Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 18 Telah Dibuka Hari Ini!

Devi Lianovanda Agu 16, 2021 • 3 min read


pembukaan kartu prakerja gelombang 18

Pendaftaran kartu prakerja gelombang 18 resmi dibuka hari ini. Simak informasi kuota, rincian dana insentif, syarat daftar, dan informasi penting lainnya berikut ini.

--

Pendaftaran kartu prakerja gelombang 18 yang ditunggu-tunggu akhirnya resmi dibuka malam ini. Kamu sudah bisa melakukan pendaftaran di prakerja.go.id mulai pukul 19.00 WIB. Kabar gembira ini tentu menjadi angin segar bagi kamu yang belum pernah lolos seleksi kartu prakerja dan ingin mencoba lagi.

Bagi kamu yang belum tahu, Kartu Prakerja adalah program bantuan dari pemerintah untuk meningkatkan kompetensi kerja dan kewirausahaan kepada para pencari kerja, korban PHK, pekerja, atau pelaku UMKM. Bantuan yang diberikan berupa dana insentif untuk pembiayaan pelatihan guna meningkatkan keterampilan. Pada semester II kali ini, pemerintah mengalokasikan dana untuk kartu prakerja sebesar 10 triliun dengan jumlah total peserta sebanyak 2,8 juta. Jumlah ini akan terbagi menjadi beberapa gelombang pendaftaran.

 

Dana insentif kartu prakerja gelombang 18

Sama seperti gelombang-gelombang sebelumnya, setiap orang yang lolos kartu prakerja akan mendapatkan dana insentif sebesar Rp3.350.000.

Rincian total dana tersebut adalah, Rp1.000.000 digunakan untuk biaya pelatihan dan tidak bisa dicairkan. Sebanyak Rp2.400.000 akan di transfer ke rekening prakerja kamu sebesar Rp600.000 selama 4 bulan. Insentif ini akan cair ketika kamu sudah menyelesaikan pelatihan dan memberikan rating dan ulasan di dashboard prakerja.

Selain itu, kamu juga bisa mendapatkan insentif tambahan sebesar Rp50.000 sebanyak 3 kali dengan mengisi survei Prakerja.

Baca juga: Cara Memberi Rating dan Ulasan di Dashboard Prakerja

Perlu diingat bahwa, setelah dana insentif masuk ke rekening, kamu bisa segera melakukan pembelian kelas. Jika kamu tidak melakukan pembelian pelatihan selama 30 hari setelah ditetapkan sebagai penerima Kartu Prakerja, maka kepesertaan akan dicabut dan tidak akan mendapat dana insentif lanjutan. Ini sesuai dengan Peraturan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian No 11 Tahun 2020.

Tidak perlu bingung karena program prakerja bekerjasama dengan 165 lembaga pelatihan dan ada 1700 program pelatihan. Skill Academy bisa menjadi pilihan yang tepat, temukan alasannya di sini.

 

Syarat daftar kartu prakerja gelombang 18:

Bagi kamu yang baru akan mendaftar program ini, berikut merupakan syarat-syaratnya:

  1. Warga Negara Indonesia (WNI) yang dibuktikan dengan Kartu Tanda Penduduk (KTP) Indonesia
  2. Berusia minimal 18 tahun dan tidak sedang mengikuti pendidikan formal
  3. Merupakan pencari kerja, korban PHK, atau wirausaha
  4. Bukan anggota TNI/Polri, ASN, anggota DPR/D, BUMN/D, kepala desa dan perangkat desa, serta pejabat BUMN/D
  5. Tidak sedang menerima bantuan pemerintah baik berupa BLT, BPUM, dan bansos dari Kementerian Sosial (DTKS)
  6. Maksimal 2 NIK dalam 1 Kartu Keluarga (KK) yang menjadi penerima Kartu Prakerja

Pastikan kamu melakukan pendaftaran Kartu Prakerja melalui laman resmi prakerja.go.id, agar keamanan data pribadi tetap terjaga. Kalau kamu sudah punya akun dan pernah mengikuti seleksi ini namun belum lolos seleksi, jangan lupa update data diri di laman prakerja, ya.

Itulah pengumuman pembukaan Kartu Prakerja gelombang 18. Oh iya, sekarang Skill Academy menghadirkan Kelas Siap Kerja, lho! Kelas-kelas ini bisa membantu kamu mengembangkan keterampilan dan kemampuan sesuai dengan kebutuhan dunia kerja saat ini. Kamu bisa mempelajari skill set bidang pekerjaan tertentu secara spesifik bersama instruktur yang kompeten dan berpengalaman di bidangnya. Yuk, terus upgrade kualitas diri bersama Skill Academy!

beli kelas prakerjamu di skill academy

Profile

Devi Lianovanda

Content Writer at Ruangguru. Terima kasih sudah baca sampai sini!

Beri Komentar