Apa itu Management Trainee? Pengertian, Tugas, Gaji, dan Keuntungannya

management trainee

Apa, sih program Management Trainee itu, kok banyak peminatnya? Yuk, simak penjelasan lengkapnya!

Management Trainee (MT) menjadi salah satu pilihan karier yang banyak diincar oleh jobseeker, terutama fresh graduate. Nama dari program ini enggak hanya Management Trainee. Di beberapa perusahaan, namanya bisa saja berbeda. Ada yang menyebutnya dengan Graduate Trainee Program (GTP), Management Development Program (MDP), Graduate Management Associate Program (GMAP), dan lainnya.

Di program ini, kandidat yang lolos akan melalui training atau pelatihan untuk menjadi pemimpin masa depan di perusahaan tersebut. Penasaran dan mau tahu lebih lanjut? Yuk, simak penjelasan berikut ini!

 

Apa itu Management Trainee?

Management Trainee adalah salah satu program perekrutan karyawan baru. Di program ini, kandidat yang lolos akan mendapatkan pelatihan dan pengetahuan tentang unit bisnis dan profil perusahaan. Tujuan dari program ini adalah untuk melatih dan mempersiapkan karyawan baru yang memiliki kualitas untuk ditempatkan di level manajerial perusahaan. Durasi pelatihannya tergantung kebijakan setiap perusahaan, bisa 1 tahun atau 2 tahun.

Pelatihan dan pengetahuan yang diberikan berkaitan dengan semua proses operasional perusahaan, seperti pengendalian bisnis, keterampilan perencanaan, manajemen risiko, perencanaan, dan manajerial. Dalam pelatihan ini, kamu akan diawasi dan dievaluasi oleh supervisor atau manager.

Selain pelatihan teori, kamu juga akan mendapatkan on the job training atau praktik kerja langsung dengan mengikuti kegiatan perusahaan sehari-hari. Kamu bisa belajar dengan sesama trainee atau dengan senior di perusahaan tersebut.

Contoh program Management Trainee di berbagai perusahaan adalah sebagai berikut:

  • Management Trainee STAR Nestle;
  • Management Associate Program Ruangguru;
  • Management Trainee Paragon dan Paragon Leader Development Program;
  • Unilever Future Leaders Programmel
  • Officer Development Program (biasanya di perusahaan perbankan);
  • Global Leaders Program Shopee; dan
  • Great People Trainee Program (GPTP) Telkom Indonesia;

Proses atau tahapan rekrutmen Management Trainee di setiap perusahaan bisa berbeda-beda. Misalnya, pada Management Associate Program Ruangguru, tahapannya adalah mengisi form aplikasi onlineinterview HR secara online – aptitude test – virtual super challenge dayoffering.

Di perusahaan lain, bisa jadi berbeda. Mungkin ada yang psikotesnya sampai 2 tahap, ada FGD, ada MCU, dan tes lainnya.

 

Ikuti kelas: Bedah CV untuk Sekolah ke Luar Negeri, Beasiswa, dan Lamaran Kerja

 

Tugas Management Trainee ngapain aja?

Dilansir dari Workable, berikut ini merupakan beberapa tugas Management Trainee.

  1. Memahami bagaimana sebuah perusahaan beroperasi.
  2. Mendukung manager dalam berbagai tugas (misalnya, membuat kebijakan baru, penetapan tujuan).
  3. Memahami proses kerja dan pencapaian tujuan setiap departemen atau divisi.
  4. Memberikan dukungan administratif, misalnya entri data.
  5. Berpartisipasi dalam proses perencanaan strategi perusahaan.
  6. Membantu manager mengevaluasi pekerjaan (misalnya membuat laporan atau menganalisis data).
  7. Membuat dan melakukan presentasi.
  8. Menemukan cara untuk meningkatkan profit perusahaan dan menurunkan risiko.

 

Gaji Management Trainee

Berapa gaji seorang Management Trainee? Dilansir dari survei gaji HRD Bacot tahun 2021, rata-rata gaji Management Trainee adalah Rp9.369.444,00 dengan gaji minimum Rp6.300.000,00 dan gaji maksimum Rp11.625.000,00.

Angka ini bisa jadi berbeda, ya, di lapangan karena tergantung kebijakan setiap perusahaan dan UMP atau UMK tiap-tiap daerah. Untuk fresh graduate, angka tersebut terbilang lumayan besar karena tanggung jawab yang harus diselesaikan juga lumayan berat.

 

Baca juga: Mengenal Focus Group Discussion dan 7 Tips Sukses Menghadapinya

 

Keuntungan Program Management Trainee apa saja?

Selain belajar sekaligus digaji, apa saja keuntungan mengikuti program Management Trainee (MT) ini? Berikut penjelasannya!

