Tertarik Mencoba? Mengenal Side Hustle, Manfaat dan Cara Memulainya

side-hustle-adalah

Artikel ini membahas mengenai apa itu side hustle dan cara memulainya bagi kamu yang tertarik.

Belakangan istilah yang satu ini cukup sering dibicarakan. Yap, yaitu side hustle. Penyebabnya tidak lepas dari muncul berbagai isu mengenai keuangan. Tapi apa itu? Sederhananya side hustle adalah pekerjaan yang dilakukan untuk mendapatkan penghasilan selain dari pekerjaan utama. Hah, lalu apa bedanya sama side job? Tenang guys, pertanyaanmu tersebut akan terjawab kok. Nah, agar kamu tidak salah memahaminya, yuk langsung saja artikel berikut. 

Apa itu side hustle?

Side hustle adalah pekerjaan yang kamu lakukan demi mendapatkan penghasilan tambahan selain dari pekerjaan utamamu saat ini. Motif utama dari melakukan hal ini biasanya dilakukan untuk memenuhi kebutuhan. Biasanya aktivitas pada side hustle tidak begitu jauh dari pekerjaan yang  kamu lakukan dari pukul 9-5, baik dari skill ataupun fokus pekerjaan.

Namun, pada beberapa orang biasanya side hustle malah tidak ada kaitannya dengan pekerjaan utama mereka. Contohnya jika kamu memiliki pekerjaan sebagai desainer, side hustle mu mungkin saja berbisnis jual beli sneaker. Di samping itu, adapun beberapa jenis pekerjaan yang bisa dijadikan side hustle yaitu seperti:

  • Tutor
  • Guru les
  • Freelance (Writer, Desainer, dll)
  • Financial konsultan
  • Dan lainnya

Perbedaan side hustle dan side job

Sama-sama bertujuan untuk mendapatkan penghasilan tambahan, side hustle sebenarnya memiliki lebih banyak kelebihan. Dikutip dari Indeed.com, adapun pembeda antara side hustle dengan side job yaitu,

1. Side hustle lebih fleksibel

Side hustle memungkinkan kamu untuk biasanya memiliki lebih banyak kebebasan dan kendali atas apa yang kamu lakukan, seperti kapan melakukannya dan seberapa banyak kamu melakukannya. Kamu juga tidak harus menyetujui perjanjian yang terlalu mengikat. Karena biasanya persentase pengambilan keputusan yang kamu miliki lebih banyak atas pekerjaan yang kamu lakukan. Contohnya freelance.

Sedangkan side job atau pekerjaan sampingan, posisi kamu lebih pada orang yang membutuhkan pekerjaan yang membuat persentase pengambilan keputusan biasanya juga dipengaruhi oleh perjanjian bayaran upah dan tempat kamu bekerja.

2. Adanya kesempatan bekerja sesuai dengan minat

Selain fleksibilitas, side hustle juga membuat kamu memiliki kesempatan bekerja sesuai dengan apa yang kamu sukai. Ini menunjukkan, bahwa pada pekerjaan ini kamu dapat melibatkan hasrat dimiliki dalam kesibukan sampingan, dan tidak mustahil jika pada akhirnya kamu malah menjadikan side hustle sebagai karier utamamu. Side hustle juga memberikan kemudahan untukmu lebih mengeksplorasi berbagai ide dan keinginanmu.

Sedangkan pekerjaan sampingan, tidak bisa dipastikan bahwa kamu bisa memiliki kesempatan tersebut. Walaupun kamu bisa memilih pada awalnya. Di sinilah perbedaannya side hustle dapat menjadi wadah bagi kamu untuk mengembangkan minat dan passion. Di sisi lain, side job tidak selalu. [IDN] CTA Blog Kelas Freelance - Skill Academy

Manfaat side hustle

1. Financial stability

Tentunya kamu sudah mengetahuinya. Yap, stabilitas keuangan. Ketika side hustle yang kamu lakukan berjalan dengan lancar tentunya pemasukan yang kamu dapatkan akan bertambah. Namun, hal ini tidak dapat dicapai begitu saja. Ada banyak faktor seperti penyusunan jadwal harian yang jelas dan usaha yang serius.

