Gampang kok, ini 8 Tips Sukses Jualan Online yang Bisa Kamu Coba

jualan-online

Artikel ini membahas mengenai tips jualan online dengan mudah dan bisa langsung diterapkan.

Tahukah kamu? Berkembangnya internet seperti saat sekarang ini, ternyata membuka peluang untuk berbisnis juga lho. Adanya media sosial, website, dan blog gratis, dapat membantumu untuk berjualan secara online dengan mudah. Oleh karen itu, bagi kamu yang berencana membuka usaha berikut adalah tips jualan online yang bisa langsung diterapkan.

1. Kenali dan tentukan produk yang akan kamu jual

Ketika berbicara tentang produk, kamu bebas untuk menentukan barang yang ingin dijual. Namun, tidak semua produk bisa laku untuk dijual lho, khususnya secara online. Hal pertama yang perlu kamu pikirkan adalah mencari ide jualan dan menentukan jenis produk yang ingin kamu jual. Jika kamu masih bingung, berikut beberapa cara yang bisa kamu coba.

a.Memilih produk yang dapat memecahkan masalah pelanggan

Pada tahapan ini, kamu harus sensitif mengenai apa yang sebenarnya dibutuhkan oleh pelanggan. Misalnya alat pembersih bulu kucing. Alat ini tergolong unik dengan kemungkinan besar sangat dibutuhkan oleh orang-orang yang memiliki hewan peliharaan, khususnya yang berbulu. 

b. Temukan produk yang disukai banyak orang

Kamu bisa melakukan beberapa riset terlebih dahulu mengenai produk yang mungkin memiliki peminat yang banyak. Produk-produk ini biasanya dapat berbentuk makanan atau kebutuhan sehari-hari. Namun, kamu harus siap memiliki banyak kompetitor. 

c. Menarik bagi yang memiliki hobi

Jika kamu memiliki sebuah hobi dan bergabung dengan komunitas, kamu bisa memanfaatkan hal tersebut. Misalnya untuk komunitas pemancing, maka tidak ada salahnya mencoba menjual peralatan mancing. Karena biasanya orang yang memiliki kesukaan pada suatu hobi, tidak masalah mengeluarkan uang untuk mendapatkan produk yang mereka inginkan.

d. Mengikuti tren lebih awal

Mengenali tren cukup awal dapat menjadi kemenangan besar bagi kamu. Karena bisa membuat kamu menjadi orang pertama, sehingga dapat mempengaruhi kepercayaan pelanggan. 

e. Mengidentifikasi segmentasi dari kategori pasar

Bagian ini merupakan hal yang paling tidak boleh kamu lupakan. Dengan menentukan kategori pasar atau jenis pelanggan dapat membuat produk yang kamu jual menjadi lebih mudah untuk ditemukan. Misalnya kamu memiliki produk berupa alat-alat makeup, maka kamu dapat menargetkan pelanggan perempuan. Dengan fokus pada kategori alat-alat kecantikan, hingga segmen dari pelanggan yang kamu targetkan dapat terbentuk dengan baik.

f. Menerapkan konsep unique selling points (USP)

Sederhananya USP adalah membuat produk atau layananmu lebih unik dan menarik daripada yang lain. Dalam penerapan konsep ini kamu dapat menggunakan cara berikut.

  • Kualitas
    Menggunakan bahan yang unggul atau metode pembuatan yang berbeda dari pada pesaing. Sehingga ini dapat menjadi keunggulan yang tak dimiliki kompetitor.
  • Harga
    Harga murah memang ide yang bagus, namun sebaiknya kamu dapat mencocokan harga jual dengan modal yang dikeluarkan. Selain itu, kamu juga bisa menawarkan pengiriman gratis, diskon,  atau harga khusus. 

tips-jualan-online

2. Buat website toko kamu

Dengan memiliki website resmi sendiri, kamu dapat langsung bertransaksi dengan pelanggan. Situs web juga membuat bisnismu memiliki kredibilitas dan terlihat lebih profesional. Pelanggan biasanya cenderung tidak mempercayai produk atau layanan dari sebuah bisnis yang tidak dapat ditemukan di internet. Oleh karena itu, memiliki website toko resmi memberi pelanggan jaminan yang mereka butuhkan untuk mempercayai produk yang kamu jual. 

Namun, website tersebut harus memiliki tampilan yang baik. Jika hanya sekedar website yang tidak terurus, maka akan membuat pelanggan malah tidak mempercayai bisnismu. Selain itu, website juga dapat membuat kamu dapat menjangkau pasar yang lebih besar. Yap tak lain karena internet. 

