Info Seleksi Pendaftaran CPNS 2024: 7 Instansi Sudah Umumkan Formasi!

pendaftaran CPNS 2024

Ingin tahu lebih banyak tentang info seleksi pendaftaran CPNS 2024? Simak jadwal seleksi pendaftaran, formasi, dan juga persyaratannya.


Seleksi CPNS 2024 segera dibuka! Kamu yang berminat melamar sebagai ASN, baik CPNS maupun PPPK, tentunya penasaran dengan rincian formasi CPNS dan PPPK 2024 ini, ‘kan?

Ada banyak manfaat yang didapatkan oleh pegawai negeri sipil di Indonesia, di antaranya adalah keamanan bekerja, pendapatan yang stabil, jenjang karier yang jelas, dana pensiun, dan berbagai fasilitas lainnya. Keuntungan-keuntungan tersebut membuat PNS menjadi pilihan karier yang diminati oleh banyak orang Indonesia.

Kalau kamu adalah salah satu orang yang menunggu kesempatan menjadi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN), ada kabar baik, nih. Pemerintah Indonesia akan membuka penerimaan CPNS tahun 2024 dengan menawarkan lebih banyak formasi CASN daripada tahun sebelumnya. Hal ini disebabkan oleh kebutuhan pemerintah akan tenaga kerja berkualitas yang semakin meningkat serta harapan untuk mengurangi tingkat pengangguran di negara ini.

Berikut info tentang kapan seleksi pendaftaran CPNS 2024 dibuka, persyaratan, dan formasinya. Sudah ada tujuh instansi yang mengumumkan formasi, lho!

 

Kapan Jadwal Pendaftaran CPNS 2024?

Seleksi pendaftaran CPNS 2024 akan dibuka mulai pada bulan April 2024 untuk seleksi administrasi Sekolah Kedinasan. Informasi tersebut disampaikan oleh Plt. Kepala BKN Republik Indonesia, Haryomo Dwi Putranto, mengenai proses seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2024.

Setelah pembukaan pendaftaran seleksi administrasi Sekolak Kedinasan, seleksi CPNS juga akan membuka formasi umum pada bulan Juni dan Agustus 2024. Tentunya ini yang ditunggu oleh masyarakat yang ingin berkarier menjadi ASN di Indonesia.

Untuk menghindari simpang-siurnya kabar di luar sana, Kepala Biro Humas Hukum dan Kerja Sama BKN, Satrya Pratama menyatakan bahwa pengumuman resmi CPNS 2024 hanya akan dikeluarkan oleh situs dan media sosial BKN yang resmi dan terverifikasi.

Selain itu, link pendaftaran resmi CPNS 2024 hanya bisa diakses dengan login ke laman berikut ini: sscasn.bkn.go.id.

Baca juga: Latihan soal dan pembahasan Tryout CPNS 2024

 

Instansi yang Sudah Mengumumkan Formasi CPNS 2024

1. Kementerian Sosial

Kemenpan-RB telah menyetujui sebanyak 40.839 formasi pada CASN 2024 akan dibuka untuk Kementerian Sosial (Kemensos). Formasi tersebut terdiri dari 266 untuk CPNS dan dan 40.573 untuk PPPK.

Selain itu, sebanyak 125 CPNS akan diisi oleh tenaga teknis dan 141 lainnya akan diisi oleh tenaga kesehatan. Sementara itu, 40.508 formasi PPPK akan ditempati oleh tenaga teknis dan 65 formasi lainnya akan ditempati oleh tenaga kesehatan.

 

2. Kementerian Perhubungan

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akan membuka 18.017 formasi CASN 2024 yang telah disetujui oleh Kemenpan-RB. Formasi yang akan diberikan oleh Kemenhub terdiri dari 1.391 CPNS dan 16.626 PPPK. Rinciannya, 1.385 CPNS akan menjadi tenaga teknis, sementara 6 CPNS akan menjadi tenaga kesehatan. Sementara itu, ada 16.543 formasi PPPK bagi tenaga teknis dan 83 PPPK untuk tenaga kesehatan.

 

3. Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (KemenPUPR)

Kemenpan-RB telah menyetujui 26.319 formasi CASN 2024 untuk Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Rincian lowongan CPNS KemenPUPR terdiri dari 6.385 CPNS tenaga teknis dan 3 CPNS tenaga kesehatan.

Sementara itu, sebanyak 19.931 tenaga teknis untuk PPPK akan menjadi bagian dari formasi CASN Kementerian PUPR. Pemenuhan sumber daya manusia (SDM) di Kementerian PUPR juga sejalan dengan salah satu arah kebijakan pengadaan CASN Tahun 2024 yang mendukung efektivitas kerja IKN.