2. Memberi kesempatan untuk mengejar passion

Kenyataannya tidak semua orang dapat bekerja sesuai dengan minat mereka. Namun, side hustle bisa menjadi alternatif bagi kamu yang masih menginginkan untuk tetap memiliki karir sesuai minatmu. Contohnya berbisnis, membuat proyek dengan teman/kolega, dan melakukan hobi yang menghasilkan, seperti content creator atau menjadi mentor.

content-creator

(Sumber: Pexels.com – Karolina Grabowska)

3. Memungkinkan kamu untuk meningkatkan kemampuan atau belajar kemampuan yang baru

Sejalan dengan minat, melakukan side hustle dapat memberimu kesempatan untuk lebih mengembangkan skill yang kamu butuhkan dalam jenis pekerjaan yang dijalani. Misalnya kamu memiliki pekerjaan utama sebagai akuntan. Di sisi lain kamu memiliki minat yang sangat tinggi dalam berbisnis.

Nah, dengan side hustle yang kamu dilakukan, kamu memiliki kesempatan untuk mengambangkan skill dalam berbisnis. Mulai dari cara promosi, komunikasi, dan sebagainya.

4. Membuka lebih banyak relasi dan juga peluang

Melakukan aktivitas pada side hustle, membuat kamu bekerja di dalam dunia yang berbeda. Ketika kamu melakukan hal yang berkaitan dengan pekerjaan tersebut, secara tidak langsung relasimu dapat bertambah. Bekerja dari satu pihak ke pihak lainnya bisa membuat kamu mengenal berbagai macam orang. Jika kinerja yang kamu lakukan baik, maka tidak menutup kemungkinan tawaran yang berhubungan dengan side hustle mu bisa jadi lebih banyak dari pekerjaan utamamu. Hal ini menunjukkan bahwa ketika kamu memiliki banyak relasi, maka peluang untuk mendapatkan kesempatan makin terbuka.

Baca juga: 8 Cara Efektif Membangun Relasi (Networking) untuk Dunia Kerja

Cara memulai side hustle

1. Tentukan berapa banyak waktu yang dimiliki

Hal pertama kali yang harus kamu lakukan adalah, memastikan bahwa kamu memiliki waktu yang cukup untuk melakukan side hustle. Akan menjadi sesuatu yang buruk ketika kamu melakukan side hustle tanpa memiliki pembagian waktu yang jelas.

Pekerjaan utama terganggu, hilangnya fokus pada masing-masing pekerjaan, hingga dengan kelelahan dapat kamu alami jika kamu tidak dapat membagi waktu dengan baik. Oleh karena itu, sangat penting untuk dapat membangun waktu dengan baik. Selain dapat mempermudah kamu dalam melakukan 2 pekerjaan sekaligus, hal ini juga bisa mencegah kamu salah mengambil keputusan untuk rencana di masa depan.

Misalnya gini, kamu kini memiliki 7 jam untuk fokus pada pekerjaan utama, yaitu pukul 9 pagi hingga 4 sore. Kemudian sisa waktu yang memungkinkan kamu melakukan side hustle adalah sebanyak 5 jam. Di 5 jam tersebutlah kamu bisa untuk melakukan segala hal yang berkaitan dengan side hustle.

Namun, ini tidak pasti berlaku untuk setiap orang ya. Pastinya kamu memiliki pekerjaan dan pembagian waktu yang berbeda-beda. Yang terpenting kamu dapat membagi waktu dan bisa menentukan prioritasmu.

Baca Juga: 5 Cara Memprioritaskan Tugas Agar Kerja Jadi Lebih Efektif!

2. Mulailah dari yang kecil

Cara berikutnya ini adalah hal yang tidak bisa diremehkan. Jika kamu adalah orang yang cenderung nekat dalam melakukan sesuatu, maka ada baiknya untuk berpikir sejenak terkait langkah apa yang sebaiknya dilakukan. Memulai dari hal-hal kecil tidak akan merugikanmu. Malah dengan mengambil langkah-langkah kecil memungkinkan kamu menginvestasikan kemampuanmu dengan bijak di awal. Hal ini dapat mencegahmu dari risiko yang merugikan. Selain itu, kamu juga bisa menyusun rencana secara matang sebelum benar-benar memutuskan menjalankannya secara maksimal.

3. Tentukan jenis dan buatlah rencana bisnis

Dikutip dari Time Nextadvisor, ada tiga kriteria yang harus kamu miliki dalam melakukan side hustle yaitu,

  • Kamu ahli
  • Kamu menikmatinya
  • Kamu dapat menghasilkan uang dengan melakukannya.

