Wajib Tahu! Ini Perbedaan Wiraswasta dan Wirausaha

wirausaha-dan-wiraswasta

Jangan salah lagi! Wirausaha nggak sama dengan wiraswasta. Oleh karena itu, artikel ini mengulas berbagai perbedaan wiraswasta dan wirausaha yang wajib kamu ketahui.

Misalnya, nih, kamu adalah seorang pengusaha yang punya berbagai produk dengan beragam model bisnis. Tersebar di seluruh Indonesia, pula! Suatu ketika, kamu lagi ngurus berkas yang berkaitan dengan kelancaran jalannya usaha. Biasanya, kamu disuruh mengisi formulir dulu, tuh. Sampai akhirnya ada pertanyaan “pekerjaan” yang bisa kamu pilih, ada karyawan swasta, PNS, wiraswasta, ibu rumah tangga.

Kamu sebagai pengusaha terus kaget sambil bergumam kesal, “Lho, aku kan pengusaha. Wah …, parah nih pekerjaan saya nggak dianggap!”. Akhirnya, kamu jadi memilih wiraswasta sebagai pekerjaan di formulir tersebut.

Eng ing eng! Padahal nih, ya, wiraswasta dan wirausaha itu berbeda, guys! Perbedaan dari pengertiannya saja cukup signifikan. Oleh karena itu, kali ini kita akan membahas wiraswasta dan wirausaha beserta perbedaannya. Check it out!

 

Pengertian Wiraswasta

Jika kamu coba menerjemahkan kata wiraswasta ke dalam bahasa Inggris, yang muncul adalah entrepreneur. Tapi, secara pengertian, ternyata wiraswasta memiliki makna yang berbeda dari entrepreneur.  Enterpreneur lebih tepat didefinisikan sebagai sosok wirausaha.

Dilansir kompas.com, wiraswasta adalah seseorang atau kelompok yang menjalankan kegiatan usaha yang dibangun oleh orang lain. Seorang wiraswasta juga berperan menambah nilai dan manfaat dalam mengembangkan usaha atau produk milik orang lain.

Makna swasta sendiri merujuk pada kemandirian. Jadi, wiraswasta secara mandiri mengembangkan produk-produk bisnis yang dimiliki oleh orang lain.

 

Pengertian wirausaha

Sementara itu, dikutip dari Investopedia, entrepreneur atau wirausaha adalah seseorang yang menciptakan bisnis baru, menanggung sebagian besar risiko, dan menikmati sebagian besar imbalannya. Jika kita sederhanakan, wirausaha adalah orang yang memiliki serta menjalankan usaha berdasarkan ide-ide yang dia miliki atau yang biasa juga kamu kenal sebagai pengusaha. Nah, tingkatan seorang wirausaha pun berbeda-beda tergantung sebesar apa bisnis yang dijalankannya.

Dalam aktivitasnya, seorang wirausaha akan lebih banyak mengelola usahanya sendiri, memanfaatkan berbagai peluang bisnis, menciptakan inovasi, dan turut mencari solusi saat usahanya sedang mengalami masalah.

 

Perbedaan wiraswasta dan wirausaha

Dari pengertiannya saja, wiraswasta dan wirausaha itu berbeda. Itu artinya akan ada beberapa perbedaan di antara keduanya dari tujuan kerja, karakteristik, fokus pekerjaan, kepemilikan aset, dan produk yang mereka buat dan tangani untuk sampai ke masyarakat.

 

1. Tujuan wiraswasta dan wirausaha

Perbedaan pertama antara kedua profesi ini adalah tujuan mereka dalam bekerja. Tujuan wiraswasta adalah membantu dan mengembangkan bisnis yang dimiliki orang lain. Hal ini bisa berarti bahwa mereka terlibat dan menggunakan kemampuannya untuk menambahkan nilai pada produk usaha orang lain. Selain itu, dalam aktivitasnya, wiraswasta juga membantu menciptakan lapangan pekerjaan dan mengurangi pengangguran.

Di sisi lain, tujuan wirausaha adalah membuat barang atau jasa dengan model bisnis yang matang dan menjualnya sebagai produk. Umumnya ketika bisnis yang dijalankannya berkembang dengan baik, seorang wirausaha akan membutuhkan bantuan karyawan. Hal ini berarti membuka lapangan pekerjaan. Selain itu, seorang wirausahawan juga nggak lupa untuk menularkan skill dan jiwa entrepreneur-nya ke para karyawan. Agar suatu saat karyawan bisa mengepakkan sayapnya ke ranah bisnis.

