasi dengan lingkungan kerja baru.

Nikmati dan terima lingkungan kerja baru secara perlahan agar kamu betah dan nyaman. Setiap perusahaan memiliki lingkungan kerja yang berbeda-beda dan sulit untuk menemukan yang cocok denganmu. Kamu yang harus mampu menyesuaikan diri dengan lingkungan perusahaan.

(Sumber: freepik.com)

Untuk mudah beradaptasi di lingkungan yang baru, kamu perlu memiliki kemampuan komunikasi, problem solving, dan berpikir kreatif. Kamu bisa belajar kemampuan tersebut dengan mengikuti kelas dari Skill Academy. Terdapat kelas Tingkatkan Kemampuan Komunikasi untuk Menunjang Karier, Problem Solving: Cara Memecahkan Masalah ala Konsultan, dan Kemampuan  Berpikir Kreatif untuk Kemajuan Kariermu

 

Untuk informasi lebih lengkap seputar Skill Academy dan kelas pelatihan yang ada, klik CTA di bawah ini ya!

   #MUDAHUPGRADESKILL DI SKILL ACADEMY!

Beri Komentar