12 Alasan Resign Kerja yang Tepat dan Profesional, Bisa Kamu Gunakan!

Devi Lianovanda Mei 31, 2022 • 8 min read


alasan resign yang baik dan masuk akal

Mau resign? Pakai alasan resign yang baik agar reputasi kamu tetap terjaga yuk. Simak 12 alasan yang bisa kamu pakai berikut ini!

Resign adalah keadaan yang mana kamu mengundurkan diri dari pekerjaan secara sukarela. Ada banyak alasan seseorang mengundurkan diri atau resign, mulai dari mau melanjutkan pendidikan, masalah gaji, karier yang stuck di situ-situ aja, sampai lingkungan yang toxic.

Apakah kamu berencana mengajukan resign dalam waktu dekat ini tapi masih bingung mau pakai alasan apa? Saat mengajukan resign, kamu perlu menyiapkan alasan yang baik dan masuk akal agar dapat diterima perusahaan dan menjaga reputasimu. Berikut ini ada beberapa alasan resign kerja yang baik dan masuk akal. Bisa jadi referensi untuk kamu mengajukan pengunduran diri. Apa saja alasannya? Yuk, simak!

1. Mendapatkan penawaran yang lebih baik

Salah satu alasan resign yang paling umum digunakan adalah sudah mendapatkan penawaran yang lebih baik dari perusahaan lain. Saat kerja, nggak jarang kita bisa mendapatkan tawaran dari perusahaan lain dan biasanya lebih menarik dibandingkan tempat kerja yang sekarang. Misalnya, gajinya lebih besar, jenjang karier yang lebih jelas, atau benefit dan fasilitas lain yang lebih oke. 

Jika kamu mendapat tawaran seperti ini dan berniat untuk resign dari tempat kerjamu yang sekarang, kamu bisa menyampaikan alasan sebenarnya bahwa kamu mendapat tawaran kerja yang lebih baik dari perusahaan lain. Jika perusahaan yang sekarang sangat membutuhkanmu, mereka bisa memberikan penawaran yang lebih menarik lagi agar kamu tidak pindah ke perusahaan lain, lho. Misalnya, memberikan kenaikan gaji atau jabatan.

Baca juga: 4 Contoh Surat Pengunduran Diri Kerja dan Cara Mengajukan Resign yang Baik

2. Gaji yang tidak sesuai

Gaji yang tidak sesuai dengan beban kerja yang diberikan juga bisa menjadi alasan kamu mengajukan resign. Kamu bisa meminta kenaikan gaji secara sopan dan profesional kepada atasan dan HRD. Tapi, jika sudah mencoba minta kenaikan gaji dan nggak berhasil, mungkin kamu bisa mengambil langkah mundur dan mencari peluang yang lebih baik di tempat lain. Dilansir dari Indeed, 49% pekerja mencari pekerjaan baru untuk mendapatkan uang (gaji) lebih banyak. Jadi, kalau kamu merasa gaji yang sekarang kurang sesuai dengan tanggung jawab yang diberikan dan nggak bisa negosiasi kenaikan gaji, maka alasan ini bisa kamu gunakan saat mengajukan resign.

Ikuti kelas: Rahasia Sukses Berkarier

3. Ingin pindah jalur karier/ perubahan karier

Ada kalanya, kamu merasa kalau pekerjaan yang sekarang ini membuatmu jenuh. Mungkin karena nggak sesuai dengan latar belakang pendidikan atau tidak sesuai dengan minatmu. Meski merasa jenuh, jangan terburu-buru untuk resign ya. Coba ambil waktu beberapa hari untuk cuti dan recharge energi agar bisa semangat kerja kembali. Kamu juga bisa mencoba untuk berdiskusi dengan atasan atau HRD, siapa tahu ada kesempatan bagi kamu untuk pindah divisi yang kamu inginkan. Tapi jika memang tidak ada jalan keluarnya, kamu bisa menggunakan perubahan karier sebagai alasan yang tepat saat mengajukan pengunduran diri.

4. Komitmen hubungan pribadi

Komitmen atas hubungan pribadi juga bisa menjadi alasan resign. Misalnya, kamu sudah menikah dan punya anak, lalu memutuskan untuk fokus menjadi ibu rumah tangga. Kamu ingin fokus mengurus dan memperhatikan perkembangan anak di rumah serta keluarga sehingga tidak bisa bekerja lagi. Kalau kondisimu memang demikian, nggak apa-apa untuk menyampaikan alasan ini saat kamu mengajukan pengunduran diri.

