5 Cara dan Contoh Menolak Tawaran Kerja secara Profesional

cara-menolak-tawaran-kerja

Artikel ini membahas tips dan cara menolak tawaran kerja yang datang kepadamu secara sopan dan profesional.

Tak jarang dunia kerja membuat kita berada di posisi terpaksa untuk memilih. Salah satu contohnya adalah saat menerima tawaran pekerjaan. Hal ini tidak hanya terjadi ketika kamu sedang mencari kerja, tetapi juga saat kamu sudah memiliki pekerjaan.

Kondisi ini tentunya membuat kamu harus dapat membuat keputusan dengan baik yang salah satunya adalah menolak tawaran kerja tersebut. Adapun cara menolak tawaran pekerjaan secara tepat adalah dengan bersikap sopan dan memberi alasan yang jelas. Oleh karena itu, agar dapat melakukan hal ini dengan lebih baik, simak langkah-langkah berikut.

 

Cara menolak tawaran kerja

1. Pastikan dirimu yakin ingin menolak penawaran tersebut

Salah satu masalah utama ketika ingin melakukan penolakan terhadap tawaran kerja adalah posisi kamu yang masih belum yakin 100% untuk menolaknya. Hal ini dapat disebabkan oleh beberapa faktor, mulai dari kesempatan kerja, gaji, hingga potensi karier. Hal-hal seperti ini tak jarang dapat membuat kamu menjadi bimbang. Oleh karena itu, memastikan diri agar yakin sepenuhnya merupakan langkah terbaik agar kamu dapat melakukan penolakan dengan baik. Untuk meyakinkan dirimu, kamu dapat membuat daftar pertanyaan sederhana atau perbandingan jika kamu sedang bekerja pada saat ini. Contohnya adalah sebagai berikut:

  • Apakah pekerjaan ini sesuai dengan rencana karier saya?;
  • Apakah pekerjaan ini dapat memberi pengaruh baik pada perkembangan karier saya?;
  • Apakah nilai-nilai perusahaan tersebut cocok dengan saya?; atau
  • Apakah gaji yang ditawarkan sesuai dengan saya?

Selain membuat daftar tersebut, kamu bisa juga meminta saran dari mentor atau senior yang dekat denganmu. Umumnya mereka telah memiliki pengalaman sehingga saran dari mereka dapat menjadi bahan pertimbangan untukmu.

 

2. Tunjukan penghargaan dengan terima kasih

Yang satu ini mungkin bukan hal yang baru lagi bagi kamu. Namun, menyampaikan ungkapan terima kasih dapat menunjukkan profesionalitasmu. Hal yang perlu kamu ingat adalah bahwa setiap tawaran kerja atau interview memakan waktu dari recruiter tersebut. Mulai dari melakukan pencarian, proses seleksi CV/resume, hingga persiapan untuk tahapan interview sehingga kurang baik ketika kamu menolak tanpa menyampaikan ucapan terima kasih.

Contohnya adalah sebagai berikut:

  • “Terima kasih banyak atas tawaran untuk posisi sebagai Sales Manager di Perusahaan A. Saya sangat menghargai Bapak/Ibu karena telah meluangkan waktu untuk mempertimbangkan saya. Namun, [Alasan Kamu] ….”
  • “Thank you very much for offering me the opportunity to work as a Sales Manager at Company A. However ….”

Baca juga: Daftar Pertanyaan Interview yang Biasa Ditanyakan Perekrut dan Cara Menjawabnya

 

3. Perhatikan etika saat memberikan penolakan

Terkadang, menolak tawaran kerja tidak cukup hanya dengan mengucapkan kata terima kasih. Kamu juga juga memperhatikan sopan santun ketika melakukan penolakan, khususnya pada tawaran kerja. Perhatikan ungkapan terima kasih, cara memaparkan kalimat penolakan, hingga waktu untuk melakukannya. Misalnya adalah menolak tawaran tersebut bukan pada waktu atau karena sesuatu yang tepat, seperti membalas email tawaran pada malam hari atau setelah jam kerja. Selain itu, coba paparkan alasan kamu secara meyakinkan agar kamu terlihat menghargai tawaran yang mereka lakukan.

tips menolak tawaran pekerjaan secara sopan

 

4. Sampaikan alasanmu dengan jelas

Ini merupakan bagian utama dari penolakan yang akan kamu lakukan. Sampaikanlah alasanmu secara jelas. Coba hindari untuk bertele-tele dan ke sampingkan semua perasaan tidak enak yang mengganggumu. Kamu tidak harus menutupi hal yang menjadi penyebab penolakan tersebut. Bahkan, lebih baik kamu jujur apa adanya.

Dikutip dari BetterUp, tidak ada salahnya berbagi informasi mengenai alasanmu dengan perekrut. Contohnya adalah dengan menyatakan bahwa kamu sudah mendapat tawaran dari perusahaan lain dengan gaji, fleksibilitas, dan peluang karier yang lebih baik. Namun, cukup sampai pada penyampaian secara umum tanpa harus menyatakan hal-hal yang lebih detail.

Contohnya adalah sebagai berikut:

  • “Namun, setelah melakukan beberapa pertimbangan, seperti peluang karier dan kesesuaian lokasi tempat tinggal, saya harus menyampaikan bahwa saya telah menerima tawaran sebagai Sales Manager di perusahaan lain.”
  • “After considering my career goals, I could not accept this offer. Because I have accepted a job in another company.”

