3 Keuntungan Management Trainee yang Selalu Jadi Incaran Fresh Graduate

Devi Lianovanda Jan 4, 2021 • 2 min read


management-trainee

Artikel ini membahas 3 keuntungan menjadi Management Trainee bagi fresh graduate. 

--

Management Trainee (MT) menjadi salah satu pilihan karier yang banyak diincar oleh jobseeker terutama fresh graduate. Dalam program MT, perusahaan memberikan pelatihan kepada kandidat yang berhasil lolos seleksi untuk belajar pada tiap divisi atau departemen kemudian dievaluasi oleh manajer atau senior manajer.

Tujuan program ini adalah untuk melatih dan mempersiapkan calon manajer masa depan untuk perusahaan tersebut. Karena hal itulah program MT menjadi primadona yang diincar oleh fresh graduate. Selain itu, berikut merupakan beberapa keuntungan lain menjadi Management Trainee, simak ya!

1. Belajar dan digaji

Selama menjadi MT, Kamu akan banyak belajar mengenai beberapa divisi dalam perusahaan. Kamu akan dibimbing oleh mentor yang berpengalaman. Karena disiapkan sebagai future leader, maka kamu juga akan belajar banyak hal mengenai kepemimpinan, cara berpikir kritis dan kreatif, bekerja di bawah tekanan, teamwork, dan cara mengajarkan serta mengarahkan orang lain

Menariknya, Kamu belajar dan juga digaji oleh perusahaan. Kamu juga dapat menerima beberapa fasilitas yang ditawarkan oleh perusahaan seperti tempat tinggal, konsumsi, transportasi, dan fasilitas lainnya. Menyenangkan bukan belajar sekaligus digaji? Selain ilmu, dompet mu juga akan semakin berisi. 

belajar-dan-digaji

(Sumber: freepik.com)

2. Jenjang karier cepat dan jelas

Meskipun melalui proses rekrutmen yang sulit dan panjang, setelah kamu berhasil lolos menjadi MT maka jenjang kariermu akan lebih jelas dan cepat jika dibandingkan jalur rekrutmen lainnya. Karena program ini dilakukan untuk mempersiapkan manajer masa depan, kamu bisa menjadi manajer dalam waktu yang lebih cepat. Umumnya, untuk mencapai jenjang manajer diperlukan waktu lebih dari 5 tahun, namun melalui program MT kamu bisa menjadi manajer dalam kurun waktu kurang dari 5 tahun

 

3. Memperluas networking

Management Trainee menerapkan sistem rotasi yang akan membuat kamu belajar tidak hanya dalam satu divisi melainkan berpindah-pindah. Karena inilah, kamu akan memiliki banyak rekan kerja dari divisi yang berbeda-beda. Kamu dapat memanfaatkan kesempatan ini untuk membangun relasi yang baik dengan mentor perusahaan. Dari sini, kamu bisa belajar banyak hal dari orang lain dengan keahlian yang berbeda-beda. Memiliki hubungan yang baik akan memudahkan kamu jika memerlukan bantuan saat menyelesaikan pekerjaan. 

membangun-relasi

(Sumber: pexels.com)

Sesuai dengan keuntungan yang diberikan dan jenjang karier yang menjanjikan, untuk lolos menjadi MT tidaklah mudah. Kamu harus melalui proses rekrutmen yang sulit dan panjang, bersaing dengan banyak kandidat berkualitas baik lulusan dalam maupun luar negeri. Untuk itu, jika kamu ingin mengikuti program ini, kamu harus mempersiapkan diri sebaik mungkin dan memenuhi kualifikasi yang diminta. 

Kamu dapat meningkatkan berbagai keterampilan baik soft skill maupun technical skill dengan mengikuti kelas pelatihan dari Skill Academy. Kamu juga akan mendapatkan sertifikat untuk membuktikan keterampilan yang Kamu miliki.

 

Tingkatkan kualitas dengan ikut kelas di skill academy!

Profile

Devi Lianovanda

Satu individu dari 7,9 miliar manusia di bumi. Terima kasih sudah baca sampai sini :)

Beri Komentar