12 Peluang Pekerjaan di Masa Depan yang Paling Dibutuhkan

peluang pekerjaan di masa depan

 Yuk, lihat daftar peluang pekerjaan di masa depan yang paling dibutuhkan berdasarkan laporan dari World Economic Forum (WEF) berikut ini.

Kira-kira, peluang pekerjaan apa di masa depan yang paling dibutuhkan? Untuk kamu fresh graduate yang baru akan memulai karier, tentunya harus tahu nih peluang kerja apa saja yang paling menjanjikan.

Nggak cuman itu, para profesional yang ingin terus mengembangkan karier juga perlu menambah wawasan mengenai peluang karier lainnya yang lebih dibutuhkan di masa depan.

Nah, Berdasarkan laporan dari World Economic Forum (WEF) yang berjudul “Forecasts Labour Market Evolution in 2020-2025”, berikut adalah beberapa pekerjaan yang paling dibutuhkan di masa depan. Check these out!

1. Data Analysts and Scientists

Berdasarkan data WEF, profesi pertama yang akan dibutuhkan di masa depan adalah data analyst dan data scientist. Data Analyst berperan untuk melakukan pengolahan, analisis, dan memvisualisasikan data yang tersedia agar lebih mudah dipahami. Data analyst bertanggung jawab untuk menjelaskan hasil analisis data kepada perusahaan atau pihak lain yang membutuhkan.

Sementara itu, data scientist bertanggung jawab dalam proses pengolahan data, perencanaan, dan identifikasi data untuk digunakan oleh data analyst. Produk data yang dihasilkan oleh data scientist dibutuhkan oleh perusahaan untuk menentukan langkah ke depan.

Baca Juga: Data Scientist itu Apa sih? Definisi, Gaji, Tugas, dan Kemampuan yang Dibutuhkan

2. AI and Machine Learning Specialist

Profesi AI specialist bertugas untuk menciptakan kecerdasan buatan, juga dikenal sebagai AI, yang memungkinkan sistem komputer meniru cara berpikir manusia. Dengan bantuan kecerdasan buatan, berbagai industri dapat menyelesaikan pekerjaan dengan lebih efisien dan efektif.

Di sisi lain, Machine Learning Specialist adalah profesi yang berfokus pada pemanfaatan perangkat lunak dan keras yang terlibat dalam desain sistem AI. Untuk menjalankan tugasnya, para ahli di bidang ini harus memiliki kemampuan dalam mengembangkan algoritma untuk mengumpulkan dan menganalisis data dalam jumlah besar dan skala yang luas.

3. Big Data Specialists

Big data specialist adalah sebuah proses yang mencakup beberapa bidang yang berkaitan dengan data, seperti data scientist, data engineer, data analyst, data architect, dan database administrator. Profesi ini akan sangat dibutuhkan di masa depan karena skill mengolah data dalam jumlah besar (big data) harus dilakukan oleh seorang profesional.

4. Digital Marketing and Strategy Specialist

Nggak hanya iklan konvensional, sekarang kamu juga bisa membuat iklan melalui internet. Nah, seorang digital marketing bertugas untuk menentukan strategi pemasaran yang efektif dengan mengidentifikasi target pasar dan menciptakan branding perusahaan di platform digital. Seorang digital marketing specialist biasanya bertugas untuk merancang strategi konten untuk promosi di media sosial, website, dan media digital lainnya.

5. Process Automation Specialists

Process Automation Specialist bertanggung jawab untuk menciptakan sistem berbasis teknologi yang berfungsi untuk mempermudah pekerjaan. Dengan terciptanya suatu sistem baru ini, perusahaan bisa menjalankan pekerjaan berulang secara otomatis, sehingga menggantikan pekerjaan manual. Ini akan membuat aktivitas perusahaan menjadi lebih efektif dan efisien, serta meminimalisir terjadinya human error.

6. Business Development Professionals

Semakin banyaknya startup yang bermunculan menjadikan profesi Business Development (BD) kian dibutuhkan. Seorang BD bertugas untuk memonitor perkembangan dan kompetisi pasar yang ada. Selain itu, BD juga bertanggung jawab untuk menciptakan nilai jangka panjang untuk perusahaan melalui pelanggan, pasar, dan relasi bisnis. Nilai jangka panjang atau long-term-value ini terdiri dari uang, image, keuntungan, atau apa saja yang menjadi tujuan utama perusahaan.