 

5. Jangan malu mengajukan untuk tetap berhubungan

Ketika kamu menolak tawaran pekerjaan, jangan biarkan hal tersebut hanya berhenti di situ. Jangan malu untuk membangun hubungan baik dengan recruiter yang telah menawarkan sebuah posisi pekerjaan. Misalnya, kamu dapat menjalin hubungan tersebut via LinkedIn. Kita tidak tahu mungkin tawaran tersebut dapat datang lagi di masa depan.

Baca juga: 8 Cara Membatalkan Interview Kerja Secara Profesional dan Contohnya

 

Contoh menolak tawaran kerja melalui email

1. Contoh email penolakan ketika kamu telah menerima pekerjaan di tempat lain

contoh email menolak tawaran kerja

From: [Nama email kamu]

To: hrd@perusahaanA.com

Subject: Tawaran sebagai Posisi [Nama Posisi] di [Nama perusahaan]

 

Yth, HRD [Nama Perusahaan] 

Sebelumnya saya ucapkan terima kasih banyak atas tawaran sebagai [Nama Posisi] di [Nama Perusahaan]. Saya sangat menghargai waktu serta pertimbangan yang telah Bapak/Ibu lakukan.

Namun, setelah melakukan beberapa pertimbangan, seperti peluang karier dan kesesuaian lokasi tempat tinggal, saya harus menyampaikan bahwa saya telah menerima tawaran sebagai [Nama Posisi] di perusahaan lain sehingga saya tidak bisa menerima tawaran ini.

Sekali lagi saya ucapkan terima kasih. Semoga Bapak/Ibu dapat menemukan kandidat yang sesuai dengan segera.

 

Hormat saya,

[Nama Kamu]

 

2. Contoh email penolakan pada saat kamu sudah bekerja

To: hrd@perusahaanA.com

Subject: Penolakan Tawaran Posisi Sales Manager di Perusahaan A

 

Yth. HRD [Nama Perusahaan] 

Terima kasih atas tawaran Bapak/Ibu untuk [Posisi] di [Nama Perusahaan]. Saya sangat menghargai usaha dan pertimbangan Bapak/Ibu atas tawaran ini.

Namun, saya tidak bisa menerima tawaran tersebut. Karena pada saat ini saya sudah bekerja di perusahaan lain dan bertanggung jawab atas posisi saya. Saya harap Bapak/Ibu dapat menemukan kandidat yang Bapak/Ibu cari sesegera mungkin.

 

Hormat saya,

[Nama Kamu]

 

3. Contoh email penolakan tawaran kerja dalam bahasa Inggris

contoh email menolak tawaran kerja bahasa inggris

From: [Nama email kamu]

To: hrd@perusahaanA.com

Subject: Job offer as [Nama posisi] at [Nama perusahaan]

 

Dear Mr. Susanto / HRD Perusahaan A

Thank you very much for offering me the opportunity to work as a [Posisi pekerjaan] at [Nama perusahaan].

However, after careful consideration, I will not accept the position. Because the position offered is not in accordance with my career goals.

Once again, I’d like to express my gratitude for the offer. I hope you can find a suitable candidate for this position.

Sincerely,

Budi Baik

 

budibaiksekali@email.com

080011224433

 

4. Contoh penolakan tawaran kerja nonformal via pesan LinkedIn

Tak jarang, tawaran kerja justru datang dari pesan yang ada di platform pencari kerja. Biasanya para recruiter mengawali dengan mengirimkan pesan berupa tawaran posisi kepada dirimu secara langsung. Pada kasus ini, kamu mungkin akan berhubungan secara lebih personal dengan sang recruiter. Maka dari itu, untuk menolak tawaran tersebut secara profesional, tetapi tetap santai, kamu dapat menggunakan contoh berikut.

Hai [Nama recruiter]

Terima kasih atas tawaran Anda untuk posisi Tim Sales Marketing. Akan tetapi, sekarang saya sudah bekerja di perusahaan lain dan belum memiliki rencana untuk pindah.

Saya sangat menghargai tawaran ini. Saya harap Anda dapat menemukan kandidat yang Anda cari sesegera mungkin.

Salam.

Gimana guys? Semoga nantinya kamu sudah tidak kebingungan lagi dalam menolak tawaran kerja. Jika kamu ingin mengetahui tips dan trik menghadapi proses perekrutan kerja, kamu bisa langsung klik banner di bawah ini atau menuju Skill Academy. Karena di Skill Academy tersedia berbagai kelas yang tentunya dapat bermanfaat bagi perkembangan kariermu.

[IDN] CTA Blog - Kelas Interview Kerja - Skill Academy

Referensi

Doyle, Alison. (2022). How To Decline a Job Offer. https://www.thebalancecareers.com/how-to-decline-a-job-offer-2059772 [Daring] (Diakses 25 Agustus 2022)

Indeed. (2021) How to Decline a Job Offer (With Email Examples). https://www.indeed.com/career-advice/finding-a-job/how-to-decline-a-job-offer-email-examples [Daring] (Diakses 19 April 2022)

Miles, Madeline. (2022). How to (politely) decline a job offer. https://www.betterup.com/blog/how-to-decline-a-job-offer [Daring] (Diakses 18 April 2022)

Gulman Azkiya