3. Gunakan online shop

Menggunakan online shop atau e-commerce dapat membantu meningkatkan penjualanmu secara lebih efisien dengan penyederhanaan proses transaksi dan pengiriman barang.  Menggunakan jasa online shop juga dapat menguntungkan kedua belah pihak, kamu sebagai penjual dan pelanggan sebagai pembeli. Karena dapat menghemat lebih banyak waktu dan tenaga. 

Selain itu, dengan berbagai fitur yang ditawarkan oleh online shop, kamu juga dapat menganalisis toko dan penjualan produkmu. Seperti total pendapatan dan feedback dari pelanggan mengenai pelayanan atau produk yang dijual. Sehingga bisnismu dapat menjadi lebih berkembang. 

Bagi kamu yang merasa kemampuan dan pemahamanmu masih kurang dalam menggunakan online shop, kamu dapat mempelajarinya dengan mengklik banner di bawah ini. 

[IDN] CTA Blog - Kelas Bisnis Online Shop - Skill Academy

4. Manfaatkan Media Sosial

Tidak lengkap rasanya jika  membahas jualan online tanpa media sosial. Seperti yang kamu tahu, media sosial memiliki pengguna yang sangat banyak. Hal ini membuat kesempatan kamu untuk mendapatkan lebih banyak pelanggan semakin terbuka. 

Di samping itu, beberapa media sosial seperti Instagram dan Facebook juga mempunyai fitur membuat kamu dapat menjual produk kepada pelanggan secara langsung. Hal tersebut bisa lewat pesan langsung (direct message/dm) atau dengan fitur khusus dari media sosial itu sendiri. 

Instagram merupakan salah satu media sosial yang bisa kamu coba. Selain sedang menjadi tren, fitur-fiturnya sangat cocok bagi kamu yang ingin berjualan online

toko-online-di-instagram

Namun, penggunaan media sosial bukan hanya sekedar berjualan. Kamu dapat mengembangkan bisnismu dengan mengunggah konten-konten menarik seperti video atau gambar. Hal ini dapat membuat bisnis atau produk kamu dapat dengan cepat dikenal oleh orang. Hal ini biasa disebut juga dengan brand awareness

Baca juga: 6 Cara Agar Jualanmu Laris Manis di Instagram

Selain itu, dengan menggunakan media sosial, kamu juga bisa meningkatkan kepercayaan pelanggan. Kamu dapat membangun hubungan dengan mereka seperti, membuat konten interaktif berupa meminta feedback dari produk atau sekedar membalas komentar mereka pada konten yang kamu unggah. Tapi, yang paling penting dalam hal ini adalah tetap menjaga bisnismu tetap hidup di media sosial yang kamu gunakan. 

5. Buat Tokomu mudah ditemukan

Untuk membuat tokomu mudah ditemukan adalah dengan membuatnya bisa muncul pada pencarian Google. Namun, hal tersebut tidak dapat terjadi secara otomatis. Dikutip dari Google business, kamu dapat melakukan beberapa cara berikut.

a. Daftarkan website kamu ke Google Search Console

Dengan menggunakan GSC, kamu dapat mengoptimalkan website bisnismu sehingga dapat dengan mudah muncul pada pencarian Google. Kamu juga dapat mengetahui berapa banyak orang yang mengunjungi, mengklik, bahkan dapat menganalisa perangkat apa yang mereka gunakan ketika mengakses website atau tokomu. 

b. Gunakan Google My Business

Dengan menggunakan Google My Business membuat pelanggan dengan mudah mendapatkan informasi mengenai tokomu. Seperti alamat lengkap dan produk yang kamu jual. Selain itu, kamu juga menganalisis pelanggan dan berkomunikasi secara langsung dengan fitur rating dan komentar.

c. Menerapkan digital marketing

Selain penggunaan GSC dan Google Business, kamu bisa menggunakan Google Trends untuk mengoptimalkan proses pencarian produk mu di internet. Dengan menggunakan Google Trends kamu dapat mengetahui mengenai tren yang sedang terjadi. Sehingga kamu bisa menggunakan berbagai kata kunci dan menghubungkannya dengan produk yang kamu jual. Di samping itu, kamu juga dapat memanfaatkan blog yang ada di website tokomu untuk menarik perhatian pelanggan sembari mempromosikan produk. Tentunya dapat dengan konten artikel dan lainnya. 

6. Buat tokomu menjadi menarik

Kamu dapat mengawalinya dengan mengganti foto produk yang kamu jual menjadi lebih detail. Hal tersebut dapat dilakukan dengan membuat beberapa kumpulan foto mulai dari produk hingga menggunakan model atau peraga. Selanjutnya adalah membuat logo dari brand bisnismu. Logo ini dapat menjadi identitas yang membuat pelanggan mudah mengingat tokomu.