 

4. Badan Pengawas Pemilu

Kemenpan-RB telah menyetujui 18.557 formasi CPNS dan PPPK di Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu). Diketahui bahwa Bawaslu akan membuka 18.557 formasi yang terdiri dari 1.984 CPNS dan 16.573 PPPK. Rekrutmen tersebut akan memberi kesempatan kepada honorer atau tenaga non-ASN di lingkungan Bawaslu untuk diangkat menjadi PNS tau PPPK.

 

5. Kementerian Kesehatan

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) akan membuka 23.200 formasi CASN 2024 yang berutujuan untuk meratakan pelayanan kesehatan di Indonesia. Formasi itu terdiri atas 8.607 CPNS dan 14.593 PPPK yang akan disebar di sejumlah kementerian atau lembaga dan pemerintah daerah.

Kementerian PANRB juga akan memperhatikan pengadaan ASN Kemenkes yang akan ditempatkan di Ibu Kota Nusantara (IKN). Harapannya, talenta-talenta baru atau talenta digital yang ditempatkan di IKN mampu mengembangkan pelayanan kesehatan di IKN dengan cepat.

 

6. Kementerian Agama

Kementerian Agama (Kemenag) menjadi lembaga yang membuka formasi CPNS terbanyak sepanjang sejarah. Sebanyak 110.553 CASN akan ditempatkan di lingkungan Kemenag dengan rincian 20.772 CPNS dan 89.781 PPPK. Selain itu, ada juga beberapa formasi yang akan ditempatkan di IKN.

 

7. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek)

Kementerian PAN-RB menyerahkan izin formasi sebanyak 40.541 calon ASN di lingkungan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek). Formasi tersebut terdiri atas 15.462 CPNS dan 25.079 PPPK yang akan ditempatkan di pemerintah pusat dan pemerintah daerah (pemda). Selain itu, Kemendikbudristek juga akan melakukan pemenuhan kebutuhan SDM di lingkungan perguruan tinggi, termasuk para dosen.

 

Berapa Kuota Penerimaan dan Formasi CPNS 2024?

Pada seleksi CPSN 2024 ini akan dibuka formasi sebanyak 2,3 juta dengan rincian sebagai berikut:

Formasi Instansi Pusat

Untuk instansi pusat, akan disediakan formasi sebanyak 429.183 yang terdiri atas 207.247 formasi CPNS dan 221.936 formasi PPPK. Formasi untuk instansi pusat jauh lebih sedikit daripada formasi untuk di daerah karena kebutuhan untuk CPNS di daerah memang lebih banyak daripada kebutuhan di pusat.

 

Formasi Instansi Daerah

Untuk alokasi formasi instansi daerah, akan disediakan sebanyak 1.867.333 yang terdiri atas 483.575 formasi CPNS419.146 formasi formasi PPPK guru417.196 formasi PPPK tenaga kesehatan, dan 547.416 formasi PPPK tenaga teknis.

Selain di instansi pusat dan daerah, pemerintah juga mengalokasikan formasi CPNS 2024 untuk sekolah kedinasan sebanyak 6.027 formasi.

Kabar gembira bagi para fresh graduate! Pada penerimaan CPNS tahun 2024 ini, pemerintah menyediakan 690.822 formasi CPNS untuk fresh graduate. Buat kamu yang baru lulus kuliah dan belum punya pengalaman bekerja, yuk, persiapkan diri untuk mengikuti seleksi CPNS 2024!

Selain perihal periode pendaftaran dan formasi, pemerintah juga memberikan informasi lain berupa seleksi ASN yang akan dilakukan dengan menggunakan computer assisted test (CAT) secara nasional dengan memanfaatkan teknologi digital. Ini disinyalir akan menjadi lebih transparan dan akuntabel.

Seleksi kompetensi yang dilaksanakan pun akan berbasis online, termasuk penggunaan teknologi pengenalan wajah untuk menekan potensi kecurangan. Nilai seleksi juga akan ditampilkan secara real time yang bisa diakses oleh masyarakat, termasuk skor dari tiap peserta yang juga disiarkan melalui channel YouTube BKN.

 

Apa Saja Syarat Pendaftaran CPNS 2024?

Berikut adalah beberapa persyaratan untuk mendaftarkan diri sebagai CPNS 2024.

Persyaratan Umum

Dalam mengikuti seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2024, terdapat beberapa syarat umum yang perlu dipenuhi.

