Wiraswasta dan Wirausaha, Ini Perbedaannya!

Kusariani Adinda Nov 26, 2021 • 10 min read


perbedaan wiraswasta wirausaha

Jangan salah lagi! Wirausaha nggak sama dengan wiraswasta. Oleh karena itu, artikel ini mengulas berbagai perbedaan wiraswasta dan wirausaha yang wajib kamu ketahui.

--

Misalnya nih, kamu adalah seorang pengusaha yang punya berbagai produk dengan beragam model bisnis. Tersebar di seluruh Indonesia, pula! Suatu ketika, kamu lagi ngurus berkas yang berkaitan dengan kelancaran jalannya usaha. Biasanya, kamu disuruh mengisi formulir dulu, tuh. Sampai akhirnya ada pertanyaan “pekerjaan” yang bisa kamu pilih, ada karyawan swasta, PNS, wiraswasta, ibu rumah tangga. 

Kamu sebagai pengusaha terus kaget sambil bergumam kesal, “Lho, aku kan pengusaha. Wah.. Parah nih pekerjaan gue nggak dianggap!”. Akhirnya, kamu jadi memilih wiraswasta sebagai pekerjaan di formulir tersebut.

Eng ing eng! Padahal nih ya, wiraswasta dan wirausaha itu berbeda, guys! Dari pengertiannya saja cukup signifikan. Makanya nih, Skill Academy mau “mencerahkan” kamu mengenai perbedaan wiraswasta dan wirausaha di artikel ini!

 

Pengertian wiraswasta

Kalau kamu coba menerjemahkan kata wiraswasta ke kamus bahasa Inggris digital kayak Google Translate, emang sih, yang muncul adalah entrepreneur. Tapi, secara pengertian saja wiraswasta nggak sama dengan makna dari entrepreneur itu sendiri yang condong ke sosok wirausaha.

Menurut salah satu artikel kompas.com, wiraswasta adalah seseorang atau kelompok yang menjalankan kegiatan usaha yang dibangun oleh orang lain. Seorang wiraswasta juga berperan menambah nilai dan manfaat dalam mengembangkan usaha atau produk milik orang lain.

Makna swasta sendiri merujuk pada kemandirian. Jadi, wiraswasta secara mandiri mengembangkan produk-produk bisnis yang dimiliki oleh orang lain.

 

Pengertian wirausaha

Mungkin kamu sudah sering dengar kata wirausaha, yang berkaitan dengan entrepreneur. 

Menurut The Balance Small Business dalam artikel kompas.com oleh Muhammad Idris, wirausaha atau entrepreneur adalah seseorang yang memiliki jiwa inovatif dalam mengembangkan usaha dan menanggung segala risiko. 

Seorang wirausaha berarti membuat usaha sendiri. Berarti, seorang wirausaha akan mengelola usaha itu sendiri, memanfaatkan berbagai peluang yang ada di pasar, berpikir kreatif dalam menciptakan inovasi, dan berpikir kritis saat usahanya sedang mengalami masalah.

 

Wiraswasta dan wirausaha, ini perbedaannya!

Secara pengertian saja, wiraswasta dan wirausaha itu berbeda. Itu artinya, akan ada beberapa perbedaan antara keduanya dari tujuan kerja, karakteristik, fokus pekerjaan, kepemilikan aset, dan produk yang mereka buat dan tangani untuk sampai ke masyarakat. 

 

1. Tujuan wiraswasta dan wirausaha

Perbedaan yang harus kamu ketahui lebih dulu adalah tujuan wiraswasta dan wirausaha dalam bekerja. 

Tujuan wiraswasta dalam bekerja adalah untuk membantu orang lain. Biasanya, mereka terlibat dalam usaha orang lain dan menggunakan kemampuan untuk menambahkan nilai pada produk usaha orang lain. Selain itu, tujuan wiraswasta adalah membantu menciptakan lapangan pekerjaan dan mengurangi pengangguran.

Kemudian, tujuan wirausaha adalah membuat produk berupa barang dan jasa dengan model bisnis yang matang. Wirausaha juga mencetak lapangan pekerjaan untuk membantu mensejahterakan karyawan. Jika sudah ada berhasil membantu karyawan, seorang wirausaha juga nggak lupa untuk menularkan jiwa entrepreneur-nya ke para karyawan. Agar suatu saat karyawan bisa mengepakkan sayapnya ke ranah bisnis.