Selain itu, kamu juga bisa membuat deskripsi produk yang dijual dengan menggunakan bahasa yang menarik. Salah satu caranya yaitu dengan menambahkan unsur hobi atau hal unik dari produk yang kamu jual. Misalnya,

“tas traveling keren, praktis dan cocok untuk kamu yang hobi jalan-jalan. Kapasitasnya cocok untuk menyimpan dompet, HP, dan alat-alat lainnya. Terdapat juga fitur hidden pocket yang aman bagi barang penting ”

7. Hindari konflik dengan pelanggan

Dikutip dari intellishop.com konflik pelanggan adalah segala sesuatu yang menciptakan keraguan, memperlambat, atau mengganggu pengalaman pelanggan kamu. Gesekan yang dialami pelangganmu dapat menyebabkan mereka merasa frustasi, stres, marah, dan merusak pengalaman mereka. 

Hal ini sebenarnya hal yang sangat subjektif dan tergantung dengan situasi. Misalnya, stok barang yang habis atau lambat membalas jawaban pertanyaan dari pelanggan. Dalam menghadapi situasi ini, cobalah untuk jujur dan tidak menyalahkan pelanggan. Kamu dapat mengkomunikasikannya secara baik dan sabar. Hal terpenting adalah menghindari konflik dengan pelanggan dalam waktu yang lama.

8. Terapkan word of mouth

Percayakah kamu? Ternyata memasarkan produk melalui pembicaraan dengan orang terdekat cukup efektif lho. Nah, cara ini biasanya dikenal dengan istilah word of mouth. Sederhananya word of mouth adalah salah satu strategi marketing dengan menciptakan kondisi dimana produk atau brand-mu dibicarakan oleh banyak orang. 

mempromosikan-kepada-teman

(Sumber: Pexels.com – Armin Rimoldi)

Dikutip dari Blog Skill Academy tentang Word of Mouth, selain dapat meningkatkan penjualan, dengan menggunakan cara ini kamu juga bisa menaikkan popularitas brand, meningkatkan  kepercayaan konsumen, dan dapat menghemat biaya. Bagi kamu yang mungkin baru saja memulai menjual produk, kamu bisa mengawali strategi ini dengan mempromosikannya kepada orang-orang terdekatmu seperti teman, rekan kerja, dan keluarga. Namun, hal ini tentunya harus dibarengi dengan produk yang berkualitas. 

Setelah, produk yang kamu promosikan dirasa dapat diterima oleh orang-orang terdekat, tidak ada salahnya kamu mengembangkan strategi ini dengan mulai menggunakan jasa selebgram. Tapi, untuk pemilihan selebgram atau influencer-nya harus disesuaikan dengan budget juga ya.

Itulah beberapa cara atau tips jualan online yang bisa digunakan khususnya untuk pemula. Semoga bisnis atau usahamu dapat cepat berkembang ya. Bagi kami yang ingin memperdalam kemampuan dalam pemasaran online, langsung saja ke Skill Academy. Karena kini di Skill Academy tersedia Kelas Sukses Kerja yang menghadirkan materi pembelajaran yang lebih spesifik, seperti cara berjualan di online shop dan lainnya.

[IDN] CTA Blog - Kelas Bisnis Online Shop - Skill Academy

Referensi

Estay, Beatriz (2020). How to Find the Perfect Products to Sell Online. https://www.bigcommerce.com/blog/find-product-niche-start-selling-online/#how-to-choose-what-products-to-sell [Daring] (Diakses 1 Juli 2021)

Intelli-shop.com (2019). How to Reduce Friction in Your Customer Experience. https://intelli-shop.com/talk-shop/how-to-reduce-friction-in-your-customer-experience [Daring] (Diakses 1 Juli 2021)

Lianovanda, Devi. (2022). Mengenal Word of Mouth (WOM): Definisi, Manfaat, dan Strategi Penerapannya. https://blog.skillacademy.com/word-of-mouth-adalah [Daring] (Diakses 22 Juli 2022)

Macdonald, Mark (2020). Find a Product to Sell: 12 Strategies for Finding Your First Profitable Product. https://www.shopify.com/blog/product-opportunities#2 [Daring] (Diakses 1 Juli 2021)

Optimizely.com (2021). Unique Selling Point. https://www.optimizely.com/optimization-glossary/unique-selling-point/ [Daring] (Diakses 1 Juli 2021)

Gulman Azkiya