5. Alasan kesehatan

Kondisi kesehatan yang kurang baik membuat performa dalam bekerja jadi menurun. Baik kesehatan fisik maupun mental, keduanya sangat penting untuk dijaga. Jika kamu mengalami gangguan kesehatan yang menyebabkan sulit bekerja, maka kamu bisa mengajukan resign dengan alasan ini. Atau jika pekerjaanmu mengganggu kesehatan fisik dan mental, kamu juga bisa mengajukan resign, karena kesehatanmu adalah yang terpenting. Tidak hanya itu, kalau kamu merawat anggota keluarga (orang tua, saudara, pasangan) yang sakit dan membutuhkan perawatan khusus, kamu juga bisa mengajukan resign dengan alasan ini.

Baca juga: Pentingnya Menjaga Kesehatan Mental di Dunia Kerja dan Cara Mengelolanya

6. Merasa tidak berkembang

Pernah nggak kamu merasa nggak bisa berkembang lagi ketika melakukan pekerjaan saat ini? Mungkin karena kamu sudah terlalu lama melakukan pekerjaan yang sama, jadi merasa nggak ada sesuatu yang baru untuk dipelajari. Kamu merasa butuh pengalaman dan tantangan kerja yang baru. Merasa tidak berkembang dan butuh tantangan baru bisa menjadi alasan yang masuk akal untuk mengajukan resign. Ini menunjukkan bahwa kamu ingin belajar dan berkembang agar menjadi lebih baik meskipun bukan di perusahaan tersebut.

7. Melanjutkan pendidikan

Melanjutkan pendidikan menjadi alasan resign yang baik dan masuk akal selanjutnya. Bagi banyak orang, melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi adalah hal yang penting. Dengan pendidikan yang lebih tinggi, kamu juga berkesempatan untuk mendapatkan karir yang lebih baik.

Meski begitu, nggak semua orang bisa menjalani kuliah sambil bekerja. Ada yang akhirnya memutuskan untuk berhenti bekerja agar bisa fokus menyelesaikan kuliah dengan baik. Atau mencari pekerjaan baru yang lebih fleksibel dan bisa disesuaikan dengan jadwal kuliah seperti kerja part-time atau menjadi freelancer. Ini adalah alasan yang baik dan kamu bisa menyampaikannya kepada atasanmu saat mengajukan resign.

8. Work-life balance yang kurang baik

Beberapa perusahaan mempunyai jam kerja yang buruk dan membuat karyawannya sering lembur atau bekerja dalam waktu yang panjang. Hal ini membuat karyawan hanya memiliki sedikit waktu untuk melakukan hal-hal lain di luar pekerjaan. Padahal, ada banyak hal yang perlu diurus, bukan hanya pekerjaan. Misalnya, keluarga, diri sendiri, hobi, istirahat, dan lainnya.

Banyak karyawan yang mengundurkan diri dari pekerjaannya karena tidak mendapat work-life balance. Dilansir dari Indeed, sebanyak 26% karyawan mencari pekerjaan baru karena alasan work-life balance. Kalau kamu merasa tidak mendapatkan keseimbangan kerja dan kehidupan pribadi, maka kamu bisa mengajukan resign menggunakan alasan ini. Perusahaan yang baik akan memahami alasan ini dan mencoba memperbaiki budaya kerjanya.

Baca juga: Mengenal Pentingnya Work-life Balance dan 7 Cara Mencapainya

9. Pindah domisili/ tempat tinggal

Pindah domisili atau pindah tempat tinggal juga bisa jadi salah satu alasan resign yang baik dan masuk akal. Apalagi jika pindah tempat tinggalnya jauh dari tempat kerja. Misalnya, saat ini kamu bekerja di Jakarta dan keluargamu pindah ke Bali. Jakarta - Bali tentu jauh ya, tapi sebelum mengajukan resign, cobalah untuk bertanya dulu ke atasan atau HRD apakah kamu bisa kerja secara remote dari rumah. Jika bisa, maka kamu bisa tetap bekerja di perusahaan saat ini, tapi jika tidak, maka kamu bisa mengajukan resign dengan alasan pindah tempat tinggal atau domisili.

