Pentingnya Self Reward, Contoh, dan Manfaatnya bagi Diri Sendiri

Pentingnya Self Reward, Contoh, dan Manfaatnya bagi Diri Sendiri - Skill Academy

Self reward sangat penting untuk membahagiakan diri sendiri agar kita makin termotivasi dalam bekerja dan pekerjaan kita pun menjadi lebih baik

“Wah, selamat, ya. Jangan lupa kasih self reward juga buat diri kamu,” kata temanmu saat salah satu proyek besar akhirnya selesai.

“Hah, self reward? Apa itu?”

Bagi kamu yang masih asing dengan istilah ini, jangan bingung dulu. Secara singkat, self reward memiliki arti ‘penghargaan diri’. Namun, frasa ini memiliki makna yang lebih dalam karena berkaitan dengan produktivitas dan juga kesehatan. Oleh karena itu, tanpa basa basi lagi, yuk, kita cari tau bersama mengenai self reward dan juga manfaatnya.

 

Apa itu self reward?

Self reward adalah sebuah tindakan berupa memberi penghargaan kepada diri sendiri. Penghargaan tersebut dilakukan untuk mendapatkan kesenangan dan kepuasan karena telah melakukan sebuah tindakan baik atau mencapai sesuatu yang telah direncanakan sebelumnya. Salah satu contoh paling sederhana adalah saat kamu berhasil menyelesaikan tugas/pekerjaan yang berat di kantor.

Kamu mungkin akan merasa senang, tapi tak jarang kamu merasa belum puas sehingga memberi penghargaan kepada  diri sendiri, seperti hadiah, dapat meningkatkan perasaan senang yang kamu rasakan. Hadiah yang diberikan pun bisa dengan berbagai macam bentuk, seperti berbelanja, liburan, atau mengambil cuti untuk rehat sejenak dari kesibukan kerja. Namun, pertanyaannya, apakah self reward ini penting dan kenapa?

 

Pentingnya self reward bagi dirimu

Adapun alasan utama kenapa kamu harus memberikan self reward adalah karena kamu memang pantas mendapatkannya. Hal ini bukan selalu mengenai keberhasilan yang dicapai. Walaupun gagal, kamu tetap pantas memberikan penghargaan kepada dirimu atas usaha yang telah dilakukan.

Poin utama dari self reward adalah bagaimana cara kamu untuk menghargai diri sendiri. Yang perlu kamu yakini adalah tidak semua yang direncanakan selalu berhasil, namun di balik semuanya, pasti ada dirimu yang telah berusaha keras dan usaha tersebutlah yang patut kamu hargai.

Dikutip dari tonyrobbins.com, dengan memberikan self reward, otakmu akan memunculkan emosi positif. Emosi tersebut akan memberitahu kesadaranmu bahwa upaya yang telah dilakukan akan menghasilkan sesuatu yang baik. Dengan melakukan ini terus-menerus, otakmu akan mulai menghubungkan antara kesenangan dan aktivitas yang kamu selesaikan di masa depan sehingga hal ini dapat menumbuhkan kepercayaan diri dan juga membuatmu terlatih untuk menghargai proses dalam kehidupan.

 

Ikuti kelas: Teknik Negosiasi, Seni Mendapatkan yang Kamu Inginkan

 

Manfaat self reward

1. Menguatkan motivasi 

Dikutip dari The Academic Support Officer JMC Sydney, penghargaan dapat menjadi alasan yang bagus untuk membuat kamu tetap termotivasi dalam mencapai tujuan. Berdasarkan teori operant conditioning, ketika perilaku diikuti oleh hasil yang menyenangkan, kita cenderung akan mengulanginya. Hal ini terjadi karena kita ingin mengulangi hasil yang menyenangkan tersebut.

Pada saat kamu memberikan penghargaan kepada dirimu, itu akan menimbulkan perasaan bahagia. Perasaan inilah yang dapat meningkatkan motivasi dalam dirimu, baik itu dalam urusan pekerjaan maupun yang lainnya sehingga tekanan yang didapatkan pada saat bekerja bisa berubah menjadi sebuah semangat agar bisa menyelesaikannya dengan cepat.

 

2. Meningkatkan produktivitas

Apakah kamu merasakan bahwa produktivitasmu menurun belakangan ini? Jika iya, mungkin kamu membutuhkan self reward. Sejalan dengan menguatnya motivasi, memberikan self reward kepada diri sendiri juga akan meningkatkan produktivitasmu.

Berdasarkan sebuah studi yang diterbitkan dalam  Journal of Personality and Social Psychology, orang yang menerima hadiah langsung dan sering untuk menyelesaikan tugas-tugas kecil memiliki minat yang tinggi dan lebih banyak kesenangan dalam pekerjaan mereka. Hal ini berbeda dengan orang-orang yang menerima penundaan atau imbalan yang hanya diberikan pada akhir proyek panjang.

