Data Scientist itu Apa sih? Definisi, Gaji, Tugas, dan Kemampuan yang Dibutuhkan

apa-itu-data-scientist

Kalau kamu ingin bekerja menjadi data scientist atau ingin tahu apa itu data scientist, kamu harus baca artikel ini sampai habis.

Dunia bisnis kini makin berkembang. Sejalan dengan hal tersebut, penggunaan data dalam bisnis juga semakin dibutuhkan. Berdasarkan data World Economic Forum, data scientist termasuk 10 pekerjaan yang sangat dibutuhkan pada tahun 2022.  Jika dilihat dari namanya, pekerjaan ini tentu saja terkait dengan data. Profesi data scientist berkaitan erat dengan data science. Apa itu sebenarnya data science? Data science adalah kemampuan untuk melakukan pengolahan data dengan tujuan menciptakan strategi bisnis. Nah, orang yang memiliki kemampuan ini disebut sebagai data scientist. Nah, jika kamu memiliki ketertarikan akan pengolahan data dan berniat menjadi seorang data scientist, berikut penjelasannya.

 

Apa itu data scientist?

Dikutip dari mastersindatascience.org, data scientist adalah pekerjaan dalam bentuk penggabungan ilmu komputer (pemrograman), statistik, dan matematika yang bertujuan untuk mengumpulkan, menafsirkan, dan menganalisis kumpulan data besar yang terstruktur dan tidak terstruktur.

Seorang data scientist biasanya bekerja dalam tim untuk mengumpulkan berbagai data dan informasi. Data tersebut digunakan untuk memprediksi perilaku pelanggan dan mengidentifikasi peluang bisnis yang lebih baru. Pada praktiknya, data scientist juga melakukan eksperimen terhadap data-data yang telah dikumpulkan dengan maksud membuktikan dan memberikan solusi yang paling tepat untuk perkembangan sebuah usaha atau bisnis.

Dalam struktur kerja, seorang data scientist umumnya melakukan laporan kerja kepada pemimpin proyek/departemen, Chief Data Officer, atau kepala analytics dalam tim analisis data yang lebih besar.

Di samping itu berdasarkan indeed.com, rata-rata gaji seorang data scientist bisa mencapai Rp7.000.000,00 hingga Rp8.000.000,00 per bulan. Tingkatan dengan pengalaman yang lebih tinggi, seperti senior atau manajer, bisa memiliki gaji yang lebih dari itu.

 

Tugas dan tanggung jawab data scientist

  1. Mengidentifikasi sumber pengumpulan data untuk kebutuhan bisnis.
  2. Memproses, membersihkan, dan mengintegrasikan data.
  3. Pengumpulan data otomatis dan proses manajemen.
  4. Menganalisis data dalam jumlah besar untuk memperkirakan tren dan memberikan laporan dengan rekomendasi.
  5. Berkolaborasi dengan tim bisnis, teknik, dan produk.
  6. Mengembangkan, mengimplementasikan, dan memelihara database.
  7. Menghasilkan informasi dan wawasan dari kumpulan data dan mengidentifikasi tren dan pola.
  8. Menyiapkan laporan untuk tim eksekutif dan proyek.

 

Baca juga: Mengenal Google Looker Studio, Keunggulan, dan Cara Menggunakan untuk Visualisasi Data

 

Skill yang dibutuhkan untuk menjadi data scientist

Dalam melakukan berbagai aktivitas yang berhubungan dengan pengelolaan data, kamu membutuhkan beberapa kemampuan berikut untuk dapat menjadi seorang data scientist:

1. Menganalisis data

Kemampuan menganalisis data ini termasuk salah satu aspek utama ketika bekerja sebagai data scientist. Tidak sekadar menganalisis, tetapi kamu juga harus dapat menghasilkan visualisasi data (penyajian data dalam format bergambar atau grafik sehingga mudah dipahami dan dianalisis).

 

2. Kemampuan statistik 

Secara sederhana, statistik yang digunakan dalam pekerjaan ini lebih kepada penggunaan sampel dan populasi. Selain itu, data scientist juga menggunakan statistik dasar untuk memberi gambaran pada data yang akan diolah dan dianalisis sehingga dapat menghasilkan data yang sesuai dengan perencanaan (dibutuhkan perusahaan).