  1. Pertama, peserta harus menjadi Warga Negara Indonesia yang sah.
  2. Berusia minimal 18 tahun dan maksimal 35 tahun.
  3. Minimal lulusan SMA, SMK, dan yang sederajat.
  4. Belum pernah berkedudukan sebagai Calon Pegawai Negeri atau Pegawai Negeri.
  5. Para pelamar tidak boleh pernah dihukum penjara atau kurungan berdasarkan putusan pengadilan yang telah memiliki kekuatan hukum tetap karena melakukan tindak pidana kejahatan.
  6. Calon juga tidak boleh mengalami ketergantungan terhadap narkotika atau substansi sejenis lainnya yang mempunyai kekuatan hukum tetap.
  7. Calon sebelumnya tidak pernah diberhentikan dengan dengan hormat, tidak atas permintaan sendiri, atau juga secara tidak hormat, sebagai CPNS/PNS, anggota TNI/POLRI, pegawai BUMN/BUMD, atau pegawai swasta.
  8. Peserta diharapkan bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.
  9. Peserta, baik pria ataupun wanita, tidak boleh memiliki tato atau bekas tato, tindikan atau bekas tindikan, di bagian tubuh manapun – kecuali jika disebabkan oleh ketentuan adat dan agama. Ada pengecualian lain untuk wanita, yaitu boleh memiliki tindikan atau bekas tindikan di telinga.

Baca juga: Mau Lolos Tes CPNS? Simak 8 Tips Berikut Ini!

 

Persyaratan Dokumen

Adapun persyaratan dokumen yang harus disertakan dalam pendaftaran meliputi:

  1. Kartu Keluarga (KK).
  2. Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau surat keterangan dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil.
  3. Ijazah dan transkrip nilai.
  4. Pas foto dengan latar belakang merah.
  5. Selain itu, dokumen lain yang diperlukan akan disesuaikan dengan persyaratan instansi pemerintah yang akan dilamar.

Selain itu, dibutuhkan juga Nomor Kartu Keluarga, Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang biasanya tercantum di KK atau KTP, nomor HP, dan email aktif. Lengkapi semua persyaratan yang dibutuhkan sebelum mencoba melamar.

Ada baiknya untuk memperiapkan juga SKCK (Surat Keterangan Catatan Kepolisian). Meskipun SKCK tidak diperlukan untuk pendaftaran seleksi CPNS, namun nantinya SKCK akan digunakan dalam proses pemberkasan NIP.

Mereka yang sudah memenuhi kualifikasi yang diminta tersebut dapat mengikuti proses rekrutmen calon CPNS dan mendaftar melalui laman resmi Badan Kepegawaian Negara (BKN) dan website setiap instansi terkait. Proses seleksi CPNS 2024 akan meliputi tiga tahap, yaitu seleksi administrasi, Seleksi Kompetensi Dasar, dan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB).

 

Bagaimana Cara Daftar CPNS 2024?

Karena saat ini pemerintah belum membuka rekrutmen CPNS 2024 secara resmi, belum ada proses pendaftaran yang bisa dilakukan. Artikel ini akan di update dengan cara pendaftaran CPNS 2024 jika pemerintah telah menetapkan proses tersebut sudah dibuka.

Untuk keterangan lebih lanjut, simak info terbaru di laman resminya di link ini sscasn.bkn.go.id.

Baca juga: Info CPNS 2024: Pendaftaran Diundur ke Bulan April, Ada Formasi Khusus ke IKN!

 

Ayo Persiapkan Diri Kamu!

Sementara itu, apa yang bisa kamu lakukan?

Selain mempersiapkan segala macam berkas yang dibutuhkan untuk mendaftar CPNS, kamu juga bisa mempersiapkan diri kamu untuk menghadapi proses pendaftarannya agar segalanya bisa lancar dan peluang kamu untuk lolos bisa lebih besar.

Caranya adalah dengan mengikuti Bimbel CASN dari Skill Academy – Solusi Terbaik Lolos CPNS 2024. Kamu akan mendapatkan keunggulan dibandingkan dengan kandidat lain dengan bimbingan instruktur professional berpengalaman, akses ke materi terlengkap untuk persiapan Tes CASN 2024, dan tentu saja pilihan metode belajar yang fleksibel, online dan tatap muka.

Jadi tunggu apa lagi? Persiapkan masa depan kamu hari ini.Cara Mendapatkan Sertifikat Komputer untuk CPNS dan PPPK 2023 - Skill Academy

Atqo