10. Memulai usaha atau bisnis sendiri

Alasan selanjutnya adalah memulai usaha atau bisnis sendiri. Nggak sedikit pekerja yang setelah memiliki modal yang cukup, akhirnya memutuskan untuk resign dan menjadi wiraswasta. Apakah kamu juga berencana demikian? Jika kamu memiliki keinginan untuk memulai bisnismu sendiri, ini bisa menjadi alasan yang baik untuk mengundurkan diri dari pekerjaan saat ini. Perusahaan akan menerima dan menghargai keputusan yang kamu ambil untuk mengembangkan potensi dan bisnismu sendiri.

11. Tidak ada jenjang karier yang jelas

Selain gaji, jenjang karier yang nggak pasti juga bisa jadi alasan kamu untuk mengajukan resign dari tempat kerjamu saat ini. Misalnya, kamu sudah bekerja di perusahaan sekarang selama bertahun-tahun tapi nggak ada promosi jabatan dan kamu ada di posisi yang sama terus-menerus. Di awal, mungkin perusahaan pernah menjanjikan kamu jenjang karier yang pasti. Namun setelah bekerja bertahun-tahun kenaikan jabatan tak kunjung kamu dapatkan. Jika kamu merasa demikian dan ingin mendapatkan jenjang karier yang lebih pasti di tempat lain, maka kamu bisa menyampaikan alasan ini saat mengajukan resign.

Baca juga: Apa itu Karir? Berikut Penjelasan, Jenjang, dan Cara Menyusun Perencanaannya

12. Tidak cocok dengan budaya/ lingkungan kerja

Setiap perusahaan punya budaya dan lingkungan kerja yang berbeda-beda. Budaya kerja ini, bisa cocok atau tidak cocok denganmu. Budaya kerja yang baik dan sehat bisa mendorong kamu untuk lebih produktif, suasana kerja yang menyenangkan, komunikasi yang terbuka ke segala arah, dan teamwork yang baik. Namun, jika budaya kerja di perusahaan saat ini dirasa kurang sehat dan kurang sesuai denganmu, kamu bisa mengajukan resign dengan menggunakan alasan ini.

Untuk menghindari resign karena alasan serupa, kamu bisa melakukan riset lebih mendalam tentang budaya perusahaan yang akan kamu lamar nantinya. Hal ini dilakukan agar kamu bisa menemukan perusahaan dengan budaya dan lingkungan kerja yang cocok dan bisa membantumu berkembang. Kamu bisa bertanya kepada teman atau membaca review perusahaan yang ada di berbagai situs lowongan kerja.

Nah, itulah 12 alasan resign yang masuk akal dan baik yang bisa kamu gunakan saat akan mengajukan resign. Meskipun kamu ingin mengajukan resign, jangan terburu-buru dalam mengambil keputusan ya. Pastikan kamu sudah menemukan pekerjaan baru atau tahu apa yang akan kamu lakukan kedepannya setelah resign. Selain itu, jangan mengajukan resign secara mendadak ya. Ajukan dengan sopan dan sesuai aturan, agar perusahaan masih memiliki waktu untuk mencari pengganti untuk posisi yang kamu tinggalkan.

Skill Academy memiliki ratusan kelas bersertifikat yang siap menemanimu meningkatkan skill untuk mendapatkan pekerjaan impian, atau belajar membangun bisnis sendiri. Klik banner berikut untuk kepoin kelas-kelas terbaiknya. Lagi banyak promo juga, lho. Yuk serbu!

Kelas Sukses Kerja Skill Academy

Referensi:

Doyle, Alison. 2021. ‘Top 10 Good Reasons to Quit Your Job’ [daring]. Tautan: https://www.thebalancecareers.com/top-good-reasons-to-quit-your-job-2061010

Simpson, Mike. 2022. ‘20 Good Reasons For Leaving a Job (Examples for Application Included’ [daring]. Tautan: https://theinterviewguys.com/10-good-reasons-for-leaving-a-job/

Indeed Editorial Team. 2021. ‘Q&A: Should I Quit My Job? 10 Acceptable Reasons to Resign’ [daring]. Tautan: https://www.indeed.com/career-advice/career-development/should-i-quit-my-job

(Diakses pada: 27 & 20 Mei 2022).

Profile

Devi Lianovanda

Content Writer at Ruangguru. Terima kasih sudah baca sampai sini!

Beri Komentar