 

Baca juga: Mengenal Content Marketing dan Pentingnya Bagi Sebuah Bisnis


2. Karakteristik wiraswasta dan wirausaha

Wiraswasta dan wirausaha emang dikenal punya jiwa work hard, play hard. Soalnya, jam kerja wiraswasta dan wirausaha secara nggak tertulis dalam SOP biasanya sih jadi nggak menentu. Malah, wiraswasta dan wirausaha bisa bekerja lebih dari 8 jam karena harus mempersiapkan banyak hal agar pekerjaan yang mereka buat terbilang sukses.

Meskipun sama-sama pekerja keras, karakteristik wiraswasta dan wirausaha memiliki beberapa perbedaan.

Wiraswasta berkaitan dengan membantu dan terlibat dalam pekerjaan orang lain. Karakteristik wiraswasta yang cukup terlihat adalah seperti berikut:

 a. Fleksibel, dari segi aturan kerja, waktu kerja, dan menyesuaikan dengan kebutuhan orang lain.

b. Berani bertindak dan percaya diri. Meskipun tidak/belum punya skill yang harus dikuasai, wiraswasta menganggap hal tersebut sebagai tantangan.

c. Passionate, dalam artian mereka melakukan banyak hal dan akan mempelajarinya lebih dalam untuk meningkatkan kemampuan di pekerjaan lain.

 

Sedangkan, wirausaha sebagai entrepreneur yang membuat produk sesuai dengan kebutuhan masyarakat memiliki karakteristik seperti berikut:

a. Kreatif dan inovatif, terlebih saat merancang produk bermanfaat berupa barang/jasa yang dibutuhkan banyak masyarakat.

b. Tangguh, yang artinya seorang wirausaha nggak cepat pantang menyerah jika mengalami kegagalan. Karena masih ada banyak jalan menuju kesuksesan!

c. Bergerak cepat dalam melihat peluang. Contohnya seperti tren yang sedang ramai di lingkup masyarakat, kemudian dimanfaatkan seorang wirausaha untuk menciptakan dan mengembangkan produk.

 

3. Fokus pekerjaan wiraswasta dan wirausaha

Wiraswasta dan wirausaha memiliki fokus pekerjaan masing-masing, yang pastinya nggak sama.

Wiraswasta memiliki fokus terhadap berbagai pekerjaan. Kemudian, wiraswasta juga mengambil pekerjaan dengan visi jangka pendek. Misalnya nih, ada seorang freelancer atau pekerja lepas yang ahli dalam beberapa bidang; video editing, desain grafis, menulis artikel SEO, atau ada yang berperan menjadi influencer. Pekerjaan seperti ini dalam bentuk proyek dalam batas waktu tertentu.

Nggak seperti wiraswasta yang bisa menguasai bidang apa saja, wirausaha hanya fokus pada rancangan, strategi, pengembangan, sampai evaluasi bisnis. Tentunya, seorang wirausaha juga berpikir dan bertindak untuk kebutuhan jangka panjang, supaya bisnisnya bisa survive sampai berpuluh-puluh tahun.

 perbedaan wiraswasta wirausaha - pengertian wiraswasta

 

4. Kepemilikan aset wiraswasta dan wirausaha

Selain tujuan, karakter, dan fokus pekerjaan, perbedaan wiraswasta dan wirausaha yang paling mencolok adalah kepemilikan aset berupa dana yang dibutuhkan dalam mengembangkan usaha.

Menjadi wiraswasta nggak bergantung secara penuh dengan kepemilikan aset, karena wiraswasta bekerja dengan orang lain. Misalnya nih, kamu adalah seorang yang bekerja di sebuah jasa laundry. Sebagai karyawan, kamu nggak perlu mengeluarkan biaya lagi untuk mesin cuci, mesin pengering, sabun, setrika. Bahkan, kamu juga nggak bertanggung jawab dalam biaya sewa tempat.

 Sedangkan seorang wirausaha memegang penuh dalam kepemilikan aset. Seorang wirausaha bertanggung jawab secara mandiri dalam modal dan anggaran pengembangan dan pengelolaan yang berkaitan dengan usahanya. 

 

 5. Jenis produk wiraswasta dan wirausaha

Terdapat perbedaan antara wiraswasta dan wirausaha dalam membuat dan mengembangkan produk.

Seorang wiraswasta bisa banget untuk fokus pada berbagai jenis produk sesuai dengan kemampuan,  minat, dan kebutuhan masyarakat di sekitarnya. Contohnya, kamu adalah seorang koki masak yang jago banget digital marketing. Selain bekerja di sebuah restoran, kamu juga menjadi freelancer sebagai digital marketing specialist. Mantul nggak, tuh?