Sementara itu, pada tahapan yang lebih tinggi, seorang data scientist harus memiliki kemampuan matematika dan statistik lanjutan dan penerapannya pada machine learning.

Skill-yang-dibutuhkan-untuk-menjadi-data-scientist

 

3. Kemampuan pemrograman

Salah satu kemampuan utama yang dibutuhkan sebagai data scientist adalah dapat melakukan pemrograman dan menggunakan tools yang membantu dalam menganalisis data. Kamu juga harus memiliki pengetahuan dan pengalaman coding dengan beberapa bahasa, seperti R, Python, dan lainnya. Adapun pemrograman dengan penggunaan bahasa seperti python ini berfungsi untuk memudahkan para data scientist untuk mengatur atau mengorganisasi kumpulan data yang tidak terstruktur. Jika kamu ingin mempelajari dasar-dasar pemrograman tersebut, kamu bisa langsung mengikuti kelasnya dengan mengeklik banner di bawah ini. 

[IDN] CTA Blog Kelas Dasar Programming Data Science Skill Academy

 

4. Kemampuan database, query (SQL), dan pengolahan data

Seorang data scientist membutuhkan SQL (structured query language) untuk menangani data terstruktur yang ada pada database sehingga menjadi lebih mudah. Hal  ini juga termasuk pemahaman mengenai SQL commands, seperti

  • Data Query Language
  • Data Manipulation Language
  • Data Definition Language
  • Data Control Language

 

5. Pemahaman Bisnis

Selain pengetahuan akan teknis data, kamu juga harus memiliki pemahaman mengenai bisnis. Seringkali seorang data scientist berada dalam diskusi atau rapat bisnis yang ditugaskan untuk mengomunikasikan ide-ide kompleks dan membuat keputusan organisasi (perusahaan) berdasarkan data.

Misalnya, perusahaan membutuhkan data dari minat audience/pelanggan terhadap produk yang dihasilkan perusahaan. Berdasarkan data-data yang telah diolah, seorang data scientist harus dapat mengomunikasikan secara baik mengenai kondisi pelanggan pada saat ini ataupun di masa depan sehingga membuat perusahaan dapat menentukan langkah selanjutnya untuk meningkatkan penjualan produk.

jenis-industri-untuk-data-scientist

Itulah penjelasan mengenai apa itu data scientist, mulai dari pengertian, gaji, tugas, hingga kemampuan yang dibutuhkan. Bagaimana guys, apakah kamu tertarik? Jika berminat memperdalam skill sebagai data scientist, kamu bisa juga langsung mengikuti kelasnya di Skill Academy. Di Skill Academy kini tersedia berbagai kelas menarik dengan materi yang spesifik dan juga mendalam.

[IDN] CTA Blog Kelas Dasar Programming Data Science Skill Academy

Referensi

Chatterjee, Marina. (2022). Top 9 Job Roles in the World of Data Science for 2022. https://www.mygreatlearning.com/blog/different-data-science-jobs-roles-industry/#5 [Daring] (Diakses 20 Januari 2022)

Doyle, Leslie. (2020). What Does a Data Scientist Do?. https://www.northeastern.edu/graduate/blog/what-does-a-data-scientist-do/  [Daring] (Diakses 20 Januari 2022)

Data-flair.training. (2019). What Role does SQL Play in Data Science – Must have Skill for Data Scientists. https://data-flair.training/blogs/sql-in-data-science/  [Daring] (Diakses 20 Januari 2022)

Glassdoor.com. (2020). What is a Data Scientist?. https://www.glassdoor.com/Job-Descriptions/Data-Scientist.htm [Daring]. (Diakses pada 27 Januari 2021)

Mastersindatascience.org. (2020). What is a Data Scientist. https://www.mastersindatascience.org/careers/data-scientist/ [Daring]. (Diakses pada 1 Maret 2021).

Medium.com. (2019). Statistik Dasar untuk Data Scientist — Part 1. https://medium.com/purwadhikaconnect/statistik-dasar-untuk-data-scientist-part-1-af7ee6999911/ [Daring]. (Diakses pada 1 Maret 2021)

Gulman Azkiya