Baca juga: Mengenal Content Marketing dan Pentingnya Bagi Sebuah Bisnis

 

2. Karakteristik wiraswasta dan wirausaha

Wiraswasta dan wirausaha emang dikenal punya jiwa work hard, play hard. Pasalnya, jam kerja wiraswasta dan wirausaha tidak tertulis dalam SOP sehingga tidak menentu. Bahkan, wiraswasta dan wirausaha bisa bekerja lebih dari 8 jam karena harus mempersiapkan banyak hal agar pekerjaan yang mereka buat terbilang sukses.

Meskipun sama-sama pekerja keras, karakteristik wiraswasta dan wirausaha memiliki beberapa perbedaan. Karakteristik wiraswasta yang cukup terlihat adalah sebagai berikut:

  1. fleksibel, dari segi aturan kerja, waktu kerja, dan menyesuaikan dengan kebutuhan orang lain;
  2. berani bertindak dan percaya diri. Meskipun tidak/belum punya skill yang harus dikuasai, wiraswasta menganggap hal tersebut sebagai tantangan; dan
  3. passionate, dalam artian mereka melakukan banyak hal dan akan mempelajarinya lebih dalam untuk meningkatkan kemampuan di pekerjaan lain.

wiraswasta

ilustrasi bekerja (pexels.com)

Sementara itu, seorang wirausahawan pastinya memiliki jiwa kepemimpinan yang juga mempunyai beberapa karakteristik sebagai berikut:

  1. kreatif dan inovatif, terlebih saat merancang produk bermanfaat berupa barang/jasa yang dibutuhkan banyak masyarakat;
  2. tangguh, yang artinya seorang wirausaha nggak cepat pantang menyerah jika mengalami kegagalan karena masih ada banyak jalan menuju kesuksesan; dan
  3. bergerak cepat dalam melihat peluang. Contohnya seperti tren yang sedang ramai di lingkup masyarakat, kemudian dimanfaatkan seorang wirausaha untuk menciptakan dan mengembangkan produk.

 

3. Fokus pekerjaan wiraswasta dan wirausaha

Wiraswasta dan wirausaha memiliki fokus pekerjaan masing-masing yang pastinya nggak sama. Biasanya wiraswasta memiliki fokus terhadap berbagai pekerjaan. Selain itu, mereka juga mengambil pekerjaan dengan visi jangka pendek, misalnya seorang freelancer yang ahli dalam beberapa bidang, seperti fotografi, video editing, dan desain grafis. Pekerjaan ini umum mereka lakukan dalam bentuk proyek yang memiliki batas waktu tertentu.

Nggak seperti wiraswasta yang bisa menguasai bidang apa saja, wirausaha lebih berfokus pada urusan yang bersifat bisnis. Mulai dari pembuatan rancangan, strategi, pengembangan, sampai evaluasi usaha. Aktivitas yang biasa dilakukan oleh wirausaha juga lebih banyak mengarah pada kebutuhan jangka panjang, yakni agar bisnis yang dijalankannya bisa survive sampai berpuluh-puluh tahun.

 

4. Kepemilikan aset wiraswasta dan wirausaha

Selain tujuan, karakter, dan fokus pekerjaan, perbedaan wiraswasta dan wirausaha yang paling mencolok adalah kepemilikan aset berupa dana yang dibutuhkan dalam mengembangkan usaha.

Menjadi wiraswasta nggak bergantung secara penuh dengan kepemilikan aset karena wiraswasta bekerja dengan orang lain. Contohnya, kamu adalah seorang yang bekerja di sebuah jasa laundry. Sebagai karyawan, kamu nggak perlu mengeluarkan biaya lagi untuk mesin cuci, mesin pengering, sabun, atau alat setrika. Bahkan, kamu juga nggak bertanggung jawab dalam biaya sewa tempat.

perbedaan-wiraswasta-dan-wirausaha

Sementara itu, seorang wirausaha memegang penuh dalam kepemilikan aset. Seorang wirausaha bertanggung jawab secara mandiri dalam modal dan anggaran pengembangan dan pengelolaan yang berkaitan dengan usahanya.

