8 Tips dan Cara Menjadi Blogger bagi Pemula

8 Tips dan Cara Menjadi Blogger bagi Pemula - Skill Academy

Kamu ingin menjadi blogger profesional? Simak caranya dengan membaca artikel ini sampai habis, ya!

Kamu pasti sudah tahu, kan, apa itu blogger? Profesi atau pekerjaan mengelola blog ini cukup populer di dunia internet, lho. Namun, tahukah kamu, di samping tren pengunaan media sosial, nyatanya pekerjaan yang satu ini masih eksis hingga saat ini, lho. Berkembangnya digital marketing ternyata berdampak langsung terhadap blogger. Nah, apakah kamu berkeinginan menjadi seorang blogger? Jika iya, yuk simak beberapa cara berikut. Check it out!

 

1. Tentukan tujuan

Hal utama yang harus kamu lakukan sebelum membuat blog adalah menentukan tujuan. Pertama sekali kamu harus tahu, apakah nantinya blog ini akan menjadi prioritas atau hanya sekadar menjadi sampinganmu. Umumnya, ada beberapa alasan seseorang menjadi blogger:

  • memiliki passion dalam menulis;
  • ingin berbagi karya (tulisan, cerpen, atau foto); dan
  • mencari keuntungan (endorse, affiliate, konten placement, dll).

Ketika sudah menentukan tujuan, nantinya kamu akan mengetahui langkah awal apa saja yang harus dilakukan. Mulai dari membuat blog, mengatur tampilan, membuat konten, hingga mempromosikannya. Oleh karena itu, memiliki tujuan yang pasti akan dapat membantumu untuk menjalan proses dalam berkarier sebagai seorang blogger.

 

2. Buat platform blog

Akan menjadi sesuatu yang aneh kalau kamu ingin menjadi blogger, tapi tidak memiliki blog. Setelah menentukan tujuan, langkah selanjutnya adalah membuat platform yang akan menjadi blogmu. Tentunya pada saat ini banyak tersedia berbagai website penyedia blog, seperti WordPress, Blogger, Wix, Medium, dan masih banyak lagi.

Contohnya, jika kamu ingin menggunakan Blogger, kamu tinggal  mengikuti beberapa langkah berikut:

  • login ke blogger dengan akun Gmail;
  • di sebelah kiri, klik tanda panah bawah;
  • kemudian klik Blog baru;
  • masukkan nama blog;
  • klik berikutnya;
  • pilih URL atau alamat blog; dan
  • klik simpan.

Selain itu, bagi kamu yang menggunakan website lainnya kamu tinggal melakukan pendaftaran, lalu mengikuti setiap langkah-langkahnya.

 

3. Tentukan target pembaca, niche, serta topik dari konten

Sebelum memulai membuat konten, penting bagi kamu untuk mengetahui siapa yang akan mengakses blog-mu. Sama halnya dengan berbisnis, kamu harus memahami calon pembacamu. Dengan mengetahui siapa pembaca yang ingin kamu targetkan, itu akan mempermudahmu untuk membuat konten yang cocok bagi mereka. Untuk mempermudah dalam menentukan calon pembaca, kamu bisa membagi mereka menjadi beberapa kelompok demografi, seperti

  • gender;
  • usia;
  • pekerjaan; dan
  • hobi.

Setelah itu, kamu juga bisa membuat niche yang sesuai. Contohnya, kamu menyukai menulis tempat-tempat wisata, maka para traveller dan pelancong sangat cocok sebagai niche dari blog-mu. Kemudian, setelah menentukan dua hal tersebut, kamu bisa mengembangkan berbagai topik konten tulisan yang cocok dengan niche pembacamu.

 

4. Mulailah mendesain tampilan blog

Setelah memiliki platform blog, jangan lupa juga buat tampilan blog-mu menjadi menarik. Kamu mungkin tahu bahwa kebanyakan inti dari blog itu sendiri adalah tulisan. Namun, jika tampilan blog-mu tidak diatur semenarik mungkin, tidak menutup kemungkinan pembaca malah malas mengunjungi blog-mu.

Baik bagi kamu yang menggunakan Blogger maupun WordPress, pada saat ini sudah banyak tersedia berbagai tema menarik yang bisa kamu gunakan untuk menunjang tampilan blog-mu. Tapi, jangan sampai lupa bahwa tampilan blog tersebut harus disesuaikan dengan pembacamu.

Misalnya, target pembaca dari blog-mu adalah laki-laki pencinta otomotif, akan terasa kurang cocok kalau tema blog-mu penuh dengan warna mencolok. Pilihan warna gelap seperti hitam-putih atau cokelat akan lebih sesuai dengan target pembacamu.

Bagi kamu yang menggunakan WordPress, kamu dapat mengunjungi menu ‘Preference’ yang ada di halaman dashboard pada wp admin untuk mengatur tampilan blog. Nantinya kamu juga dapat mengatur berbagai komponen dan elemen yang ada di halaman blog-mu, seperti

  • judul (title);
  • header;
  • konten isi;
  • sidebar;
  • widget;
  • footer;
  • navigation bar;
  • menu bar; dan
  • sharing button.

