Mau Lolos Tes CPNS 2024? Yuk, Simak 8 Tips Berikut Ini!

Tips Lolos Tes CPNS 2024

Yuk, simak tips dan trik persiapan sebelum tes, saat tes, dan trik mengerjakan soal SKD (TIU, TKP, dan TWK)!

Halo pejuang ASN! Seleksi awal CPNS 2024 rencananya akan dilakukan pada bulan Mei 2024. Jangan terpaku pada tanggal yang masih jauh, ya! Gunakan waktu yang tersedia dengan melakukan persiapan penuh untuk menyongsong tes CPNS 2024. Nah, berikut ini ada beberapa tips untuk lolos tes CPNS 2024 yang bisa kamu persiapkan dari sekarang. Yuk, disimak!

Apa sih penyebab banyak orang gagal seleksi CPNS?

Setidaknya ada empat hal yang disinyalir menjadi alasan banyak orang gagal di tes CPNS. Simak keempat penyebabnya agar kamu bisa mengatasinya, ya!

1. Terburu-buru input berkas online

Dengan antusias yang besar, kamu ingin segera mendaftar seleksi dengan mengumpulkan berkas secara online. Kadang, karena buru-buru, kamu jadi nggak memperhatikan berkas apa saja yang harus di-submit. Setiap instansi punya syarat dan ketentuan masing-masing. Untuk itu, coba lebih tenang dan lakukan pendaftaran secara hati-hati dan perhatikan dokumen yang diminta, ya!

Baca juga: Pendaftaran CPNS 2021 Segera Dibuka, Syarat dan Siapkan Dokumennya

 

2. Tidak mempersiapkan surat keterangan akreditasi

Salah satu syarat yang harus dipenuhi kalau kamu melamar tes CPNS dengan kualifikasi pendidikan D3, S1, S2, atau S3 adalah ijazah dan surat akreditasi perguruan tinggi. Jadi, pastikan kamu menyiapkan berkas yang satu ini, ya! Minimal akreditasi perguruan tinggi ini adalah B.

 

3. Kurang memperhatikan data

Karena terburu-buru mengisi data, kadang kamu lupa untuk mengecek apakah data yang kamu input sudah benar atau belum. Nah, karena pendaftaran CPNS tahun ini masih lama, kamu bisa memilih waktu terbaik untuk mendaftarkan diri biar nggak terburu-buru. Siapkan berkas dan syarat-syaratnya agar saat mengisi data lebih mudah dan cepat.

 

4. Gagal di SKD

Seleksi Kemampuan Dasar (SKD) adalah seleksi awal sebelum tes selanjutnya. SKD ini terdiri dari 3 materi soal, yaitu TKP, TIU, dan TWK. Kurang belajar dan manajemen waktu yang buruk jadi penyebab banyak yang gagal di tes ini. Kunci agar berhasil adalah banyak latihan, belajar manage waktu, dan tahu trik mengerjakan soalnya. Berdasarkan Permenpan RB No. 27 Tahun 2021, waktu pengerjaan SKD adalah 100 menit dan 130 menit bagi penyandang disabilitas.

Baca juga: Contoh Soal SKD CPNS 2021 dan Pembahasannya

 

Tips dan trik CPNS ini ada dua, yakni persiapan sebelum tes yang bisa kamu lakukan mulai sekarang dan tips ketika melakukan tesnya. Kenapa butuh persiapan? Dalam tes CPNS, kamu bersaing dengan jutaan kandidat lainnya dari seluruh Indonesia. Persiapan dilakukan mulai sekarang untuk mengasah kemampuan kamu sebelum akhirnya bertempur menghadapi soal-soal tes CPNS.

 

Persiapan sebelum mengikuti tes

Berikut ini adalah persiapan yang bisa kamu lakukan sebelum mengikuti tes CPNS 2024. Simak satu per satu, ya!

1. Kunjungi website SSCASN BKN

Untuk mendapat informasi terkini seputar info CPNS dan PPPK, kamu harus rajin mengunjungi website sscasn.bkn.go.id. Informasi yang bisa kamu dapatkan di website ini, misalnya, di seleksi CPNS 2024, kamu nggak perlu mengunggah beberapa dokumen seperti ijazah, surat tanda registrasi, dan nomor unik pendidik dan tenaga kependidikan. Selain itu, kini semua informasi terkait seleksi ASN dapat dilihat melalui website SSCASN BKN. Kamu tidak perlu lagi mengunjungi website masing-masing instansi.

 

2. Memilih formasi

Agar peluang lolos semakin besar, kamu harus memilih formasi dengan tepat. Cari tahu informasi seputar formasi CPNS dan PPPK 2024 dari masing-masing instansi. Jangan hanya instansi pusat, tapi juga daerah. Pilih formasi yang jarang dipilih orang lain, tapi harus disesuaikan dengan minat, bakat, kemampuan, dan latar belakang pendidikanmu, ya!

 

3. Pelajari kisi-kisi soal terbaru

Selain rajin update informasi tentang syarat, teknis, dan formasi, update kisi-kisi soal SKD juga penting. Kamu bisa mempelajarinya sesuai dengan yang ada di Permenpan RB No. 27 Tahun 2021. Ada tambahan kisi-kisi di kategori soal TKP, yaitu anti radikalisme.