1. Meningkatkan hard skill dan soft skill

Saat menjalani program Management Trainee, kamu akan belajar banyak banget tentang perusahaan yang bisa mengasah hard skill dan soft skill. Misalnya, kamu akan belajar cara berkomunikasi dengan rekan kerja, manajemen waktu, berpikir kritis dan kreatif, negosiasi, presentasi, dan lainnya.

Nggak hanya itu, hard skill kamu juga akan terasah karena kamu nggak cuma belajar teori, tapi ada praktiknya juga. Kamu bisa mempelajari tools yang digunakan di bidang tertentu atau mempelajari technical skill lainnya, seperti Microsoft Office, copywriting, bahasa asing, SEO/SEM, dan skill yang lain.

 

2. Melatih skill kepemimpinan

Management Trainee adalah program pelatihan untuk menjadi future leader di perusahaan. Oleh karena itu, kamu akan belajar banyak hal tentang kepemimpinan atau cara menjadi pemimpin yang baik. Contohnya, keterampilan berkomunikasi, mendengarkan, delegasi, kerja sama tim, motivasi, memecahkan masalah, dan mengambil keputusan. Kamu bisa belajar dari aktivitas pelatihan sehari-hari atau dengan mengamati senior atau pemimpin di perusahaan tersebut.

 

Ikuti kelas: Kepemimpinan Efektif dan Sukses Mengelola Tim

 

3. Bisa bekerja sesuai minat dan bakat

Beberapa perusahaan ada yang menjalankan program Management Trainee secara umum. Jadi, peserta tidak hanya belajar tentang satu hal, tetapi banyak hal. Kamu dapat bekerja secara langsung ke divisi dan pekerjaan yang berbeda-beda. Ini adalah kesempatan baik untuk bisa belajar sebanyak-banyaknya sambil menemukan pekerjaan yang paling kamu sukai atau kuasai.

keuntungan management trainee

Biasanya, supervisor, mentor, atau manager yang mengawasi kamu juga dapat mengetahui kemampuan terbaikmu ada di pekerjaan atau posisi yang mana. Senang, ‘kan, bisa belajar banyak hal lalu mendalami yang paling sesuai sama diri sendiri?

 

4. Memperluas networking dengan profesional

Untuk bisa lolos program Management Trainee, kamu harus melewati proses yang panjang dan bersaing dengan banyak peserta lainnya. Ketika kamu berhasil lolos, berarti kamu termasuk yang terbaik. Di program ini, kamu bisa membangun relasi dengan sesama trainee lainnya yang juga merupakan kandidat terbaik.

Nggak hanya itu, kamu juga bisa bertemu dengan senior di kantor, manager, supervisor, dan orang lain dari divisi yang berbeda. Ini kesempatan yang bagus banget buat kamu untuk belajar dari banyak orang, dari latar belakang yang berbeda, dan dari posisi yang berbeda. Membangun relasi baik bisa menguntungkan kamu di masa depan. Misalnya, kamu bisa mendapat bantuan atau dukungan pekerjaan, mengerjakan project bersama, atau membangun bisnis bersama.

 

Ikuti kelas: Sukses Interview atau Wawancara Kerja

 

5. Jenjang karier yang pasti

Salah satu keuntungan yang membuat program Management Trainee jadi primadona buat jobseeker adalah jenjang karier yang jelas. Kalau kamu berhasil menyelesaikan program ini dengan baik, kamu bisa dipromosikan untuk mengisi posisi penting di perusahaan.

Itu dia pembahasan tentang Management Trainee (MT). Meskipun proses rekrutmen MT sangat panjang, semua itu akan terbayarkan kalau kamu berhasil menyelesaikan programnya dengan baik. Selain itu, pesaing untuk menjadi MT juga terbilang ketat, kamu akan bersaing lulusan universitas luar negeri juga.

Tapi tenang, kamu dapat mempersiapkan diri mengikuti program ini dengan banyak belajar. Skill Academy punya beragam pilihan kelas untuk persiapan mencari kerja bahkan ada kelas khusus bimbingan karier. Untuk kepoin lebih lanjut, langsung aja ke skillacademy.com, atau klik banner di bawah ini. Selamat belajar!

SKill Academy - CTA

Referensi:

Graduan. 2017. ‘Benefit of Being an MT’ [daring]. Tautan: https://graduan.com/benefits-of-being-an-mt-copy

Workable. ‘Management Trainee Job Description’ [daring]. Tautan: https://resources.workable.com/management-trainee-job-description#

Indeed. 2021. ‘What Is a Management Trainee?’ [daring]. Tautan: https://www.indeed.com/career-advice/finding-a-job/what-is-management-trainee

Musa, D. 2021. ‘What is a Management Trainee? (Roles of Management Trainees and How to Become One)’ [daring]. Tautan: https://mgtblog.com/what-is-management-trainee/ (Diakses pada: 3-4 Januari 2022)

Artikel ini diperbarui Desember 2023.

Devi Lianovanda