Dengan kata lain, ketika kamu selalu memberikan hadiah saat menyelesaikan sebuah pekerjaan yang sulit, hal tersebut akan menumbuhkan perasaan senang. Perasaan senang ini akan berdampak pada meningkatnya produktivitas dan juga rasa puas saat kamu menyelesaikan sebuah pekerjaan.

manfaat-self-reward

 

3. Baik untuk kesehatan mental

Bayangkan ketika kamu menghadiahi dirimu dengan pergi ke berlibur, berbelanja, atau menikmati kue cokelat sembari menonton series favorit di rumah, pastinya merupakan kegiatan yang menyenangkan, ‘kan? Dikutip dari psychcentral.com, menghadiahi dirimu dengan hal yang kamu senangi merupakan salah satu cara untuk mengurangi stress. Saat stress berkurang, kesehatan mentalmu dapat menjadi lebih baik. Oleh sebab itu, mencoba untuk memberikan self reward berupa melakukan hal-hal yang kamu senangi dapat menjadi momen yang baik untuk beristirahat secara fisik dan mental.

 

Contoh self reward 

Self reward tidak melulu harus dilakukan ketika kamu baru mencapai sesuatu yang besar dalam hidupmu. Kamu juga boleh kok melakukannya pada saat mengalami hari yang baik, misalnya seperti mendapat pujian dari atasan atas kinerja yang memuaskan.

Selain itu, self reward juga tidak harus dilakukan secara mewah atau dengan biaya yang tinggi. Yang terpenting, self reward tersebut dapat membuatmu menjadi lebih bahagia. Oleh karena itu, bagi yang masih belum mempunyai ide sebagai self reward, kamu dapat mencoba rekomendasi berikut.

1. Menyediakan waktu untuk sendiri

Ibaratnya sebuah alat, kamu juga membutuhkan waktu untuk mengisi ulang baterai atau energimu. Meluangkan waktu untuk sendiri atau biasa disebut me time merupakan cara yang bisa digunakan untuk mengisi energimu kembali. Dikutip dari Direction Psychology, pada dasarnya, selama kamu sendirian dan fokus melakukan aktivitas yang disukai, kamu telah berhasil menghabiskan me time yang berkualitas. Aktivitas tersebut bisa dilakukan dengan cara sebagai berikut:

  • bermain game;
  • menonton film;
  • membaca buku sambil ditemani secangkir kopi;
  • olahraga; atau
  • meditasi dan sebagainya.

 

2. Liburan 

Hmm, kegiatan ini mungkin bisa menjadi pilihan yang tepat, khususnya bagi kamu yang bosan dengan suasana kota. Pergi berlibur sendiri atau dengan orang terdekat dapat menjadi self reward yang menyenangkan.

“Pantai oke”

“Gunung? Let’s go!”

Dikutip dari apadivisions.org, liburan dapat meningkatkan kesehatan mental karena mengurangi depresi dan kecemasan. Liburan juga dapat meningkatkan suasana hati karena menghilangkan orang dari aktivitas dan lingkungan yang mereka kaitkan dengan stres dan kecemasan. Selain itu, sebuah penelitian kecil di Jepang juga menemukan bahwa perjalanan liburan singkat selama tiga hari dapat mengurangi tingkat stres yang dirasakan dan mengurangi tingkat kortisol atau hormon stres.

 

Baca juga: Tanda-Tanda Kamu Terkena Burnout Akibat Lelah Bekerja

 

3. Berbelanja

Bagi kamu yang kurang suka bepergian, mungkin berbelanja bisa menjadi salah satu alternatif yang bisa kamu coba. Walaupun cara ini memiliki sisi yang buruk, selama kamu masih dapat membatasi diri, berbelanja bisa sangat efektif sebagai self reward. Misalnya adalah berbelanja pakaian, sepatu, atau barang yang kamu idam-idamkan sejak lama. Selain itu, kamu juga bisa mengunjungi ke tempat-tempat yang memiliki makanan yang enak.

__

Gimana guys? Sepertinya layak dicoba untuk mulai menyayangi diri sendiri dengan memberikan hadiah. Itulah penjelasan mengenai self reward dan juga manfaatnya. Di samping itu, bagi kamu yang ingin meningkatkan kemampuan dalam berkarier, langsung saja ke Skill Academy. Di Skill Academy, kamu dapat mengikuti berbagai kelas pelatihan dengan materi yang mendalam. Jadi tunggu apa lagi, yuk upgrade skill-mu!

SKill Academy - CTA

Referensi

Directionpsychology.com. (2020). The importance of ME time. https://www.directionpsychology.com/article/the-importance-of-me-time/ [Daring] (Diakses 28 Desember 2021)

Jmcacademy.edu.au. (2017). Why It’s Important to Reward Yourself. https://www.jmcacademy.edu.au/news-and-events/news/why-it-s-important-to-reward-yourself/ [Daring] (Diakses 27 Desember 2021)

Lim, Shawn. (2019). Why It Is Important to Reward Yourself for Your Hard Work. https://stunningmotivation.com/important-reward-yourself/ [Daring] (Diakses 27 Desember 2021)

Robinson, Andrea. (2017). Four reasons to take a vacation this summer, according to science. https://www.apadivisions.org/division-28/publications/newsletters/psychopharmacology/2017/07/vacation [Daring] (Diakses 28 Desember 2021)

Rubin, Gretchen. (2014). The Psychology of Rewarding Yourself with Treats. https://psychcentral.com/blog/psychology-rewarding-yourself-with-treats#1 [Daring] (Diakses 27 Desember 2021)

Tonyrobbins.com. (2015). Reward Yourself: Celebrate Each of Your Accomplishments. https://www.tonyrobbins.com/productivity-performance/reward-yourself [Daring] (Diakses 27 Desember 2021)

Gulman Azkiya