Masih Tidak Lolos? Begini Cara Ikut Prakerja Kembali

Gulman Azkiya Jul 30, 2021 • 3 min read


cara-ikut-prakerja-kembali-agar-lolos

Artikel ini membahas mengenai cara mengikuti Kartu Prakerja kembali.

--

Pendaftaran Kartu Prakerja akan dibuka kembali pada tahun ini. Bagi kamu yang ingin mendaftar, persiapkan diri dengan baik. Lalu bagaimana dengan yang ingin mengikuti Kartu Prakerja kembali? Tenang, teruntuk kamu yang gagal atau tidak lolos pada gelombang sebelumnya, berikut adalah cara ikut dan mendaftar ulang Kartu Prakerja.

1. Cari tahu penyebab kamu tidak lolos

Berdasarkan informasi dari Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja, peserta yang sudah lolos pada periode sebelumnya tidak bisa mendaftar. Hal ini bertujuan agar peserta yang belum mendapatkan Kartu Prakerja bisa memiliki kesempatan untuk mendaftar. Oleh karena itu, bagi yang ingin mengikuti Prakerja kembali, penting untuk mengetahui penyebab kamu gagal pada periode sebelumnya.

a. Gagal tahap verifikasi data

Cek kembali, apakah kamu gagal pada saat verifikasi data? Jika iya, maka kamu perlu untuk memastikan kembali data diri yang digunakan pada saat melakukan pendaftaran. Umumnya masalah ini berkaitan dengan persyaratan pendaftaran seperti, usia minimum, status pendidikan, hingga kelengkapan data diri. Jangan sampai lupa juga untuk memastikan foto diri dan foto KTP yang kamu gunakan jelas dan tidak terpotong. Selain itu, perlu juga cek kembali kesesuaian NIK di KTP dengan KK. Jika terjadi masalah pada dokumen tersebut, kamu bisa mendatangi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil untuk mengkonsultasikan masalah tersebut.

b. Gagal karena kuota habis

Penyebab yang satu ini juga merupakan masalah yang cukup sering ditemui oleh peserta Kartu Prakerja. Masalah ini terjadi karena peserta terlambat dalam melakukan pendaftaran sehingga kuota pendaftaran penuh. Perlu diketahui, program Kartu Prakerja memiliki kuota dan biasanya pengisian kuota akan secara otomatis terisi ketika peserta berhasil mendaftar dan memilih batch pada daerah masing-masing. Oleh karena itu, ketika pendaftaran Kartu Prakerja dibuka, segerakanlah untuk mendaftar agar kamu tidak kehabisan kuota.

2. Melakukan pendaftaran ulang Kartu Prakerja.

Setelah kamu mengetahui penyebab kamu gagal pada gelombang sebelumnya, maka langkah selanjutnya melakukan pendaftaran kembali. Jika penyebabnya adalah verifikasi data, maka cukup melakukan pendaftaran dengan cara yang sama dengan sebelumnya. Selain itu, jangan lupa untuk memeriksa dan melengkapi syarat-syarat yang sudah ditentukan, agar kamu dapat lolos.

Baca juga: Wajib Tahu! Ini Syarat dan Cara Daftar Kartu Prakerja

3. Melakukan login kembali ke prakerja.go.id

Jika penyebabnya tidak lolos karena tidak kebagian kuota, maka kamu hanya tinggal melakukan login kembali ke prakerja.go.id pada saat pendaftaran gelombang terbaru telah dibuka. Selanjutnya pada halaman dashboard, kamu akan melihat informasi kuota berdasarkan daerah masing-masing. Untuk melakukan login kembali, kamu dapat menggunakan email dan password yang digunakan pada gelombang sebelumnya.

4. Menggunakan surat pernyataan bagi yang gagal tiga kali

Bagi kamu yang telah gagal untuk mengikuti Kartu Prakerja sebanyak 3 (tiga) kali, jangan patah semangat dulu. Kamu masih bisa mendaftar Kartu Prakerja dengan mengirim surat pernyataan gagal ke email kepesertaan@prakerja.go.id. Untuk surat pernyataannya, kamu dapat mengunggahnya pada link di bawah ini. 

"Surat Pernyataan"

 

Itulah paparan mengenai cara ikut prakerja kembali. Bagi kamu yang ingin menambah kemampuan baru, khususnya untuk menghadapi industri kerja, kini di Skill Academy terdapat Kelas Siap kerja. Pada kelas ini, kamu bisa memilih berbagai macam topik pelatihan mulai dari bisnis, keuangan, hingga pengembangan diri. Ayo semangat untuk upgrade dirimu.

beli kelas prakerjamu di skill academy

Profile

Gulman Azkiya

Content Writer at Ruangguru | Kepengen punya EP Shoegaze/Ambient sendiri

Beri Komentar