Data Scientist itu Apa sih? Definisi, Gaji, dan Kemampuan yang Dibutuhkan

Gulman Azkiya Mar 10, 2021 • 5 min read


apa-itu-Data-Scientist

Artikel ini membahas mengenai data scientist beserta penjelasannya!

--

Beberapa tahun terakhir kamu mungkin sering mendengar mengenai pekerjaan data scientist. Jika dilihat dari namanya, pekerjaan ini tentu saja terkait dengan data. Tetapi, apa itu sebenarnya data scientist? Berikut adalah penjelasannya mulai dari definisi, kemampuan yang dibutuhkan, hingga gaji. 

Definisi Data Scientist

Data Scientist adalah pekerjaan dalam bentuk penggabungan ilmu komputer, statistik, dan matematika yang bertujuan untuk mengumpulkan, menafsirkan, dan menganalisis kumpulan data besar yang terstruktur dan tidak terstruktur. 

Terkadang data scientist juga melakukan eksperimen terhadap data-data yang telah dikumpulkan dengan maksud  membuktikan dan memberikan solusi yang paling tepat untuk perkembangan sebuah usaha atau bisnis. 

Selain itu, pada praktiknya, pengolahan data yang dilakukan oleh data scientist berorientasi kepada kemungkinan yang terjadi di masa depan (predictive analytics) dengan maksud memberikan prediksi mengenai sesuatu berdasarkan data. 

Kemampuan yang dibutuhkan

Bagi kamu yang berniat berkarir di pekerjaan ini, berikut adalah kemampuan yang dibutuhkan sebagai seorang data scientist. 

1. Menganalisis data

Kemampuan menganlisis data ini termasuk salah satu aspek utama ketika bekerja sebagai data scientist. Bukan hanya sekedar menganalisis, kamu juga harus dapat menghasilkan visualisasi data (penyajian data dalam format bergambar atau grafik sehingga mudah dipahami dan dianalisis).

2. Kemampuan Statistik 

Secara sederhana, statistik yang digunakan dalam pekerjaan ini lebih kepada penggunaan sampel dan populasi. Selain itu, data scientist juga menggunakan statistik dasar untuk memberi gambaran pada data yang akan diolah dan dianalisis. Sehingga dapat menghasilkan data yang sesuai dengan perencanaan (dibutuhkan perusaahaan).

Sedangkan pada tahapan yang lebih tinggi, seorang data scientist harus memiliki kemampuan matematika dan statistik lanjutan dan penerapannya pada machine learning. 

SA_-_Data_Scientist-02

3. Kemampuan pemrograman

Salah satu kemampuan utama yang dibutuhkan sebagai data scientist adalah dapat melakukan pemrograman dan menggunakan tools yang membantu dalam menganalisis data. Kamu juga harus memiliki pengetahuan dan pengalaman coding  dengan beberapa bahasa seperti R, Python, dan lainnya. Adapun pemrograman dengan penggunaan bahasa seperti python ini berfungsi untuk memudahkan para data scientist untuk mengatur atau mengorganisir kumpulan data yang tidak terstruktur. 

4. Kemampuan Database dan Query (SQL dan lainnya) dan pengolahan data

Seorang data scientist membutuhkan SQL (Structured Query Language) untuk menangani data terstruktur yang ada pada database sehingga menjadi lebih mudah.

Di samping itu, kamu juga harus dapat melakukan pengumpulan data tidak terstruktur yang ada pada sebuah website. 

5. Pemahaman Bisnis

Selain permasalahan teknis data, kamu juga harus memiliki pemahaman mengenai bisnis. Sering kali seorang data scientist berada dalam diskusi atau rapat bisnis yang ditugaskan untuk mengomunikasikan ide-ide kompleks dan membuat keputusan organisasi (perusahaan) berdasarkan data. 

Misalnya perusahaan membutuhkan data dari minat audience/pelanggan terhadap produk yang dihasilkan perusahaan. Berdasarkan data-data yang telah diolah, seorang data scientist harus dapat mengomunikasikan secara baik mengenai kondisi pelanggan pada saat ini ataupun dimasa depan sehingga membuat perusaahaan dapat menentukan langkah selanjutnya untuk meningkatkan penjualan produk. 

Ikuti kelas: Dasar Progamming untuk Data Science 

 

prospek-Data_Scientist-03

 

Gaji

Walaupun masih tergolong baru dalam dunia pekerjan khususnya bisnis, bedasarkan id.indeed.com rata-rata gaji seorang data scientist adalah 7 juta rupiah per bulan. Sedangkan untuk fresh graduate berada dikisaran 5 juta rupiah.

 

 

Itulah penjelasan singkat mengenai apa itu data scientist mulai dari definisi, kemampuan yang dibutuhkan, hingga gaji. Bagaimana guys, apakah kamu tertarik? Bagi kamu yang berminat memperdalam ilmu mengenai data scientist, kamu bisa langsung mengikuti kelasnya di Skill Academy

 

beli kelas prakerjamu di skill academy

 

Referensi

Glassdoor.com. (2020). What is a Data Scientist?. https://www.glassdoor.com/Job-Descriptions/Data-Scientist.htm [Daring]. (Diakses pada 27 Januari 2021)

Mastersindatascience.org. (2020). What is a Data Scientist. https://www.mastersindatascience.org/careers/data-scientist/ [Daring]. (Diakses pada 1 Maret 2021).

Medium.com. (2019). Statistik Dasar untuk Data Scientist — Part 1. https://medium.com/purwadhikaconnect/statistik-dasar-untuk-data-scientist-part-1-af7ee6999911/ [Daring]. (Diakses pada 1 Maret 2021)

Profile

Gulman Azkiya

Content Writer at Ruangguru | Kepengen punya EP Shoegaze/Ambient sendiri

Beri Komentar