Informasi Terbaru PPPK Guru 2024, Formasi, dan Syarat Pendaftarannya

Informasi PPPK Guru

Seleksi PPPK guru 2024 akan segera dibuka. Yuk, ketahui informasi lengkapnya mulai dari formasi, syarat pendaftaran, alur dan tahapan seleksinya!


Apakah kamu salah satu yang sudah menanti pendaftaran rekrutmen PPPK tahun 2024? Pemerintah telah mengumumkan total formasi yang dibuka sebanyak 1.289.824, dengan rincian 427.650 formasi di instansi pusat dan 862.174 formasi di instansi daerah. Formasi ini juga mencakup talenta digital yang akan ditempatkan di Ibu Kota Nusantara (IKN) dan pemerintah daerah.

Berikut adalah informasi mengenai formasi PPPK guru 2024 dan syarat pendaftaran yang perlu kamu ketahui. Yuk, simak informasi lengkapnya!

 

Kapan pendaftaran PPPK 2024 dibuka?

Pendaftaran seleksi PPPK 2024 diperkirakan akan dibuka pada bulan Juni atau Juli. Namun, menurut laporan dari CNBC Indonesia, Menteri PANRB menyebutkan bahwa tes yang seharusnya dimulai pada bulan Juli mungkin akan mundur karena belum semua kementerian atau lembaga menyerahkan formasi yang akan dibuka.

Berdasarkan informasi dari BKN, pendaftaran akan dibagi menjadi dua tahap. Tahap pertama mencakup pengumuman dan seleksi administrasi pada Juni 2024, sedangkan tahap kedua akan berlangsung pada Agustus 2024. Proses seleksi akan dimulai setelah penerbitan SK penetapan kebutuhan pegawai ASN, dan pemerintah akan bekerja sama dengan BKN untuk mengumumkan formasi lowongan serta persiapan seleksi tahun 2024.

Harapannya, pengumuman resmi mengenai waktu dan lokasi ujian Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) bisa diumumkan pada awal bulan Juli. Agar kamu tidak ketinggalan informasi, rutinlah memeriksa pengumuman di laman resmi BKN atau terus baca blog ini untuk informasi terbaru!

Baca juga: Apa Bedanya  ASN, CPNS, PNS dan PPPK? Jangan Bingung Lagi!

 

Formasi PPPK Guru 2024

Formasi PPPK guru 2024 belum diumumkan secara resmi oleh BKN. Berdasarkan informasi dari laman resmi PANRB, instansi pusat mendapatkan alokasi sebanyak 427.650 formasi ASN, dengan 297.236 di antaranya adalah formasi PPPK. Sementara itu, untuk instansi daerah, tersedia 862.174 formasi ASN, yang terdiri dari 148.013 formasi CPNS dan 714.161 formasi PPPK.

Pada bulan Maret lalu, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mengumumkan bahwa mereka akan membuka 419.146 formasi untuk guru PPPK. Upaya ini dilakukan agar kebutuhan guru di sekolah-sekolah negeri di Indonesia dapat segera terpenuhi.

Pada seleksi CASN tahun ini, ada tiga jenis formasi PPPK yang dibuka untuk instansi daerah, yaitu PPPK Tenaga Pendidikan (guru), Tenaga Kesehatan, dan Tenaga Teknis.

 

Syarat pendaftaran PPPK Guru 2024

Hingga saat ini, belum ada pernyataan resmi mengenai seleksi PPPK 2024. Namun, berikut adalah syarat pendaftaran PPPK berdasarkan informasi tahun-tahun sebelumnya. Yuk,  persiapkan dari sekarang!

  1. Warga Negara Indonesia (WNI).
  2. Usia minimal 20 tahun dan tidak lebih dari satu tahun sebelum batas usia untuk jabatan yang dilamar. 
  3. Tidak pernah menjalani hukuman penjara selama dua tahun atau lebih. 
  4. Tidak pernah dipecat dengan tidak hormat, baik atas permintaan sendiri atau dipecat dengan tidak hormat sebagai ASN, TNI, anggota Kepolisian RI, atau karyawan swasta. 
  5. Tidak sedang terlibat sebagai anggota atau pengurus partai politik. 
  6. Memiliki pendidikan yang sesuai dengan persyaratan jabatan. 
  7. Memiliki keterampilan atau keahlian yang dibutuhkan. 
  8. Sehat jasmani dan rohani sesuai persyaratan jabatan. 
  9. Calon pelamar hanya bisa mendaftar di satu instansi dan satu jabatan. 
  10. Persyaratan lain sesuai kebutuhan jabatan atau instansi yang dilamar. 

Baca juga: Seleksi CPNS dan PPPK 2024 Dibuka! Simak Cara Registrasi dan Formasinya!

 

Tahap seleksi PPPK

Alur dan jenis tes PPPK berbeda dengan seleksi CPNS, berikut jenis tesnya: 

  1. Seleksi administrasi
  2. Seleksi kompetensi
    • Tes kompetensi teknis
    • Tes kompetensi manajerial
    • Tes kompetensi sosiokultural
    • Wawancara 
  3. Seleksi Kompetensi Teknis Tambahan

 

Selain itu, tahapan seleksi PPPK juga berbeda dengan seleksi CPNS. Berikut adalah alur tahapan seleksi PPPK yang diatur oleh PAN-RB:

  1. Pengumuman pendaftaran
  2. Seleksi administrasi
  3. Pengumuman hasil seleksi administrasi
  4. Masa sanggah-jawab sanggah
  5. Pengumuman pasca-sanggah
  6. Seleksi kompetensi
  7. Seleksi kompetensi teknis tambahan 
  8. Pengumuman-pelaksanaan seleksi kompetensi
  9. Pengolahan nilai seleksi kompetensi
  10. Pengumuman kelulusan
  11. Pengisian DRH NI PPPK
  12. Usul penetapan NI PPPK

Baca juga: Contoh Latihan Soal Tes dan TryOut CPNS PPPK (TIU TWK TKP)


Itulah informasi terbaru mengenai seleksi PPPK guru 2024. Untuk detail lebih lanjut dan informasi terkini, kamu bisa melihat situs resmi BKN, ya. Sambil menunggu informasi resminya keluar, yuk persiapkan persyaratan administrasi, belajar, serta perbanyak latihan soal agar lebih siap. 

Masih bingung cari tempat bimbel CPNS atau PPPK yang terpercaya? Yuk, ikut bimbel CASN di Skill Academy. Kamu akan belajar dengan instruktur berpengalaman, materi belajar yang lengkap, dan metode belajar yang variatif sesuai kebutuhanmu. Klik banner di bawah untuk konsultasi GRATIS!

Cara Mendapatkan Sertifikat Komputer untuk CPNS dan PPPK 2023 - Skill Academy

Devi Lianovanda