Kamu dapat mengawali side hustle mu dengan melakukan hal yang telah kamu kuasai. Selain dapat mempermudah, kamu mungkin sudah mengetahui apa saja yang dapat mempercepat atau membuatnya menjadi efektif, misalnya saja dari segi waktu pengerjaan.

Di sisi lain, jika kamu kesulitan menentukan keahlianmu, pertimbangkan untuk konsultasi pada mereka yang paling mengenalmu. Pergilah ke teman, keluarga, atau rekan kerja dan minta bantuan untuk memberikan saran serta pendapat mereka untuk mengetahui keahlianmu.

cara-melakukan-side-hustle

Kemudian, aktivitas yang kamu lakukan pada side hustle haruslah menjadi hal yang kamu senangi. Salah satu tandanya adalah kamu selalu menantikan untuk dapat melakukannya. Selain alasan uang, kamu harus dapat merasakan kepuasan setiap mengerjakan atau menyelesaikan aktivitas tersebut.

4. Buat rencana untuk mendapatkan modal dari side hustle jika dibutuhkan

Dikutip dari Clevergirlfinance.com, salah satu hambatan terbesar saat memulai side hustle adalah memiliki dana awal untuk mendanainya. Ini tidak hanya berlaku pada kegiatan yang berkaitan dengan bisnis, pekerjaan lainnya mungkin tentu membutuhkan modal awal. Misalnya peralatan kerja bagi kamu yang mengambil freelance sebagai side hustle.

Sekalipun rencanamu hebat, kamu mungkin masih membutuhkan uang. Hal ini tentunya terlepas dari uang yang kamu hasilkan dari pekerjaan utamamu. Karena sebagian orang ada yang memutuskan untuk tidak mencampurkan keuangan dari pekerjaan utama dengan side hustle mereka. Oleh karena itu, jika kamu ingin mengawalinya, tapi dana awal tidak menucukupi. Ada baiknya untuk dapat mencari pendanaan modal awal seperti:

  • Pinjaman bank
  • Mencari investor
  • Meminjam modal dari orang terdekat (keluarga dan teman)
  • Atau mengajak teman untuk bekerja sama

5. Buat jadwal dan lakukan

Nah, setelah semuanya dapat dipersiapkan, maka selanjutnya adalah membuat jadwal yang sesuai dengam aktivitasmu. Adanya jadwal dapat membantumu untuk tetap berada di jalur yang benar selama melakukan lebih dari satu pekerjaan sekaligus. Selain itu, lakukan secepatnya jangan terlalu sering menunda-nunda. Setelah kamu yakin akan semuanya, lakukanlah. Karena tak jarang kesempatan tidak datang dua kali.

Gimana guys? Apakah kamu tertarik untuk memulai side hustle? Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi kamu. Oh iya, jika kamu berniat untuk meningkatkan ataupun menambah kemampuan baru, yuk langsung saja ke Skill Academy. Karena di Skill Academy tersedia berbagai macam kelas yang sesuai dengan kemampuan yang ingin kamu pelajari. Jadi tunggu apa lagi, saatnya meng-upgrade dirimu menjadi pribadi yang lebih baik.

[IDN] CTA Blog Kelas Freelance - Skill Academy

Referensi

Clouse, Jay. (2022). Side Hustle Meaning: What is a Side Hustle, and Are They Worth It? https://freelancing.school/side-hustle-meaning/#what-is-a-side-hustle-and-how-do-they-work [Daring] (Diakses 7 November 2022)

Indeed.com. (2022). What Is a Side Hustle? (With Benefits, Examples and Tips) https://www.indeed.com/career-advice/finding-a-job/what-is-side-hustle [Daring] (Diakses 7 November 2022)

Sokunbi, Bola. (2022). 7 Steps For Starting A Side Hustle. https://www.clevergirlfinance.com/blog/starting-a-side-hustle/ [Daring] (Diakses 7 November 2022)

Stauffer, Jason. (2022). 5 Tips for Starting a Side Hustle From Experts Who’ve Done it Before. https://time.com/nextadvisor/in-the-news/starting-a-side-hustle/ [Daring] (Diakses 7 November 2022)

Gulman Azkiya