Cara Mudah Membuat Google Form dengan Cepat dan Membagikannya

Gulman Azkiya Sep 30, 2022 • 7 min read


cara membuat google form

Artikel ini memaparkan langkah-langkah dalam mebuat google form.

--

Apakah kamu masih kesulitan dalam mengumpulkan data? Seperti survei, formulir untuk pendaftaran, dan yang lain? Atau masih melakukannya secara manual, misalnya melalui kertas? Jika iya, kali ini kita memberikan solusi atas permasalahan tersebut yaitu dengan menggunakan formulir digital. Oleh sebab itu, berikut adalah cara membuat formulir digital menggunakan Google Form. Check it out.

  1. Buka Gmail dan klik ikon Google Apps
  2. Pilih Google Form
  3. Membuat form baru
  4. Tentukan nama dokumen dan nama form beserta deskripsinya
  5. Buat pertanyaan
  6. Tentukan bentuk jawaban
  7. Buat pertanyaan tambahan
  8. Tentukan pertanyaan yang wajib diisi
  9. Jangan lupa preview dan cek form yang telah dibuat

Cara membuat Google Form

1. Buka Gmail dan klik ikon Google Apps

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah membuka halaman Gmail dan mengkilik ikon Google apps atau aplikasi Google yang ada di pojok kanan atas. Selain itu, kamu juga bisa membuka halaman form melalui menu yang sama pada Google Drive. 

Gmail

2. Pilih Google Form

Selanjutnya, dari sekian banyak aplikasi Google yang ada, cari dan pilihlah ikon google form, seperti gambar di bawah.

Google-Form

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan cara lain dengan melakukan pencarian dengan keyword Google Form pada Google Search.

3. Membuat form baru

Setelah kamu memilih Google Form, akan muncul halaman untuk membuat formulir baru yang kamu inginkan. Kemudian klik pilihan blank/kosong.

Form-baru

4. Tentukan nama dokumen dan nama form beserta deskripsinya

Langkah selanjutnya, agar kamu nantinya mudah menemukan formulir yang telah di buat, berikan nama dokumen form yang ada di pojok kanan atas. Kemudian kamu bisa memberi nama/judul formulir beserta deskripsinya pada kolom pertama seperti yang ada pada gambar di bawah.

Nama-form

5. Membuat pertanyaan

Nantinya di bawah judul dan deskripsi, kamu akan melihat kolom pertanyaan. Pada kolom tersebut kamu dapat membuat pertanyaan yang diinginkan.

Pertanyaan-1

Ikuti kelas: Microsoft Office untuk Pekerja (Microsoft Excel, Powerpoint, dan Word)

6. Menentukan bentuk jawaban

Setelah membuat pertanyaan, langkah selanjutnya yaitu menentukan bentuk jawaban yang diinginkan. Bentuk jawaban tersebut, dapat kamu pilih pada kolom yang ada di samping kanan kolom pertanyaan. Pada gambar di bawah bisa kamu lihat, ada beberapa pilihan jawaban. Mulai dari jawaban singkat, panjang, pilihan ganda/opsi, hingga pilihan kotak centang.

Pilihan-bentuk-jawaban

7. Menambah pertanyaan

Untuk menambah pertanyaan, kamu dapat memilih ikon (+) yang ada di samping kolom pertanyaan pertama. Selain itu, untuk bentuk jawaban seperti pilihan ganda/opsi, kamu dapat menambahnya dengan memilih tambahkan opsi.

Pertanyaan-2

Di samping itu, kamu juga memasukkan berbagai macam media, seperti gambar dan video, dengan memilih ikon yang ada di bawah tanda (+).

8. Menentukan pertanyaan yang wajib diisi

Selain itu, jika menginginkan pertanyaanmu wajib dijawab, kamu bisa mengaktifkan tombol Wajib diisi/Required pada pojok kanan bawah di setiap pertanyaan. Sehingga orang yang mengisi formulir tidak bisa lanjut ke halaman berikutnya jika tidak menjawab pertanyaan tersebut. 

Wajib-diisi

 

9. Melakukan preview terhadap form yang telah dibuat

Setelah memasukkan semua poin pertanyaan, kamu dapat melakukan pratinjau terhadap formulir yang telah dibuat. Adapun caranya yaitu dengan mengklik ikon 'mata' yang ada di bagian pojok kanan atas. Nantinya akan muncul halaman seperti formulir yang telah dibuat, tapi dari segi tampilan orang lain. Selain itu, kamu juga bisa mengubah tema atau warna dari tampilan formulir dengan memilih ikon palet cat seperti gambar di bawah.

preview-1

Baca juga: Rumus Microsoft Excel yang Dapat Membantumu di Dunia Kerja

Cara membagikan Google Form

1. Klik tombol send atau 'kirim' 

Setelah form selesai, kamu dapat membagikannya dengan mengklik tombol kirim pada pojok kanan atas.

Membagikan-google-form

 

2. Membagikan melalui email

Langkah selanjutnya adalah menentukan cara kamu membagikan form tersebut. Setelah kamu mengklik tombol kirim akan muncul halaman pop-up seperti gambar di bawah. Jika kamu memilih email, kamu perlu memasukkan alamat email orang yang ingin kamu kirimkan form tersebut.

email-form

3. Membagikan melalui link

Selain melalui email, kamu juga bisa membagikan formulir melalui link. Adapun caranya kamu tinggal memilih ikon rantai yang ada di sebelah ikon surat (email). Nantinya secara otomatis akan tersedia link dari formulir yang telah kamu buat. Kemudian kamu tinggal meng-copy dan membagikan link tersebut ke orang-orang yang diinginkan. 

link-form

 

Baca juga: Cara Mudah Tanda Tangan di PDF Secara Online dan Offline

Gimana guys, gampang kan? Itu lah cara membuat Google Form yang bisa langsung kamu coba. Selain itu, bagi kamu yang ingin menambah kemampuan baru, langsung saja ke Skill Academy. Karena di Skill Academy tersedia berbagai kelas pelatihan dengan materi yang mendalam. Nantinya kamu juga aka belajar bersama intruktur yang berpengalaman di bidangnya. Jadi tunggu apa lagi, ayo upgrade skill-mu.

Tingkatkan kualitas dengan ikut kelas di skill academy!

 

Profile

Gulman Azkiya

Content Writer at Ruangguru | Masih dalam tahapan mempelajari SEO dan Digital Marketing

Beri Komentar