Tentunya bila kamu memiliki tampilan blog yang menarik, itu tidak hanya dapat memudahkan pengunjung membaca kontenmu, tetapi juga bisa membuat mereka terkesan dan kemungkinan akan kembali lagi ke blog-mu.

Baca juga: 6 Cara Mendapatkan Uang dari Blog yang Bisa Langsung Kamu Terapkan

 

5. Buatlah konten yang original

Di zaman serba digital seperti saat sekarang ini, mungkin sangat mudah menemukan berbagai konten menarik, mulai dari artikel, cerpen, dan lain-lain. Sebagai seorang blogger, kamu sah-sah saja untuk mendapatkan inspirasi. Namun, cobalah untuk selalu membuat konten yang original atau berasal dari kemampuanmu sendiri.

Tak jarang beberapa karya malah menjadi masalah ketika pembuatnya ketahuan mencontoh milik orang lain. Alangkah baiknya nanti setiap konten yang kamu buat memiliki keunikannya sendiri tanpa bergantung kepada karya orang lain.

 

6. Kuasai kemampuan teknikal

Bagi kamu yang baru ingin memulai menjadi seorang blogger, tidak ada tuntutan agar bisa menguasai kemampuan teknis secara cepat. Adapun kemampuan tersebut dapat kamu pelajari secara bertahap sejalan dengan pembuatan konten pada blog.

Namun, seperti yang kamu ketahui, industri blogger cukup besar sehingga agar dapat bersaing dengan baik, ada beberapa skill selain menulis yang kamu butuhkan untuk bisa menjadi blogger profesional. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut:

  • CSS dan HTML 

Hah, bukannya hal ini berhubungan dengan coding ya? Yap, memang benar. Namun, sebagai seorang pemilik blog, paling tidak kamu harus cukup memahami bagaimana blog tersebut bekerja. Adapun alasannya adalah nantinya kamu pasti akan terlibat dengan komponen-komponen penting pada blogmu seperti, alt image, heading structure, dan kode-kode penyusun kontenmu. Contohnya, jika biasanya kamu menggunakan ctrl+b pada keyboard, pada HTML kamu bisa menggunakan kode <b>Bold</b> atau untuk tulisan dalam satu paragraf kamu bisa menggunakn kode, seperti <p>cara menjadi blogger</p>.

  • SEO

SEO termasuk kemampuan penting karena sangat memengaruhi performa blog-mu di mesin pencarian seperti Google. Beberapa hal, seperti penggunaan kata kunci, meta information, dan penyusunan judul/subjudul sangat berdampak terhadap konten yang kamu buat nantinya.

Selain dua skill di atas, sebenarnya masih banyak lagi yang harus kamu pelajari, seperti analisis audiens, marketing, hingga mengelola traffic.

skill-blogger

 

7. Bangun hubungan dengan sesama blogger 

Tidak ada yang salah menjadi blogger yang bekerja secara sendiri. Namun, ketika kamu dapat membangun networking yang baik dengan sesama blogger, kemungkinan berbagai peluang kerja sama akan semakin terbuka lebar. Namamu juga akan dikenal sehingga memudahkan kamu untuk mengetahui informasi terbaru dan juga mempelajari hal-hal penting dari rekan blogger yang lain.

Nah, jika berniat untuk mempelajari SEO, kamu bisa lho ikutan Mini Bootcamp Skill Academy. Nantinya kamu akan belajar dari 0 sampai kamu benar-benar paham. Di samping itu, kamu juga akan belajar langsung dari ahlinya. Jadi tunggu apa lagi? Klik banner di bawah ini, dan pelajari kemampuan yang kamu ingin kan. Ayo sebelum terlambat!

[IDN] CTA Blog - SA CAMP

 

8. Konsisten

Yap, konsistensi merupakan langkah penting untuk menjadi blogger profesional. Kamu tentunya harus dapat secara konsisten dalam memproduksi konten. Tapi, konteks dalam hal ini bukanlah memproduksi konten secara terus-menerus. Kamu dapat menentukan jadwal publish-nya. Adapun selain dapat mempermudah blog-mu untuk semakin dikenali dengan konsistensi kamu dapat membuka lebih besar peluang untuk dapat berinteraksi dengan pembaca.

Itulah beberapa langkah dan cara menjadi seorang blogger. Tentunya bagi kamu yang masih pemula, sangat perlu untuk tetap belajar. Karena semakin banyak kemampuan yang kamu kuasai, semakin besar pula peluang yang mungkin datang kepadamu. Di samping itu, jika kamu ingin mengetahui lebih banyak lagi mengenai tips-tips dunia kerja, langsung saja ke Blog Skill Academy.

[IDN] CTA Blog - SA CAMP

Referensi

Agarwal, Anil. (2022). Top 10 Blogging Skills You Need to Become A Professional Blogger in 2022. https://bloggerspassion.com/blogging-skills/ [Daring] (Diakses 8 Juli 2022)

McDonald, Chris. (2020). 10 Blogging Skills Bloggers Must Improve (Not Just Writing!). https://startbloggingonline.com/blogging-skills/ [Daring] (Diakses 8 Juli 2022)

Gulman Azkiya