Persiapkan Diri Kamu, Pendaftaran Sekolah Kedinasan Sudah Dibuka!

Pendaftaran Sekolah Kedinasan Sudah Dibuka


Setiap tahunnya lulusan sekolah menengah atas, baik SMA maupun SMK, akan dihadapkan pada pilihan-pilihan yang menentukan masa depan mereka setelah lulus dari sekolah. Pilihan-pilihan tersebut berkutat pada, “Apakah akan kuliah atau langsung bekerja?”.

Bagi lulusan SMK, langsung bekerja menjadi pilihan yang mungkin akan banyak dipilih karena di sekolah mereka sudah dibekali dengan keterampilan yang memang dipersiapkan untuk menghadapi dunia kerja. Namun, tidak sedikit pula lulusan SMK yang memilih untuk melanjutkan kuliah.

Di sisi lain, di samping pilihan untuk langsung bekerja, lulusan SMA lebih banyak memikirkan hendak melanjutkan kuliah ke mana. Dari pertanyaan tersebut, muncul pertanyaan lainnya, yakni “Akan kuliah di mana? Apakah kampus negeri, swasta, atau sekolah kedinasan?”

 

Kenapa Harus Memilih Sekolah Kedinasan pada Tahun 2024?

Dari ketiga pilihan kampus tersebut, melanjutkan kuliah di sekolah kedinasan menjadi pilihan yang banyak diminati. Setidaknya ada lima alasan yang membuat sekolah kedinasan sangat diminati.

1. Pintu Gerbang Karier Publik

Sekolah kedinasan merupakan jalur pintu gerbang menuju karier dalam pelayanan publik. Banyak calon siswa tertarik pada peluang untuk menjadi bagian dari administrasi pemerintah, kepolisian, militer, atau sektor-sektor pelayanan publik lainnya yang sangat memerlukan keahlian khusus. Tidak sedikit juga para lulusan sekolah mengincar sekolah kedinasan karena tertarik dengan posisi sebagai ASN atau PNS.

 

2. Pendidikan Khusus dan Profesionalisme

Sekolah kedinasan menawarkan kurikulum yang dirancang secara khusus untuk menyiapkan siswa dengan pengetahuan mendalam dan keterampilan praktis di bidangnya. Kurikulum ini menciptakan lulusan yang siap terjun ke lapangan kerja dengan keahlian yang sesuai dengan tuntutan pekerjaan di sektor publik.

 

3. Pengembangan Karakter dan Nilai-Nilai Kepemimpinan

Selain aspek akademis, sekolah kedinasan juga memberikan perhatian khusus pada pengembangan karakter dan nilai-nilai kepemimpinan. Ini juga menciptakan lulusan yang tidak hanya kompeten secara profesional, tetapi juga memiliki integritas, tanggung jawab, dan kemampuan kepemimpinan yang kuat.

 

4. Jaringan Alumni dan Koneksi

Sekolah kedinasan sering memiliki jaringan alumni yang kuat dan koneksi di berbagai instansi pemerintah. Ini memberikan kesempatan bagi para siswa untuk membangun hubungan yang berharga, mendapatkan nasihat dari para profesional berpengalaman, dan membuka pintu peluang karier yang lebih luas.

 

5. Peluang Karier yang Menjanjikan

Lulusan sekolah kedinasan seringkali memiliki peluang karier yang menjanjikan dan stabil di berbagai sektor pemerintahan. Keberhasilan lulusan dalam mendapatkan pekerjaan dengan imbalan yang baik dan peluang untuk terlibat dalam proyek-proyek strategis sering menjadi daya tarik utama bagi calon siswa.

Baca juga: Networking untuk Karier: Pengertian, Manfaat, dan Tips Memulainya

 

6. Seleksi Sekolah Kedinasan 2024 Jadi Seleksi CASN 2024 Tahap Pertama

Pada tahun 2024 ini, seleksi untuk masuk ke sekolah kedinasan akan menjadi bagian dari seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN). Plt. Kepala BKN Republik Indonesia, Haryomo Dwi Putranto, menyatakan bahwa periode pertama seleksi CASN 2024 merupakan seleksi untuk Sekolah Kedinasan. Periode pertama seleksi CPNS ini sendiri akan dilaksanakan mulai tanggal 14 Mei 2024.

 

Informasi Pendaftaran dan Seleksi Sekolah Kedinasan 2024

Nah, kamu tertarik untuk masuk ke sekolah kedinasan? Kabar gembira buat kamu, nih! Pendaftaran sekolah kedinasan di bawah naungan pemerintah, seperti PKN STAN, IPDN, AKMI, AKPOL, STIN, Poltekip, Poltekim, dan sebagainya akan dibuka tidak lama lagi, lho! Berdasarkan Surat Edaran Kepala BKN Nomor 3381/B-KS.04.01/SD/K/2024, pendaftaran Sekolah Kedinasan dibuka tanggal 15 Mei–13 Juni 2024.

Kalau kamu tertarik untuk masuk sekolah kedinasan tersebut, berikut jadwal lengkap pendaftaran Sekolah Kedinasan 2024. Catat tanggal-tanggal penting di bawah ini, ya!

