Begini Cara Mengisi Survei Prakerja dan Dapatkan Insentif Tambahan

cara-mengisi-survei-prakerja

Artikel ini membahas mengenai cara mengisi Survei Prakerja!

Tahukah kamu? ternyata program Kartu Prakerja memiliki banyak manfaat lho, salah satunya yaitu tambahan dana insentif survei Prakerja dengan total Rp150.000. Namun, untuk mendapatkannya, kamu harus melakukan pengisian survei evaluasi terlebih dahulu. Adapun survey ini akan muncul setelah kamu menyelesaikan kelas pelatihan mu. Lalu bagaimana caranya? Berikut adalah penjelasan mengenai tahapan dan cara mengisi survei Prakerja.

1. Login ke prakerja.go.id

Buka atau login kembali ke website Prakerja, nantinya secara otomatis ketika masuk menuju dashboard kamu akan mendapatkan notifikasi berupa pop-up yang muncul dengan pengumuman pengisian survei Kartu Prakerja.

2. Baca syarat dan ketentuan sebelum mengisi survei

Setelah pengumuman muncul, coba pahami ketentuannya terlebih dahulu sebelum mengisi survey. Bacalah dengan seksama mengenai apa saja yang harus dilakukan, seperti berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mengisi survei Prakerja tersebut.

Setelah semuanya dipahami klik pilihan ‘Ya’ untuk melanjutkan mengisi survey prakerja.

syarat-dan-ketentuan-survei-prakerja

Baca juga: Evaluasi Kartu Prakerja, Sebenarnya Berapa Lama Sih?

3. Sediakan waktu untuk mengisi survei

Bagi kamu yang bertanya, berapa kali survei Prakerja ini? Maka jawabannya adalah hanya tiga (3) kali. Biasanya survei akan secara otomatis muncul di halaman dashboard setelah kamu menyelesaikan beberapa kelas pelatihan Prakerja. Selain itu, sebelum mengisi survei, pastikan kamu memiliki waktu luang. Karena nantinya, akan ada sekitar 75-77 pertanyaan yang harus kamu selesaikan.

4. Isilah survei dengan jujur

Survei ini memiliki bentuk jawaban pilihan, seperti ‘Ya’ atau ‘Tidak’. Kamu tidak usah khawatir, karena pertanyaan yang ditanyakan umumnya mengenai pengalamanmu mengikuti program Kartu Prakerja. Oleh karena itu, kamu cukup menjawabnya dengan jujur.

cara-pengisian-survei-insentif-prakerja

5. Tahapan evaluasi survei

Setelah menyelesaikan dan menjawab seluruh pertanyaan survei, kamu akan kembali ke halaman dashboard. Jawaban survei kamu nantinya akan diperiksa dan dievaluasi oleh manajemen Prakerja.

Ikuti kelas: Melakukan Negosiasi dan Presentasi Penjualan untuk Sales Door to Door Penjual Rumah ke Rumah

6. Cek status dana insentif tambahan

Selanjutnya, kamu dapat mengecek dana tambahan dari survei tersebut pada bagian menu insentif.  Jika belum muncul maka kamu harus bersabar. Dana tersebut akan diberikan sebesar Rp50.000 untuk setiap satu kali survei.  Biasanya dana insentif tersebut tidak langsung masuk ke dana yang ada di jadwal insentif kamu. Maka dari itu jangan lupa mengecek notifikasi dari Prakerja untuk mendapatkan dana tambahan tersebut. Adapun insentif tambahan tersebut akan masuk ke rekening e-wallet kamu paling lambat 14 hari setelah mengisi survei.

Di samping itu, perlu diketahui bahwa tujuan survei ini adalah memberi masukkan ke manajemen Prakerja untuk dapat terus meningkatkan pelayanannya bagi para peserta Prakerja.

Itulah penjelasan mengenai cara mengisi survei Prakerja. Semoga kamu dapat menggunakannya dengan baik. Bagi kamu yang masih bingung untuk mengikuti pelatihan Prakerja, kamu dapat membeli kelas di Skill Academy. Selain memiliki kelas pelatihan yang menarik, kamu juga dapat meningkatkan kemampuan kerjamu dengan dipandu oleh instruktur yang profesional.

SA x Bukalapak Prakerja 820X200

Gulman Azkiya