Butuh QR Code? Ini Cara Membuat QR Code Gratis dan Anti Ribet

Cara Membuat QR Code


Kini, di era serba digital ini, semua hal dilakukan dengan hal-hal yang berhubungan dengan digitalisasi, salah satunya penggunaan QR Code. Entah itu melakukan pembayaran saat belanja, melakukan registrasi saat masuk ke acara pernikahan atau acara tertentu, sampai mengecek apakah suatu produk benar-benar terdaftar pada BPOM, semuanya dilakukan dengan Men-scan QR Code. Terlihat bahwa QR Code tidak terpisahkan dalam kehidupan sehari-hari. Kamu pun bisa saja sewaktu-waktu butuh untuk membuatnya. Lalu, bagaimana cara membuat QR code? Cek penjelasannya di bawah ini, ya!

 

Apa itu QR Code?

Sebelum beralih ke cara membuat QR code, apakah kamu tahu apa kepanjangan dan definisinya? QR code atau quick response code adalah barcode 2 dimensi (kumpulan kode piksel hitam putih dalam kotak kecil) yang dapat menyimpan berbagai informasi dan memudahkan orang untuk mengakses informasi tersebut.

 

Manfaat QR Code

Dari paragraf sebelumnya, mungkin kamu sudah bisa menyimpulkan berbagai manfaat dari QR code. Untuk lebih jelasnya, manfaat QR code adalah sebagai berikut:

1. Meningkatkan penjualan produk 

Dengan scan QR code, orang tidak membutuhkan waktu lama untuk mengakses informasi tentang produk atau promo. Hal itu tentu bisa mendukung dalam peningkatan penjualan.

 

2. Menghemat anggaran promosi

Jika dibandingkan dengan melakukan promosi secara konvensional dengan media cetak seperti pamflet, promosi dengan menggunakan QR code jauh lebih hemat karena kamu hanya perlu mencantumkan QR code di media digital yang menjadi channel kamu dalam melakukan promosi.

 

3. Memberikan pengalaman pelanggan/UX yang baik

Sudah bukan zamannya pelanggan harus menulis URL tertentu secara manual ketika mereka ingin melihat-lihat produk dan promo yang ada. Dengan menggunakan QR code dan QR code scanner, para pelanggan akan mendapat pengalaman yang lebih menyenangkan ketika berinteraksi dengan representasi digital dari bisnis kamu.

Baca juga: Memahami Pengertian UI/UX Design dan Perbedaan Keduanya

 

Cara Membuat QR Code

Kamu bisa menggunakan beberapa situs QR code generator yang ada di internet untuk buat QR code, seperti melalui QR Code Generator, My QR Code, dan QRfy. Berikut cara membuat QR code melalui ketiga situs tersebut.

1. QR Code Generator 

  1. Pergi ke situs qr-code-generator.com di browser perangkatmu.
  2. Kamu akan diberi pilihan opsi QR code, seperti Website URL, Video, Business Page, Menu, vCard, dan sebagainya. Pilih tipe QR code yang ingin kamu buat.
  3. Tuliskan deskripsi atau informasi yang menjelaskan tentang isi dari QR code yang sudah dibuat.
  4. Sesuaikan gaya dan warna dari tampilan QR code dengan kebutuhanmu.
  5. Setelah QR code muncul, download QR code tersebut dalam format JPG atau SVG.

 

2. My QR Code

  1. Pergi ke situs myqrcode.com di browser perangkatmu.
  2. Kamu akan diberi pilihan opsi QR code, seperti Website URL, Video, Business Page, Menu, Social Media, dan sebagainya. Pilih tipe QR code yang ingin kamu buat.
  3. Tuliskan deskripsi atau informasi yang menjelaskan tentang isi dari QR code yang sudah dibuat.
  4. Sesuaikan gaya dan warna dari tampilan QR code dengan kebutuhanmu.
  5. Akan ada section untuk preview tampilan QR code untuk mengecek kembali apakah QR code tersebut sudah benar.
  6. Jika sudah benar, download QR code tersebut dalam format JPG, PNG, atau SVG.

 

3. QRfy

  1. Pergi ke situs qrfy.com/id di browser perangkatmu.
  2. Kamu akan diberi pilihan opsi QR code, seperti Website URL, Video, Business Page, Menu, Coupon, dan sebagainya. Pilih tipe QR code yang ingin kamu buat.
  3. Tuliskan deskripsi atau informasi yang menjelaskan tentang isi dari QR code yang sudah dibuat.
  4. Sesuaikan gaya dan warna dari tampilan QR code dengan kebutuhanmu.
  5. Setelah QR code muncul, download QR code tersebut dalam format JPG, PNG, TIFF, PDF, atau SVG.

Karena penggunaan QR code semakin menjamur untuk berbagai kebutuhan dan bisa jadi kamu  butuh untuk membuatnya nanti, kamu bisa mengikuti cara-cara membuat QR code yang sudah dijelaskan di artikel ini.

Ikuti kelas: Membangun Karir sebagai Penjual Profesional Produk Teknologi Informasi dan Komunikasi


Simak artikel lain di sini, ya, dan dapatkan materi terbaik dari Skill Academy. Kamu juga bisa melihat-lihat kelas di Skill Academy dengan mengeklik banner di bawah ini. Yuk, upgrade skill kamu dengan belajar di Skill Academy! Tentunya kamu akan dibimbing oleh instruktur yang kompeten dan berpengalaman!

SKill Academy - CTA

Deksa Nurfadhilah