  • Pengumuman Seleksi:
    14 Mei–28 Mei 2024
  • Pendaftaran Seleksi:
    15 Mei–13 Juni 2024
  • Seleksi Administrasi:
    15 Mei–17 Juni 2024
  • Pengumuman Hasil Seleksi Administrasi:
    18 Juni–20 Juni 2024
  • Penarikan Data Final:
    21 Juni–23 Juni 2024
  • Pembuatan Kode Billing PNBP:
    24 Juni–26 Juni 2024
  • Pembayaran PNBP:
    27 Juni–5 Juli 2024
  • Validasi Data Peserta yang Membayar PBNP:
    6 Juli–8 Juli 2024
  • Penjadwalan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD):
    9 Juli–12 Juli 2024
  • Pengumuman Daftar Peserta, waktu, dan tempat SKD:
    13 Juli–17 Juli 2024
  • Pelaksanaan SKD:
    18 Juli–6 Agustus 2024
  • Pengolahan Nilai SKD:
    23 Juli–9 Agustus 2024
  • Pengumuman Hasil SKD:
    10 Agustus–13 Agustus 2024
  • Pembuatan Kode Billing PNBP Seleksi Lanjutan dengan CAT BKN:
    14 Agustus–15 Agustus 2024
  • Pembayaran PNBP Seleksi Lanjutan dengan CAT BKN:
    16 Agustus–22 Agustus 2024
  • Validasi Data Peserta yang Membayar PNBP Seleksi Lanjutan dengan CAT BKN:
    23 Agustus–24 Agustus 2024
  • Penjadwalan Seleksi Lanjutan dengan CAT BKN:
    25 Agustus–26 Agustus 2024.

Baca juga: Soal Latihan CPNS 2024 TIU, TKP, dan TWK Beserta Pembahasan

 

Persiapkan Diri Kamu untuk Mengikuti Seleksi Sekolah Kedinasan

Selagi masih banyak waktu sampai mulai pendaftaran, kamu bisa langsung mulai mempersiapkan diri untuk mengikuti seleksi masuk sekolah kedinasan. Persiapan yang bisa kamu lakukan di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Pemahaman Mendalam tentang Sekolah dan Programnya

Carilah informasi yang mendalam tentang sekolah kedinasan yang akan diikuti, termasuk kurikulum, proses seleksi, dan tuntutan pekerjaan setelah lulus. Itu membantu kamu sebagai calon siswa untuk memahami apa yang diharapkan dan bagaimana kamu dapat menyesuaikan diri.

 

2. Penguasaan Materi Akademis

Fokuslah pada penguasaan materi akademis yang relevan dengan seleksi. Persiapkan diri dengan memahami mata pelajaran yang diuji, memperdalam pengetahuan di bidang tertentu, dan melakukan latihan soal-soal yang sering muncul.

 

3. Persiapan Fisik dan Kesehatan

Ada beberapa sekolah kedinasan yang melakukan uji fisik. Pastikan tubuh dan kesehatan fisik kamu secara umum dalam kondisi baik. Lakukan latihan fisik secara teratur untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan kebugaran kamu.

 

4. Kemampuan Wawancara dan Tes Psikologi

Seringkali seleksi masuk sekolah kedinasan mencakup wawancara dan tes psikologi. Latih kemampuan wawancara dengan menjawab pertanyaan terkait profesi yang kamu incar. Kenali diri kamu sendiri untuk menghadapi tes psikologi dengan lebih percaya diri.

 

5. Pengembangan Keterampilan Kepemimpinan

Keterampilan kepemimpinan sering menjadi kriteria seleksi. Terlibat dalam kegiatan ekstrakurikuler atau proyek-proyek sosial dapat membantu mengembangkan keterampilan kepemimpinan dan menunjukkan keterlibatan aktif dalam masyarakat.

 

6. Simulasi Ujian

Lakukan simulasi ujian dengan mengikuti latihan soal-soal ujian sebelumnya atau ujian simulasi online. Ini membantu kamu untuk membiasakan diri dengan format dan jenis pertanyaan yang mungkin muncul.

 

7. Mental dan Emosional yang Kuat

Persiapkan diri secara mental dan emosional untuk menghadapi tekanan dan tantangan selama seleksi. Kondisi mental yang baik membantu dalam mengatasi stres dan tetap fokus pada tujuan.

 

8. Mengikuti Bimbingan Belajar

Mengikuti bimbingan belajar merupakan cara yang paling ampuh untuk mempersiapkan diri mengikuti seleksi sekolah kedinasan. Namun, kamu tentu harus memilih tempat bimbingan belajar terbaik yang bisa menuntun kamu hingga bisa melewati seluruh seleksi dengan baik.


Untuk mengikuti seleksi sekolah kedinasan dengan persaingan yang ketat, kamu harus melakukan persiapan yang matang. Skill Academy akan membantu kamu untuk mempersiapkan diri menghadapi seleksi sekolah kedinasan. Di Skill Academy, kamu akan dibimbing oleh instruktur yang berpengalaman dan terbaik di bidangnya. Jadi, tunggu apa lagi, segera konsultasikan diri kamu di Skill Academy dengan klik banner di bawah ini dan lakukan konsultasi secara gratis!

Atqo