Business Development harus mampu memetakan strategi bisnis yang tepat untuk mendorong peningkatan revenue perusahaan, baik itu strategi dalam lingkup Business to Business (B2B), Business to Customer (B2C), Business to Government (B2G), dan sebagainya.

7. Information Security Analysts

Pernah nggak kamu mendengar kasus kebocoran data? Jika peristiwa ini terjadi di suatu perusahaan, maka information security analyst adalah pihak yang harus turun tangan untuk mengatasinya.  

Seorang security analyst bertanggung jawab untuk mengamankan data dan keamanan informasi milik perusahaan. Mereka akan merencanakan, membuat dan menerapkan sistem keamanan terbaik. Selain itu, mereka juga harus menganalisis potensi ancaman yang mungkin dihadapi oleh perusahaan. Nggak heran kan kalau profesi ini akan semakin dibutuhkan di masa depan?

8. Software and Applications Developers

Application dan software developers adalah salah satu profesi di bidang IT yang paling populer. Tapi apa bedanya ya? Application developer adalah profesi yang bertugas untuk membuat dan menguji aplikasi yang didesain khusus untuk perangkat elektronik seperti komputer, smartphone dan tablet.

Sedikit berbeda, software developers adalah profesi yang bertugas untuk membangun dan menciptakan suatu produk digital. Mereka akan membuatnya berdasarkan prinsip desain dan implementasi rekayasa perangkat lunak. Lingkup kerjanya mulai dari membuat rencana, desain, coding, encrypting, hingga testing.

9. Internet of Things Specialists

Internet of Things (IoT) atau internet untuk segala adalah kemampuan internet sebagai jaringan kolektif yang terhubung dengan berbagai teknologi untuk memfasilitasi komunikasi antara perangkat dan cloud, serta antarperangkat itu sendiri. Contohnya, sekarang kamu bisa menghubungkan mesin cuci, lampu, mesin kopi, hingga kulkas ke smartphone kamu.

Seorang specialist di bidang ini akan semakin dibutuhkan karena IoT dibutuhkan untuk berbagai bidang, mulai dari medis, kesehatan, agrikultur, finansial, ritel, hospitality, hingga keamanan.

10. Project Managers

Seperti namanya, seorang project managers adalah orang yang menjadi pemimpin dari sebuah proyek penting. Project managers bertugas untuk merencanakan, mengeksekusi, mengawasi, mengendalikan, dan juga menutup proyek. Posisi ini sangat penting karena mereka yang akan menentukan kesuksesan sebuah proyek yang sedang dikerjakan oleh perusahaan.

11. Robotics Engineers

Mau menjadi pencipta robot? Kamu bisa jadi robotic engineers, lho. Robot sini bukan hanya robot yang mirip manusia seperti di film ya, tetapi juga termasuk peralatan mekanik yang bisa bekerja seperti manusia dengan menggunakan program AI (Artificial Intelligence) atau kecerdasan buatan. Seorang robotic engineers bertugas untuk menciptakan, merawat, dan memperbaiki robot-robot yang bisa membantu meringankan pekerjaan manusia.

12. Risk Management Specialists

Risk management dibutuhkan untuk mencegah perusahaan dari risiko-risiko yang mungkin terjadi seperti pencurian dana, bencana alam, bocornya dokumen penting, kehilangan staf, hingga penurunan pemasukan. Seorang risk management specialist bertugas untuk melakukan proses identifikasi kemungkinan risiko ini. Risk management specialist juga bertanggung jawab untuk menentukan risiko keuangan, keselamatan, dan keamanan untuk perusahaan.

Yup, itulah tadi beberapa peluang pekerjaan di masa depan yang paling dibutuhkan. Kira-kira, ada yang pas untuk kamu? Sebelum terjun ke profesi tersebut, kamu harus mengasah skill sebaik mungkin agar bisa bersaing di dunia kerja. Yuk, asah skill kamu dengan ikut kelas bersama profesional terbaik di Skill Academy.

 

SKill Academy - CTA

 

Referensi:

Forecasts for Labour Market Evolution in 2020-2025 [daring]. Tautan: https://es.weforum.org/reports/the-future-of-jobs-report-2020/in-full/chapter-2-forecasts-for-labour-market-evolution-in-2020-2025/ (Diakses: 22 Februari 2023)

Pekerjaan yang dibutuhkan di masa depan [daring]. Tautan: https://www.uph.edu/en/pekerjaan-yang-dibutuhkan-di-masa-depan/ (Diakses: 22 Februari 2023)

Shabrina Alfari

Content Writer and Content Performance at Ruangguru. Hope my writing finds you well and help you learn a thing or two! :D