 

5. Jenis produk wiraswasta dan wirausaha

Terdapat perbedaan antara wiraswasta dan wirausaha dalam membuat dan mengembangkan produk.

Seorang wiraswasta bisa banget untuk fokus pada berbagai jenis produk sesuai dengan kemampuan, minat, dan kebutuhan masyarakat di sekitarnya. Contohnya, kamu adalah seorang koki masak yang jago banget digital marketing. Selain bekerja di sebuah restoran, kamu juga menjadi freelancer sebagai digital marketing specialist. Mantul nggak, tuh?

Contoh lainnya adalah kamu sebagai reseller dari berbagai jenis produk, seperti skincare, makanan ringan kekinian, baju anak, atau peralatan kebutuhan rumah tangga.

Di sisi lain, seorang wirausaha cenderung fokus pada jenis produk yang dibuatnya sendiri. Dalam berwirausaha, kuncinya adalah kreatif dan inovatif dalam membuat produk. Apalagi, membuat produk yang akan dipasarkan butuh berbagai trial and error agar laku dijual dan dapat menjadi wirausahawan yang sukses.

 

Contoh wiraswasta dan wirausaha di sekitar kamu

1. Contoh wiraswasta

Jika salah satu keluargamu ada yang bekerja sebagai wiraswasta, kamu mungkin akan bingung dan bertanya-tanya, “Wiraswasta-nya ngapain ya?”. Nah, berikut contoh-contoh dari pekerjaan wiraswasta yang umum di sekitar kamu:

  1. freelancer atau pekerja lepas;
  2. reseller atau dropshiper;
  3. konsultan;
  4. agen asuransi atau sekuritas;
  5. seniman, artis, aktor, penulis buku;
  6. influencer, content creator;
  7. investor;
  8. pemegang saham; dan
  9. orang yang terlibat dalam jasa lainnya, seperti driver ojek online, penjahit, koki.

Ikuti kelas: Membuka dan Mengembangkan Usaha Kedai Kopi

 

2. Contoh wirausaha

Kalau profesi wirausaha, ya, nggak jauh-jauh dari sosok entrepreneur. Mulai dari merintis bisnis dari nol, mengumpulkan modal, riset, membuat produk, mengembangkan strategi pemasaran, hingga melakukan berbagai usaha agar bisnisnya dapat dikenal oleh orang banyak.

Contoh wirausaha yang dapat dengan mudah ditemui adalah fashion designer yang mendirikan butik baju dengan desain, pemilihan bahan, proses menjahit, pemasaran yang dilakukan sendiri. Paling umum adalah wirausaha di bidang kuliner, seperti membuka restoran atau katering.

Gimana, guys? Kamu tentunya sudah paham, ‘kan, perbedaan antara wiraswasta dan wirausaha? Mudahnya, perbedaan wiraswasta dan wirausaha bisa dilihat dari tujuan, aktivitas, dan kepemilikan usahanya.

Jadi, kamu lebih memilih untuk menjadi seorang wiraswasta atau wirausaha, nih?

Supaya nggak bingung, kamu bisa ikuti pelatihan di kelas-kelas Skill Academy berikut untuk mengembangkan skill kamu!

Tetap semangat untuk terus belajar dan upgrade diri kamu!

SKill Academy - CTA

Sumber:

Hayes, Adam. (2022). Entrepreneur. https://www.investopedia.com/terms/e/entrepreneur.asp. [daring]

ID Cloud Host. 2021. Perbedaan Wirausaha dan Wiraswasta yang Perlu Diketahui. Idcloudhost.com. [daring]. https://idcloudhost.com/perbedaan-wirausaha-dan-wiraswasta-yang-perlu-diketahui/

Idris, Muhammad. 2021. Entrepreneur Adalah Pengusaha, Beda atau Sama?. Kompas.com. [daring]. https://money.kompas.com/read/2021/09/27/210423026/entrepreneur-adalah-pengusaha-beda-atau-sama?page=all

Putri, Vanya Karunia Mulia. 2021. Perbedaan Wirausaha dan Wiraswasta. Kompas.com. [daring]. https://www.kompas.com/skola/read/2021/08/09/130000669/perbedaan-wirausaha-dan-wiraswasta

Wardana, Raditya. 2021. Wiraswasta: Pengertian, Ciri-Ciri, dan Contoh-Contohnya. Lifepal.com. [daring]. https://lifepal.co.id/media/wiraswasta/

Kusariani Adinda