Jangan Takut, Begini Cara Meminta Naik Gaji Secara Profesional dan Contohnya

cara-meminta-naik-gaji

Ingin meminta naik gaji ke atasan, tetapi takut atau segan? Jangan risau, di sini kamu bisa mempelajari bagaimana caranya meminta naik gaji secara profesional. Simak, yuk!

Apakah kamu berniat untuk mengajukan permintaan kenaikan gaji? Kamu sudah memberikan kinerja yang baik, tapi ragu untuk melakukannya? Tenang, guys, untuk meminta kenaikan gaji, berikut adalah beberapa langkah dan cara yang sesuai etika dan profesional. Check it out!

 

1. Yakinkan dan persiapkan dirimu

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah mempersiapkan keyakinan dan mental. Kamu pasti menyadari bahwa hal ini bukanlah sesuatu yang dapat dianggap sepele. Pasalnya, keputusan yang akan kamu lakukan ini dapat berdampak terhadap profesionalitasmu dalam bekerja. Coba hindari dulu untuk berpikiran negatif, seperti

Bagaimana jika nantinya permintaan saya ditolak?” atau “Apakah nantinya pandangan atasan akan berubah kepada saya?

Pada dasarnya, meminta kenaikan gaji dalam dunia kerja bukanlah hal yang terlarang. Namun, ketika melakukannya, kamu harus memiliki kinerja yang baik sehingga membuatmu layak untuk mendapatkan hal tersebut. Coba introspeksi dirimu terlebih dahulu.

Coba pikirkan terlebih dahulu, “Apakah saya memiliki kinerja yang baik?” atau “Apakah saya dapat memberikan pencapaian yang mengesankan bagi perusahaan?“. Dengan memikirkan hal tersebut, kamu dapat meyakinkan bahwa dirimu memang pantas untuk mendapatkan kenaikan gaji.

Baca juga: Apa itu Etos Kerja? Pengertian, Karakteristik, Manfaat, dan Cara Menumbuhkannya

 

2. Teliti tren gaji

Selanjutnya adalah meneliti tren gaji pada pekerjaan yang sedang kamu jalani pada saat ini. Pasalnya, setiap pekerjaan memiliki nilainya tersendiri. Dengan mengetahui sejauh mana tingkatan gaji pada pekerjaanmu, kamu bisa memperkirakan berapa kenaikan gaji yang nantinya akan diminta. Tentunya itu akan menjadi sesuatu yang ceroboh jika kamu meminta kenaikan gaji di luar nalar atau berbanding jauh dengan kinerjamu selama ini.

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mencari tahu tren gaji:

  • melakukan riset di situs lowongan kerja, seperti, Indeed, Glassdoor, atau LinkedIn;
  • menanyakan kepada rekan kerja (bukan gaji spesifik mereka); atau
  • menanyakan tren pekerjaan kepada senior atau mentormu.

Baca juga: 8 Cara Negosiasi Gaji Saat Interview Kerja Beserta Contohnya

 

3. Pilih waktu yang tepat

Langkah yang satu ini sangat bergantung pada kemampuanmu dalam membaca situasi dan kondisi perusahaan. Pasalnya, semua hal yang telah direncanakan dapat menjadi kacau ketika kamu melakukannya di waktu yang tidak tepat. Sebagai pertimbangan, kamu dapat menentukan waktu yang tepat dengan memperhatikan beberapa faktor berikut:

  • Kondisi keuangan perusahaan

Kamu harus mengetahui bagaimana kondisi keuangan pada perusahaan tempat kamu bekerja. Coba cari tahu terlebih dahulu sebelum mengajukan permintaan kenaikan gaji, seperti berita mengenai C-Level atau saham perusahaan. Salah satu kondisi keuangan perusahaan yang paling mudah diamati adalah pada bagian operasionalnya. Jika kamu melihat banyak terjadi PHK, bisa jadi perusahaan sedang menghemat pengeluaran mereka sehingga situasi tersebut bukanlah waktu yang tepat.

  • Kondisi atasanmu

Selanjutnya, coba juga perhatikan bagaimana kondisi dari atasan atau manajermu. Jika manajermu terlihat stres atau sedang menangani banyak tugas, mungkin akan menjadi ide yang buruk untuk meminta kenaikan gaji. Maka dari itu, coba cari momen pada saat atasanmu sedang terlihat bahagia atau dalam keadaan yang baik.

 

4. Buat janji dengan atasan

Setelah mengetahui waktu yang tepat, langkah selanjutnya adalah membuat janji 1 on 1 dengan atasanmu. Salah satu cara terbaik sebelum melakukan pertemuan dengan atasan adalah memberi kabar terlebih dahulu kepada mereka. Dengan melakukan hal ini, kamu dan atasanmu bisa menyamakan jadwal sehingga pertemuan yang akan dilakukan dapat berjalan tanpa gangguan. Di samping itu, kamu dapat memberi kabar secara langsung atau melalui email.

cara-meminta-naik-gaji-secara-profesional

Ikuti kelas: Belajar Meningkatkan Kemampuan Interpersonal untuk Menjadi Manajer Perencanaan Strategis

 

5. Siapkan apa yang harus dikatakan 

Karena ini bukan hal gampang, tidak ada salahnya kamu mempersiapkan hal-hal yang ingin disampaikan kepada atasanmu. Selain bersikap sopan, tutur kata juga sangat memengaruhi kelancaran proses permintaan kenaikan gaji.

