Masih Tidak Lolos? Begini Cara Ikut Prakerja Kembali

Gulman Azkiya Jan 31, 2022 • 4 min read


cara ikut prakerja lagi

Artikel ini membahas mengenai cara mengikuti Kartu Prakerja kembali.

--

Halo! Pendaftaran Kartu Prakerja gelombang baru akan dibuka kembali pada tahun ini. Bagi kamu yang ingin mendaftar, jangan lupa persiapkan diri dengan baik, ya.

"Kalau di gelombang sebelumnya sudah pernah ikut tapi nggak lolos, gimana?"

Tenang, kamu bisa mengikuti lagi program Kartu Prakerja, kok. Berikut adalah cara ikut dan mendaftar ulang Kartu Prakerja. Simak sampai habis, ya!

 

1. Cari tahu penyebab kamu tidak lolos

Berdasarkan informasi dari Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja, peserta yang sudah lolos pada gelombang sebelumnya tidak bisa mendaftar lagi. Hal ini bertujuan agar peserta yang belum mendapatkan Kartu Prakerja bisa memiliki kesempatan untuk mendaftar. Oleh karena itu, kamu harus tahu dulu kenapa kamu gagal pada gelombang sebelumnya.

a. Gagal tahap verifikasi data

Umumnya masalah ini berkaitan dengan persyaratan pendaftaran seperti, usia minimum, status pendidikan, hingga kelengkapan data diri. Jadi, pastikan kembali foto diri dan foto KTP yang kamu gunakan jelas dan tidak terpotong, ya. Kamu juga perlu mengecek kesesuaian NIK di KTP dan KK. Jika ada masalah dengan dokumen tersebut, segera datangi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil untuk konsultasi maslah tersebut.

b. Gagal karena kuota habis

Seperti yang kita tahu, setiap gelombang Kartu Prakerja memiliki jumlah kuota yang berbeda-beda. Kuota tersebut akan terisi secara otomatis ketika peserta berhasil mendaftar dan memilih gelombang. Jadi, kamu harus terus mengikuti informasi pendaftaran Kartu Prakerja, dan ketika pendaftaran sudah dibuka, segera daftarkan diri agar tidak kehabisan kuota.

Sekarang, kamu bisa mengecek alasan kenapa kamu tidak lolos Kartu Prakerja, lho. Caranya: 

1. Login ke akun Prakerja kamu di prakerja.go.id.

2. Di dashboard Prakerja, klik Riwayat Gelombang. Di sini kamu bisa mengetahui informasi terkait gelombang sebelumnya mulai dari tanggal dan alasan gagalnya.

alasan gagal prakerja

Pastikan juga kamu memenuhi syarat dan ketentuan mendaftar Kartu Prakerja, ya. Karena kalau kamu nggak memenuhi syaratnya, itu juga bisa menjadi penyebab kamu tidak lolos Kartu Prakerja.

2. Melakukan pendaftaran ulang Kartu Prakerja

Setelah tahu penyebab kamu gagal di gelombang sebelumnya, selanjutnya, kemu perlu melakukan pendaftaran ulang Kartu Prakerja. Jika ada masalah verifikasi data, maka kamu cukup melakukan pendaftaran dengan cara yang sama seperti sebelumnya. Jangan lupa untuk mengecek dan melengkapi syarat-syarat yang ditentukan ya!

Baca juga: Wajib Tahu! Ini Syarat dan Cara Daftar Kartu Prakerja

3. Login kembali ke prakerja.go.id

Jika penyebab kamu tidak lolos karena kuota penuh, maka kamu hanya perlu login kembali ke akun Prakerja kamu saat pendaftaran gelombang baru dibuka. Lalu, kamu hanya perlu mengikuti seleksi gelombang yang sedang dibuka. Setiap gelombang Prakerja memiliki kuota dan periode pendaftaran yang berbeda-beda, karena itu, ketika pendaftarannya sudah dibuka, langsung daftarkan diri kamu, ya! 

4. Menggunakan surat pernyataan bagi yang gagal tiga kali

Kalau kamu sudah gagal Kartu Prakerja sebanyak 3 (tiga) kali, jangan patah semangat dulu. Kamu masih bisa mendaftar terus di gelombang terbaru yang dibuka dan mengirimkan surat pernyataan gagal ke email kepesertaan@prakerja.go.id. Untuk template surat pernyataannya, kamu bisa klik link di bawah ini:

"Surat Pernyataan Gagal Kartu Prakerja"

---

Selain itu, kamu juga bisa menonton video dibawah ini untuk mengetahui tips agar lolos Kartu Prakerja gelombang berikutnya. 

 

Nah, itu dia pembahasan tentang cara mengikuti prakerja kembali setelah gagal di periode sebelumnya. Selamat mencoba lagi, ya di gelombang terbaru ini, semoga berhasil lolos. Setelah lolos, jangan lupa untuk memilih kelas pelatihan terbaik untuk kembangkan skill kamu. Skill Academy, punya banyak banget pilihan kelas, mulai dari soft skill sampai technical skill, semuanya ada. Kamu juga akan belajar dengan instruktur yang kompeten di bidangnya dan berpengalaman. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, kembangkan kualitas diri bersama Skill Academy!

Kelas Sukses Kerja Skill Academy

Profile

Gulman Azkiya

Content Writer at Ruangguru | Masih dalam tahapan mempelajari SEO dan Digital Marketing

Beri Komentar