 

4. Perbanyak latihan soal

Tes CPNS 2024 dibukan untuk banyak formasi yang mencapai 2,3 juta formasi. Dengan demikian, pendaftar yang mengikuti tes CPNS tahun ini tentu akan sangat banyak. Untuk bisa bersaing dan lolos passing grade, kamu harus rajin-rajin mengerjakan latihan soal dan belajar. Selain itu, jangan lupa untuk melakukan simulasi CAT di cat.bkn.go.id/simulasi.

Ikuti kelas: Tryout CPNS Terlengkap – Uji Soal Kemampuan Dasar

 

5. Tahu urutan mengerjakan soal

Soal SKD terdiri dari 3 materi, yaitu Tes Intelegensia Umum (TIU), Tes Karakteristik Pribadi (TKP), dan Tes Wawasan Kebangsaan (TWK). Mengerjakan soal TIU membutuhkan waktu yang cukup lama. Agar tidak membuang waktu, kamu bisa mengerjakan soal SKD dengan meletakkan TIU di tengah. Dimulai dari TKP, TIU, lalu TWK, atau TWK, TIU baru TKP. 

 

Tips ketika melakukan tes CPNS

Berikut adalah tips yang bisa kamu lakukan ketika melakukan tes CPNS

1. Awali dengan doa

Setelah mempersiapkan diri dengan baik, akhirnya kamu tiba di hari-H tes CPNS. Jangan lupa minta doa restu ke orang tua sebelum berangkat ke lokasi ujian agar diberi kelancaran dan kemudahan. Berdoa juga sebelum mulai mengerjakan soal.

 

2. Datang tepat waktu

Untuk menghindari terlambat, kamu bisa datang 90 menit sebelum tes dilakukan. Biar nggak kesiangan, jangan lupa pasang alarm, ya!

 

3. Pilih prioritas kategori soal

Tentukan materi soal mana yang ingin kamu kerjakan duluan. Ingat ya, dalam SKD, kamu harus menyelesaikan 110 soal dalam waktu 100 menit. Jadi, kira-kira satu soal harus selesai dalam waktu 54 detik. Kamu bisa mulai dari materi yang paling kamu kuasai dan jangan terlalu lama menghabiskan waktu di satu soal.

 

4. Jawab dengan konsisten

Saat mengerjakan soal, kamu mungkin ragu-ragu dan berpikir untuk mengganti jawaban. Kalau bisa jangan, ya.  Biasanya, jawaban yang kamu ganti itu malah salah. Selain itu, waktu mengerjakan soalnya juga jadi habis untuk mengganti jawaban.

 

5. Tahu passing grade

Kadang, meskipun sudah belajar dan banyak latihan soal, tetap saja ada soal-soal yang bikin kaget pas tes. Jangan panik, wajar kok kalau nggak bisa mengerjakan 1 atau 2 soal. Kamu bisa mencari tahu passing grade dari masing-masing kategori soal. Jadi bisa memperkirakan minimal soal yang harus terjawab benar. Kalau lebih? Ya bagus, dong.

Kamu bisa belajar menghitung passing grade SKD CPNS 2021 di sini.

 

6. Tips mengerjakan soal TKP 

Ketika mengerjakan soal TKP, baca pertanyaan terlebih dahulu, baru kemudian pernyataan. Cari kata kunci dari pernyataan dan hubungkan dengan opsi jawaban yang ada. Tes Karakteristik Pribadi (TKP) menguji seberapa bisa kamu mengendalikan diri. Untuk itu, jadilah pribadi yang disiplin, jujur, gigih, dan pandai mengelola emosi. 

 

7. Tips mengerjakan soal TWK 

Di soal TWK, kamu akan bertemu banyak pertanyaan seputar Pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika, sejarah Indonesia, dan bahasa. Kunci mengerjakan soal TWK adalah hafal dan paham tentang wawasan kebangsaan ini.

 

8. Tips mengerjakan soal TIU

Ada 3 kemampuan yang harus dikuasai untuk mengerjakan soal TIU, yaitu kemampuan verbal, numerik, dan figural. Tips agar lancar mengerjakan soal ini adalah banyak latihan mengerjakan beragam soal TIU. Karena semakin banyak latihan soal, maka akan semakin banyak rumus-rumus yang kamu dapatkan dan kuasai.

Setelah SKD, ada Seleksi Kompetensi Bidang. Di tes ini, kamu akan diberikan banyak pertanyaan seputar bidang yang akan kamu geluti dan bidang lain seperti soal-soal potensi akademik dan TOEFL.

Itu dia tips dan trik lolos tes CPNS 2024. Jangan lupa rutin cek jadwal dan rajin-rajin latihan soal. Semangat mempersiapkan diri ya! Latihan soal adalah salah satu kunci untuk memperbesar peluang lolos CPNS. Kamu bisa beli kelas latihan soal CPNS dari Skill Academy. Ada banyak pilihan soal tes dan juga pembahasan yang bisa membantu dan memudahkan kamu dalam belajar.

 

Tryout CPNS Skill Academy

Devi Lianovanda