Contoh lainnya adalah kamu sebagai re-seller dari berbagai jenis produk, seperti skincare, makanan ringan kekinian, baju anak, atau peralatan kebutuhan rumah tangga.

Kalau seorang wirausaha cenderung fokus pada jenis produk yang dibuatnya sendiri. Dalam berwirausaha emang kuncinya adalah kreatif dan inovatif dalam membuat produk. Apalagi, membuat produk yang akan dipasarkan ke target market butuh berbagai trial and error supaya formulanya cocok. 

 

Contoh wiraswasta dan wirausaha di sekitar kamu

 

1. Contoh wiraswasta

Kalau Papa atau Mama kamu adalah bekerja sebagai wiraswasta, kamu mungkin akan bingung dan bertanya-tanya, “Wiraswasta-nya ngapain ya?”. Nah, berikut contoh-contoh dari pekerjaan wiraswasta yang umum di sekitar kamu:

 a. Freelancer atau pekerja lepas

b. Re-seller atau dropshiper

c. Konsultan

d. Agen asuransi atau sekuritas

e. Seniman; artis, aktor, penulis buku

f. Influencer, content creator

g. Investor

h. Pemegang saham

i. Terlibat dalam jasa lainnya, seperti driver ojek online, penjahit, koki, dll.

 

Ikuti kelas: Membuka dan Mengembangkan Usaha Kedai Kopi

 

 2. Contoh wirausaha

Kalau profesi wirausaha, yah, nggak jauh-jauh dari sosok entrepreneur yang mulai merintis bisnis dari nol; mengumpulkan modal, riset bisnis dan produk, membuat produk, mengembangkan strategi pemasaran, sampai produk dan bisnis kamu dikenal dan memberi efek positif bagi masyarakat. 

Contoh wirausaha yang biasa kamu temui di sekitar kamu adalah fashion designer yang mendirikan butik baju sendiri dengan desain, pemilihan bahan, proses menjahit, pemasaran yang dilakukan sendiri.

 Paling umum sih wirausaha di bidang kuliner, seperti membuka restoran atau katering yang diproduksi sendiri, memiliki karyawan, dan menginspirasi para karyawan dengan semangat wirausaha. Supaya mereka nantinya bisa membuka usaha sendiri pula.

 

Sudah tahu perbedaan wiraswasta dan wirausaha, kan?

Yup, Skill Academy berhasil mengulas perbedaan wiraswasta dan wirausaha yang harus kamu ketahui. 

Mudahnya, perbedaan wiraswasta dan wirausaha dilihat dari pengertiannya. Seorang wiraswasta adalah orang yang bekerja untuk membantu meningkatkan nilai pada produk atau bisnis orang lain. Sedangkan wirausaha adalah sosok yang membuat dan mengembangkan usaha, dari mengumpulkan modal, merancang strategi bisnis dan produk, memasarkan produk, menyejahterakan karyawan, dan evaluasi bisnis serta produk. 

Jadi, kamu lebih memilih untuk menjadi seorang wiraswasta atau wirausaha, nih?

Supaya nggak bingung, kamu bisa ikuti pelatihan di kelas-kelas Skill Academy berikut untuk mengembangkan skill kamu!

Tetap semangat untuk terus belajar dan upgrade diri kamu!

Tingkatkan kualitas dengan ikut kelas di skill academy!

Sumber:

Putri, Vanya Karunia Mulia. 2021. Perbedaan Wirausaha dan Wiraswasta. Kompas.com. [daring].

https://www.kompas.com/skola/read/2021/08/09/130000669/perbedaan-wirausaha-dan-wiraswasta

Wardana, Raditya. 2021. Wiraswasta: Pengertian, Ciri-Ciri, dan Contoh-Contohnya. Lifepal.com. [daring].

https://lifepal.co.id/media/wiraswasta/

ID Cloud Host. 2021. Perbedaan Wirausaha dan Wiraswasta yang Perlu Diketahui. Idcloudhost.com. [daring].

https://idcloudhost.com/perbedaan-wirausaha-dan-wiraswasta-yang-perlu-diketahui/

Idris, Muhammad. 2021. Entrepreneur Adalah Pengusaha, Beda atau Sama?. Kompas.com. [daring]. https://money.kompas.com/read/2021/09/27/210423026/entrepreneur-adalah-pengusaha-beda-atau-sama?page=all 

Profile

Kusariani Adinda

Lorem ipsum dolor sit amet, assalamualaikum warganet! | Freelance Content Writer at Ruangguru | kusarianiadindablog.wordpress.com

Beri Komentar