Informasi Umum, Formasi, dan Persyaratan untuk CPNS di Kemenag

Informasi CPNS Kemenag

Kemenag membuka ratusan ribu formasi CPNS dan PPPK tahun 2024 ini. Tertarik mendaftar? Ketahui persyaratan, formasi, tahapan, dan jadwalnya!


Kementerian Agama (Kemenag) RI akan membuka penerimaan CASN tahun ini. Melansir dari laman resminya, alokasi formasi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN), termasuk CPNS dan PPPK, tahun ini adalah yang terbesar sepanjang sejarah Kemenag. Ini disebabkan banyaknya ASN Kemenag yang pensiun, pemekaran wilayah, dan perubahan status sekolah-sekolah menjadi negeri di bawah Kemenag.

Untuk kamu yang tertarik melamar CPNS atau PPPK di Kemenag, ini merupakan kesempatan besar. Yuk, simak informasi lengkap mengenai formasi, persyaratan, dan tahapan seleksi CPNS Kemenag 2024 berikut ini. Pastikan kamu tidak ketinggalan informasi penting, ya!

 

Informasi pendaftaran Kemenag 2024

Kementerian Agama (Kemenag) akan membuka banyak kesempatan baru untuk menjadi CPNS dan PPPK tahun 2024 dengan total formasi mencapai 110.553. Saat ini, belum ada informasi resmi dari Badan Kepegawaian Negara (BKN) maupun Kemenag terkait proses pendaftaran. 

Awalnya, pendaftaran direncanakan akan dilaksanakan secara serempak pada bulan Juni atau Juli 2024, namun belum ada kepastian tanggalnya. Untuk mendapatkan informasi terbaru tentang pembukaan pendaftaran, kamu dapat secara rutin memeriksa situs resmi BKN, Kemenag, atau media sosial keduanya, ya!

Baca juga: Informasi Terbaru PPPK Guru 2024, Formasi dan Syarat Pendaftarannya

 

Formasi CPNS Kemenag 2024

Pada seleksi CASN 2024, Kemenag akan menerima sebanyak 110.553 ASN baru. Ini merupakan jumlah penerimaan terbanyak sepanjang sejarah. Kepala Biro  Kepegawaian Kemenag menjelaskan bahwa dari total 110.553 formasi, sebanyak 20.772 adalah untuk CPNS dan 89.781 untuk PPPK. 

Formasi tersebut mencakup berbagai jabatan, seperti penghulu, penyuluh agama, pengawas jaminan produk halal, talenta digital, penempatan untuk IKN, tenaga pendidik, dan jabatan lain yang berhubungan dengan pelayanan dasar Kementerian Agama.

Untuk tenaga pendidik, mencakup guru madrasah, guru Sekolah Menengah Teologi Kristen, Sekolah Menengah Atas Katolik, dan dosen perguruan tinggi keagamaan negeri. Jumlah formasi tenaga pendidik direncanakan akan mencapai ribuan. Untuk kuota spesifiknya sedang dirincikan oleh Kemenag.

 

Syarat pendaftaran CPNS Kemenag 2024

Untuk saat ini, Kemenag belum mengeluarkan syarat pendaftaran CPNS 2024 secara resmi. Namun, berikut adalah syarat pendaftaran tahun sebelumnya sebagai gambaran dan persiapanmu, simak ya!

  1. Warga Negara Indonesia (WNI).
  2. Usia 18-35 tahun untuk formasi dosen dengan kualifikasi S2.
  3. Usia maksimal 40 tahun untuk formasi dosen dengan kualifikasi  S3. 
  4. Tidak pernah dipidana penjara. 
  5. Tidak pernah diberhentikan dengan hormat bukan atas permintaan sendiri. 
  6. Tidak pernah diberhentikan dengan tidak hormat sebagai PNS, PPPK, TNI, anggota POLRI, ataupun pegawai swasta. 
  7. Tidak sedang berstatus sebagai CPNS, PNS, Calon PPPK, PPPK, TNI, atau anggota POLRI. 
  8. Bukan anggota atau pengurus partai politik. 
  9. Memiliki kualifikasi pendidikan sesuai persyaratan jabatan yang dilamar
  10. Sehat jasmani dan rohani
  11. Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Indonesia atau negara lain yang sudah ditentukan 
  12. Mematuhi seluruh peraturan perundang-undangan di lingkungan Kemenag. 

 

Jadwal pendaftaran CPNS Kemenag 2024

Meskipun jadwal pendaftaran CPNS dan PPPK Kemenag belum diumumkan secara resmi, terdapat 3 periode pendaftaran CASN 2024 sebagai berikut: 

  1. Periode I: Pengumuman dan seleksi administrasi Seleksi CPNS serta Seleksi Kedinasan. 
  2. Periode II: Pengumuman dan seleksi administrasi penerimaan CPNS serta PPPK. 
  3. Periode III: Pengumuman dan seleksi administrasi CPNS dan PPPK. 

Jadwal resmi pendaftaran Kemenag RI 2024 bisa kamu pantau melalui laman resmi BKN, Kemenag RI, dan akun media sosial masing-masing instansi agar tidak ketinggalan informasi penting!

 

Tahapan seleksi CPNS Kemenag 2024

Dalam mengikuti seleksi CPNS Kemenag, berikut beberapa tahapan yang akan kamu lewati:

  1. Pendaftaran Online
  2. Seleksi Administrasi
  3. Seleksi Kompetensi Dasar (SKD)
  4. Seleksi Kompetensi Bidang (SKB)
  5. Pengumuan Kelulusan

Ikuti kelas CASN Kedinasan: CASN Kedinasan – Intensive Offline DKI Jakarta


Nah, demikianlah pembahasan mengenai formasi, syarat pendaftaran, dan tahapan tes seleksi CPNS Kemenag 2024. Semoga informasi ini bermanfaat bagi kamu! Pastikan untuk mengikuti akun resmi instansi yang kamu tuju agar tidak ketinggalan update penting seputar seleksi CPNS 2024.

Saat menunggu pengumuman pendaftaran CPNS Kemenag 2024, persiapkan dokumen administrasi dan latihan soal secara intensif. Kamu bisa belajar sendiri atau mengikuti bimbingan belajar.

Jika kamu mencari bimbingan belajar yang terpercaya untuk CASN, Skill Academy menawarkan program bimbel CASN dengan instruktur berpengalaman, materi yang komprehensif dan berkualitas, latihan soal, serta berbagai metode belajar. Klik di sini untuk informasi lebih lanjut!

Devi Lianovanda