Sebagai langkah awal, kamu dapat membuat skrip untuk kalimat pembuka pada saat melakukan pertemuan dengan atasanmu. Contohnya adalah sebagai berikut:

“Selamat pagi/siang/sore, Bapak/Ibu!” (salam pembuka)

“Terima kasih, Bapak/Ibu karena telah meluangkan waktu untuk bertemu dengan saya hari ini. Pada pertemuan ini, saya ingin mengatakan bahwa selama saya berada di perusahaan ini, saya sangat bersemangat untuk terus berkembang dan memberikan yang terbaik bagi perkembangan perusahaan. Berbagai pencapaian pun telah saya berikan kepada perusahaan ini sehingga dalam pertemuan ini saya hendak mendiskusikan perihal gaji saya.”

Jika atasanmu terbuka untuk melakukan pembicaraan, lanjutkan dengan menjelaskan beberapa pencapaian yang telah kamu berikan kepada perusahaan. Setelah itu, kamu pun akan masuk ke tahap negosiasi gaji.

ilustrasi negosiasi (giphy.com)

6. Coba lakukan negosiasi secara langsung

Penting untuk diingat untuk menghindari melakukan pembicaraan mengenai gaji ini melalui email ataupun pesan via media sosial. Selain kurang etis, membahas sesuatu yang serius sebaiknya memang dilakukan dengan tatap muka. Selain itu, agar kamu bisa lebih percaya diri, ada beberapa tips yang bisa kamu terapkan saat melakukan negosiasi dengan atasanmu. Tips tersebut adalah sebagai berikut:

  • hindari menggunakan kata-kata yang dapat melemahkan posisimu dan bermakna ketidakpastian seperti: saya merasa, adil, hanya, dan mungkin;
  • berbicara secara jelas dengan nada suara yang sedang karena ini dapat menunjukkan tingkat kepercayaan dirimu;
  • tulislah skrip dan poin-poin penting yang ingin kamu sampaikan agar pembicaraan tidak melebar ke mana-mana;
  • melakukan kontak mata yang sewajarnya dan lihat ke arah atasanmu saat dirinya berbicara; serta
  • hindari hal-hal yang nantinya dapat mengganggu pembicaraan, seperti HP.

 

7. Berikan alasan yang jelas

Langkah berikutnya merupakan hal yang paling penting pada saat melakukan negosiasi untuk meminta naik gaji, yaitu cara kamu dalam memaparkan alasanmu. Dalam menyampaikan alasan tersebut, cobalah untuk fokus pada alasan kenapa kamu pantas mendapatkannya, bukan mengapa kamu membutuhkannya.

Kamu dapat memulainya dengan menyampaikan alasan permintaanmu dengan cara memaparkan hasil riset tren gaji yang telah dilakukan. Contohnya adalah sebagai berikut:

“Berdasarkan riset yang saya lakukan. Pada saat ini untuk (posisi kamu) di wilayah kota (nama daerah) dengan pengalaman yang saya miliki, para kryawan rata-rata mendapat gaji di kisaran (jumlah gaji). Setelah mempertimbangkan masa kerja serta kemampuan yang saya miliki, saya ingin mengajukan kenaikan gaji kenaikan gaji sebesar (sekian persen).”

Setelah itu, kamu dapat memperkuat alasan kamu dengan memaparkan pencapaian yang telah kamu dapatkan, misalnya

“Dalam beberapa bulan terakhir, saya telah (masukkan contoh pencapaian kamu yang paling mengesankan). Pencapaian ini telah membuat saya siap untuk mendapatkan kenaikan gaji.”

 

8. Ucapkan terima kasih

Bagaimana pun hasil keputusan dari permintaan kenaikan gajimu nantinya, jangan lupa untuk mengucapkan terima kasih. Yang penting kamu telah menyampaikan aspirasi dan keinginanmu untuk mendapatkan kenaikan gaji.

Itulah beberapa cara minta naik gaji secara sopan dan juga profesional. Semoga nantinya permintaanmu dikabulkan ya. Oh iya guys, jika tertarik mengembangkan kemampuan untuk berkarier, kamu bisa langsung menuju Skill Academy. Di Skill Academy, kamu dapat mengikuti berbagai kelas pelatihan yang tentunya sangat membantu perkembangan skill-mu. Jadi, tunggu apa lagi, yuk upgrade dirimu menjadi lebih baik! Klik banner di bawah ini untuk melihat kelasnya, ya!

SKill Academy - CTA

Referensi

Gross, Elana. (2016). 8 Managers Share The Best Way To Ask For A Raise (And Get It). https://www.forbes.com/sites/elanagross/2016/06/27/8-managers-share-the-best-way-to-ask-for-a-raise-and-get-it  [Daring] (Diakses 20 Mei 2022)

Indeed.com. (2022). How to Ask for a Raise (With Script Examples). https://www.indeed.com/career-advice/pay-salary/guide-how-to-ask-for-a-raise [Daring] (Diakses 20 Mei 2022)

Gulman Azkiya