Mengenal SEO Writer dan Prospeknya di Dunia Kerja

Mengenal SEO Writer

Apakah kamu ingin berkarier di bidang kepenulisan? Yuk, cari tahu pengertian SEO Writer, prospek kerja, dan tips memulai karier di bidang ini!


SEO semakin populer dan diterapkan di berbagai brand karena banyak perusahaan yang menyadari pentingnya online presence untuk mencapai tujuan pemasaran mereka. Nggak heran makin banyak perusahaan yang membutuhkan SEO Writer. Pekerjaan ini menggabungkan kemampuan menulis dengan pemahaman teknik SEO untuk mengoptimalkan konten di website atau blog sehingga lebih mudah ditemukan di mesin pencari. Jadi, apa sebenarnya SEO Writer itu? Yuk, simak penjelasan mengenai pengertian, prospek, dan tips memulai karier di bidang ini!

 

Apa itu SEO?

Kamu mungkin sudah nggak asing dengan istilah SEO, terutama jika kamu bekerja di bidang digital marketing. Search Engine Optimization atau SEO adalah strategi untuk mengoptimalkan website atau blog agar menempati posisi utama di pencarian Google.

Semakin baik strategi SEO-nya, website atau blog kamu akan semakin mudah mendapatkan ranking di Google. Jadi, saat pembaca mencari kata kunci yang relevan, situs atau artikel blog kamu bisa muncul di urutan paling atas. Oleh karena itu, banyak brand dan perusahaan yang menerapkan SEO untuk meningkatkan ranking website mereka.

Kenapa brand berusaha membuat website atau blog mereka berada di peringkat 1 di mesin pencarian? Hal ini bisa meningkatkan visibilitas brand dan meningkatkan jumlah kunjungan ke situs yang bisa menjadi peluang konversi atau penjualan. Tidak hanya itu, ranking yang baik juga bisa meningkatkan kredibilitas brand. Saat situs atau blogmu muncul di posisi teratas, audiens akan menganggap brand-mu sebagai pilihan yang paling relevan.

Baca juga: SEO Specialist: Gaji, Jenjang Karir dan Skill yang Dibutuhkan

 

Apa itu SEO Writer?

Ada banyak pihak yang terlibat dalam strategi SEO untuk web atau blog, salah satunya adalah SEO Writer. Apa itu? SEO Writer adalah penulis konten yang mengikuti SEO guidelines agar konten yang dihasilkan bisa mendapatkan posisi teratas di halaman pencarian (SERP).

Strategi SEO yang diterapkan oleh SEO Writer di antaranya adalah penentuan kata kunci yang relevan dan dicari oleh audiens, penggunaan kata kunci di elemen penting, seperti meta deskripsi, URL, dan judul, serta pembuatan struktur konten yang terstruktur.

Apa bedanya SEO Writer dengan Content Writer? Sebenarnya, SEO Writer juga termasuk dalam kategori Content Writer. Tugas dan kewajibannya mirip, tapi dengan fokus yang sedikit berbeda. Content Writer berorientasi pada kualitas konten agar menarik, informatif, dan menjawab kebutuhan audiens tanpa mempertimbangkan aspek SEO. Nah, di sisi lain, SEO Writer menulis konten dengan menerapkan teknik SEO mulai dari riset kata kunci, pengoptimalan URL, meta deskripsi, hingga struktur penulisan untuk memastikan konten mendapatkan peringkat tinggi di SERP. Meskipun mengikuti SEO guidelines, SEO Writer nggak mengesampingkan kualitas konten yang mereka tulis.

 

Prospek kerja SEO Writer

SEO Writer bisa bekerja di agensi digital marketing, menjadi bagian tim marketing di perusahaan (in-house), atau sebagai freelancer yang menawarkan layanan penulisan konten SEO untuk berbagai klien. Banyak industri yang membutuhkan SEO Writer untuk membantu mereka meningkatkan visibilitas online, mulai dari pariwisata hingga e-commerce. nggak hanya itu, SEO Writer juga bisa menjadi editor untuk memastikan kualitas dan konsistensi konten SEO.

Beberapa profesi yang berkaitan dengan SEO Writer antara lain: 

  • SEO Content Writer
  • Jurnalis untuk portal berita online
  • Blogger 
  • Freelance Writer
  • Web Content Manager. 

Dengan banyaknya jenis konten yang bisa ditulis dan peran yang bisa diambil, SEO Writer memiliki peluang karir yang beragam di dunia digital saat ini. Gaji yang diperoleh juga bervariasi tergantung posisi, pengalaman kerja, skala perusahaan, dan UMK daerah tempat kamu bekerja. 

Baca juga: Apa Bedanya Content Writer, Copywriter dan UX Writer? Simak Penjelasan Ini!

 

Tips memulai karier sebagai SEO Writer

Jika kamu tertarik untuk memulai karir sebagai SEO Writer, simak beberapa tips berikut ini: 

1. Belajar dasar-dasar SEO

Pertama, mulailah dengan mempelajari dasar-dasar SEO, seperti bagaimana mesin pencari bekerja dan pentingnya kata kunci. Selain itu, pelajari juga cara menggunakan kata kunci di judul, meta deskripsi, dan struktur konten. Ini akan membantu mesin pencari memahami isi kontenmu dan membuatnya lebih mudah ditemukan.

 

2. Mengikuti pelatihan untuk SEO Writer

Selanjutnya, coba daftar pelatihan menulis dan dasar-dasar SEO. Melalui pelatihan, kamu bisa mendapatkan materi tambahan dan memperkaya pengetahuan terkait kepenulisan dan dasar SEO.

 

3. Mempelajari skill yang harus dikuasai SEO Writer

Pelajari keterampilan penting yang harus dikuasai SEO Writer, seperti riset kata kunci, dasar kepenulisan, On-page SEO, serta kemampuan editing & proofreading. Mempelajari ini membantumu menulis konten yang menarik sesuai panduan SEO.

 

4. Latihan menulis & membangun portofolio

Cobalah menulis berbagai jenis artikel, blog, dan konten lainnya untuk mengasah keterampilan menulismu. Selain itu, buatlah portofolio yang menampilkan hasil tulisanmu, termasuk tulisan yang sudah dioptimasi.

Portofolio ini menunjukkan kemampuan dan kualitas kerjamu kepada calon klien atau recruiter, serta membantu kamu mendapatkan pekerjaan atau proyek freelance di bidang SEO.

 

5. Mempelajari tools yang sering digunakan SEO Writer

Selanjutnya, pelajari juga cara menggunakan dan kegunaan tools SEO seperti Google Analytics, Google Search Console, Ubersuggest, Ahrefs, Google Trends dan tools lainnya. Kamu bisa melihat tutorial cara menggunakannya di YouTube atau belajar dari teman.

Ikuti kelas: Merancang Road Map untuk Optimalisasi SEO


Apakah kamu tertarik untuk berkarier sebagai SEO Writer? Tenang, nggak ada kata terlambat untuk belajar dan mencoba. Kamu bisa mengikuti pelatihan menulis dan mempelajari dasar-dasar SEO. Saat ini sudah banyak sumber yang bisa kamu manfaatkan seperti YouTube, Webinar, atau pelatihan online.

Skill Academy juga menyediakan berbagai pelatihan terkait penulisan dan juga SEO. Materi belajarnya komprehensif dan diajar langsung oleh praktisi ahli di bidangnya. Klik banner berikut untuk upgrade skill bareng Skill Academy!

Devi Lianovanda